anadzir wrote: Thu Dec 27, 2018 8:58
Pre-Face
WhatsApp Image 2018-08-23 at 9.33.05 AM.jpg
WhatsApp Image 2018-12-27 at 3.14.11 PM.jpg
Karena ada request dan kebetulan belum ada yang review LS 400 UCF 20, ane coba buat post reviewnya disini. Sebelum mobil ini ane pake Toyota Mark 2 GX90 (masih sedikit kangen sama mobil ini), ane pilih LS 400 UCF 20 karena bentuknya yang klasik tapi timeless, sleeper look, legendary engine, interior super nyaman (ane sampe rebahan 10mnt tiap pulang malem), dan memang salah satu mobil impian ane.
Mobil ini ane dapet dari orang hobi juga di daerah roxy jakbar, sayang mobilnya teronggok di basement dan dipanasin tiap seminggu sekali, ane tertarik buat ambil karena warna mobil ini jarang, interior juga super clean.
Chapter 1 Awal Pegang Mobil
WhatsApp Image 2018-07-19 at 7.47.28 PM.jpg
WhatsApp Image 2018-07-19 at 7.47.31 PM(1).jpg
WhatsApp Image 2018-07-19 at 7.47.31 PM.jpg
WhatsApp Image 2018-07-19 at 7.47.32 PM(1).jpg
Mobil ini super nyaman, pas kunci dimasukin setir turun dengan sendirinya sesuai dengan setelan sebelumnya. Setelan setir telescopic electric dan jok full elektrik dengan 2 memory di bagian supir. Jok belakang sangat luas temen temen ane ampe pengen tidur, interior bener bener 80% dibalut kulit, dan armrest besar + empuk.
Bahan kulit mobil ini yg bikin ane pangling banget sama bahan jok kulit mobil lain, super lembut ngelebihin kursi premiere bioskop, sunroof terbilang besar dan berfungsi normal.
Awal bawa pulang, setir sepeleng, roda depan-belakang kalau lewat jalan ga rata mental mental (bahaya banget ini), tapi bodynya fresh banget, cuma perlu poles aja sama bumper belakang perlu di cat ulang, cat masih original pabrik. Dulu mobil ini ane pake daily pas masih kuliah cikarang-bekasi, dan alhamdulillah gaada kendala samsek di cuaca panas ekstrim.
Kekedapan kabin yang superr, dibalut ban Toyo C1S lebih tebal 5% dari standar bikin bantingan lebih nyaman lagi. Bantingannya mirip land cruiser vx100 tapi minim bodyroll.
Ane kagumin banget mobil ini karena bodynya yang semok khas toyota thn 90an, ga bakal bosen deh ngeliat mobil ini dari sisi manapun. Tapi, ternyata mobil ini menyimpan beberapa PR yg agak ngerepotin.
Chapter 2 Repairs (Estimated)
- Instrument Cluster kacau, speedometer mati, lcd odometer mati, jarum bensin error, patokan ane cuma RPM sama engine temprature. Ternyata speedometer udah pernah di utak-atik, pesen kampakan dari malay ternyata socket beda karena punya Celsior, untungnya warna kabel sama dan bisa dipindah-pindahin, total habis biaya 3jtan.
- Kaki-kaki depan belakang di refresh ternyata ada yang pecah di bushing arm yang bikin mobil mental di jalan ga rata, habis biaya 2jtan
- Bubut kaliper n ganti kampas rem depan inden toyota, 2jt
- Hampir overheat gara-gara diisi premium sama bokap, turun setengah sekalian skir berikut packing setnya, kuras radiator, dan ganti thermostat 9jtan
- Hampir overheat karena visco kipas udah lama dan ternyata udah servisan, ganti punya IS 400 3jtan
- Rem bunyi ketika diinjek dan kadang ga balik, master dan booster udah bocor, kanibal pakai punya Toyota LC, 4jtan
- Socket IACV getas, service 600rb
- Cermin spion rusak karena konslet dari fitur heated mirrornya, ganti pakai cermin biasa 150rb
Mungkin beberapa ada yang lupa ditambah, yang belum di benerin hanya Head Unit, overall mobil masih siap jalan. Oh iya, ECU sudah di servis sama pemilik sebelumnya dan malah gabisa di scan..
Chapter 3 Ownership Experience
Super duper nyaman, kabin kedap, bantingan halus, tapi jadi terkesan boring ketika duduk di kursi supir, setir seperti kapal, kurang lincah walaupun wajar sih. Kemudian, dijamin satpam ngelirik banget buat markirin mobil ini, pernah diparkirin sama satpam di sarinah di tempat yang di taruh cone. Pengemudi lain juga segan buat ngasih jalan dan agak jaga jarak sama mobil ini.
- V8nya sangat haluss hampir tidak ada suara, kecuali kalau muffler delete.
- Cruise control sudah ada, enak kalo bensin lagi mepet atau jalan jauh.
- AC dual zone digital, design mirip punya fortun thn 2013.
- Ketika lihat dari luar wah banget, pas nyetir.. b aja ah, disetirin? temen-temen ane heboh karena kenyamanan interiornya.
- Cigarette lighter ada 3, depan 1, belakang masing masing pintu 1
- Dashboard depannya kecil tapi lebar, kayanya taro box tissue juga mepet-mepet.
- Jok besar dan empuk, posisi duduk bisa sangat santai dan pas.
- Spare-part ane recommend cari kampakan di malay atau bisa juga pesan spare-part baru inden via Toyota atau Lexus, diusahakan mungkin dapet bengkel yang jago urus mobil kayagini.
- Bensin ane recommend RON 95, konsumsi bensin sekitar 1:5-1:7 kombinasi.
- 1 lagi yang agak overkill menurut ane, ada sunvisor kecil diatas rear view mirrornya.
Conclusion Kesan & Pesan
WhatsApp Image 2018-12-27 at 3.15.36 PM.jpg
WhatsApp Image 2018-12-27 at 3.15.55 PM.jpg
Mobil ini cocok banget buat yang ga terlalu mikirin maintenance cost, bensin, terlihat 'nyaru' sama mobil-mobil lain tapi bikin orang ngelirik 2x, gengsi tinggi, dan power besar. Yang baru ambil mobil ini harus coba muffler delete atau rubah exhaust systemnya, karakter suara v8nya garang tapi merdu sekali (agak drone kalo di dalam kabin). Ane recommend ambil Celsior karena spare-part lebih mudah dikarenakan kampakan di malay kebanyakan Celsior (JDM).
Mobil ini dijual karena ane perlu mobile, jadi butuh mobil yang spare part mudah dan bensin irit. Dan masalah terbesar adalah ECU, bakal invest banyak untuk cari ECU yang persis buat LS 400. Ane juga recommend perlu mobil kedua yang irit n reliable karena mobil ini pasti bakal ada aja mampir ke bengkel.
Untuk penutup, mobil ini sebenernya terbilang reliable kok dibanding saingannya, ane aja yang kebetulan dapet jackpot hehehe
Want to buy again in the future? Definitely, but in better condition..
Sekian..