mau coba belajar review mobil pertama yang dipunya yaitu Mitsubishi Mirage.
Tipe yang dibeli waktu itu adalah GLX.
Setelah pertimbangan perbedaan beberapa fitur dan harga mobil sekelas waktu itu: mirage, march, brio, i10, sirion, etios, di harga yang mirip2, ternyata fitur dapet yang cukup mumpuni.
Dengan unggulannya velg alloy, audio double din, dan ac digital.. yak ac nya beneran digital dengan auto climate control, dan mode yang cukup buanyak.
cukup wah dengan city car yg dulu bandrolnya 130jt an kalo ga salah.
ya ini mobil dibeliin ortu waktu itu jadi gatau harga persisnya berapa.
dan akhirnya beli yang VIN 2012 dengan alasan diskon, dan ternyata sisa warnanya kuning metalik.

oke akhirnya ga lama mobil dateng.
Secara freshgrad, kerja masih awal dan gaji pas2an, seneng banget punya mobil baru walaupun bukan keringet sendiri.
setelah plat dateng 1 bulanan, oke mulai pake ni mobil.
Mulai dari exterior:

jadi secara tampang depan, tampang mirage di jamannya cukup kece, lampu depan ada tarikan ke belakang
model bumper depan yang lumayan modern di jamannya..
cuma kalo diliat dari belakang, baru deh keliatan khas hatchback, pantat yang montok,
apalagi ban bawaannya yang tahun 2013 -2015 (sebelum FL) terkesan agak nungging
soalnya profilnya yang cuma 55 dan ring 14, kayak binaragawan yang kakinya kecil, agak aneh.
alhasil skrg diganti profil 60 yang ga terlalu membedakan tapi lumayan.
selain itu profil yang kecil itu membuat bodyroll nya terasa banget, apalagi kl disalip tronton pas parkir. tu mobil berasa mau melayang.
lampu2 semuanya hampir semuanya halogen reflektor, terutama yang dilepas di indo.
sebenernya kalo yang di thailand, uda pake proyektor, gatau kenapa sampe di indo disunat hehe..
oh iya itu spoiler atas juga nambah, karena agak aneh awalnya kalo gundul gt, keliatan banget bohaynya makin berasa.
untuk
Interior:
oke, sekarang bagian interior.
Interior dari mirage tipe glx yang ane punya ga terlalu banyak fitur, tapi dibandingin kelasnya, cukup komplit.
beberapa fitur nya adalah airbag di driver, laci dashboard yang gede banget, ac digital dengan auto climate control, headunit double din yg keliatan integrated, ga kayak tetangga yang aftermarket pada masa itu, sen penanda nyalip yg kedip 3x, rear defogger plus wiper belakang.
cukup komplit, apalagi yang tipe exceed uda hu touch screen, keyless entry, dual airbag jadi cukup komplit buat city car yg dl termahalnya aja kalo ga salah ga sampe 170jt..
jok aslinya bahan fabric, dengan senderan kepala depan yang cukup enak terutama buat driver itu kita bs senderan dengan proper, ga pegel sama sekali. joknya ga bucket, tapi pinggirannya masih ada jd lumayan lah.
dan ada pengaturan komplit, sampe bs naik turun jok.
utk setirnya cm bs tilt tp lumayan lah.
nah yg bs dikomplen pada jaman itu adalah jok belakangnya yg ga ada headrest, cm sampe leher jadi berasa pegel kl duduk di belakang.
dan kursinya rebahinnya 100%, walaupun uda hampir rata lantai jadi lmyn kl mendadak perlu bawa barang.
jok belakang nya pahanya ga terlalu panjang jadi agak nggantung kl lama mgkn agak pegel.
driving exprerience:
oke sekarang ke pengalaman nyetirnya.
ga terlalu banyak bs cerita ini, karena ga pernah bawa sampe ngebut2 gimana.
cm yang jadi concern utama, kopling dan persenlingnya yaampun keras benur.. wkwk
itu di awal2 pake, masuk gigi satu kayak makan keruupuk alot bunyinya, serem kyk ada yg mau patah.
akhirnya claim bengkel resmi sana sini, akhirnya nemu yg cukup lumayan bisa setting di a*am su*era tangerang.
walaupun untuk kopling yah gitu deh, buat mobil city car berasa keras banget.
nah masuk gigi 1, yang keras itu, rpm cukup struggle di putaran awal, apalagi ane orang yg cukup eco driving, jadi 2000rpm uda ganti.
nah pas di gigi 1, rpm 2000 naik gigi 2, itu sedikit ngelitik mesinnya, tapi begitu gigi 2 ke atas, uda mulai ngilang ngelitik ganti giginya.
ini mobil yang tipe nya melempen di gigi bawah, tenaga baru ngisi di rpm 3000 ke atas.
jadi kl disalip mobil, biasanya ane kasih lewat dulu awalnya, begitu dia uda di depan, tenaga ngisi, baru deh asepin balik wkwk..
nah begitu uda rpm 3000 ke atas, tenaga nya lumayan ada lah..
untuk kestabilan, agak cukup limbung ini mobil.
dan yg dikeluhkan satu lagi yaitu per belakang yg super duper soft.
Kalo dipake 4 orang, lgsg mentok sampe dosrot gitu.
nah plusnya ini mobil superirit.
untuk dalkot rute tol jorr pendek, itu bisa dapet 14-15km/liter.
untuk luar kota, bsa sampe 22km/liter.
Tapi lebih awet cvt nya memang.
maintenance:
selama hampir 7 tahun pake, yang abis cukup gede itu adalah kaki-kaki dan itu uda pas 2019 kemarin, berikut rinciannya:
Jajan kaki-kaki 21/9/2019
Laher roda depan (ntn non abs) 2x300 = 600
Long tie rod (merk jepang gatau apa) 2x225 = 450
Klem plat tie rod 2x15 = 30
Lower arm set FR+FL (asli) = 2.125
Klam = 40
Shock breaker FR+FL (kayaba) = 950
Ongkos 620
Total 4.735
selain itu sih ngikutin anjuran dari buku service aja, dan yg paling gede kalo ga salah 3,7jt deh..
selain itu rentang 1-2jt an lah service rutinnya..
sekarang uda 100rb km, yang uda kena adalah motor fan radiator sama bearing..
jadi cukup low maintenance ini mobil..
pajak sekarang 1,9jt jg cukup murah..
cuma sesayang-sayangnya, kayaknya uda ada rencana jual ini mobil..
see you again my yellow