Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

aryonur88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 07, 2019 5:04
Location: Tegal
Daily Vehicle: Honda jazz RS 2009

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aryonur88 »

Om turbo mau nanya
Kalau innova 2004 odo udah 150rb sama nissan geand livina odo 100rb di pakaiin PTT performa 5w30 cocok ga ya? Cocok mana sama ptt NGV 5w40? (Klo om turbo suruh milih nih antara 2 itu)
Mesin radiator semua normal si
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

aryonur88 wrote:Om turbo mau nanya
Kalau innova 2004 odo udah 150rb sama nissan geand livina odo 100rb di pakaiin PTT performa 5w30 cocok ga ya? Cocok mana sama ptt NGV 5w40? (Klo om turbo suruh milih nih antara 2 itu)
Mesin radiator semua normal si
Ipah Diesel / bensin ?

Bensin ya pake 10W30 / 5W30 / 0W30
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

cak mulu ravenol 0-16 kapan ada diskon...turun gitu jd 200 ribu...

yah buat di alpad cuma 5 liter....

dibikin cincai lah...

:ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

PTT lagi promo diskon oli Diesel

5W30
5W40

Oli bensin ada promo juga (bisa tebus Coolant / Flushing oil dgn harga murah)

di BliBli

* Just sharing ajah *
* Bukan ajakan Beli *
aryonur88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 07, 2019 5:04
Location: Tegal
Daily Vehicle: Honda jazz RS 2009

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by aryonur88 »

Turboman wrote: Fri Mar 13, 2020 12:50 PTT lagi promo diskon oli Diesel

5W30
5W40

Oli bensin ada promo juga (bisa tebus Coolant / Flushing oil dgn harga murah)

di BliBli

* Just sharing ajah *
2 type diatas itu bs buat bensin ga om turbo? Plus minus nya apa yah klo dimasukin ke mesin bensin macem avanza, innova ayau bahkan honda jazz :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

aryonur88 wrote:
Turboman wrote: Fri Mar 13, 2020 12:50 PTT lagi promo diskon oli Diesel

5W30
5W40

Oli bensin ada promo juga (bisa tebus Coolant / Flushing oil dgn harga murah)

di BliBli

* Just sharing ajah *
2 type diatas itu bs buat bensin ga om turbo? Plus minus nya apa yah klo dimasukin ke mesin bensin macem avanza, innova ayau bahkan honda jazz :D
Yg oli bensin kalo ga salah beli 1 paket bisa tebus Flushing oil / Radiator coolant harga miring

kalo ga salah

si 5W30 Commonrail A5 / B5 bisa aja dipake di mesin bensin karena TBN dia di 10 an (masih di bawah 11 mg KOH).........TBN 10 di bensin mah bisa Long Drain bangetttt........wkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
geloman72
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Apr 03, 2016 14:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by geloman72 »

Pagi om Turbo,
di toped saya lihat ada yang jual oli amsoil signature 0w-30 sisa stok lama
harga cuma 100.000 per botol. boleh di beli banyak untuk stok ga ya?
rencana untuk crv2,4 dan xpander1.5.
thx
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

geloman72 wrote:Pagi om Turbo,
di toped saya lihat ada yang jual oli amsoil signature 0w-30 sisa stok lama
harga cuma 100.000 per botol. boleh di beli banyak untuk stok ga ya?
rencana untuk crv2,4 dan xpander1.5.
thx
Secukupnya aja, mengingat itu oli produksi sebelum 2010 kan ?

Boleh pake tapi interval juga udah gak bisa spt oli2 sekelas produksi baru / usia di bawah 5 tahun


* Bukan ajakan Beli *
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

Turboman wrote:
a2agarage wrote:shiaaapp suhu suhu smuanya....

skalian dong om kalo oli CVT yg bagus apa ya? TKP buat CVT nya outlander sport 2014.. (maklum lungsuran) mo bersih2 dulu hehe...

om turbo... itu di toko ijo papasari schaeffer prod 2017-2018 kalo dibeli skrng masih worth n aman gk ya?

trimakasih sbelumnya
CVT oil =
- PTT CVT
- Asin CFeX
- Q8 CVT oil

About Seffer =
Shelf life oli = 5 tahun

Apalagi oli2 bagus yg base oil kelas tinggi bisa lebih dr 5 tahun
ijin nongol lagi wkwk....

alhasil stelah bertapa sama suhu2 dsni OS saya minumin Total Q9000 yg 0w20. mnurut om turbo n om2 smuanya gmn? oli ini yg sae 0w20 worth kan masuk ke OS 2014 km udh 96rb...??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

a2agarage wrote:
Turboman wrote:
a2agarage wrote:shiaaapp suhu suhu smuanya....

skalian dong om kalo oli CVT yg bagus apa ya? TKP buat CVT nya outlander sport 2014.. (maklum lungsuran) mo bersih2 dulu hehe...

om turbo... itu di toko ijo papasari schaeffer prod 2017-2018 kalo dibeli skrng masih worth n aman gk ya?

trimakasih sbelumnya
CVT oil =
- PTT CVT
- Asin CFeX
- Q8 CVT oil

About Seffer =
Shelf life oli = 5 tahun

Apalagi oli2 bagus yg base oil kelas tinggi bisa lebih dr 5 tahun
ijin nongol lagi wkwk....

alhasil stelah bertapa sama suhu2 dsni OS saya minumin Total Q9000 yg 0w20. mnurut om turbo n om2 smuanya gmn? oli ini yg sae 0w20 worth kan masuk ke OS 2014 km udh 96rb...??
kalo penaasaran

Sisa oli baru di botol test lab aja di Trakindo SOS

Test TBN & additip Content bayar 165 rb an, hasilnya share di sini kita analisa bersama

Kalo PTT ECO 0W20 saya udah pernah lihat VOA nya

kadar Ca nya 2200 ppm

Scr dr detergent sih mendukung utk long drain / menghadapi bensin busuk
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

Turboman wrote:
a2agarage wrote:
Turboman wrote:CVT oil =
- PTT CVT
- Asin CFeX
- Q8 CVT oil

About Seffer =
Shelf life oli = 5 tahun

Apalagi oli2 bagus yg base oil kelas tinggi bisa lebih dr 5 tahun
ijin nongol lagi wkwk....

alhasil stelah bertapa sama suhu2 dsni OS saya minumin Total Q9000 yg 0w20. mnurut om turbo n om2 smuanya gmn? oli ini yg sae 0w20 worth kan masuk ke OS 2014 km udh 96rb...??
kalo penaasaran

Sisa oli baru di botol test lab aja di Trakindo SOS

Test TBN & additip Content bayar 165 rb an, hasilnya share di sini kita analisa bersama

Kalo PTT ECO 0W20 saya udah pernah lihat VOA nya

kadar Ca nya 2200 ppm

Scr dr detergent sih mendukung utk long drain / menghadapi bensin busuk
boleh juga om.... next klo ambil ni oli lg tak minta sisanya dah... kmren ngepasin aja pas ada promo bengkel segalon 600k (tp cashback 100% dlm bntuk barang or jasa).. liat2 kok yg paling mendingan n bnyak diomongin suhu2 ya yg total q9000 0w20 ini...

wih... ptt keren juga ya om... jd pngen nyoba... apa boleh buat.. kmasukan q9000 dlu [emoji24][emoji24][emoji24]
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

Turboman wrote:
a2agarage wrote:
Turboman wrote:CVT oil =
- PTT CVT
- Asin CFeX
- Q8 CVT oil

About Seffer =
Shelf life oli = 5 tahun

Apalagi oli2 bagus yg base oil kelas tinggi bisa lebih dr 5 tahun
ijin nongol lagi wkwk....

alhasil stelah bertapa sama suhu2 dsni OS saya minumin Total Q9000 yg 0w20. mnurut om turbo n om2 smuanya gmn? oli ini yg sae 0w20 worth kan masuk ke OS 2014 km udh 96rb...??
kalo penaasaran

Sisa oli baru di botol test lab aja di Trakindo SOS

Test TBN & additip Content bayar 165 rb an, hasilnya share di sini kita analisa bersama

Kalo PTT ECO 0W20 saya udah pernah lihat VOA nya

kadar Ca nya 2200 ppm

Scr dr detergent sih mendukung utk long drain / menghadapi bensin busuk
gk sengaja nemu ini nih om.... mnurut om turbo??

Berikut adalah hasil tes laboratorium dari Quartz Future G5 0W-20 dibandingkan dengan performa pelumas dengan tingkat viskositas 10W-40 yang dilakukan Total bersama dengan majalah Auto Bild Indonesia

Dimulai pada 10W-40, saat dites, oli baru menunjukkan angka 14,01 centi-Stoke(cSt) sedangkan oli yang sudah terpakai menjadi 12,26 cSt atau turun dengan selisih 1,75 cSt.
Sementara saat dilakukan tes di oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20, pada oli baru angkanya 8,801 cSt. Sedangkan oli yang sudah menjaga mesin sejauh 1.000 km hasilnya 7, 64 cSt. Atau turun hanya 1,16 cSt.

Artinya, dengan angka yang lebih kecil di 1,16 cSt, pelumas Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20 lebih tahan terhadap temperatur tinggi. Selanjutnya adalah pengujian Total Base Number (TBN). Pada oli 10W-40 baru hasilnya analisanya 6,67 mg KOH/g. Sedangkan oli yang sudah terpakai angkanya menjadi 6,5 mg KOH/g. Artinya ada penurunan tingkat kelayakan oli sebesar 0,17 mg KOH/g.

Hal menarik justru didapat saat pengujian pada oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20. Saat oli baru angkanya 7,73 mg KOH/g. Sedangkan pada oli yang sudah digunakan justru naik menjadi 7,92 mg KOH/g. Artinya tingkat kelayakan oli pada oli yang sudah terpakai justru meningkat 0,19 mg KOH/g dibanding oli barunya.

https://m.facebook.com/story.php?story_ ... 4039338494
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by indeskey »

Kalau yg Eco aja udah cukup mumpuni apalagi yg PTT SN Plus ya. :big_love:
Turboman wrote: Mon Mar 16, 2020 10:27
a2agarage wrote:
Turboman wrote:CVT oil =
- PTT CVT
- Asin CFeX
- Q8 CVT oil

About Seffer =
Shelf life oli = 5 tahun

Apalagi oli2 bagus yg base oil kelas tinggi bisa lebih dr 5 tahun
ijin nongol lagi wkwk....

alhasil stelah bertapa sama suhu2 dsni OS saya minumin Total Q9000 yg 0w20. mnurut om turbo n om2 smuanya gmn? oli ini yg sae 0w20 worth kan masuk ke OS 2014 km udh 96rb...??
kalo penaasaran

Sisa oli baru di botol test lab aja di Trakindo SOS

Test TBN & additip Content bayar 165 rb an, hasilnya share di sini kita analisa bersama

Kalo PTT ECO 0W20 saya udah pernah lihat VOA nya

kadar Ca nya 2200 ppm

Scr dr detergent sih mendukung utk long drain / menghadapi bensin busuk
Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Mar 17, 2020 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Junoz »

ijin para suhu semuah..
nubitol mau tanya untuk oli 5w30 kategori bagus dari kelas kere hore sampe keraton yg bisa di pakai sampe 6-7 bln apa aja
- total q9000
-
dan yg bisa di pakai smpe 12 bln apa saja
- ptt 5w30
-

mohon pencerahan :big_blushing:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Junoz wrote:ijin para suhu semuah..
nubitol mau tanya untuk oli 5w30 kategori bagus dari kelas kere hore sampe keraton yg bisa di pakai sampe 6-7 bln apa aja
- total q9000
-
dan yg bisa di pakai smpe 12 bln apa saja
- ptt 5w30
-

mohon pencerahan :big_blushing:
Diliat dari harga aja

Kalo harga udah 100 rb / L and Up rata2 bisa pake 12 bulan

Kalo jarak tempuh ya tergantung kualitas
- Base oil
- Additip package
- Angka TBN & SAPS
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ecco »

geloman72 wrote: Sat Mar 14, 2020 1:58 Pagi om Turbo,
di toped saya lihat ada yang jual oli amsoil signature 0w-30 sisa stok lama
harga cuma 100.000 per botol. boleh di beli banyak untuk stok ga ya?
rencana untuk crv2,4 dan xpander1.5.
thx
Barang ini sedang saya pakai di M16A, mantab punya.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Junoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Mar 17, 2020 10:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Junoz »

Turboman wrote: Tue Mar 17, 2020 11:53
Junoz wrote:ijin para suhu semuah..
nubitol mau tanya untuk oli 5w30 kategori bagus dari kelas kere hore sampe keraton yg bisa di pakai sampe 6-7 bln apa aja
- total q9000
-
dan yg bisa di pakai smpe 12 bln apa saja
- ptt 5w30
-

mohon pencerahan :big_blushing:
Diliat dari harga aja

Kalo harga udah 100 rb / L and Up rata2 bisa pake 12 bulan

Kalo jarak tempuh ya tergantung kualitas
- Base oil
- Additip package
- Angka TBN & SAPS

syaap om Turbo
makasih info nya
karena mobil mostly di pakai waktu weekend saja. jadi klo pake jarak tempuh pasti lama sampe nya

pingin coba pake yg bisa sampe 12bln, biar penghematan :big_blushing:
geloman72
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Apr 03, 2016 14:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by geloman72 »

Turboman wrote: Sat Mar 14, 2020 3:43
geloman72 wrote:Pagi om Turbo,
di toped saya lihat ada yang jual oli amsoil signature 0w-30 sisa stok lama
harga cuma 100.000 per botol. boleh di beli banyak untuk stok ga ya?
rencana untuk crv2,4 dan xpander1.5.
thx
Secukupnya aja, mengingat itu oli produksi sebelum 2010 kan ?

Boleh pake tapi interval juga udah gak bisa spt oli2 sekelas produksi baru / usia di bawah 5 tahun
Siap, thx om Turbo
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

a2agarage wrote:
Turboman wrote:
a2agarage wrote:ijin nongol lagi wkwk....

alhasil stelah bertapa sama suhu2 dsni OS saya minumin Total Q9000 yg 0w20. mnurut om turbo n om2 smuanya gmn? oli ini yg sae 0w20 worth kan masuk ke OS 2014 km udh 96rb...??
kalo penaasaran

Sisa oli baru di botol test lab aja di Trakindo SOS

Test TBN & additip Content bayar 165 rb an, hasilnya share di sini kita analisa bersama

Kalo PTT ECO 0W20 saya udah pernah lihat VOA nya

kadar Ca nya 2200 ppm

Scr dr detergent sih mendukung utk long drain / menghadapi bensin busuk
gk sengaja nemu ini nih om.... mnurut om turbo??

Berikut adalah hasil tes laboratorium dari Quartz Future G5 0W-20 dibandingkan dengan performa pelumas dengan tingkat viskositas 10W-40 yang dilakukan Total bersama dengan majalah Auto Bild Indonesia

Dimulai pada 10W-40, saat dites, oli baru menunjukkan angka 14,01 centi-Stoke(cSt) sedangkan oli yang sudah terpakai menjadi 12,26 cSt atau turun dengan selisih 1,75 cSt.
Sementara saat dilakukan tes di oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20, pada oli baru angkanya 8,801 cSt. Sedangkan oli yang sudah menjaga mesin sejauh 1.000 km hasilnya 7, 64 cSt. Atau turun hanya 1,16 cSt.

Artinya, dengan angka yang lebih kecil di 1,16 cSt, pelumas Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20 lebih tahan terhadap temperatur tinggi. Selanjutnya adalah pengujian Total Base Number (TBN). Pada oli 10W-40 baru hasilnya analisanya 6,67 mg KOH/g. Sedangkan oli yang sudah terpakai angkanya menjadi 6,5 mg KOH/g. Artinya ada penurunan tingkat kelayakan oli sebesar 0,17 mg KOH/g.

Hal menarik justru didapat saat pengujian pada oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20. Saat oli baru angkanya 7,73 mg KOH/g. Sedangkan pada oli yang sudah digunakan justru naik menjadi 7,92 mg KOH/g. Artinya tingkat kelayakan oli pada oli yang sudah terpakai justru meningkat 0,19 mg KOH/g dibanding oli barunya.

https://m.facebook.com/story.php?story_ ... 4039338494
dikacangin om turbo wkwk.... yaudah tanya lagi aja...

om turbo.. kalo oli CVT habis ganti pake PTT CVT... utk pergantian slanjutnya stelah brp km / brp bulan om kira? atau normal aja per 40rb km?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

a2agarage wrote:
Turboman wrote:
a2agarage wrote:ijin nongol lagi wkwk....

alhasil stelah bertapa sama suhu2 dsni OS saya minumin Total Q9000 yg 0w20. mnurut om turbo n om2 smuanya gmn? oli ini yg sae 0w20 worth kan masuk ke OS 2014 km udh 96rb...??
kalo penaasaran

Sisa oli baru di botol test lab aja di Trakindo SOS

Test TBN & additip Content bayar 165 rb an, hasilnya share di sini kita analisa bersama

Kalo PTT ECO 0W20 saya udah pernah lihat VOA nya

kadar Ca nya 2200 ppm

Scr dr detergent sih mendukung utk long drain / menghadapi bensin busuk
gk sengaja nemu ini nih om.... mnurut om turbo??

Berikut adalah hasil tes laboratorium dari Quartz Future G5 0W-20 dibandingkan dengan performa pelumas dengan tingkat viskositas 10W-40 yang dilakukan Total bersama dengan majalah Auto Bild Indonesia

Dimulai pada 10W-40, saat dites, oli baru menunjukkan angka 14,01 centi-Stoke(cSt) sedangkan oli yang sudah terpakai menjadi 12,26 cSt atau turun dengan selisih 1,75 cSt.
Sementara saat dilakukan tes di oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20, pada oli baru angkanya 8,801 cSt. Sedangkan oli yang sudah menjaga mesin sejauh 1.000 km hasilnya 7, 64 cSt. Atau turun hanya 1,16 cSt.

Artinya, dengan angka yang lebih kecil di 1,16 cSt, pelumas Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20 lebih tahan terhadap temperatur tinggi. Selanjutnya adalah pengujian Total Base Number (TBN). Pada oli 10W-40 baru hasilnya analisanya 6,67 mg KOH/g. Sedangkan oli yang sudah terpakai angkanya menjadi 6,5 mg KOH/g. Artinya ada penurunan tingkat kelayakan oli sebesar 0,17 mg KOH/g.

Hal menarik justru didapat saat pengujian pada oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20. Saat oli baru angkanya 7,73 mg KOH/g. Sedangkan pada oli yang sudah digunakan justru naik menjadi 7,92 mg KOH/g. Artinya tingkat kelayakan oli pada oli yang sudah terpakai justru meningkat 0,19 mg KOH/g dibanding oli barunya.

https://m.facebook.com/story.php?story_ ... 4039338494
tulisan iklan mah......kecap selalu no 1

Yah harus ada data lengkap dong itu

Jalan brp km / brp bulan / Driving style gimana

Itu test cuman pake jalan 1000 km ? Ya elaahhhhhhhhh..............
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

a2agarage wrote:
a2agarage wrote:
Turboman wrote:kalo penaasaran

Sisa oli baru di botol test lab aja di Trakindo SOS

Test TBN & additip Content bayar 165 rb an, hasilnya share di sini kita analisa bersama

Kalo PTT ECO 0W20 saya udah pernah lihat VOA nya

kadar Ca nya 2200 ppm

Scr dr detergent sih mendukung utk long drain / menghadapi bensin busuk
gk sengaja nemu ini nih om.... mnurut om turbo??

Berikut adalah hasil tes laboratorium dari Quartz Future G5 0W-20 dibandingkan dengan performa pelumas dengan tingkat viskositas 10W-40 yang dilakukan Total bersama dengan majalah Auto Bild Indonesia

Dimulai pada 10W-40, saat dites, oli baru menunjukkan angka 14,01 centi-Stoke(cSt) sedangkan oli yang sudah terpakai menjadi 12,26 cSt atau turun dengan selisih 1,75 cSt.
Sementara saat dilakukan tes di oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20, pada oli baru angkanya 8,801 cSt. Sedangkan oli yang sudah menjaga mesin sejauh 1.000 km hasilnya 7, 64 cSt. Atau turun hanya 1,16 cSt.

Artinya, dengan angka yang lebih kecil di 1,16 cSt, pelumas Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20 lebih tahan terhadap temperatur tinggi. Selanjutnya adalah pengujian Total Base Number (TBN). Pada oli 10W-40 baru hasilnya analisanya 6,67 mg KOH/g. Sedangkan oli yang sudah terpakai angkanya menjadi 6,5 mg KOH/g. Artinya ada penurunan tingkat kelayakan oli sebesar 0,17 mg KOH/g.

Hal menarik justru didapat saat pengujian pada oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20. Saat oli baru angkanya 7,73 mg KOH/g. Sedangkan pada oli yang sudah digunakan justru naik menjadi 7,92 mg KOH/g. Artinya tingkat kelayakan oli pada oli yang sudah terpakai justru meningkat 0,19 mg KOH/g dibanding oli barunya.

https://m.facebook.com/story.php?story_ ... 4039338494
dikacangin om turbo wkwk.... yaudah tanya lagi aja...

om turbo.. kalo oli CVT habis ganti pake PTT CVT... utk pergantian slanjutnya stelah brp km / brp bulan om kira? atau normal aja per 40rb km?
pergantian oli CVT tergantung Driving style dan durasi waktu juga

kalo nyetir bejeg2 ya ganti lebih awal

tahu kan sistem cooling unit CVT itu gimana ? sangat anehhh........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

Turboman wrote:
a2agarage wrote:
a2agarage wrote:gk sengaja nemu ini nih om.... mnurut om turbo??

Berikut adalah hasil tes laboratorium dari Quartz Future G5 0W-20 dibandingkan dengan performa pelumas dengan tingkat viskositas 10W-40 yang dilakukan Total bersama dengan majalah Auto Bild Indonesia

Dimulai pada 10W-40, saat dites, oli baru menunjukkan angka 14,01 centi-Stoke(cSt) sedangkan oli yang sudah terpakai menjadi 12,26 cSt atau turun dengan selisih 1,75 cSt.
Sementara saat dilakukan tes di oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20, pada oli baru angkanya 8,801 cSt. Sedangkan oli yang sudah menjaga mesin sejauh 1.000 km hasilnya 7, 64 cSt. Atau turun hanya 1,16 cSt.

Artinya, dengan angka yang lebih kecil di 1,16 cSt, pelumas Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20 lebih tahan terhadap temperatur tinggi. Selanjutnya adalah pengujian Total Base Number (TBN). Pada oli 10W-40 baru hasilnya analisanya 6,67 mg KOH/g. Sedangkan oli yang sudah terpakai angkanya menjadi 6,5 mg KOH/g. Artinya ada penurunan tingkat kelayakan oli sebesar 0,17 mg KOH/g.

Hal menarik justru didapat saat pengujian pada oli Total Quartz 9000 Future GF-5 0W-20. Saat oli baru angkanya 7,73 mg KOH/g. Sedangkan pada oli yang sudah digunakan justru naik menjadi 7,92 mg KOH/g. Artinya tingkat kelayakan oli pada oli yang sudah terpakai justru meningkat 0,19 mg KOH/g dibanding oli barunya.

https://m.facebook.com/story.php?story_ ... 4039338494
dikacangin om turbo wkwk.... yaudah tanya lagi aja...

om turbo.. kalo oli CVT habis ganti pake PTT CVT... utk pergantian slanjutnya stelah brp km / brp bulan om kira? atau normal aja per 40rb km?
pergantian oli CVT tergantung Driving style dan durasi waktu juga

kalo nyetir bejeg2 ya ganti lebih awal

tahu kan sistem cooling unit CVT itu gimana ? sangat anehhh........
driving style kalo naik OS cuma ke pasar tiap sabtu minggu om nganter istri wkwk... kalo bejeg2 saya gk brani naik mbil yg ini... [emoji23]

siap om turbo... trimakasih infonya
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Fookyoo »

Turboman wrote: Wed Mar 11, 2020 9:51
Fookyoo wrote:
supriyadi wrote: Tue Mar 10, 2020 3:38 PTT Perfomance 5W30 sudah 8815 km, 10 bulan. Tarikan masih lumayan enak, tapi bensin rada boros. Di MID biasa 12,5 sekarang main di 12.3. Akhirnya ganti lagi pake PTT juga ngabisin sisa stok. Masih ada 6 botol lagi. Habis ganti tarikan agak ringan, mesin masih halus. Tapi masih kalah sama Total Quartz 9000 5W30. Sekian info
Jadi overall masih enak/worth Total Quartz 9000 5W-30, Om?
Dulu pake ini emang termasuk puas, murmer pula.

Tapi Terlanjur beli 12 botol PTT 5W-30 sih waktu promo gila Bli2 tahun lalu, mau dicoba dulu Sabtu ini ganti PTT. :big_think:
di atas kertas sih scr Base oil ya kelasnya masih tinggian si PTT 5W30 dikit

sesama 5W30 dgn rentang harga deket sih 11 - 12 lah

kalo mau kerasa beda ya ke 0W30 atau 5W30 kelas Keraton kayak Schaeffer 9000
I see... Thanks, Om Turboman.
Ini so far jalan 200 km pake PTT 5W-30 surprisingly smooth banget, dan kok rasa2nya sama enteng dengan Unil 0W-20.
Dengan PTT ini, waktu cold start sedikit lebih kasar suaranya sih, tapi high rpm malah lebih halus dibanding Unil.
Konsumsi BBM mirip2 Unil juga, masih 11-12 km/l.
Balik lagi, ini semua hanya Butt-O-Meter
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Fookyoo »

supriyadi wrote: Thu Mar 12, 2020 6:49
Fookyoo wrote: Wed Mar 11, 2020 8:57
supriyadi wrote: Tue Mar 10, 2020 3:38 PTT Perfomance 5W30 sudah 8815 km, 10 bulan. Tarikan masih lumayan enak, tapi bensin rada boros. Di MID biasa 12,5 sekarang main di 12.3. Akhirnya ganti lagi pake PTT juga ngabisin sisa stok. Masih ada 6 botol lagi. Habis ganti tarikan agak ringan, mesin masih halus. Tapi masih kalah sama Total Quartz 9000 5W30. Sekian info
Jadi overall masih enak/worth Total Quartz 9000 5W-30, Om?
Dulu pake ini emang termasuk puas, murmer pula.

Tapi Terlanjur beli 12 botol PTT 5W-30 sih waktu promo gila Bli2 tahun lalu, mau dicoba dulu Sabtu ini ganti PTT. :big_think:
Sama kasusnya Om, saya juga beli 12 botol waktu promo gila2an kemarin. Baru kepake 6 botol/2x ganti oli, masih ada stok 6 botol lagi. Udah ditawarin ke kawan gak ada yang mau. Dulu nyoba TQ9000 lantaran dapat promo gratis oli dari Nissan, trus beli sendiri kena 175rb/l. Liat Om Turbo bilang ada promo PTT, nggak pikir langsung sikat. Secara per botol gak jauh beda sama NGO jatuhnya. Ya secara feeling saya enakan TQ9000 tarikannya dibanding PTT ini
Waks, mahal banget TQ9000 harga segitu Om.
Ke Duniaoli aja, cuma 320 ribu per gallon. Selama ini sih beli dari dia buat Yaris. :big_grin:
Ini PTT ok sih so far, tapi baru jalan 200 km, belum bisa komen banyak2, tp mirip2 rasanya sama Unil 0W ,encer juga haha
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Fookyoo »

jyasmara wrote: Thu Mar 12, 2020 4:26
Fookyoo wrote: Wed Mar 11, 2020 8:57
supriyadi wrote: Tue Mar 10, 2020 3:38 PTT Perfomance 5W30 sudah 8815 km, 10 bulan. Tarikan masih lumayan enak, tapi bensin rada boros. Di MID biasa 12,5 sekarang main di 12.3. Akhirnya ganti lagi pake PTT juga ngabisin sisa stok. Masih ada 6 botol lagi. Habis ganti tarikan agak ringan, mesin masih halus. Tapi masih kalah sama Total Quartz 9000 5W30. Sekian info
Jadi overall masih enak/worth Total Quartz 9000 5W-30, Om?
Dulu pake ini emang termasuk puas, murmer pula.

Tapi Terlanjur beli 12 botol PTT 5W-30 sih waktu promo gila Bli2 tahun lalu, mau dicoba dulu Sabtu ini ganti PTT. :big_think:
Total Quartz 9000 bisa diapakai sampai berapa bulan om? saya penasaran mau coba.. kalo dari KM nya sih ga bakal lewat karena mobil dipake weekend doang
Dulu di Mark X sekitar 6 bulan, Om.
Yaris ini sekitar 10 bulan (cuma buat anter anak sekolah).
2-2nya sampai jalan 7000 km, berasa mulai berat.
Baru deh ganti Oli.
Yaris masih terus pake TQ9000 sampai skrg, karena cuma 86 ribu/liter...atau 320 ribu per gallon di Duniaoli toko ijo.
Murmer banget.
Mark X lagi coba PTT setelah cobain Unil (sebelum Unil, pake TQ9000 juga) :big_childish:

Overall, TQ9000 5W-30 rasanya masih enak smooth irit di 5000 km pertama.
Di atas itu agak lupa rasanya gimana.
Tapi begitu sentuh 7000 km, beneran berasa gak enak. :big_childish: