addicted2turbo wrote: Sat Mar 07, 2020 14:46
Untuk om TS, sedikit masukan dari pemakai fk8r. Sebelum pakai fk8r saya pengguna mobil sport eropa merek bintang, cla45.
Kalo dari sisi exterior, fk8r emang nggak mengundang perhatian, karena di jalanan (jakarta) udah banyak banget Civic hatchback yg udah di "dandanin" jadi mirip Type R, lengkap dari sayap belakang, knalpot nya, sampe tutup kaliper rem-nya yg merah. Jadi orang yang nggak tahu kalo liat mobil ini di jalan ya anggapan nya biasa2 aja.
Kalo dari sisi interior, type R juga mirip ama mobil Jepang standard. Head unit mirip ama Civic biasa, suara audio juga pas pas an (beda-nya jauh ama mobil eropa saya sebelum nya). Paling cuman dashboard nya aja udah full LCD. Satu hal yg plus menurut saya adalah jok bucket seat di barisan depan. Walaupun jok nya bucket seat, tapi sangat nyaman, dan pas digunakan untuk high speed turning, jok nya bener2 bikin pengemudi dan penumpang depan tetap pada posisi nya. Kalau saya bandingkan sama mobil saya sebelum nya, jok fk8r lebih nyaman walaupun bahan-nya hanya fabric, bukan kulit.
Kalau dari performa, nah ini yg bikin fk8r benar2 berkilau. Saya list beberapa hal yg menjadi plus poin dari fk8r, saya urutin dari yg paling oke menurut saya:
1. Tuning suspensi: fk8r ini tuning suspensi nya bener2 yahut, ngalahin jauh tuningan amg. Mobil ini kalo dibawa hajar tikungan pada kecepatan tinggi bener2 nempel ke aspal. Body roll nya juga hampir tidak ada. Beda banget sama mobil mercy saya yg kalo dibawa nikung itu masih berasa banget body roll nya. Tapi walaupun ini mobil pake ban 20" super tipis, menurut saya masih lebih empuk dibanding mercy saya sebelumnya (ban 19"). Speed trap kayak di bsd atau alam sutra berasa normal, padahal di mobil sebelum nya itu goncangan speed trap berasa banget. Tambahan plus lagi fk8r ini juga nggak se-pendek mercy, selama ini pemakaian masih aman nggak mentok bemper depan/belakang pas tanjakan/turunan curam di mall atau kolong mobil pas lewat poldur.
2. Transmisi manual, short throw: ini memang yg saya cari pas kemaren ganti mobil. Menggunakan manual itu berasa lebih in control dari mobil nya. Ratio transmisi nya dibikin deket per gigi, dan pindahin gigi nya enak banget karena persnelling nya itu short throw (dan pegangan nya kayak bola besi pas banget di tangan). Posisi duduk pengemudi juga pas, sehingga tangkai persneling itu pas di jangkauan tangan. Kopling nya nggak berat kalo di mode Comfort, dan ada auto-hold button jadi kalo pas berhenti di tanjakan nggak perlu takut mundur (rem tangan otomatis pas mobil berhenti di tanjakan)
3. Mesin nya enak utk diajak nge-gas. Karena gear ratio nya pendek, mesin nya tendensi bermain minimal di 2500-3000 rpm utk cruising. Kalo ditarik bisa sampe 7000 (atau 7500) redline nya. Tenaga nya nggak pernah abis kalo di gas, tapi mobil terdahulu juga sama (kecuali redline nya lebih kecil di mercy).
Jadi singkat-nya, kalo om TS emang nyari performa dalam sebuah mobil, fk8r boleh banget untuk di consider. Tapi kalau masih melihat sisi
kenyamanan kabin atau exterior, mungkin f56 jcw masih lebih unggul.
Sekian dulu masukan nya.