Exterior
Dengan dimensi panjang 4486 x lebar 1839 x tinggi 1657 membuatnya setara dengan x1 yg bisa digolongkan cukup mungil ketimbang medium suv drmnyajepang yg panjangnya umumnya diatas 4.5m, saya rasa cukup cocok di kondisi Indo yg jalanannya padat, macet, banyak jalan kecil. Jd ingat masa2 pakai mazda 6 yg sungguh nikmat dikemudikan tp dimensinya yg panjang merepotkan utk daily use..
Face depan menurut saya ini sisi paling keren dari mobil ini, untung versi Indo udah dapet headlamp projector yg bisa mengikuti arah setir, seperti di mazda yg namanya AFS. Sisi samping lumayan.. Tp di luar ada pilihan velg yg jauh lebih keren dengan ring 19. Sedikit sayang, yg masuk ke kita ring 18, meski modelnya masi tergolong lumayan, ga pasaran juga. Sisi belakang lumayan.., saat malam desain garis lampu led nya cukup menarik perhatian Overall saya suka dengan modelnya yg kalem, timeless, cenderung sleeper. Tidak se eye catching bmw x1 atau red cx5 misalnya.. saya merasa ini cocok dengan style saya
Interior, fitur
Lagi2, seperti exteriornya, di interior tiguan terasa simpel, dewasa, rapi dan dibalut dengan bahan yg terasa berkualitas... Fitur juga komplit utk ukuran di kelasnya, ada android auto, voice command yg asik utk kita kasi perintah seperti arah tujuan map, pilihan lagu spotify, bahkan sampe pengen tau info restoran enak terdekat, hotel, translate bahasa, jadi kayak temen ngobrol aja
Ambience light bisa diatur tingkat cahayanya
Self parking sudah ada, saya pernah xoba utk paralel, mendetect tempat parkirnya cepat, respon stirnya jg terasa cepat, tp saya ga terbiasa, so jaramg sekali dipake
Rem otomatis bila mau nabrak kayanya sudah ada, pernah pas parkir mundur yg markirin posisi terlalu deket, tiba2 mobil ngerem mendadak, cukup bikin kaget
Ac sudah 3 zone,
Kursi depan pengaturan sudah elektrik, pengemudi dan penumpang.
Di belakang leg room lega, head room lega, bisa recline dgn sudut yg cukup nyaman.
Sayang ga ada sunroof, meski pasti jarang dipake, tp kl lagi pergi ke daerah pegunungan, udara segar, matiin ac , buka jendela dan sunroof adalah experience yg sungguh menyenangkan
Audio
Bening, beberapa temen yg ikut numpang jg selalu bilang ini sudah bagus, terasa cukup buat saya utk tidak melakukan upgrade audio.
Engine and transmision
Mesin 1400 cc dengan turbo, powernya terasa cukup kuat di kondisi perkotaan, tidak ada jambakan setan ala golf tp ini masihlah terasa kencang, utk bawa di tol juga masih pede utk salip salip. Utk mode kendaraan ada 3 mode yaitu eco, normal, sport
Eco, membuat rpm jd sangat rendah, kisaran 900-1300, tp meski eco, feelnya ga sampe terasa lemot,bahkan di tol mau bejek jg masi ok, turbo lag tetap terasa minim
Sport, rpm akan standby diatas 2000rpm yg membuat tenaganya sangat sigap kapanpun diperlukan, no turbo lag.. mobil jd terasa ingin melaju dan melaju, mau bersenang2 cocok dgn mode ini
Di mode normal paling pas digunakan disegala kondisi, cruisiing akan menjaga rpm kisaran 1500, membuat kons bbm sangat hemat, mau kebut2an jg masih mengasyikkan,meski kadang saat cruising di tol bila tiba2 mau gas sedikit terasa turbo lag. Sebetulnya turbo lagnya jg sudah sangat minim, salah satu yg terbaik, dan power terasa padat merata mengisi terus sampe high rpm
Utk jalan2 tanjakan di pegunungan, sudah coba ke lembang, dieng, noroblem at all, tidak pernah terasa underpower meski muatan penuh plus barang
Kalo liat spek, output engine terliat biasa saja, tp mungkin karena transmisinya dsg ya, membuat penyaluran tenaga optimal. Output mesin 150hp, 240nm sepintas mirip eclipse tp feel kencangnya terasa lebih kuat di tiguan. Bila dibandingkan dengan crv, mungkin malah lebih kencang crv, tp turbo lagnya terasa sekali.. rasa fun nya jauh lebih dapet di tiguan
Kalo X1 terasa lambat
Cx5 yg paling mengimbangi rasa asyiknya dengan mesin NA yg terasa bertenaga sejak rpm rendah dan tidak ada turbo lag
Ride and handling
Bantingan suspensi, ini mobil sudah adaptive suspension.
Mode berkendara ada 3, sporty (keras) , normal (sedang), comfort (lunak). Buat pemakaian jalanan indonesia pada umumnya, mode comfort menjadi yg paling pas, di tol cipali yg banyak patahan beton, mode comfort mampu menjaga para penumpang bobo nyenyak. Kalau dengan mode normal, apalagi sport.. setiap melewati patahan beton membuat penumpang seisi kabin terasa kaget dr tidur nyenyaknya...
Beda cerita bila melintas tol bandung- jakarta yg aspalnya mulus.. dengan pemakaian mode normal dan sport akan membuat mobil terasa stabil dan makin percaya diri
Ditambah mobil ini nvh nya bagus.., road noise minim, wind noise hanya sayup2 terdengar dr kisi pintu itupun di kecepatan 120 keatas. Membuat perjalanan terasa relax.. hanya sayang cruise controlnya blom yg adaptive..
Noise dr bawah terdengar sedikit masuk hanya saat melewati aspal kasar saja
Lalu utk steering, Dr feeling konektifitas pengemudi dengan kondisi jalan, tiguan cukup baik tp x1 terasa lebih bisa merasakan kondisi jalan. Seperti di golf, setir di tiguan memiliki keunggulan lebih baik dengan menjadi ringan di kecepatan rendah dan secara linier makin berat di kecepatan tinggi, peningkatannya memberatnya bobot setir terasa halus.. Di kecepatan tinggi diatas 140km/h saya justru merasakan rasa percaya diri lebih tinggi mengendarai tiguan ketimbang x1. Penyetelannya pun ada 2, normal, sporty. Dan saya paling suka masuk ke mode sporty meskipun berat tp utk parkir masih enak, tidak seberat sx4 atau grandis yg membuat muscle tangan anda show off sebentar hingga selesai memarkirkan mobil anda.. Flexibilitas suspensi, engine, stir membuat mobil ini terasa spesial, mau jalan santai , empuk, nyaman , halus bisa.
Mau nyetir ala boy racer juga bisa tinggal stel ke mode sport, maka respon mesin meningkat, No turbo lag, Suspensi kaku, Stir tambah berat
Saya sudah tonton reviewer para youtuber lokal yg membahas mobil ini, kok mreka hanya sepintas saja bahas fitur ini, padahal menurut saya inilah daya tariknya tiguan
Pilihan lain
Kalau tidak beli ini, saya akan ambil cx5 warna gun metal, meskipunnrasa tenaga dan transmisinya persis kaya tipe lama tp ini jauh lebih halus.. Nvh meningkat jauh, Melebihi x1 tp sedikit dibawah tiguan, Dipadu dengan engine dan steering yg sudah tidak diragukan lg membuatnya menjadi terasa makin premium, sebuah paket komplit
kemudian eclipse cross, ini brand jepang rasa premium ala ala mazda. Good job mitsubishi. Highlightnya ada di build quality terasa solid, tenaga kuat merata dr rpm rendah, minim turbo lag (mungkin brand jepang dengan turbo lag paling minim) Dan ada adaptive cruise control....
Bagaimana dengan tiguan allspace? Yah beberapa fitur meningkat paling signifikan terlihat di layar speedometer sudah fulllayar, dan ada baris ke3, dan harganya jauh lebih murah. Awal kemunculannya bikin saya sedikit menyesal harusnya beli yg alspace.. tapi setelah merasakan lgs baris ke 3nya yg super mungil, bahkan utk anak usia 8 tahun pun ga nyaman, saya jd merasa ebih senang dengan versi 5 seater ini.