Penyebab kipas radiator gak muter
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Penyebab kipas radiator gak muter
saran dong..utk kipas radiator aerio gak mau muter??
usaha perbaikn sendiri:
djumper kipas radiator muter kencang
socket kipas radiator aman
ect udh dbersihkan dan socket presisi
relay kipas radiator (D C E) visual baik2 aja dan gak ada bau gosong
dtunggu masukannya
usaha perbaikn sendiri:
djumper kipas radiator muter kencang
socket kipas radiator aman
ect udh dbersihkan dan socket presisi
relay kipas radiator (D C E) visual baik2 aja dan gak ada bau gosong
dtunggu masukannya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
rumahnya abis kali om,
Harus ganti biasanya kalo kipas yg kecil2, kalo mobil kayak avanza, innova dibawa ke bengkel dinamo masih bisa.
Mending ganti aja saran ane om, kl dibiarin ntar gampang overheat mesinnya lho
Harus ganti biasanya kalo kipas yg kecil2, kalo mobil kayak avanza, innova dibawa ke bengkel dinamo masih bisa.
Mending ganti aja saran ane om, kl dibiarin ntar gampang overheat mesinnya lho
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
Kayaknya ECTnya minta ganti om.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
relay masih berfungsi?
coba dilepas trus sambung kabel, 30 sama 86 ke positif aki, 85 ke negatif. ada bunyi cetek-cetek nggak...
ect/thermoswitch juga sambung kabel agak panjang ke multitester, set di ohm meter, setelah itu ect direbus. nanti setelah air mendidih ketauan ect masih sehat apa enggak.
coba dilepas trus sambung kabel, 30 sama 86 ke positif aki, 85 ke negatif. ada bunyi cetek-cetek nggak...
ect/thermoswitch juga sambung kabel agak panjang ke multitester, set di ohm meter, setelah itu ect direbus. nanti setelah air mendidih ketauan ect masih sehat apa enggak.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
siap laksanakan..sblm ganti relay ataupun ectnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
hasil cek lanjutan brusan:
mesin hidup
relay ttp yg ada (blm ganti)
socket ect dpasang hasil kipas radiator mati
tp klo socket ect dilepas maka kipas radiator hidup/muter terus ga mau mati
apakah itu udh fix klo ect yg rusak?
mesin hidup
relay ttp yg ada (blm ganti)
socket ect dpasang hasil kipas radiator mati
tp klo socket ect dilepas maka kipas radiator hidup/muter terus ga mau mati
apakah itu udh fix klo ect yg rusak?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
itu sistem proteksi om/ Fail safe, kalo ect di copot/ rusak. fan otomatis nyala terus.
FAn aerio single atau double om. ada resistor nya ngak buat Low/High ?
Saran ane cek ke Beres yang ada Engine Scanner tapi bisa fungsi command ke ECU.
jd dr Alatnya akan suruh ECU di buat nyalain Fan Low/ High ( Mesin mobil off, key ACC on)
kemungkinan lain jalur dari ECU ke Relay ada korosi. Putus. (nebak aja)
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
fan double.. fan ac dan fqn radiatorbembenk95 wrote: ↑Wed Feb 26, 2020 7:23itu sistem proteksi om/ Fail safe, kalo ect di copot/ rusak. fan otomatis nyala terus.
FAn aerio single atau double om. ada resistor nya ngak buat Low/High ?
Saran ane cek ke Beres yang ada Engine Scanner tapi bisa fungsi command ke ECU.
jd dr Alatnya akan suruh ECU di buat nyalain Fan Low/ High ( Mesin mobil off, key ACC on)
kemungkinan lain jalur dari ECU ke Relay ada korosi. Putus. (nebak aja)
dr gambar jalur socket ada low dan high speed utk fan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
report ulang hasil identifikasi:
cek relay D C dan E (ada bunyi tek pakai aki dan jarum ohmmeter gerak naik)
fuse no 9 (30A) tidak putus pkai multitester
fan radiator muter djumper
Ect direndam air panas dan cek dg multitester tdk ada pergerakan (posisi jrum sama sblm drendam)
apakh itu ect yg tmasuk rusak minta ganti?
cek relay D C dan E (ada bunyi tek pakai aki dan jarum ohmmeter gerak naik)
fuse no 9 (30A) tidak putus pkai multitester
fan radiator muter djumper
Ect direndam air panas dan cek dg multitester tdk ada pergerakan (posisi jrum sama sblm drendam)
apakh itu ect yg tmasuk rusak minta ganti?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11507
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
cek power and ground nya dulu di soket kabel ECT. kl semua confirm ada dan normal, berarti ECT sensor yg rusak.
btw ente keren.... banyak org mungkin akan langsung ganti motor kipasnya hehe
btw ente keren.... banyak org mungkin akan langsung ganti motor kipasnya hehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
wah bner gak kepikiran
tks..siap laksanakan
tks..siap laksanakan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
Confirmed donk.uzm wrote: ↑Wed Feb 26, 2020 23:42 report ulang hasil identifikasi:
cek relay D C dan E (ada bunyi tek pakai aki dan jarum ohmmeter gerak naik)
fuse no 9 (30A) tidak putus pkai multitester
fan radiator muter djumper
Ect direndam air panas dan cek dg multitester tdk ada pergerakan (posisi jrum sama sblm drendam)
apakh itu ect yg tmasuk rusak minta ganti?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
saya pernah kasus yang sama.... langsung ganti motor fan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Sun Sep 04, 2016 1:29
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
uzm wrote: ↑Wed Feb 26, 2020 23:42 report ulang hasil identifikasi:
cek relay D C dan E (ada bunyi tek pakai aki dan jarum ohmmeter gerak naik)
fuse no 9 (30A) tidak putus pkai multitester
fan radiator muter djumper
Ect direndam air panas dan cek dg multitester tdk ada pergerakan (posisi jrum sama sblm drendam)
apakh itu ect yg tmasuk rusak minta ganti?
Final report..
Stelah cek ulang fuse, relay, socket dan kabel yg bhubungan dg command ECU-ECT-Fan radiator serta saran-masukan dr rekan" SM (tks tak terhingga) dputuskan lbh cendrung ke sensor ECT.
Skian waktu cari sensor ECT akhirnya dpt
langsung dpasang dan..
fan radiator muter stelah suhu panas tercapai kurleb 20-30 mnt (mgkn 90an drajat C)
Trouble terslesaikan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penyebab kipas radiator gak muter
selamat om... turut bergembira karena masalah sudah selesai.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11507
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12