inspiroo wrote: Sun Apr 05, 2020 7:42
Saya ingin share pengalaman saya sampai akhirnya menjatuhkan pilihan ke CRV turbo sebulan yg lalu. Meskipun secara subyektif di sini saya coba bikin skala nominal biar lebih mendekati fakta dan menjauhi opini hehe:
1. Desain exterior dan interior, meski CX 5 lebih menggoda tapi skornya tdk telak 7-8. 2. Ruang akomodasi CRV mengalahkan CX5 dg skor telak 9-5. 3. Resale value CRV menang dg skor 8-5. 4. After sales service menang lagi dg 9-2 (beda kota beda skor). 5. Sound system CRV kalah telak 5-9. 6. Kekedapan kabin CRV kalah lagi 3-5.
Nah di point yg CRV kalah sifatnya msh bisa saya tolerir atau bahkan saya atasi. Kalau soal akomadasi ruangan, resale value, after sales service kitanya bisa apa? Bagaimana pendapat kawan Seraya? Skor silakan diperdebatkan. Dan tentunya masih ada sisi yg masih luput dari perhitungan saya, tentu saja saya sangat ingin mengetahuinya. Terimakasih..
Sebagai owner keduanya, CRV Turbo 2019 dan AN CX5 2018, saya setuju sm pendapat om diatas. Masing2 mobil punya plus minus masing2, dan balik lg ke kebutuhan masing2 jg. Saya juga ingin share, pengalaman saya melihara keduanya selama 1 tahun belakangan ini
1. Exterior interior, CX5 unggul , saya lebih suka desain CX5 karena dari depan - belakang lebih enak dilihat dan terlihat mahal, kalo crv sih, juga lumayan, tapi saya kurang suka bokongnya yg terkesan mirip BRV. (9 buat cx5, 7 buat crv) Kalo akomodasi, jelas, CRV menang telak, apalagi dia punya row2 dan row 3 yg lega (6 untuk cx5, 8 untuk crv) . RV sih buat saya, 11 12 ya, skornya mungkin 8 - 7 untuk keunggulan tipis CRV, karena saya tinggal di jakarta, dimana honda dan mazda ada beresnya semua (beda kota beda juga skornya ya). ASS 9 - 7 untuk crv, karena beres honda masih lebih banyak di jkt dibanding mazda (ini jg sama ,beda kota beda skor juga). Sound system jelas unggul CX5, sound system CRV menurut saya kurang buat mobil 500 jt, bass dan trebelnya mendem walaupun udah ganti speaker depan, tweeter, dan pasang power, mungkin ganti HU jadi opsi terbaik untuk saat ini kali ya cx5 unggul telak dengan skor 9 - 4,5 . Dan yg terakhir, road noise, CRV kalah telak, CX5 jelas lebih unggul , walaupun sudah membaik dibanding CRV RE dan RM , ini sih cx5 juga unggul telak, 9 - 6
Nah, walaupun saya sudah punya CX5 , bapak saya memutuskan untuk balik lg ke CRV karena ibu saya ingin mobil 7 seater yg lega, nyaman, dan punya bantingan empuk, dimana itu tidak bisa didapatkan di CX5 Elite saya sekarang . Serta mobil 7 seater lainnya, yaitu xpander, gak bisa memenuhi kriteria tersebut, walaupun orang2 bilang empuk, tapi buat bapak saya agak keras, dan kurang nyaman kalo dibawa di tol, rasanya agak limbung di kecepatan tinggi. Walaupun untuk LMPV, kestabilannya termasuk cukup baik dikelasnya. Kekurangan CRV secara keseluruhan, masih bisa saya terima, dan untungnya punya saya ampe sekarang , udah 15 rb odonya masih aman2 aja. Blm ada masalah kek yg diisukan dimana2, terutama tuas transmisi yg gampang copot, dan turbo jebol. Cuma indikator oli aja yg nyala pas odo 2.000. Sama BQ yg kurang solid, walaupun udah lebih mending daripada RE saya dulu, tapi masih jauh dibandingkan CX5 2013 saya dulu dan CX5 2018 saya sekarang. Kalau soal ASS dan RV, tergantung daerah masing2 lah ya. Cuma pengalaman saya melihara 2 merek ini, saya pernah pelihara CRV 2005, CRV 2010, CX5 2013, dan sekarang pelihara CRV 2019 dan CX5 2018, ASS mazda dan honda masih bagusan mazda deh menurut saya. Karena kalo di honda , di beres tertentu, jasanya lebi mahal daripada mazda, jadi kalo ditotal2, bedanya tipis sm mazda, sedangkan mazda mahal di partnya ,tapi biaya jasa lebih murah, sedangkan honda kebalikannya . tapi secara overall, harga part masih mahalan mazda , walaupun bedanya gak banyak sama honda + durabilitynya masih lebih bagus partnya mazda, CX5 2013 saya dulu ampe dijual di odo 150 rb gaada masalah aneh2, CRV RE saya pas dijual di odo 120 rb, udah ganti beberapa kali kaki2nya, sedangakan cx5 baru ganti shock sekali doang
jakanjc wrote: Sun Apr 05, 2020 13:23
Mau nanya, seandainya crv turbo ini dilapisin peredam
full lantai+spakbor yang biayanya sampe belasan juta itu bakalan bisa se senyap kompetitornya mazda cx5 ga ya? Karena saya liat2, opsi mobil suv monokok 7 seater yang harganya di range 500an yaa crv atau xtrail(ini sebenrnya 5+2 menurut sy).
Sepertinya bisa, tapi gak bisa sama persis, masih kedapan cx5 dikit deh menurut saya.
chritz wrote: Mon Jun 11, 2018 4:01
Wahh denger komen nya pada menyeramkan semua ya beli CRV turbo. Saya si butuh row ke 3. Kalo sama all new innova gmn ? Better innova or crv turbo yaa
Maaf, baru balas thread lama. Kalo sama ANKI ,saya pilih ANKI, karena BQ dan road noise ANKI lebih unggul, serta durability juga unggul ANKI karena dia kijang hehehe. Kalo CRV unggul di driving feel karena setir nya lebih enteng dan radius putar yg lebih baik,fitur panoramic sunroof, nano - e serta tarikan awal yg lebih mendingan dibanding sm ANKI bensin, tapi kalo sm diesel sih, menang ANKI kemana mana tarikannya hehehe. Oh iya, CRV Turbo juga unggul di bantingan suspensi yg lebih empuk dibanding ANKI, tapi kalo row 3, sepertinya ANKI unggul soal kelegaannya