Ini pertama kalinya saya nyetir jarak jauh dengan mobil supermini. Sebelumnya saya pernah road trip 2000km juga dengan santa fe dm. Karena ingin pengalaman berbeda, saya mencoba touring dengan city car kecil. Dan rutenya mayoritas tol trans jawa.
Hari 1 Awalnya kita berencana nginap di semarang. Tapi rupanya habis masuk semarang masih segar bugar. Jadilah kita lanjut sampai Solo. Karena istri saya ngidam makan serabi notosuman. Jujur saya di hari ini agak menyesal menggunakan ignis. Ketika mendekati semarang terasa sekali mobil ini bergoyang2 khususnya angin dari samping. Suspensinya juga keras dan membuat saya lelah. Saya tidak pernah melebihi batas kecepatan di 100km/h dan rata2 di 90km/h. Tapi ignis cukup menarik setelah melewati tol semarang salatiga. Mobil ringan enak sekali untuk mengerem di jalan menurun.
Hari 2 Atas saran seorang teman, daripada pakai jalur biasa solo klaten kalasan yogya. Dia menyarankan untuk melewati wonosari dan menyusuri pantai2 di selatan. Benar2 saran yg bagus. Jalannya mulus, sepi, dan pantainya bagus2. Istri saya sempat paragliding ketika kami sampai di parangtritis. Di hari ini saya lumayan menghargai ignis setelah kemarin mobil ini tertiup angin samping di pemalang batang kendal.
Hari 3 Saya start dari parangtritis sampai pantai depok kemudian naik ke atas. Saya sempat mampir gereja Ganjuran yang desainnya benar2 memukau buat kami. Akulturasi budaya itu memang indah sekali. Mampir makan sate klatak pak pong setelah direkomendasikan orang di gereja ganjuran.
Hari 4 Fokus kami adalah berkeliling yogyakarta. Tadinya tidak ada rencana ke merapi. Namun setelah makan soto sampah, penjualnya bilang sayang sekali ke yogya tapi tidak ke merapi. Terjadi tragedi disini dimana bumper depan ignis lepas dan foglamp kanan mati kabelnya putus. karena kami kesasar di rute jalan truk pasir. Thanks google map. Tapi sungguh memukau merapi. Khususnya dari bukit klangon dan gardu pandang kaliurang. Istri saya sangat senang melihat monyet2 di gardu pandang kaliurang. Walaupun setelah ada insiden kecil soal gopro, ternyata dia menyadari monyet2 ini berbahaya.
Hari 5 Salah satu bagian dari trip kami yg membosankan. Khususnya jalan raya yogya solo yang jumlah lampu merahnya benar2 banyak.
Hari 6 Salah satu tujuan utama saya karena saya cukup sering ke surabaya. Dihitung2 ini kunjungan saya yang ke 12x ke surabaya dan 6x ke malang. Dan saya sangat menyukai makanan jawa timur. Begitu sampai di malang saya langsung melahap hot cui mie dan bakso president idaman saya.
Hari 7 Disini kembali saya melahap bakwan malang gondhol, mulia, gloria dan cui mie di kelenteng. Kemudian melanjutkan perjalanan ke batu.
Hari 8 Disini saya memutuskan untuk menghindari jalan tol dan melintasi rute batu kandangan pare kediri dan masuk tol melalui nganjuk. Rute yang sangat saya rekomen bila anda enjoy dengan jalan pegunungan, dan banyak air terjun yang bisa dikunjungi. Sayang ada beberapa perbaikan jalan karena longsor. Sepertinya faktor musim hujan. Berhubung sama sekali tidak hujan, mobil kami dipenuhi serangga dan sesampainya di hotel, saya langsung menggunakan bug remover untuk bersih2.
Hari 9 Perjalanan pulang sangat lancar dan kami sempat mampir di tegal untuk makan soto tauco dan sate kambing muda kesenangan istri.
Total biaya:
Bensin : 1.274jt (130 liter pert turbo x 9800)
Tol : 1.4jt
Kesimpulan:
+ salut untuk pertamina yang ketersediaan pertamax turbonya cukup merata.

+ Kalau anda punya waktu saya sangat merekomendasikan JLS. Next time saya akan mencoba dari parangtritis hingga pacitan pantai soge.

+ Ignis irit sekali. Rute full tol. MID saya konstan di 25km/L. Full to full kisaran 23.9km/L. Rekor terburuk masih di 1:17 dalam kota.

+ Rute batu kandangan pare kediri sangat menarik. Jalan berkelok2 dan cukup mulus. Dan banyak air terjun indah. Om FRD bener bgt soal ini

+ Bukit klangon merapi dan gardu pandang kaliurang menakjubkan.
+ Kota tua semarang menurut saya rapi dan teratur.
+ Solo makanannya sangat menarik.
+ View gerbang tol lawang dan salatiga sangat indah
+ Punya headunit android rupanya ide bagus untuk trip kayak gini. Penumpang ga bosen dan hp kita ga kepanasan
- Ignis ini keras. Tol bumpy menambah penderitaan. Tekanan angin standar sesuai pintu.
- Google map tidak bisa 100% dipercaya. Ada 6x saya dibuat tersesat. Yg menarik di merapi saat berpindah dari gardu pandang kaliurang ke bukit klangon. Bumper depan copot dan foglamp kanan mati. Supir truk pasir agak bingung dan bertanya kenapa lewat sini.
- Total damage di mobil. Bumper depan perlu kancing baru dan bagian bawah babak belur. Pintu kanan belakang baret2 kena ranting.
- cuaca yang kurang baik nasib musim hujan.
- Lampu LED memang payah pas hujan dan kabut.
- Kualitas jalan tol khususnya cipali dan pemalang batang memang kurang bagus.
- Andai ada cruise control hehehe
To be updated