Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
entah kenapa dari dulu mnrt ane Suzuki itu dibawah Honda, Toyota, Nissan, Mazda
simple-nya saya korban branding-an kali ya? hahaha
tp makasih masukannya om
kalau dibawah mazda, I will say yes..
tapi kalau dibawah honda, wah ngga setuju om...
ertiga vs mobilio, XL7 vs brv,
jelas suzuki kemana2 ))
monggo di test drive langsung masing-masing aja biar buktiin sendiri
maksudnya, brand image nya oom...
brand image Suzuki memang dari dulu mobil "second tier". macem Daihatsu aja gitu.
Lineup Suzuki dan Daihatsu sama-sama tidak ada yang di atas 300 juta dan identik dengan pickup (Granmax, Carry)... ini yang bikin Suzuki Daihatsu kesannya mobil murah. Jangan ngomongin Jimny ya, beda kasus.
sementara Honda Toyota Mazda Nissan lineup nya di atas 500 juta banyak banget.
di luar quality sebenernya kalau di test drive, justru Honda lineups malah yang unggul sih mnrt saya... power dan feel solid handlingnya itu. Comfort aja kalah emang, Honda lbh keras. cm emang harus diakui kalah di build quality.
Suzuki Daihatsu dari dl emang tujuannya bikin mobil murah meriah yang merakyat. Product lineups nya selain murah juga mayoritas small cars, ngga pernah terobsesi bikin sedan gede atau SUV gede.
Mitsu passenger drdl justru terkenalnya mobil kenceng... lancer, galant... dan imej mitsu passenger dari dulu itu = MAHAL. Makanya mereka PD aja jual espender semahal itu, pasti ada yang beli.
kalopun SUV dapet imej tangguh dari comm vehicle nya. Persis Isuzu, makanya Isuzu passenger jg bikinnya SUV (MU-X), gw jamin kalo skrg Isuzu bikin sedan, citycar, atau crossover pasti gagal total... krn marketnya ga di situ.
Mitsu kaga bikin pikap kecil saingannya Carry dan Grenmek. Itu T120ss juga kaga ngikut basis New Carry. Tisoss ma Maven jg kalah pamor ama APV dan Carry.
Dalam hal brand image kita mesti liat product mana yang sukses dan gagal di market... small cars mitsu ga ad yang berhasil, Miras di review luar malah dihujatin luar biasa dan skr discontinue karena dianggap gagal.
Sementara sebaliknya buat Suzuki, jualan Kizashi justru gagal krn imej Suzuki emang small cheap fun cars... bkn sedan medium. Grand Vitara aj skrg uda discontinue, malah gantinya Vitara Brezza yang lebih kecil. Vitara jg cult followersnya ga sebanyak Jimny/Katana.
playful wrote: Thu Apr 09, 2020 9:38
AKHIRNYA PILIHAN ANE JATUH DI
NISSAN XTRAIL 2,5 Th 2015
dpt Kilometer 61,000
dan sudah dicek OTOSPECTOR, nilainya B semua
hehehe makasih masukannya teman-teman
Selamat atas mobil baru nya om...semoga bermanfaat sesaui harapan..
jangan lupa sampaikan kesan nya disini selama pake mobil baru nya
nanti ane update ya om, mobilnya ane blm bawa balik tunggu Senin, soalnya ane TT sama Mazda 2 ane
btw ada saran ga om ban apa yang ok buat Xtrail? dia basicnya pake Dunlop Grandtek R18, jujur ane daridulu gak pernah beli mobil second
ini pengalaman pertama, ada saran ga om ban yang ok dan buat senyap apa? hehee
playful wrote: Thu Apr 09, 2020 9:38
AKHIRNYA PILIHAN ANE JATUH DI
NISSAN XTRAIL 2,5 Th 2015
dpt Kilometer 61,000
dan sudah dicek OTOSPECTOR, nilainya B semua
hehehe makasih masukannya teman-teman
Selamat atas mobil baru nya om...semoga bermanfaat sesaui harapan..
jangan lupa sampaikan kesan nya disini selama pake mobil baru nya
nanti ane update ya om, mobilnya ane blm bawa balik tunggu Senin, soalnya ane TT sama Mazda 2 ane
btw ada saran ga om ban apa yang ok buat Xtrail? dia basicnya pake Dunlop Grandtek R18, jujur ane daridulu gak pernah beli mobil second
ini pengalaman pertama, ada saran ga om ban yang ok dan buat senyap apa? hehee
Bantu jawab om, walaupun ngga pernah experience ke bannya sendiri hehehe. Bs ke:
-Mich primacy SUV
-Dunlop SP sportmaxx 050
-BS dueler HL (upsize ke 235/60/R18)
-Conti MC5/MC6 (upsize ke 235/55/R18)
Suzuki Daihatsu dari dl emang tujuannya bikin mobil murah meriah yang merakyat. Product lineups nya selain murah juga mayoritas small cars, ngga pernah terobsesi bikin sedan gede atau SUV gede.
Mitsu passenger drdl justru terkenalnya mobil kenceng... lancer, galant... dan imej mitsu passenger dari dulu itu = MAHAL. Makanya mereka PD aja jual espender semahal itu, pasti ada yang beli.
kalopun SUV dapet imej tangguh dari comm vehicle nya. Persis Isuzu, makanya Isuzu passenger jg bikinnya SUV (MU-X), gw jamin kalo skrg Isuzu bikin sedan, citycar, atau crossover pasti gagal total... krn marketnya ga di situ.
Mitsu kaga bikin pikap kecil saingannya Carry dan Grenmek. Itu T120ss juga kaga ngikut basis New Carry. Tisoss ma Maven jg kalah pamor ama APV dan Carry.
Dalam hal brand image kita mesti liat product mana yang sukses dan gagal di market... small cars mitsu ga ad yang berhasil, Miras di review luar malah dihujatin luar biasa dan skr discontinue karena dianggap gagal.
Sementara sebaliknya buat Suzuki, jualan Kizashi justru gagal krn imej Suzuki emang small cheap fun cars... bkn sedan medium. Grand Vitara aj skrg uda discontinue, malah gantinya Vitara Brezza yang lebih kecil. Vitara jg cult followersnya ga sebanyak Jimny/Katana.
Suzuki Daihatsu dari dl emang tujuannya bikin mobil murah meriah yang merakyat. Product lineups nya selain murah juga mayoritas small cars, ngga pernah terobsesi bikin sedan gede atau SUV gede.
Mitsu passenger drdl justru terkenalnya mobil kenceng... lancer, galant... dan imej mitsu passenger dari dulu itu = MAHAL. Makanya mereka PD aja jual espender semahal itu, pasti ada yang beli.
kalopun SUV dapet imej tangguh dari comm vehicle nya. Persis Isuzu, makanya Isuzu passenger jg bikinnya SUV (MU-X), gw jamin kalo skrg Isuzu bikin sedan, citycar, atau crossover pasti gagal total... krn marketnya ga di situ.
Mitsu kaga bikin pikap kecil saingannya Carry dan Grenmek. Itu T120ss juga kaga ngikut basis New Carry. Tisoss ma Maven jg kalah pamor ama APV dan Carry.
Dalam hal brand image kita mesti liat product mana yang sukses dan gagal di market... small cars mitsu ga ad yang berhasil, Miras di review luar malah dihujatin luar biasa dan skr discontinue karena dianggap gagal.
Sementara sebaliknya buat Suzuki, jualan Kizashi justru gagal krn imej Suzuki emang small cheap fun cars... bkn sedan medium. Grand Vitara aj skrg uda discontinue, malah gantinya Vitara Brezza yang lebih kecil. Vitara jg cult followersnya ga sebanyak Jimny/Katana.
Bener nih, selain grand vitara juga ciaz itu yg akhirnya discontinue. Padahal secara overall itu bukan mobil yg buruk lho Ciaz.
Saya pernah coba test drive sih masih terasa lebih nyaman Ciaz dibanding Vios dengan tahun setara ya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Suzuki Daihatsu dari dl emang tujuannya bikin mobil murah meriah yang merakyat. Product lineups nya selain murah juga mayoritas small cars, ngga pernah terobsesi bikin sedan gede atau SUV gede.
Mitsu passenger drdl justru terkenalnya mobil kenceng... lancer, galant... dan imej mitsu passenger dari dulu itu = MAHAL. Makanya mereka PD aja jual espender semahal itu, pasti ada yang beli.
kalopun SUV dapet imej tangguh dari comm vehicle nya. Persis Isuzu, makanya Isuzu passenger jg bikinnya SUV (MU-X), gw jamin kalo skrg Isuzu bikin sedan, citycar, atau crossover pasti gagal total... krn marketnya ga di situ.
Mitsu kaga bikin pikap kecil saingannya Carry dan Grenmek. Itu T120ss juga kaga ngikut basis New Carry. Tisoss ma Maven jg kalah pamor ama APV dan Carry.
Dalam hal brand image kita mesti liat product mana yang sukses dan gagal di market... small cars mitsu ga ad yang berhasil, Miras di review luar malah dihujatin luar biasa dan skr discontinue karena dianggap gagal.
Sementara sebaliknya buat Suzuki, jualan Kizashi justru gagal krn imej Suzuki emang small cheap fun cars... bkn sedan medium. Grand Vitara aj skrg uda discontinue, malah gantinya Vitara Brezza yang lebih kecil. Vitara jg cult followersnya ga sebanyak Jimny/Katana.
Bener nih, selain grand vitara juga ciaz itu yg akhirnya discontinue. Padahal secara overall itu bukan mobil yg buruk lho Ciaz.
Saya pernah coba test drive sih masih terasa lebih nyaman Ciaz dibanding Vios dengan tahun setara ya.
Saya dulu pernah aktif di salah satu club Suzuki di bawah naungan Indomobil
Sebenernya orang indo yg di sijuki sendiri pengennya brand sijuki ini bisa masuk 3 besar nasional, strategi produk dll mereka siap bertarung, apalagi sijuki bukan pemain ecek-ecek di indo dan produk sijuki sebenernya sudah punya brand image yg kuat di daerah urban. Di surabaya aja masih banyak angkot yg pakai carry buat armadanya meskipun dengan kondisi compang camping & tambal sulam sana sini. Di batu (kebetulan adek ane tinggal disana) orang-orang juga pilih carry PU buat angkutin hasil panen sayur ke sby
Pernah ane nanya kenapa sijuki mobil & motor di indo kesannya selow wae dibandingkan brand-brand sebelah, ternyata segala keputusan strategis masih dipegang sama orang nippon yg ada di sijuki. Dan tipikal orang-orang nippon yg ada di sijuki adalah orang-orang tua yang cara berpikirnya masih kolot, perusahaan ga berani terlalu gambling dalam ambil keputusan dan yg penting nggak rugi secara neraca (ini sekitar 3th yg lalu ane nanyanya)
Contoh paling gampang produk bagus tapi salah eksekusi ya ertiga, lahir 2012 nggak langsung full spek, ac masih single blower & ga ada matic, produk nanggung gitu sempet ngalahin penjualan xenia di beberapa bulan, coba sekalinya keluar langsung full spek. Facelips juga kelamaan, hype-nya kemakan esblender duluan dengan marketing yg super cerdas menurut saya. Padahal secara produk ya 11-12 antara ertiga & esblender, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan di sektor yg berbeda
Selamat atas mobil baru nya om...semoga bermanfaat sesaui harapan..
jangan lupa sampaikan kesan nya disini selama pake mobil baru nya
nanti ane update ya om, mobilnya ane blm bawa balik tunggu Senin, soalnya ane TT sama Mazda 2 ane
btw ada saran ga om ban apa yang ok buat Xtrail? dia basicnya pake Dunlop Grandtek R18, jujur ane daridulu gak pernah beli mobil second
ini pengalaman pertama, ada saran ga om ban yang ok dan buat senyap apa? hehee
Bantu jawab om, walaupun ngga pernah experience ke bannya sendiri hehehe. Bs ke:
-Mich primacy SUV
-Dunlop SP sportmaxx 050
-BS dueler HL (upsize ke 235/60/R18)
-Conti MC5/MC6 (upsize ke 235/55/R18)
Suzuki Daihatsu dari dl emang tujuannya bikin mobil murah meriah yang merakyat. Product lineups nya selain murah juga mayoritas small cars, ngga pernah terobsesi bikin sedan gede atau SUV gede.
Mitsu passenger drdl justru terkenalnya mobil kenceng... lancer, galant... dan imej mitsu passenger dari dulu itu = MAHAL. Makanya mereka PD aja jual espender semahal itu, pasti ada yang beli.
kalopun SUV dapet imej tangguh dari comm vehicle nya. Persis Isuzu, makanya Isuzu passenger jg bikinnya SUV (MU-X), gw jamin kalo skrg Isuzu bikin sedan, citycar, atau crossover pasti gagal total... krn marketnya ga di situ.
Mitsu kaga bikin pikap kecil saingannya Carry dan Grenmek. Itu T120ss juga kaga ngikut basis New Carry. Tisoss ma Maven jg kalah pamor ama APV dan Carry.
Dalam hal brand image kita mesti liat product mana yang sukses dan gagal di market... small cars mitsu ga ad yang berhasil, Miras di review luar malah dihujatin luar biasa dan skr discontinue karena dianggap gagal.
Sementara sebaliknya buat Suzuki, jualan Kizashi justru gagal krn imej Suzuki emang small cheap fun cars... bkn sedan medium. Grand Vitara aj skrg uda discontinue, malah gantinya Vitara Brezza yang lebih kecil. Vitara jg cult followersnya ga sebanyak Jimny/Katana.
Bener nih, selain grand vitara juga ciaz itu yg akhirnya discontinue. Padahal secara overall itu bukan mobil yg buruk lho Ciaz.
Saya pernah coba test drive sih masih terasa lebih nyaman Ciaz dibanding Vios dengan tahun setara ya.
Saya dulu pernah aktif di salah satu club Suzuki di bawah naungan Indomobil
Sebenernya orang indo yg di sijuki sendiri pengennya brand sijuki ini bisa masuk 3 besar nasional, strategi produk dll mereka siap bertarung, apalagi sijuki bukan pemain ecek-ecek di indo dan produk sijuki sebenernya sudah punya brand image yg kuat di daerah urban. Di surabaya aja masih banyak angkot yg pakai carry buat armadanya meskipun dengan kondisi compang camping & tambal sulam sana sini. Di batu (kebetulan adek ane tinggal disana) orang-orang juga pilih carry PU buat angkutin hasil panen sayur ke sby
Pernah ane nanya kenapa sijuki mobil & motor di indo kesannya selow wae dibandingkan brand-brand sebelah, ternyata segala keputusan strategis masih dipegang sama orang nippon yg ada di sijuki. Dan tipikal orang-orang nippon yg ada di sijuki adalah orang-orang tua yang cara berpikirnya masih kolot, perusahaan ga berani terlalu gambling dalam ambil keputusan dan yg penting nggak rugi secara neraca (ini sekitar 3th yg lalu ane nanyanya)
Contoh paling gampang produk bagus tapi salah eksekusi ya ertiga, lahir 2012 nggak langsung full spek, ac masih single blower & ga ada matic, produk nanggung gitu sempet ngalahin penjualan xenia di beberapa bulan, coba sekalinya keluar langsung full spek. Facelips juga kelamaan, hype-nya kemakan esblender duluan dengan marketing yg super cerdas menurut saya. Padahal secara produk ya 11-12 antara ertiga & esblender, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan di sektor yg berbeda
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
pernah melihara baleno next G, sparepartnya nggak murah2 juga jika dibandingkan vios.
temen juga sama, melihara crossover.
Ya nggak tahu juga kalau sparepartnya mobil2 niaga suzuki atau di beberapa tipe yang jml produksinya banyak.
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 3:08
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
Bener nih, selain grand vitara juga ciaz itu yg akhirnya discontinue. Padahal secara overall itu bukan mobil yg buruk lho Ciaz.
Saya pernah coba test drive sih masih terasa lebih nyaman Ciaz dibanding Vios dengan tahun setara ya.
Saya dulu pernah aktif di salah satu club Suzuki di bawah naungan Indomobil
Sebenernya orang indo yg di sijuki sendiri pengennya brand sijuki ini bisa masuk 3 besar nasional, strategi produk dll mereka siap bertarung, apalagi sijuki bukan pemain ecek-ecek di indo dan produk sijuki sebenernya sudah punya brand image yg kuat di daerah urban. Di surabaya aja masih banyak angkot yg pakai carry buat armadanya meskipun dengan kondisi compang camping & tambal sulam sana sini. Di batu (kebetulan adek ane tinggal disana) orang-orang juga pilih carry PU buat angkutin hasil panen sayur ke sby
Pernah ane nanya kenapa sijuki mobil & motor di indo kesannya selow wae dibandingkan brand-brand sebelah, ternyata segala keputusan strategis masih dipegang sama orang nippon yg ada di sijuki. Dan tipikal orang-orang nippon yg ada di sijuki adalah orang-orang tua yang cara berpikirnya masih kolot, perusahaan ga berani terlalu gambling dalam ambil keputusan dan yg penting nggak rugi secara neraca (ini sekitar 3th yg lalu ane nanyanya)
Contoh paling gampang produk bagus tapi salah eksekusi ya ertiga, lahir 2012 nggak langsung full spek, ac masih single blower & ga ada matic, produk nanggung gitu sempet ngalahin penjualan xenia di beberapa bulan, coba sekalinya keluar langsung full spek. Facelips juga kelamaan, hype-nya kemakan esblender duluan dengan marketing yg super cerdas menurut saya. Padahal secara produk ya 11-12 antara ertiga & esblender, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan di sektor yg berbeda
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
Bener ini om, rata2 kl tiap saya servis di beres suzuki itu masih banyak yg tahun2 tua dan yg pake bapak2 semua sampe angkot/carry-mega carry U-box pun ada. Yg cukup surprise masih sering liat katana/jimny2 jadul SJ410 ori semua servis di suzuki. Sodara saya aja di jkt masih keep GV 2008 sampe hari ini, plat nomer masih sama juga sama baleno matic th 2000/2001 warna merah yg dua2nya masih full orisinil.
Saya pun yg masih pake ertiga 2014 jg nggak bakal jual ini mobil om, yg ada mungkin nambah suzuki lagi nanti2 hahahaha. Cocok sama kebutuhan saya, nyaman, irit banget, sama support bengkelnya oke. Paling seneng pas masih jaman pak bronto, banyak produk2 unik dan CBU masuk kaya swift-SX4 CBU.
Soal ertiga, di awal2 memang agak aneh strateginya (dan sampe sekarang, tp dah mendingan) tapi itu slh satu produk suzuki terbaik dan tersukses di indonesia (kl nggak salah rekor penjualan suzuki terbanyak slh satunya ertiga ini, dan pak bronto di video official suzuki ngakuin soal ertiga) sampe hari ini sama masih konsisten jalan jualannya.
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 3:08
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
Bener ini om, rata2 kl tiap saya servis di beres suzuki itu masih banyak yg tahun2 tua dan yg pake bapak2 semua sampe angkot/carry-mega carry U-box pun ada. Yg cukup surprise masih sering liat katana/jimny2 jadul SJ410 ori semua servis di suzuki. Sodara saya aja di jkt masih keep GV 2008 sampe hari ini, plat nomer masih sama juga sama baleno matic th 2000/2001 warna merah yg dua2nya masih full orisinil.
Saya pun yg masih pake ertiga 2014 jg nggak bakal jual ini mobil om, yg ada mungkin nambah suzuki lagi nanti2 hahahaha. Cocok sama kebutuhan saya, nyaman, irit banget, sama support bengkelnya oke. Paling seneng pas masih jaman pak bronto, banyak produk2 unik dan CBU masuk kaya swift-SX4 CBU.
Soal ertiga, di awal2 memang agak aneh strateginya (dan sampe sekarang, tp dah mendingan) tapi itu slh satu produk suzuki terbaik dan tersukses di indonesia (kl nggak salah rekor penjualan suzuki terbanyak slh satunya ertiga ini, dan pak bronto di video official suzuki ngakuin soal ertiga) sampe hari ini sama masih konsisten jalan jualannya.
Iya, mobil2 berumur yang masih diservis di bengkel resmi kayaknya paling banyak ya Suzuki. Toyota msh ada tp udah tinggal dikit bgt, dan biasanya itu sedan. Minibus kayaknya paling tua yg saya liat itu kijang kapsul di bengkel resmi daerah saya.
Nah di bengkel resmi honda yg ngga pernah liat ada mobil honda tahun 2000an yang servis. Paling tua saya liat itu CRV gen 2 mungkin tahun 2006an
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 3:08
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
Bener ini om, rata2 kl tiap saya servis di beres suzuki itu masih banyak yg tahun2 tua dan yg pake bapak2 semua sampe angkot/carry-mega carry U-box pun ada. Yg cukup surprise masih sering liat katana/jimny2 jadul SJ410 ori semua servis di suzuki. Sodara saya aja di jkt masih keep GV 2008 sampe hari ini, plat nomer masih sama juga sama baleno matic th 2000/2001 warna merah yg dua2nya masih full orisinil.
Saya pun yg masih pake ertiga 2014 jg nggak bakal jual ini mobil om, yg ada mungkin nambah suzuki lagi nanti2 hahahaha. Cocok sama kebutuhan saya, nyaman, irit banget, sama support bengkelnya oke. Paling seneng pas masih jaman pak bronto, banyak produk2 unik dan CBU masuk kaya swift-SX4 CBU.
Soal ertiga, di awal2 memang agak aneh strateginya (dan sampe sekarang, tp dah mendingan) tapi itu slh satu produk suzuki terbaik dan tersukses di indonesia (kl nggak salah rekor penjualan suzuki terbanyak slh satunya ertiga ini, dan pak bronto di video official suzuki ngakuin soal ertiga) sampe hari ini sama masih konsisten jalan jualannya.
Iya, mobil2 berumur yang masih diservis di bengkel resmi kayaknya paling banyak ya Suzuki. Toyota msh ada tp udah tinggal dikit bgt, dan biasanya itu sedan. Minibus kayaknya paling tua yg saya liat itu kijang kapsul di bengkel resmi daerah saya.
Nah di bengkel resmi honda yg ngga pernah liat ada mobil honda tahun 2000an yang servis. Paling tua saya liat itu CRV gen 2 mungkin tahun 2006an
pernah melihara baleno next G, sparepartnya nggak murah2 juga jika dibandingkan vios.
temen juga sama, melihara crossover.
Ya nggak tahu juga kalau sparepartnya mobil2 niaga suzuki atau di beberapa tipe yang jml produksinya banyak.
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 3:08
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
Iya sih ngga semua spare part suzuki lebih murah, SX4 jg saya denger2 agak mahal spare part nya. Apalagi kalo udah kena rack steer nya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 3:08
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
Bener ini om, rata2 kl tiap saya servis di beres suzuki itu masih banyak yg tahun2 tua dan yg pake bapak2 semua sampe angkot/carry-mega carry U-box pun ada. Yg cukup surprise masih sering liat katana/jimny2 jadul SJ410 ori semua servis di suzuki. Sodara saya aja di jkt masih keep GV 2008 sampe hari ini, plat nomer masih sama juga sama baleno matic th 2000/2001 warna merah yg dua2nya masih full orisinil.
Saya pun yg masih pake ertiga 2014 jg nggak bakal jual ini mobil om, yg ada mungkin nambah suzuki lagi nanti2 hahahaha. Cocok sama kebutuhan saya, nyaman, irit banget, sama support bengkelnya oke. Paling seneng pas masih jaman pak bronto, banyak produk2 unik dan CBU masuk kaya swift-SX4 CBU.
Soal ertiga, di awal2 memang agak aneh strateginya (dan sampe sekarang, tp dah mendingan) tapi itu slh satu produk suzuki terbaik dan tersukses di indonesia (kl nggak salah rekor penjualan suzuki terbanyak slh satunya ertiga ini, dan pak bronto di video official suzuki ngakuin soal ertiga) sampe hari ini sama masih konsisten jalan jualannya.
Iya, mobil2 berumur yang masih diservis di bengkel resmi kayaknya paling banyak ya Suzuki. Toyota msh ada tp udah tinggal dikit bgt, dan biasanya itu sedan. Minibus kayaknya paling tua yg saya liat itu kijang kapsul di bengkel resmi daerah saya.
Nah di bengkel resmi honda yg ngga pernah liat ada mobil honda tahun 2000an yang servis. Paling tua saya liat itu CRV gen 2 mungkin tahun 2006an
Emang nagih sih pakai Suzuki. Saya kenal mobil dari ST20, belajar juga pakai ST20. Badak banget. Udah tua, tapi ga pernah mogok di jalan. Klo dia mogok, pasti di rumah.
Lalu beli Brio pas bisa beli mobil sendiri, lalu ganti HRV. Tapi akhirnya beli Suzuki lagi. Karimun wagon r.
Ga tau gimana, KWR yang suspensinya kaya ager2 itu ngangenin buat dikendarai, apalagi klo buat ngantor sehari2 yang macet parah. Alhasil odometernya cepetan KWR daripada HRV nambahnya. Padahal beda 7 bulan umurnya.
Dan seperti yang udah disebutin di atas, klo udah kena S, ganti mobil lagi kemungkinan besar S. Saya juga berharap 3 tahun lagi bisa ganti KWR ke JB74. Di komunitas KWR juga banyak begitu, KWRnya rata2 ganti ke ertiga. Pada gak ngelirik merk lain.
black2345 wrote: Fri Apr 10, 2020 2:36
- cut -
Pernah ane nanya kenapa sijuki mobil & motor di indo kesannya selow wae dibandingkan brand-brand sebelah, ternyata segala keputusan strategis masih dipegang sama orang nippon yg ada di sijuki. Dan tipikal orang-orang nippon yg ada di sijuki adalah orang-orang tua yang cara berpikirnya masih kolot, perusahaan ga berani terlalu gambling dalam ambil keputusan dan yg penting nggak rugi secara neraca (ini sekitar 3th yg lalu ane nanyanya)
Contoh paling gampang produk bagus tapi salah eksekusi ya ertiga, lahir 2012 nggak langsung full spek, ac masih single blower & ga ada matic, produk nanggung gitu sempet ngalahin penjualan xenia di beberapa bulan, coba sekalinya keluar langsung full spek. Facelips juga kelamaan, hype-nya kemakan esblender duluan dengan marketing yg super cerdas menurut saya. Padahal secara produk ya 11-12 antara ertiga & esblender, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan di sektor yg berbeda
Saya rasanya setuju dg pendapat diatas, tentang cara berpikir kolot... saya pernah melihat dan merasakan sendiri ketemu Suzuki Japan di Bogor, emang beda banget..mereka sangat hati2 dan terkesan curiga saat saya mau ambil gambar saat wawancara berlangsung, mereka khawatir tim saya itu akan menjual informasi ini kepada kompetitor nya mungkin hehehe... stelah saya jelaskan hanya untuk dokumentasi pribadi aja, dan itu saya jelaskan agak panjang lewat penterjemah tentunya (karena mereka bahasa Jepang saya bahasa indonesia) barulah saya boleh ambil foto.. itupun hanya 1 atau 2 saja hahaha... ya ok lah ini emang wawancara yang bisa jadi bersifat Rahasia, karena tema nya tentang Ertiga yang barusaja launching (th.2012).
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 9:35
Iya, mobil2 berumur yang masih diservis di bengkel resmi kayaknya paling banyak ya Suzuki. Toyota msh ada tp udah tinggal dikit bgt, dan biasanya itu sedan. Minibus kayaknya paling tua yg saya liat itu kijang kapsul di bengkel resmi daerah saya.
Nah di bengkel resmi honda yg ngga pernah liat ada mobil honda tahun 2000an yang servis. Paling tua saya liat itu CRV gen 2 mungkin tahun 2006an
Emang nagih sih pakai Suzuki. Saya kenal mobil dari ST20, belajar juga pakai ST20. Badak banget. Udah tua, tapi ga pernah mogok di jalan. Klo dia mogok, pasti di rumah.
Lalu beli Brio pas bisa beli mobil sendiri, lalu ganti HRV. Tapi akhirnya beli Suzuki lagi. Karimun wagon r.
Ga tau gimana, KWR yang suspensinya kaya ager2 itu ngangenin buat dikendarai, apalagi klo buat ngantor sehari2 yang macet parah. Alhasil odometernya cepetan KWR daripada HRV nambahnya. Padahal beda 7 bulan umurnya.
Dan seperti yang udah disebutin di atas, klo udah kena S, ganti mobil lagi kemungkinan besar S. Saya juga berharap 3 tahun lagi bisa ganti KWR ke JB74. Di komunitas KWR juga banyak begitu, KWRnya rata2 ganti ke ertiga. Pada gak ngelirik merk lain.
Nah, hal yang bikin nagih apa tuh Om? Bisa dideskripsikan dengan jelas gak?
Kebetulan saya belom pernah punya suzuki, siapa tau keracunan kan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
playful wrote: Fri Apr 10, 2020 10:25
btw ini hasil tes otospector kamerin gan
Screen Shot 2020-04-10 at 17.21.09.png
Congratz om TS untuk mobil barunya, semoga awet dan bisa memenuhi ekspektasi. Jangan lupa segera ganti semua oli dan minyak2 yang ada di mobil
Mau nanya dikit, om ikut ngawasin pas otospectornya ngecek mobil? Seberapa detil mereka ngeceknya? Terutama mesin dan kaki2nya, apakah sampai dibawa jalan mobilnya? Buat bahan referensi kalau besok2 butuh jasa cek mobil 2nd.
Nglanjutin ootnya om2 ganas di sini, kalo suzuki ane pernah ada jimny jadul, katana sama cukup familiar dengan swift gt.
Jimny jadul dan katana gak ada enak2nya sama sekali. Betul2 kotak dikasih roda.
Swift gt, ane doyan banget. Knalpot standard sudah ada bunyinya, steeringnya tajam sekali, very fun to drive. Pernah pas halan2 di jalan pegunungan yang berkelok-kelok, abis bawa swift gt, pindah ke jazz gd3. Berasa jadi kedodoran banget bawa jazz
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 9:35
Iya, mobil2 berumur yang masih diservis di bengkel resmi kayaknya paling banyak ya Suzuki. Toyota msh ada tp udah tinggal dikit bgt, dan biasanya itu sedan. Minibus kayaknya paling tua yg saya liat itu kijang kapsul di bengkel resmi daerah saya.
Nah di bengkel resmi honda yg ngga pernah liat ada mobil honda tahun 2000an yang servis. Paling tua saya liat itu CRV gen 2 mungkin tahun 2006an
Emang nagih sih pakai Suzuki. Saya kenal mobil dari ST20, belajar juga pakai ST20. Badak banget. Udah tua, tapi ga pernah mogok di jalan. Klo dia mogok, pasti di rumah.
Lalu beli Brio pas bisa beli mobil sendiri, lalu ganti HRV. Tapi akhirnya beli Suzuki lagi. Karimun wagon r.
Ga tau gimana, KWR yang suspensinya kaya ager2 itu ngangenin buat dikendarai, apalagi klo buat ngantor sehari2 yang macet parah. Alhasil odometernya cepetan KWR daripada HRV nambahnya. Padahal beda 7 bulan umurnya.
Dan seperti yang udah disebutin di atas, klo udah kena S, ganti mobil lagi kemungkinan besar S. Saya juga berharap 3 tahun lagi bisa ganti KWR ke JB74. Di komunitas KWR juga banyak begitu, KWRnya rata2 ganti ke ertiga. Pada gak ngelirik merk lain.
Nah, hal yang bikin nagih apa tuh Om? Bisa dideskripsikan dengan jelas gak?
Kebetulan saya belom pernah punya suzuki, siapa tau keracunan kan
Kl menurut saya ya om, buat di kelasnya dan di specialitynya (mobil murah, kecil) paling bisa kasih racikan yang pas sama bs dibilang setingkat diatas buat bantingan, kualitas, kenyamanan, feel nyetir di kelasnya dan image bandel disini jg mewakili. Selain itu jg nggak ngebosenin buat dinikmati pas nyetir om.
Sy ngerasain 6th ngerawat ertiga ini buat ukuran LMPV "pas" di segala hal. Selain itu, yg jd poin sih ttp harga spare partnya murah (suzuki rata2 begini, cuma buat M15 sama yg jadul2 kaya karimun itu mahal krn masih jepang semua partnya -ini SA beres suzuki yg jawab-) sama kualitasnya oke. Slh satu yg cukup surprise ya dimana mobil kelas2 murah gitu plg merk sparepartnya gitu2 thok (misal shockbreaker banyakan kyb/tokico), tapi ertiga pake shocknya monroe. Cuma jg ada pengalaman krg impress sama suzuki sih, dulu pernah punya APV 2004 bentar itu sahabat pertamina banget.
Intinya, pas di dompet dan enak dinikmatin mobilnya om hahahaah. Maaf kl kesannya subjektif om, krn kadang kata 'nagih' itu cenderung ngarah ke sentimental and emotional value
Satu hari, saya mau koleksi swift sport sama jimny JB74. 2 mobil yang bener2 punya karakter sendiri dan pasti bikin saya "noleh" tiap di jalan.
Last edited by maastricht889 on Fri Apr 10, 2020 12:40, edited 1 time in total.
playful wrote: Fri Apr 10, 2020 10:25
btw ini hasil tes otospector kamerin gan
Screen Shot 2020-04-10 at 17.21.09.png
Congratz om TS untuk mobil barunya, semoga awet dan bisa memenuhi ekspektasi. Jangan lupa segera ganti semua oli dan minyak2 yang ada di mobil
Mau nanya dikit, om ikut ngawasin pas otospectornya ngecek mobil? Seberapa detil mereka ngeceknya? Terutama mesin dan kaki2nya, apakah sampai dibawa jalan mobilnya? Buat bahan referensi kalau besok2 butuh jasa cek mobil 2nd.
Nglanjutin ootnya om2 ganas di sini, kalo suzuki ane pernah ada jimny jadul, katana sama cukup familiar dengan swift gt.
Jimny jadul dan katana gak ada enak2nya sama sekali. Betul2 kotak dikasih roda.
Swift gt, ane doyan banget. Knalpot standard sudah ada bunyinya, steeringnya tajam sekali, very fun to drive. Pernah pas halan2 di jalan pegunungan yang berkelok-kelok, abis bawa swift gt, pindah ke jazz gd3. Berasa jadi kedodoran banget bawa jazz
Hahahaha s7 banget soal katana om. Th 2002 pernah sewa katana di bali itu mobil direm nya susah banget. Cuma kl udah bicara jimny/katana mau gimanapun, itu iconnya suzuki di indonesia terlepas dr minus2nya dan slh satu mobil yg cukup legend buat orang indonesia (sejenis LCGCnya jaman dulu buat katana)
evanbngdor wrote: Fri Apr 10, 2020 9:35
Iya, mobil2 berumur yang masih diservis di bengkel resmi kayaknya paling banyak ya Suzuki. Toyota msh ada tp udah tinggal dikit bgt, dan biasanya itu sedan. Minibus kayaknya paling tua yg saya liat itu kijang kapsul di bengkel resmi daerah saya.
Nah di bengkel resmi honda yg ngga pernah liat ada mobil honda tahun 2000an yang servis. Paling tua saya liat itu CRV gen 2 mungkin tahun 2006an
Emang nagih sih pakai Suzuki. Saya kenal mobil dari ST20, belajar juga pakai ST20. Badak banget. Udah tua, tapi ga pernah mogok di jalan. Klo dia mogok, pasti di rumah.
Lalu beli Brio pas bisa beli mobil sendiri, lalu ganti HRV. Tapi akhirnya beli Suzuki lagi. Karimun wagon r.
Ga tau gimana, KWR yang suspensinya kaya ager2 itu ngangenin buat dikendarai, apalagi klo buat ngantor sehari2 yang macet parah. Alhasil odometernya cepetan KWR daripada HRV nambahnya. Padahal beda 7 bulan umurnya.
Dan seperti yang udah disebutin di atas, klo udah kena S, ganti mobil lagi kemungkinan besar S. Saya juga berharap 3 tahun lagi bisa ganti KWR ke JB74. Di komunitas KWR juga banyak begitu, KWRnya rata2 ganti ke ertiga. Pada gak ngelirik merk lain.
Nah, hal yang bikin nagih apa tuh Om? Bisa dideskripsikan dengan jelas gak?
Kebetulan saya belom pernah punya suzuki, siapa tau keracunan kan
Mobilnya gesit, lincah. Rata2 Suzuki ya begini, ga malas gerak. Tarikan halus, ngisi, napas agak panjang. Buat yang nyetirnya injak gasnya konstan dan buka tutup gasnya gak kontan, enak kaya gini.
Stirnya sih emang ga berasa feedbacknya. Tapi mobilnya nurut sama stir. Biarpun suspensi empuk kaya ager2. Posisi duduk juga enak sih, biarpun stir fixed. Tapi cukup atur2 jok dikit udah enak.
Tapi best part dari KWR ini worry less. Jalanan kaya apapun macetnya, secrowded apa pun motornya, berasa enak aja sih karena lincahnya. Gak bikin stres, walaupun manual.
Klo soal maintenance, belum ngerasa aneh2 sih. Cukup keluarin uang 600ribuan buat servis 6 bulanan.
FU27 wrote: Fri Apr 10, 2020 12:41
Mobilnya gesit, lincah. Rata2 Suzuki ya begini, ga malas gerak. Tarikan halus, ngisi, napas agak panjang. Buat yang nyetirnya injak gasnya konstan dan buka tutup gasnya gak kontan, enak kaya gini.
Stirnya sih emang ga berasa feedbacknya. Tapi mobilnya nurut sama stir. Biarpun suspensi empuk kaya ager2. Posisi duduk juga enak sih, biarpun stir fixed. Tapi cukup atur2 jok dikit udah enak.
Tapi best part dari KWR ini worry less. Jalanan kaya apapun macetnya, secrowded apa pun motornya, berasa enak aja sih karena lincahnya. Gak bikin stres, walaupun manual.
Klo soal maintenance, belum ngerasa aneh2 sih. Cukup keluarin uang 600ribuan buat servis 6 bulanan.
Noted Om, kayakya puas banget sama KWR nya nih kalo saya baca kalimat nya
KWR sih kebetulan belom pernah nyetir, tp kalo jd penumpang sih pernah beberapa kali. Yg paling enak menurut saya ya kelegaannya itu sih luar biasa
erwinign wrote: Fri Apr 10, 2020 12:33
Kl menurut saya ya om, buat di kelasnya dan di specialitynya (mobil murah, kecil) paling bisa kasih racikan yang pas sama bs dibilang setingkat diatas buat bantingan, kualitas, kenyamanan, feel nyetir di kelasnya dan image bandel disini jg mewakili. Selain itu jg nggak ngebosenin buat dinikmati pas nyetir om.
Sy ngerasain 6th ngerawat ertiga ini buat ukuran LMPV "pas" di segala hal. Selain itu, yg jd poin sih ttp harga spare partnya murah (suzuki rata2 begini, cuma buat M15 sama yg jadul2 kaya karimun itu mahal krn masih jepang semua partnya -ini SA beres suzuki yg jawab-) sama kualitasnya oke. Slh satu yg cukup surprise ya dimana mobil kelas2 murah gitu plg merk sparepartnya gitu2 thok (misal shockbreaker banyakan kyb/tokico), tapi ertiga pake shocknya monroe. Cuma jg ada pengalaman krg impress sama suzuki sih, dulu pernah punya APV 2004 bentar itu sahabat pertamina banget.
Intinya, pas di dompet dan enak dinikmatin mobilnya om hahahaah. Maaf kl kesannya subjektif om, krn kadang kata 'nagih' itu cenderung ngarah ke sentimental and emotional value
Satu hari, saya mau koleksi swift sport sama jimny JB74. 2 mobil yang bener2 punya karakter sendiri dan pasti bikin saya "noleh" tiap di jalan.
Shock OEM nya itu monroe kah Om? Ertiga waktu awal2 launching sih memang bikin mindset orang2 bahwa mobil LMPV dibawah 150an juta bisa nyaman&cukup advance, dan saya sampe skg masih seneng sama desain eksterior&interior ertiga lama. Ngga ngebosenin&masih keliatan modern.
Swift sport&Jimny JB74 kayaknya memang kental banget karakternya. Ngga istimewa gimana2 sih, cuma selalu berkesan aja, dan saya akui juga kedua mobil itu yg paling berkesan dr Suzuki sampe skg ini
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Bener nih, selain grand vitara juga ciaz itu yg akhirnya discontinue. Padahal secara overall itu bukan mobil yg buruk lho Ciaz.
Saya pernah coba test drive sih masih terasa lebih nyaman Ciaz dibanding Vios dengan tahun setara ya.
Saya dulu pernah aktif di salah satu club Suzuki di bawah naungan Indomobil
Sebenernya orang indo yg di sijuki sendiri pengennya brand sijuki ini bisa masuk 3 besar nasional, strategi produk dll mereka siap bertarung, apalagi sijuki bukan pemain ecek-ecek di indo dan produk sijuki sebenernya sudah punya brand image yg kuat di daerah urban. Di surabaya aja masih banyak angkot yg pakai carry buat armadanya meskipun dengan kondisi compang camping & tambal sulam sana sini. Di batu (kebetulan adek ane tinggal disana) orang-orang juga pilih carry PU buat angkutin hasil panen sayur ke sby
Pernah ane nanya kenapa sijuki mobil & motor di indo kesannya selow wae dibandingkan brand-brand sebelah, ternyata segala keputusan strategis masih dipegang sama orang nippon yg ada di sijuki. Dan tipikal orang-orang nippon yg ada di sijuki adalah orang-orang tua yang cara berpikirnya masih kolot, perusahaan ga berani terlalu gambling dalam ambil keputusan dan yg penting nggak rugi secara neraca (ini sekitar 3th yg lalu ane nanyanya)
Contoh paling gampang produk bagus tapi salah eksekusi ya ertiga, lahir 2012 nggak langsung full spek, ac masih single blower & ga ada matic, produk nanggung gitu sempet ngalahin penjualan xenia di beberapa bulan, coba sekalinya keluar langsung full spek. Facelips juga kelamaan, hype-nya kemakan esblender duluan dengan marketing yg super cerdas menurut saya. Padahal secara produk ya 11-12 antara ertiga & esblender, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan di sektor yg berbeda
Tp buat sebagian besar orang, terutama yang awam soal mobil itu mindset terhadap brand suzuki sih saya liat sama semua. Bagi mereka Suzuki itu bandel dan harga spare parts yang relatif jauh lebih murah dibanding merek2 jepang yg setara, misalnya Daihatsu.
Dan sekalinya mereka beli Suzuki, berikutnya kemungkinan besar Suzuki lg. Bahkan ada temen saya yg ada 3 mobilnya Suzuki semua. Ertiga 2013, Ertiga Sport 2019, Sama S-Cross 2018. Pertama kali pake Suzuki ya Ertiga 2013 itu, eh keterusan beli. Alesannya sih sama, mobil murah, bandel, spare parts murah.
yah keliatan sih cap S memang tipikal merek yang play safe, ngga terlalu banyak main teknologi baru. Hanya menyempurnakan yang udah ada aja. K engine misalnya itu ud ada dari pertama Splash nongol... 2009 apa 2010 ya.
Ertiga baru pun basic mesinnya K14 di upstroke jadi K15. Formula produknya itu-itu saja.
Positifnya, punya cult follower yang kuat... brand image nya terbentuk. bener oom, user Suzuki rata-rata cukup loyal. salah satu famili punya S-Cross dan SX4 RC1 dl, sekarang RC1 dijual ganti Baleno. Apalagi kalo ud pake pikap Suzuki pasti passenger car belinya Suzuki juga.
Negatifnya, ya performa penjualannya segitu-segitu aja. Tidak bisa ngangkat terlalu banyak.
Tapi utk kondisi persaingan pasar seperti ini, play safe di kelas low end under 300jt macem Suzuki sebenernya cukup aman ketimbang macem batumakam... bertahan dengan cult follower yang sudah ada, tidak perlu berusaha "merebut" konsumen sebelah.