Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalau karya wisesa bubut, yg saya tahu mereka bisa rekondisi / rebuilt engine.
harusnya kalau cuma cakram peyang sih bisa...
betul, urusan engine memang mereka ahlinya. balance kruk as, bikin drive shaft, mereka jago. tapi awak sudah buktikan tempo hari, awak kasih kerjaan sepele, benar-benar disepelekan oleh mereka dalam arti hasilnya mengecewakan. mau komplain bakal buang waktu dan tenaga..... ya sudahlah, cukup tau saja.
saran awak, urusan bubut rotor langsung saja ke bengkel spooring. kecuali mau bikin cross drilled, boleh sambangi bengkel bubut.
Kalau karya wisesa bubut, yg saya tahu mereka bisa rekondisi / rebuilt engine.
harusnya kalau cuma cakram peyang sih bisa...
betul, urusan engine memang mereka ahlinya. balance kruk as, bikin drive shaft, mereka jago. tapi awak sudah buktikan tempo hari, awak kasih kerjaan sepele, benar-benar disepelekan oleh mereka dalam arti hasilnya mengecewakan. mau komplain bakal buang waktu dan tenaga..... ya sudahlah, cukup tau saja.
saran awak, urusan bubut rotor langsung saja ke bengkel spooring. kecuali mau bikin cross drilled, boleh sambangi bengkel bubut.
Kalau bubut estimasi biaya berapa Om? Apakah harus 4 roda? Saya agak sulit menemukan roda mana yang berbunyi.
Pugman wrote: Wed Oct 31, 2018 22:44
Kalau bubut estimasi biaya berapa Om? Apakah harus 4 roda? Saya agak sulit menemukan roda mana yang berbunyi.
perkara biaya lebih baik kontek langsung saja per telfon karena saya belum update lagi.
tidak musti 4 roda yang dibubut, dilihat saja dulu secara fisik, umumnya roda depan yang didahulukan.
kalau nyari mana yang bunyi ya musti dongkrak angkat ban lalu diputar. pasti ketauan kok...
Ada yang udah pernah spooring & balancing di roda mas daerah cempaka putih? Pengen spooring balancing tapi bengkel2 yg saya tau sdh punya nama mahal2 semua, seperti andala ban, nawilis, start tire, rajawali. Pengen coba cari yg lebih ramah di kantong
oh iya kalo surya aneka ban di deket2 radio dalam ada yg pernah coba? saya lihat di IG-nya mereka sering spooring mobil2 mewah. Siapa tau ada yg bsa share di sini
kl ane sehh bengkel spooring cari yg ud terkenal bagus aj, mahal dikit gapapa, drpd bolak balik claim, blom lg stelan ngawur bikin ban makan sebelah, lebi rugi jatohnya
satu lg, ane sehh slalu haram spooring di beres, pengalaman di merek T, H, N.. ga ad yg beres satupun , lebi mahal malah dbanding start tyre
bengkel spooring itu hindari yg ga pernah update data di alatnya dan ga pernah kalibrasi ulang. kecuali mobil kita mobil pasaran atau agak tua yg mungkin sdh ada datanya di komputernya.
sisanya skill manpower. tp kl mobilnya yg bisa distel cuma toe doang mah siapapun jg bisa. yg hrs sama mekanik lbh ahli kl ada setelan caster n camber 4 wheel.
merk alat jg pengaruh.... konon yg the best itu hunter. followed by beissbarth. tp percuma canggih2 kl mekaniknya ga ngerti.
Last edited by Omnibus on Fri Mar 27, 2020 16:48, edited 1 time in total.
1203L wrote: Fri Mar 27, 2020 14:31
klo semarang dulu ane srg spooring and balancing honda jazz ge8 ane di carfix majapahit, biasanya dia sistem paket, overall sih lumayan hasilnya
Spooring yg oke jg ke arvia (harga beti sama carfix), sama2 maju ban halmahera (harga tengah2), sama hartono onderstel (harga plg murah, hasil bagus dan tnp alat samsek+bs cek kaki2)
Omnibus wrote: Fri Mar 27, 2020 16:47
bengkel spooring itu hindari yg ga pernah update data di alatnya dan ga pernah kalibrasi ulang. kecuali mobil kita mobil pasaran atau agak tua yg mungkin sdh ada datanya di komputernya.
sisanya skill manpower. tp kl mobilnya yg bisa distel cuma toe doang mah siapapun jg bisa. yg hrs sama mekanik lbh ahli kl ada setelan caster n camber 4 wheel.
merk alat jg pengaruh.... konon yg the best itu hunter. followed by beissbarth. tp percuma canggih2 kl mekaniknya ga ngerti.
Mbah
Contoh mobil2 yg rempong musti stel2 caster camber sgala, ama mobil yg simple cuman toe doank apa aj ?
Omnibus wrote: Fri Mar 27, 2020 16:47
bengkel spooring itu hindari yg ga pernah update data di alatnya dan ga pernah kalibrasi ulang. kecuali mobil kita mobil pasaran atau agak tua yg mungkin sdh ada datanya di komputernya.
sisanya skill manpower. tp kl mobilnya yg bisa distel cuma toe doang mah siapapun jg bisa. yg hrs sama mekanik lbh ahli kl ada setelan caster n camber 4 wheel.
merk alat jg pengaruh.... konon yg the best itu hunter. followed by beissbarth. tp percuma canggih2 kl mekaniknya ga ngerti.
Mbah
Contoh mobil2 yg rempong musti stel2 caster camber sgala, ama mobil yg simple cuman toe doank apa aj ?
mobil yang simpel ...kijang doyok yg biasa di pake buat toko material....gak pake stel caster..camber...toe...
DOHC wrote: Fri Mar 27, 2020 16:09
kl ane sehh bengkel spooring cari yg ud terkenal bagus aj, mahal dikit gapapa, drpd bolak balik claim, blom lg stelan ngawur bikin ban makan sebelah, lebi rugi jatohnya
satu lg, ane sehh slalu haram spooring di beres, pengalaman di merek T, H, N.. ga ad yg beres satupun , lebi mahal malah dbanding start tyre
yg terkenal bagus start tire......
pelopor whel alignmen...
tapi kadang ada bengkel yang mekaniknya jebolan start tire..nah itu silahkan lgsg merapat...tp bukan jebolan kenek mekanik start tire ya...
tapi tetap kadang ada aja belum pas stelan...agak lari kiri atau blm pas....yah jd blm tentu lgsg beres....
gw dulu fans start tire pecenongan...tapi berat di isi dompet...
bisa sporing ky alpad merci ring 18 kena gopek ceng....
klo langganan skrg mekaniknya jebolan start tire cuma pekgo ceng...
gak di perbudak bengkel kan ya om wakil ketua klub perbudakan...
Ane sejak spooring di lautan ban jalan raya serpong sih puas yah, harga juga masuk akal, meski rame terus itu tempatnya & (maaf) agak kurang bersih sih dibanding bengkel spooring lainnya.
Dari truck hingga alphard ngumpul semua di sini, pernah juga ada yang bawa velg mini cooper yang baru di repaint ganti warna pasang ban nya di sini juga.
Harga ban nya juga bersaing, ane pernah beli 4 pcs buat fortuner ane & memang lebih murah banding tempat lainnya, mungkin pemain lama juga ini lautan ban.
Wahh gopeceng mahh diperbudak bengkel itu, ga bole
Btw mahal amat om, ane spooring anki ama ipah tuwir di start tyre cuman 180 rebu, setir lari atau ga lurus ane samperin lg harus sampe lurus, biar tanggung jawab kl kerja
DOHC wrote: Fri Mar 27, 2020 16:09
kl ane sehh bengkel spooring cari yg ud terkenal bagus aj, mahal dikit gapapa, drpd bolak balik claim, blom lg stelan ngawur bikin ban makan sebelah, lebi rugi jatohnya
satu lg, ane sehh slalu haram spooring di beres, pengalaman di merek T, H, N.. ga ad yg beres satupun , lebi mahal malah dbanding start tyre
yg terkenal bagus start tire......
pelopor whel alignmen...
tapi kadang ada bengkel yang mekaniknya jebolan start tire..nah itu silahkan lgsg merapat...tp bukan jebolan kenek mekanik start tire ya...
tapi tetap kadang ada aja belum pas stelan...agak lari kiri atau blm pas....yah jd blm tentu lgsg beres....
gw dulu fans start tire pecenongan...tapi berat di isi dompet...
bisa sporing ky alpad merci ring 18 kena gopek ceng....
klo langganan skrg mekaniknya jebolan start tire cuma pekgo ceng...
gak di perbudak bengkel kan ya om wakil ketua klub perbudakan...
Contoh mobil2 yg rempong musti stel2 caster camber sgala, ama mobil yg simple cuman toe doank apa aj ?
nyetel toe kan dr long tie rod. kl camber dr lower arm, ada camber boltnya. caster dr upper arm.
innova front camber nya bisa distel kl ga salah. fortuner jg ada. kl belakang ga ada yg bisa distel krn rigid axle.
kl cuma toe kaya corolla twin cam, escudo, city gm2, jazz.
kl yg 4 wheel alignment kaya bmw mercy rata2 semua model terutama yg rwd. roda blkg bisa stel toe dan camber juga. rata2 yg multilink rear suspension kebanyakan bisa distel toe n camber. xtrail seingat sy bisa krn rear multilink.
kompresorz wrote: Sat Mar 28, 2020 2:13
.........
tapi tetap kadang ada aja belum pas stelan...agak lari kiri atau blm pas....yah jd blm tentu lgsg beres....
kl beban penumpang atau barang yg diangkut di dalam mobil berubah maka settingan akan berubah jg om. makanya utk tujuan balapan beban pengemudi dan lain2 sdh diukur fixed kemudian mobilnya di corner balancing.
mau perfect harus corner balancing krn di spooring setelah sprung & unsprung weight fix diset.
devin96 wrote: Fri Mar 27, 2020 14:21
Ada yang udah pernah spooring & balancing di roda mas daerah cempaka putih? Pengen spooring balancing tapi bengkel2 yg saya tau sdh punya nama mahal2 semua, seperti andala ban, nawilis, start tire, rajawali. Pengen coba cari yg lebih ramah di kantong
oh iya kalo surya aneka ban di deket2 radio dalam ada yg pernah coba? saya lihat di IG-nya mereka sering spooring mobil2 mewah. Siapa tau ada yg bsa share di sini
Ada temen yg dulunya langganan ke roda mas karena deket rumah.
Pas ngobrol2 dia nanya biasa saya spooring dimana, saya kasih tau bengkel langganan saya. Pas dia udah coba, ngga mau balik lg ke roda mas. Bukan maksudnya menjelekkan roda mas ya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Sat Mar 28, 2020 5:13
Ada temen yg dulunya langganan ke roda mas karena deket rumah.
Pas ngobrol2 dia nanya biasa saya spooring dimana, saya kasih tau bengkel langganan saya. Pas dia udah coba, ngga mau balik lg ke roda mas. Bukan maksudnya menjelekkan roda mas ya
ya cerita sama dengan nawilis. tapi tetep aja nawilis rame
menurut saya ginian si cocok2an dengan yang bayar dan ekspektasi yang bayar. kalau yang awam dan ga mau bayar mahal yg ada ngomel spooring balancing. ga guna katanya, gituan pas ganti ban aja sisanya ga perlu. yg enthusiasts malah nyari2 bengkel spooring yg bagus, mahal gpp d yg penting enak dipake dan berani rutin diulang.
kunaskun wrote: Sat Mar 28, 2020 5:17
ya cerita sama dengan nawilis. tapi tetep aja nawilis rame
menurut saya ginian si cocok2an dengan yang bayar dan ekspektasi yang bayar. kalau yang awam dan ga mau bayar mahal yg ada ngomel spooring balancing. ga guna katanya, gituan pas ganti ban aja sisanya ga perlu. yg enthusiasts malah nyari2 bengkel spooring yg bagus, mahal gpp d yg penting enak dipake dan berani rutin diulang.
betul om. trus krn kebanyakan jg ga bikin hati puas makanya sy skrg kl mobil msh kerasa enak dan ban makan msh rata ga akan sy spooring2. kl dulu kan max 20k km harus kudu, apalagi maintenance schedule saranin begitu.
skrg mah ngga deh ..... strictly "don't fix it if it ain't broken"
evanbngdor wrote: Sat Mar 28, 2020 5:13
Ada temen yg dulunya langganan ke roda mas karena deket rumah.
Pas ngobrol2 dia nanya biasa saya spooring dimana, saya kasih tau bengkel langganan saya. Pas dia udah coba, ngga mau balik lg ke roda mas. Bukan maksudnya menjelekkan roda mas ya
ya cerita sama dengan nawilis. tapi tetep aja nawilis rame
menurut saya ginian si cocok2an dengan yang bayar dan ekspektasi yang bayar. kalau yang awam dan ga mau bayar mahal yg ada ngomel spooring balancing. ga guna katanya, gituan pas ganti ban aja sisanya ga perlu. yg enthusiasts malah nyari2 bengkel spooring yg bagus, mahal gpp d yg penting enak dipake dan berani rutin diulang.
Nah jujur sih saya ngga cocok dengan tuningan spooringnya nawilis. Pernah iseng coba spooring kesana. Sampe komplen 5x akhirnya ya masih ngga puas jg. Soalnya di Nawilis apalagi yg radio dalem itu lahan buat test drive nya kurang memadai sih.
Gimana mau ngetes proper kalo jalan depannya itu selalu macet
Kalo di bengkel langganan saya sih tetep komplen jg cuma ngga sampe 5x. Biasanya 2x tuning udah cocok
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Omnibus wrote: Sat Mar 28, 2020 5:34
betul om. trus krn kebanyakan jg ga bikin hati puas makanya sy skrg kl mobil msh kerasa enak dan ban makan msh rata ga akan sy spooring2. kl dulu kan max 20k km harus kudu, apalagi maintenance schedule saranin begitu.
skrg mah ngga deh ..... strictly "don't fix it if it ain't broken"
sebetulnya si sampe sekarang masih, karena kan sekalian cek kaki2 dan under carriagge. tapi ya itu balik lagi ke ekspektasi user gimana dan cocok2an.
evanbngdor wrote: Sat Mar 28, 2020 5:55
Nah jujur sih saya ngga cocok dengan tuningan spooringnya nawilis. Pernah iseng coba spooring kesana. Sampe komplen 5x akhirnya ya masih ngga puas jg. Soalnya di Nawilis apalagi yg radio dalem itu lahan buat test drive nya kurang memadai sih.
Gimana mau ngetes proper kalo jalan depannya itu selalu macet
Kalo di bengkel langganan saya sih tetep komplen jg cuma ngga sampe 5x. Biasanya 2x tuning udah cocok
nah ini si Om yg kategori enthusiasts. sampe minta TD.
user lain? ada yang percaya 10000% dengan mesin, percaya dengan mesin 4D atau sekarang malah udah 5D kali ya. yg penting mesin baru dengan anggapan lebih bagus, lebih akurat, dsb lebih mahal gpp.
giliran ketemu mesin kuno, bengkel biasa2 tapi mekanik jago pasti ga mau dengan segala alasan.
ada yg sejadinya, yg penting steer lurus, enteng, dsb.
kunaskun wrote: Sat Mar 28, 2020 6:25
.........
giliran ketemu mesin kuno, bengkel biasa2 tapi mekanik jago pasti ga mau dengan segala alasan.
........
kl ini sy punya pengalaman..... andala radal..... mobil beda mekanik sama mesin spooring sama. mesin mungkin bukan yg paling update. mekanik saat itu menurut sy gape. sampai 2x kerjain msh belum puas. sebelum2nya selalu puas. ini kejadian udah lama bgt. mungkin skrg sdh berubah.
kesimpulan sementara krn faktor mesin yg kalibrasi atau data spec kendaraannya belum diupdate.
jangan kira kl mesin itu tdk perlu periodic calibration. pertanyaannya bengkel mana yg rajin melakukan itu? krn selain mahal mungkin providernya jg jarang. jangan2 vendor nya cuma taunya jual unit aja.
Omnibus wrote: Sat Mar 28, 2020 6:41
kl ini sy punya pengalaman..... andala radal..... mobil beda mekanik sama mesin spooring sama. mesin mungkin bukan yg paling update. mekanik saat itu menurut sy gape. sampai 2x kerjain msh belum puas. sebelum2nya selalu puas. ini kejadian udah lama bgt. mungkin skrg sdh berubah.
kesimpulan sementara krn faktor mesin yg kalibrasi atau data spec kendaraannya belum diupdate.
faktor luck ya? mungkin mekanik lagi banyak pikiran jadi ketika kencengin baut chamber geser dikit
DOHC wrote: Fri Mar 27, 2020 16:09
kl ane sehh bengkel spooring cari yg ud terkenal bagus aj, mahal dikit gapapa, drpd bolak balik claim, blom lg stelan ngawur bikin ban makan sebelah, lebi rugi jatohnya
satu lg, ane sehh slalu haram spooring di beres, pengalaman di merek T, H, N.. ga ad yg beres satupun , lebi mahal malah dbanding start tyre
yg terkenal bagus start tire......
pelopor whel alignmen...
tapi kadang ada bengkel yang mekaniknya jebolan start tire..nah itu silahkan lgsg merapat...tp bukan jebolan kenek mekanik start tire ya...
tapi tetap kadang ada aja belum pas stelan...agak lari kiri atau blm pas....yah jd blm tentu lgsg beres....
gw dulu fans start tire pecenongan...tapi berat di isi dompet...
bisa sporing ky alpad merci ring 18 kena gopek ceng....
klo langganan skrg mekaniknya jebolan start tire cuma pekgo ceng...
gak di perbudak bengkel kan ya om wakil ketua klub perbudakan...
Jebolan Start Tire itu kalo gak salah di Lautan Ban Serpong ya, Om?
So far sih puas ke sana, tp emang betul sih sesuai kata salah 1 Om di atas, tempatnya agak debuan dan berantakan aja.
Omnibus wrote: Sat Mar 28, 2020 6:41
kl ini sy punya pengalaman..... andala radal..... mobil beda mekanik sama mesin spooring sama. mesin mungkin bukan yg paling update. mekanik saat itu menurut sy gape. sampai 2x kerjain msh belum puas. sebelum2nya selalu puas. ini kejadian udah lama bgt. mungkin skrg sdh berubah.
kesimpulan sementara krn faktor mesin yg kalibrasi atau data spec kendaraannya belum diupdate.
faktor luck ya? mungkin mekanik lagi banyak pikiran jadi ketika kencengin baut chamber geser dikit
iya itu dia om .... ttp aja kan kuar uang, waktu, tp hati ga puas. terpaksa skrg ambil bengkel yg mesinnya paling yahud, setidaknya kalibrasi msh bagus, data paling update. faktor human error bisa di minimize jadinya krn ketolong alat.
meski sy akui pengalaman terbaik waktu tinggal di sydney, spooring di Heasman Steering princes highway. ngerjainnya 4 jam, pakai alat busur manual, ga pakai mesin spooring nan mewah. di test drive bolak balik. hasilnya flawless no complain. bayarnya $200 thn 2000. mobilnya e46.
Screenshot_20200328_135612.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.