you're on my side man... kita khan pemakai, bukannye BD eh salah, PDG..... :Pmaxx wrote:Gw pribadi sih pilihnya yg enak dipake, sesuai selera dan kebutuhan, ga mau dibatasi sama intrik2 ATPM soal resale value atau apapun... yg penting gw puas pake barang yg bagus.
MPV OK
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Bentul bgt tuh bro....
Belum lg kalo kita perhitungkan yg nama nya biaya modal (Capital Cost).
Duit kita yg ketanam di mobil jg ada biayanya. Misalnya Gw beli mobil A yg resale valuenya kuat seharga Rp 100 jt, padahal ada mobil B yg resale value nya ambrull, yg sekelas or mungkin lebih nyaman seharga RP 60 jt.
Selisih Rp 40 jt yg ketanam di mobil A itu "muahal" capital cost nya. Bayangin aja bunga yg kita bayar kalo misal nya kita minjem Rp 40 jt selama 3-5 thn. Emang itu nggak keliatan kalo beli cash, tapi really really real cost. Kalo beli kredit baru keliatan jelas.
Ternyata.. eh..ternyata.. setelah dibahas2, beli mobil (beli seken) yg resale value nya kuat, rugi nya malah seabreg...seabreg...

Belum lg kalo kita perhitungkan yg nama nya biaya modal (Capital Cost).
Duit kita yg ketanam di mobil jg ada biayanya. Misalnya Gw beli mobil A yg resale valuenya kuat seharga Rp 100 jt, padahal ada mobil B yg resale value nya ambrull, yg sekelas or mungkin lebih nyaman seharga RP 60 jt.
Selisih Rp 40 jt yg ketanam di mobil A itu "muahal" capital cost nya. Bayangin aja bunga yg kita bayar kalo misal nya kita minjem Rp 40 jt selama 3-5 thn. Emang itu nggak keliatan kalo beli cash, tapi really really real cost. Kalo beli kredit baru keliatan jelas.
Ternyata.. eh..ternyata.. setelah dibahas2, beli mobil (beli seken) yg resale value nya kuat, rugi nya malah seabreg...seabreg...


-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Jul 17, 2007 9:56
kmrn nyoba xenia Li temen bli baru harga 90 jtan.
uda 1 th gw bli carens I tahun 2001 matic 60 juta
menurut gw Carens I kualitas dan kenyamanannya masih lebih bagus daripada xenia. Gw ke surabaya dari serang nyopir sendirian bawa caren tidak terlalu pegal baget, mgkn karna posisi duduk dan handlingnya yang enak.
So...Jadi ga nyesel gw, Lumayan duitnya bisa dipake yg laen.
Klo nanti dilepaspun gw yakin harga carens tidak akan terjun bebas lagi.
uda 1 th gw bli carens I tahun 2001 matic 60 juta
menurut gw Carens I kualitas dan kenyamanannya masih lebih bagus daripada xenia. Gw ke surabaya dari serang nyopir sendirian bawa caren tidak terlalu pegal baget, mgkn karna posisi duduk dan handlingnya yang enak.
So...Jadi ga nyesel gw, Lumayan duitnya bisa dipake yg laen.
Klo nanti dilepaspun gw yakin harga carens tidak akan terjun bebas lagi.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Good decision.bwildnfun wrote:kmrn nyoba xenia Li temen bli baru harga 90 jtan.
uda 1 th gw bli carens I tahun 2001 matic 60 juta
menurut gw Carens I kualitas dan kenyamanannya masih lebih bagus daripada xenia. Gw ke surabaya dari serang nyopir sendirian bawa caren tidak terlalu pegal baget, mgkn karna posisi duduk dan handlingnya yang enak.
So...Jadi ga nyesel gw, Lumayan duitnya bisa dipake yg laen.
Klo nanti dilepaspun gw yakin harga carens tidak akan terjun bebas lagi.
Bukan mo jelek2in nih... kemarin teman cerita naik mobil kantornya ke puncak 4 orang menggunakan Avanza 1.3 vvti ... sambil mengumpat2.. do'i bilang gila nih mobil gigi satu terusss.. oper gigi dua ngeden ga bisa nanjak!..

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Bro Maxx bener juga beli mobil emang untuk dipake sih...tapi buat sebagian besar orang (termasuk guemaxx wrote: Mo beli mobil u/ dijual kembali? atau beli mobil u/ pakai? .. he he he.. JK.
Kalo mikirin harga jual kembali.. pasti harus pilih mobil sejuta umat.
Kalo dilihat dari build quality.. Carens II lebih baik dari pada Avanzenia.


abis itu keselnya beli mobil yang harga jualnya terjun bebas adalah susah jualnya (walaupun dah dijual dibawah harga pasar, banyak yang gak mao....jadi cape ati bos....) jual ke showroom mobkas aja banyakan ditolaknya kecuali kalo tuker tambah....
dulu soalnya saya pernah punya crown SS 3.0 mobil masih mulus banget dan rawatan...pas mao dijual gak ada satupun orang yang dateng....padahal harga udah dipasang lebih rendah dari harga pasar....akhirnya baru laku bbrp bulan kemudian...itu jg setelah tuker tambah sama kijang LSX diesel bekas di kemayoran....
dari sejak itu, gw agak2 kapok bro pake mobil yang kurang pasaran....dah harga jualnya ancur (kalo beli dari baru), juga susaaah banget jualnya....hehehe...

peace bro maxx

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
uch wrote:Resale value mobil seken bisa "menipu" lho.
Ilustrasi kayak gini nih. (CMIIW)
Harga seken mobil X thn 2002 merek A (yg terkenal resale value nya sangat kuat) thn 2001 = Rp 120 jt.
Harga seken mobil Y tn 2002 merek B (yg terkenal resale value nya ambrol banget) = Rp 70 jt.
5 thn kemudian (thn 2012), sekuat2 nya resale value mobil harga jualnya akan di RP 60-70 jt. Turun 50-60 jt.
Sementara, sejatuh2 mobil Y, 3 thn kemudian paling sekitar Rp 40-50 jt. Turun sekitar Rp 30-40 jt.
Dulu banget di threads lain pernah ada yg membandingkan (kalo nggak salah bos Digital), ternyata depresiasi harga jual kijang seken lebih besar daripada Kia Carnival. (harga beli seken dikurang harga jual kembali).
setuju sama quote nya bung Uch diatas.
tapi kebanyakan orang yang beli mobil baru itu gak akan dipake lebih dari 10 tahun (dari baru) bro.....seengaknya dari pengalaman pribadi lho ya....
3-7thn mungkin rentang yang paling gemuk orang akan jual mobilnya setelah beli dari baru....kalo begini casenya, jelas lebih untung yang beli mobil X dong (mbl yg resale value bagus, terlepas dari quality dan kenyamanan pakenya) kalo harga barunya sama.
yang rugi mungkin tgn ke dua atau ketiga nya mbl X, yang make mobil itu lewat 10 tahun karena pada saat beli dari tgn 1, harganya mahal tapi pas mao dijual setelah lewat 10 thn, harganya akan turun ke level yang hampir sama dengan mobil Y (mbl yg resalenya ambrol), sementara kebalikannya, pembeli tgn ke 2/3 dari mobil Y cukup beruntung karena pada saat beli dari tgn 1, harganya udah murah (resale value ambrol), tapi setelah lewat 10 tahun harga mobilnya akan lebih stabil depresiasinya/hampir sama dgn mbl X.
itu cuma dihitung dari faktor harga aja....tidak memperhitungkan faktor2 lain mis: kenyamanan, build quality, safety, dll

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
hahaha...cara berpikir yang bisa ditiru...bwildnfun wrote:Gw berpikir sebaliknya cari mobil seken yg harganya jatuh bukan karna kualitasnya jelek ttp karena orang berpikir mobilnya jelek padahal mobilnya masih bagus.

kalo menurut saya (dan mungkin juga orang kebanyakan), mobil yang resale nya jatoh bukan berarti mobilnya jelek, tapi mungkin lebih ke hal2 lain mis: maintenance cost tinggi, ketersediaan spare part, dan susah jualnya (cape ati)....dan mungkin hal2 diatas juga belom tentu bener (banyakan cm mitos).
siapa yang berani bilang kalo Volvo, BMW, zafira, atau sedona mobil jelek???

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
ya beginilah akibatnya kalo mobil menang di merek (no offense bt pemilik Avanza/Xenia).....tapi secara tampang, cakep juga sih avanza, cuma saya sering liat avanza2 di jalan bodinya banyak yang bopeng2 (kena pantulan kerikil kali ya???)maxx wrote:Good decision.bwildnfun wrote:kmrn nyoba xenia Li temen bli baru harga 90 jtan.
uda 1 th gw bli carens I tahun 2001 matic 60 juta
menurut gw Carens I kualitas dan kenyamanannya masih lebih bagus daripada xenia. Gw ke surabaya dari serang nyopir sendirian bawa caren tidak terlalu pegal baget, mgkn karna posisi duduk dan handlingnya yang enak.
So...Jadi ga nyesel gw, Lumayan duitnya bisa dipake yg laen.
Klo nanti dilepaspun gw yakin harga carens tidak akan terjun bebas lagi.
Bukan mo jelek2in nih... kemarin teman cerita naik mobil kantornya ke puncak 4 orang menggunakan Avanza 1.3 vvti ... sambil mengumpat2.. do'i bilang gila nih mobil gigi satu terusss.. oper gigi dua ngeden ga bisa nanjak!..

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Kalo mo investasi... ya tanah ato rumah .. yg harganya pasti naik.. setidaknya stabil. Jangan invest di mobil .. kalo maksudnya invest mobil u/ usaha .. dalam arti sbg asset.. ya sudah tentu semua mobil ada depresiasinya .. .. kalo orientasinya spt itu . ya ambil mobil sejuta umat.Risol1 wrote:Bro Maxx bener juga beli mobil emang untuk dipake sih...tapi buat sebagian besar orang (termasuk guemaxx wrote: Mo beli mobil u/ dijual kembali? atau beli mobil u/ pakai? .. he he he.. JK.
Kalo mikirin harga jual kembali.. pasti harus pilih mobil sejuta umat.
Kalo dilihat dari build quality.. Carens II lebih baik dari pada Avanzenia.), mobil jg adalah salah satu investasi. Otomatis kalo dijadiin investasi kan gak mao rugi banyak2 dong
![]()
abis itu keselnya beli mobil yang harga jualnya terjun bebas adalah susah jualnya (walaupun dah dijual dibawah harga pasar, banyak yang gak mao....jadi cape ati bos....) jual ke showroom mobkas aja banyakan ditolaknya kecuali kalo tuker tambah....
dulu soalnya saya pernah punya crown SS 3.0 mobil masih mulus banget dan rawatan...pas mao dijual gak ada satupun orang yang dateng....padahal harga udah dipasang lebih rendah dari harga pasar....akhirnya baru laku bbrp bulan kemudian...itu jg setelah tuker tambah sama kijang LSX diesel bekas di kemayoran....
dari sejak itu, gw agak2 kapok bro pake mobil yang kurang pasaran....dah harga jualnya ancur (kalo beli dari baru), juga susaaah banget jualnya....hehehe...![]()
peace bro maxx
Nah kalo mobil dibeli u/ pake pribadi .. itu bukan invest namanya.. krn mo dikit ato banyak nilainya pasti turun... bad investment.
Semua kalo mikir spt itu ... ga ada yg beli BMW/Mercy/Volvo .. krn price drop dg depresiasi yg besar, .. semua balik soal selera, keinginan, kebutuhan dan kemampuan... yg tentunya ga akan sama tiap orang.
PEACE.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Jul 17, 2007 9:56
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Jun 09, 2005 4:17
emang bener sih, mobil second dgn resale value yg jatuh rasanya worthed juga...
cuma khan banyak faktor yg mesti dipertimbangkan sih...
terus terang gua termasuk org yg lumayan anti ama k****g dari awal... menurut gua ini mobil very overvalued (no offense)... tp anomali di indonesia emang luar biasa... ternyata penjualannya sukses besar...
untuk kia carens II, secara tampilan gua ngga ada comment... menurut gua dah ok... tp banyak isu bahwa carens II rewel, banyak masalah, spare part agak susah, boros... jadinya ragu2 lagi dah... kalo isu2 itu ngga terbukti sih, carens II worthed banget... bekasnya taon 2006 dah di bawah 100 jt... malah katanya yg baru aja harganya bisa dibawah 120 jt...
requirement mobil gua sih yg penting (untuk mobil second):
1. muat 7 penumpang (maklum anak dah 2...hehehehe)
2. irit (soalnya cukup sering bepergian... definisi irit menurut gua: dalkot minimal 1:10; boil gua skr, vios, bisa dapet 1:12 dalkot tuh)
3. model cakep (biar ngga bete ngeliatnya...)
4. perawatan mudah (paling ngga jangan ngerepotin banget)
apakah KIA Carens II meet requirement di atas ngga yah?
cuma khan banyak faktor yg mesti dipertimbangkan sih...
terus terang gua termasuk org yg lumayan anti ama k****g dari awal... menurut gua ini mobil very overvalued (no offense)... tp anomali di indonesia emang luar biasa... ternyata penjualannya sukses besar...
untuk kia carens II, secara tampilan gua ngga ada comment... menurut gua dah ok... tp banyak isu bahwa carens II rewel, banyak masalah, spare part agak susah, boros... jadinya ragu2 lagi dah... kalo isu2 itu ngga terbukti sih, carens II worthed banget... bekasnya taon 2006 dah di bawah 100 jt... malah katanya yg baru aja harganya bisa dibawah 120 jt...
requirement mobil gua sih yg penting (untuk mobil second):
1. muat 7 penumpang (maklum anak dah 2...hehehehe)
2. irit (soalnya cukup sering bepergian... definisi irit menurut gua: dalkot minimal 1:10; boil gua skr, vios, bisa dapet 1:12 dalkot tuh)
3. model cakep (biar ngga bete ngeliatnya...)
4. perawatan mudah (paling ngga jangan ngerepotin banget)
apakah KIA Carens II meet requirement di atas ngga yah?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu May 17, 2007 13:32
kaya'nya GL deh om.. 

speedy208 wrote:emang bener sih, mobil second dgn resale value yg jatuh rasanya worthed juga...
cuma khan banyak faktor yg mesti dipertimbangkan sih...
terus terang gua termasuk org yg lumayan anti ama k****g dari awal... menurut gua ini mobil very overvalued (no offense)... tp anomali di indonesia emang luar biasa... ternyata penjualannya sukses besar...
untuk kia carens II, secara tampilan gua ngga ada comment... menurut gua dah ok... tp banyak isu bahwa carens II rewel, banyak masalah, spare part agak susah, boros... jadinya ragu2 lagi dah... kalo isu2 itu ngga terbukti sih, carens II worthed banget... bekasnya taon 2006 dah di bawah 100 jt... malah katanya yg baru aja harganya bisa dibawah 120 jt...
requirement mobil gua sih yg penting (untuk mobil second):
1. muat 7 penumpang (maklum anak dah 2...hehehehe)
2. irit (soalnya cukup sering bepergian... definisi irit menurut gua: dalkot minimal 1:10; boil gua skr, vios, bisa dapet 1:12 dalkot tuh)
3. model cakep (biar ngga bete ngeliatnya...)
4. perawatan mudah (paling ngga jangan ngerepotin banget)
apakah KIA Carens II meet requirement di atas ngga yah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
investasi kan bukan hanya berupa tanah dan rumah (atau sesuatu yang harganya pasti naik)....maxx wrote: Kalo mo investasi... ya tanah ato rumah .. yg harganya pasti naik.. setidaknya stabil. Jangan invest di mobil .. kalo maksudnya invest mobil u/ usaha .. dalam arti sbg asset.. ya sudah tentu semua mobil ada depresiasinya .. .. kalo orientasinya spt itu . ya ambil mobil sejuta umat.
Nah kalo mobil dibeli u/ pake pribadi .. itu bukan invest namanya.. krn mo dikit ato banyak nilainya pasti turun... bad investment.
Semua kalo mikir spt itu ... ga ada yg beli BMW/Mercy/Volvo .. krn price drop dg depresiasi yg besar, .. semua balik soal selera, keinginan, kebutuhan dan kemampuan... yg tentunya ga akan sama tiap orang.
PEACE.
ibaratnya nih orang yang baru buka pabrik, harus beli mesin2 buat pabriknya, nah mesin ini kan juga bisa disebut investasi...walaupun ujung2nya harga mesinnya kalo dijual lagi bakalan turun, tapi kan tetep harus beli, soalnya kalo enga, pabrik gak bisa jalan.
begitu juga dengan mobil...yang sekarang ini dah jadi kebutuhan primer buat kebanyakan orang. Jadi memang mobil itu bakalan dipake untuk menunjang kebutuhan transportasi sehari2...misal pergi ke kantor, kuliah, nganterin anak sekolah, bisnis, dll....kalo gak ada mobil, gak jalan lah/terganggu lah kegiatan sehari2.
Nah kalo emang ketergantungan kita sama mobil udah begitu tinggi, maka mao ngak mao kita harus beli tu yg namanya mobil. Dan dalam membeli mobil kita punya banyak pilihan2 (salah satunya mbl resale bagus atau resale jelek)....
selanjutnya udah dijelaskan secara detail di post saya di atas...

dan kebanyakan pembeli mobil di indonesia (rentang harga 100-250jt) itu duitnya bukan gak terbatas.....jadinya yang diotak mereka sebelom beli mobil adalah: "mobil ini kalo udah gak kepake lagi mao gw jual ah...bukan gw "buang"" ......tapi pada saat dia orang beli mbl tersebut karena emang butuh alat transportasi...jadinya walaupun tau harganya bakal jato, ya tetep dibeli juga....
dan banyak banget orang2 yang duitnya cm pas2an untuk beli mobil.....jadinya mereka gak akan beli mobil yg baru dipake setahun, harga jualnya tinggal 50-60% dr harga baru.
makanya kenapa avanza/xenia, GL, Innova, stream, jazz bisa laku keras, karena mobil2 tersebut akhirnya bakalan dijual kembali, bukan "dibuang"....dan mobil2 spt ini juga laku keras...sehari pasang di kompas/poskota, sorenya laku...jadinya kalo BU, bisa langsung dilego...kaga kaya crown gw dulu.

Jadi gw sekarang bisa ngerti kenapa orang2 pada tergila2 sama produk2 pasaran diatas, dan juga gua engga bisa salahin mereka memilih produk2 tsb....ditambah lagi market indonesia yang sangat2 brand minded.
sekali lagi kita mengesampingkan unsur2 lain diluar harga lho...
Memang idealnya itu kita membeli mobil yang "you get what you paid" alias gak overvalued spt yang terjadi pada kebanyakan mbl2 pasaran. makanya bro Maxx itu adalah salah satu pembeli ideal yang dikejar2 oleh produk2 yang kualitas nya bagus tapi kurang bisa bersaing karena kalah image di mata orang kebanyakan.
Kalo ttg mercy, bmw, volvo, yah itu produk2 yang dibeli oleh kalangan2 yang di otak mereka bilang "mobil ini kalo udah gak kepake lagi mao gw buang (gak peduli hrg jual) yang penting puassss" makanya jarang2 juga kita liat berseliweran di jalan2..

dan dimana pun anda berada, golongan pecinta resale bagus atau kebalikannya, sama2 benar dan sama2 punya alesan bagus ttg pilihan mobil anda, karena ujung2nya kan belinya pake duit sendiri
That's just my 2 cents
Peace

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kalo menurut saya jenis konsumen mobil dibagi 2:bwildnfun wrote:membeli mobil adalah kebutuhan yang cenderung konsumtif bukan merupakan investasi.
DEAL
1. beli untuk investasi: terutama buat orang yg duitnya pas2an (terbatas), tapi bener2 butuh mobil...jenis ini mrpk konsumen yang biasanya beli mobil sejuta umat.
2. beli untuk pure konsumsi/konsumtif: beli mobil untuk kesenangan, gak liat harga jual, biasanya juga duitnya lebih bnyk dari tipe 1. Jadi seperti beli baju aja, gak ada pikiran u/ dijual lagi kan?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Jun 09, 2005 4:17
Sabtu kemarin penasaran mau test drive GL... dapet yg 1.5 XV, handling cukup ok, tarikan bawah agak kurang, kenyamanan cukup... tapi koq makin diliat rasanya kabinnya rada sempit yah... untuk ukuran saya yang 175 cm, 75 kg... rasanya di bangku 3rd row sih udah kurang nyaman, untuk 2nd row juga agak pas-pasan sih... kendalanya sih itu aja... yg lain sih rasanya ngga ada masalah... apalagi membaca berbagai ulasan GL di forum ini... cuma ya itu aja... masalah space yang sepertinya masih mengganjal... dan sayang juga baris ke 3 ngga bisa dilipat 1 kursi aja... mesti lipat 2 kursi... karena saya liat kalo baris ke 3 ngga diturunkan... bagasinya minim sekali yah... misal mau bawa stroller anak rasanya juga ngga muat... tp kalo harus melipat seluruh bangku ke 3... space nya jadi ngga beda dengan sedan lagi deh... just 5 seater...sidalausa wrote:kaya'nya GL deh om..
speedy208 wrote:emang bener sih, mobil second dgn resale value yg jatuh rasanya worthed juga...
cuma khan banyak faktor yg mesti dipertimbangkan sih...
terus terang gua termasuk org yg lumayan anti ama k****g dari awal... menurut gua ini mobil very overvalued (no offense)... tp anomali di indonesia emang luar biasa... ternyata penjualannya sukses besar...
untuk kia carens II, secara tampilan gua ngga ada comment... menurut gua dah ok... tp banyak isu bahwa carens II rewel, banyak masalah, spare part agak susah, boros... jadinya ragu2 lagi dah... kalo isu2 itu ngga terbukti sih, carens II worthed banget... bekasnya taon 2006 dah di bawah 100 jt... malah katanya yg baru aja harganya bisa dibawah 120 jt...
requirement mobil gua sih yg penting (untuk mobil second):
1. muat 7 penumpang (maklum anak dah 2...hehehehe)
2. irit (soalnya cukup sering bepergian... definisi irit menurut gua: dalkot minimal 1:10; boil gua skr, vios, bisa dapet 1:12 dalkot tuh)
3. model cakep (biar ngga bete ngeliatnya...)
4. perawatan mudah (paling ngga jangan ngerepotin banget)
apakah KIA Carens II meet requirement di atas ngga yah?
So, masih belum mantap nih buat memilih GL...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Kalo pengen memenuhi requirement di atas + kabin lapang + harga murah mungkin bisa dipertimbangkan Innova E bro yg kebetulan lg ada promo AC gratis.speedy208 wrote:Sabtu kemarin penasaran mau test drive GL... dapet yg 1.5 XV, handling cukup ok, tarikan bawah agak kurang, kenyamanan cukup... tapi koq makin diliat rasanya kabinnya rada sempit yah... untuk ukuran saya yang 175 cm, 75 kg... rasanya di bangku 3rd row sih udah kurang nyaman, untuk 2nd row juga agak pas-pasan sih... kendalanya sih itu aja... yg lain sih rasanya ngga ada masalah... apalagi membaca berbagai ulasan GL di forum ini... cuma ya itu aja... masalah space yang sepertinya masih mengganjal... dan sayang juga baris ke 3 ngga bisa dilipat 1 kursi aja... mesti lipat 2 kursi... karena saya liat kalo baris ke 3 ngga diturunkan... bagasinya minim sekali yah... misal mau bawa stroller anak rasanya juga ngga muat... tp kalo harus melipat seluruh bangku ke 3... space nya jadi ngga beda dengan sedan lagi deh... just 5 seater...sidalausa wrote:kaya'nya GL deh om..
speedy208 wrote:emang bener sih, mobil second dgn resale value yg jatuh rasanya worthed juga...
cuma khan banyak faktor yg mesti dipertimbangkan sih...
terus terang gua termasuk org yg lumayan anti ama k****g dari awal... menurut gua ini mobil very overvalued (no offense)... tp anomali di indonesia emang luar biasa... ternyata penjualannya sukses besar...
untuk kia carens II, secara tampilan gua ngga ada comment... menurut gua dah ok... tp banyak isu bahwa carens II rewel, banyak masalah, spare part agak susah, boros... jadinya ragu2 lagi dah... kalo isu2 itu ngga terbukti sih, carens II worthed banget... bekasnya taon 2006 dah di bawah 100 jt... malah katanya yg baru aja harganya bisa dibawah 120 jt...
requirement mobil gua sih yg penting (untuk mobil second):
1. muat 7 penumpang (maklum anak dah 2...hehehehe)
2. irit (soalnya cukup sering bepergian... definisi irit menurut gua: dalkot minimal 1:10; boil gua skr, vios, bisa dapet 1:12 dalkot tuh)
3. model cakep (biar ngga bete ngeliatnya...)
4. perawatan mudah (paling ngga jangan ngerepotin banget)
apakah KIA Carens II meet requirement di atas ngga yah?
So, masih belum mantap nih buat memilih GL...
cm emang harus kompromi sama options nya yg gak lengkap dan juga bensinnya yg sedikit boros (kl soal ini tergantung lah pemakaian)....toh kalo melihat requirements di atas, kayanya Bro Speedy gak terlalu mementingkan options.
sy gak tau apakah Innova E juga ada tipe dieselnya.....kalo ada berarti seluruh requirement Bro speedy udah terpenuhi soalnya yg versi diesel cukup irit.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Well.. ga ada mobil yg sempurna.. sama spt manusia yg menciptakan.. tidak ada yg sempurna, pasti ada aja kekurangannya.
Tiap mobil diciptakan u/ segment pasar tertentu, untuk segment yg tidak ter-covered maka tidak dapat terpuaskan.
Om Speedy.. tulis 7 penumpang .. (anak 2?) .. apakah tujuh penumpang semua tinggi 175 dg berat 75kg?.. ya pasti GL ga akan muat. Menurut saya GL itu bukan 7Seater.. tapi 6+1 dimana yg satunya anak berumur <12thn dg normal size, masih bisa duduk enak.
Innova yg lapang kalo diisi 7 penumpang yg tinggi 175 dan berat 75kg semua.. mungkin masih muat tapi stnya akan terasa sempit juga.
Kalo mau lega, murah, irit .. tp tampang agak kurang.. bisa ambil Treva tuh.. puas deh 7orang 175cm @75kt pasti masih lega duduknya
Tiap mobil diciptakan u/ segment pasar tertentu, untuk segment yg tidak ter-covered maka tidak dapat terpuaskan.
Om Speedy.. tulis 7 penumpang .. (anak 2?) .. apakah tujuh penumpang semua tinggi 175 dg berat 75kg?.. ya pasti GL ga akan muat. Menurut saya GL itu bukan 7Seater.. tapi 6+1 dimana yg satunya anak berumur <12thn dg normal size, masih bisa duduk enak.
Innova yg lapang kalo diisi 7 penumpang yg tinggi 175 dan berat 75kg semua.. mungkin masih muat tapi stnya akan terasa sempit juga.
Kalo mau lega, murah, irit .. tp tampang agak kurang.. bisa ambil Treva tuh.. puas deh 7orang 175cm @75kt pasti masih lega duduknya

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Kia Treva bos... dulu namanya pregio.. sekarang jadi Treva.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Jun 09, 2005 4:17
Iya sih, GL sebetulnya udah cukup memenuhi kebutuhan (dengan anak yg masih kecil)... cuma bagasi cukup jadi kendala juga... sempit juga sih...maxx wrote:Well.. ga ada mobil yg sempurna.. sama spt manusia yg menciptakan.. tidak ada yg sempurna, pasti ada aja kekurangannya.
Tiap mobil diciptakan u/ segment pasar tertentu, untuk segment yg tidak ter-covered maka tidak dapat terpuaskan.
Om Speedy.. tulis 7 penumpang .. (anak 2?) .. apakah tujuh penumpang semua tinggi 175 dg berat 75kg?.. ya pasti GL ga akan muat. Menurut saya GL itu bukan 7Seater.. tapi 6+1 dimana yg satunya anak berumur <12thn dg normal size, masih bisa duduk enak.
Innova yg lapang kalo diisi 7 penumpang yg tinggi 175 dan berat 75kg semua.. mungkin masih muat tapi stnya akan terasa sempit juga.
Kalo mau lega, murah, irit .. tp tampang agak kurang.. bisa ambil Treva tuh.. puas deh 7orang 175cm @75kt pasti masih lega duduknya
Tapi terus terang gua amazed juga sama Nissan yg bisa buat MPV dengan spec kaya GL... dari dulu khan kagak ada MPV yg bisa nabok Kijang... baru GL ini doang... bravo to Nissan... meskipun emang nothing's perfect in this world...
Kalo mau berandai-andai sih, gua mau GL itu diperbesar sedikit lagi aja... yah dengan size antara GL dan Innova deh... pas banget dah...
mungkin dengan imbas konsumsi BBM turun dikit sejauh masih di atas 1:10, should be ok koq...
So, until now, masih belum menjatuhkan pilihan nih... maklum dgn dana yg cuma segitu2nya, emang susah milih mobil yg pas nih...


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 266
- Joined: Thu Jun 09, 2005 4:17