1. History
2004 - 2006
TAM meluncurkan toyota kijang innova, sebagai penerus kijang kapsul. Desainnya pun berubah jauh dari kijang kapsul yg membuatnya terasa lebih mewah dan modern dari segala sisi dibanding kapsul, serta sukses membuat panther terlihat jadul. Terdiri dari varian bensin (2.000 CC) dan diesel (2.500 CC) , dengan tekonologi VVTI untuk bensin dan D4D untuk diesel , serta ditawarkan dalam 3 trim, yaitu E , G, dan V dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Kemudian tahun 2005, TAM meluncurkan 2 varian innova yg cukup langka, yaitu G Cruiser, dan 2.7 V AT yg menggunakan mesin yg sama persis dengan toyota fortuner
2007-2008
TAM memberikan improvement sedikit pada innova, yaitu mesin yg sudah euro 2 , dan penambahan kosmetik sedikit yaitu, rear spoiler, rear bumper , dan lampu sen di spion sebagai standar
2008 akhir - 2011 akhir
TAM memberikan FL pertama di Innova, terlihat jauh lebih ganteng dibanding PFL nya, serta sukses menjadikannya sebagai best innova menurut saya even compared to ANKI itself. Perubahan ada pada grill , velg, dan aksesoris lainnya. Serta tipe V sudah memiliki dual airbags dan ABS sebagai standar. Kemudian, tahun 2010, TAM meluncurkan innova tipe J yg menjadi varian terendah innova dibawah tipe E, bedanya ada di velg yg masih kaleng dan gak ada aksesoris pemanis seperti rear spoiler, rear bumper, dll
2011 akhir - 2012 akhir
Innova mendapat facelift lagi, yaitu dengan nama GNKI, perubahannya sama, yaitu di kosmetik, serta perubahan interior yg sedikit lebih fresh, dan penambahan HU touchscreen sebagai standar di tipe G dan V
2012 akhir - 2013 akhir
Innova mendapat improvement lagi, yaitu penambahan dual airbag untuk tipe E dan G
2013 akhir - 2015 akhir
Innova mendapat FL terakhir, yaitu innova dono. Bedanya sama, yaitu di kosmetik. Kemudian, setelah 3x FL, akhirnya innova berubah model menjadi ANKI.
2016 - 2017
Innova akhirnya totally reborn, setelah 12 tahun gak ganti model,akhirnya TAM meluncurkan ANKI . Desainnya berubah total dari segala sisi, serta sukses membuat innova lama terlihat kuno. Desainnya yg susah dicerna pas awal, lama lama terlihat bagus juga hehehe. Ditawarkan kedalam 3 tipe, yaitu G , V , dan Q, serta varian transmisi matic 6 percepatan dan manual 5 percepatan. ABS dan dual airbags pun menjadi standar disemua varian, apalagi Q yg sudah dapat 6 airbags. Selain itu, innova juga mengalami perubahan pada mesinnya, yaitu jadi dual VVTI pada bensin, serta penurunan kapasistas menjadi 2.400 CC pada dieselnya dari yg sblmnya 2.500 CC, dengan tenaga dan torsi yg lebih besar tentunya.
2018
TAM meluncurkan venturer untuk menggantikan tipe Q diesel. Venturer didesain lebih mewah karena dalemnya full black dan captain seat. Selain itu, venturer juga memiliki kelengkapan yg sama persis dengan tipe Q , ditambah bodykit dan chrome yg membuatnya semakin mewah hehehe. Ditawarkan dalam pilihan mesin bensin dan diesel serta transmisi manual dan otomatis. Selain itu, terdapat improvement pada tipe V , yaitu lampu headlampnya yg udh LED kek tipe Q ,dan penambahan immobilizer pada tipe G
2. Exterior
Depan

Not bad lah, walaupun masih lebih bagus yg lama, tapi lama kelamaan akan biasa juga seiring dengan banyaknya mobil ini dijalanan Indonesia hehehe
Samping

Sedikit lebih panjang daripada yg lama, serta ukuran velg yg agak kekecilan untuk mobil sebesar itu, mungkin velg OEM tipe Q atau venturer sudah cukup untuk kalian pemilik ANKI G dan V yg hanya sekedar ingin upgrade velg ke ukuran yg lebih besar
Belakang

On of The worst part of this car , kek mau niru2 HRV tapi gagal. Innova gen sblmnya masih jauh lebih bagus soal desain bagian belakang
3. Interior

Keunggulan mobil ini ada di interiornya, desainnya jauh lebih modern dan mewah, sehingga sukses membuat interior innova lama terlihat kuno. Selain itu, beda tipe V dan G terlihat pada ac dan setirnya. Jika tipe V acnya digital dan ada tombol di sebelah kanan dan kiri setir, tipe G acnya masih pake model puter2an kompor gas dan tombol di setir hanya ada disebelah kiri saja, untuk audio, tanpa tombol pengaturan MID yg ada disebelah kanan.
Untuk yg lain, silahkan foto yg berbicara, karena semua udh pada tau kan interior mobil ini hehehe

Kalo di venturer, ada layarnya, semacam tab gitu

Jok masih blm kulit, sedangkan tipe Q dan venturer udah kulit

Doortrim

Transmisi

Kisi AC

Power window, yg tipe V ini udah auto retract spionnya, sedangkan yg G blm

Cupholder

Setir dan speedo, tipe v speedonya sudah kek tipe Q dan MIDnya udah TFT, sedangkan tipe G speedonya lebih sederhana tampilannya dan MID nya masih layar kalkulator

Head unit yg cukup lengkap fiturnya, bisa USB dan bluetooth
Selain itu, duduk di row 2 dan row 3 mobil ini sangat lega, which is sangat nyaman kalo mau dipakai dalkot maupun lukot, selain itu GC mobil ini tinggi , jadi gak usah takut gasruk kalo mesti pergi ke daerah pedesaan atau ke daerah yg kondisi jalannya kurang baik
ANKI ini juga cukup practical , karena bagasinya luas dan tempat penyimpanan yg banyak
4. Fitur
Fitur di mobil ini cukup banyak, apalagi dibanding innova gen sblmnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan dual srs airbags, ABS, EBD, BA untuk safety, serta mode berkendara eco dan power mode. Selain itu, tipe V juga sudah dilengkapi dengan ac digital dan tombol audio disetir + kunci immobilizer walaupun blm start stop engine dan headlamp LED.






Fitur MID nya yg cukup lengkap, walaupun masih blm sebanyak yaris joker TRD saya. Pengaturannya pun cukup mudah, cukup dengan menekan tombol2 yg ada disebelah kanan setir
5. Driving Impression

Masih pake kunci kontak, blm keyless

Impresi pertama saya, adalah getaran mesinnya sangat halus untuk ukuran mobil diesel. Jauh lebih halus daripada innova gen sblmnya yg kasar dan berisik. Kemudian, soal tarikan, memang masih kalah dibanding yg lama , terutama di putaran bawah, tapi perpindahan giginya cukup sigap dan smooth, kemudian akelerasinya juga cukup enak dibanding versi bensinnya, walaupun gak secepat yg lama, but at least, this car is enough for daily. Kemudian bantingan suspensi mobil ini cukup empuk dan nyaman, walaupun gak senyaman cortez, tapi bantingan suspensi ANKI sudah jauh lebih baik dari innova gen sblmnya. Kemudian setir terasa berat dan feedbacknya masih ada, walaupun minim, ANKI ini lebih senyap dan lebih fun to drive dibanding CRV RW saya dirumah, walaupun soal fun to drive, Innova lama masih tetap lebih fun to drive menurut saya hehehe
6. Conslusion
Well, ANKI merupakan mobil all rounder yg sangat cukup untuk anda yg menginginkan sebuah medium MPV yg empuk , nyaman, lega, enak dikemudikan, desain interior yg elegan, RV nya bagus (apalagi yg diesel matic), badak (because it's toyota), dan enak dikemudikan. Walaupun sudah jauh membaik dibanding innova lama, mobil ini punya beberapa kelemahan, diantaranya boros BBM untuk yg bensin, tarikan awalnya rada kurang, dan isu jedug putu yg sempat menghantui mobil ini saat awal peluncurannya tahun 2016 lalu, yg untungnya sudah tidak terjadi lagi saat ini.
Pros:
- Desain interior
- Fitur lengkap
- Cukup enak dikemudikan
- Perpindahan giginya sigap dan smooth
- LED Headlamp
- Badak
- Irit BBM (karena ini diesel)
- RV (because it's toyota and it's kijang)
- Nyaman buat lukot dan dalkot
- Handling lumayan oke
- Good noise insulation
- BQ cukup oke
- Bantingan suspensi empuk
- Perawatan murah dan terjangkau
Cons:
- Desain exterior
- Isu jedug putu
- Jok blm kulit
- Blm start stop engine dan keyless entry
- Foglamp blm LED
- Tenaga putaran bawah agak kurang
- Boros dan boyo untuk versi bensinnya
- Harga terlampau mahal untuk sebuah kijang
Tipe yg paling recomended menurut saya adalah 2.4 V diesel, karena fiturnya udah mirip2 tipe Q dan venturer , serta harga venturer yg udah nyentuh 450 jt + tipe G yg minim fitur + versi bensinnya yg loyo dan boros BBM menjadikan alasan saya mengapa merekomendasikan 2.4 V diesel ini sebagai varian ANKI yg paling worth to buy dibanding varian lainnya
That's all of my review, i hope you will enjoy this, and thank you