Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
Baik ECU engine M271 (4 cyl turbo) ataupun M272 (6 cyl N/A) rentan terpanggang karena panas.
Jika sudah pasti ECU nya, yg M271 bisa coba diservis sedangkan yang M272 kemungkinan besar harus ganti.
E250 saya pernah alami gejala yg mirip (akselerasi terhambat, starter awal bergetar hebat) lalu setelah dicheck, sure enough...ECU nya bermasalah. Sembuh setelah servis di Atak.
Gejala di E300 ipar saya beda lagi; accu nya bocor sampai soak setelah parkir lama. Coba servis ECU tapi tidak berhasil; ganti ECU baru ex-China juga cuma bertahan beberapa hari. Akhirnya fixed setelah ganti ECU copotan ori ex-Germany.
Semoga membantu.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
kl ecu kena panggang gitu biasanya brebet (misfire) aja atau mesinnya sama sekali ga bisa nyala?
trus kl seandainya betul ecu nya yg NG, kenapa kok cuma di cyl 2 aja misfire nya? karena kan infonya coil sdh di rolling dan tetap sama, tapi siapa tau cuma krn businya kotor (carbon fouling), injektor kotor atau maf sensor kotor. maksudnya yg sepele2 gitu. atau sdh dicek sebelumnya ya....
rifat175 wrote: Wed Feb 26, 2020 16:52
Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
sebelum keluar uang banyak, coba cari bengkel alternatif
ane biasa ke "garasiku" di permata hijau, 081280055808
ripratama wrote: Wed Feb 26, 2020 17:26
Tipe mobilnya yg apa Om? E200, E250, E350?
Baik ECU engine M271 (4 cyl turbo) ataupun M272 (6 cyl N/A) rentan terpanggang karena panas.
Jika sudah pasti ECU nya, yg M271 bisa coba diservis sedangkan yang M272 kemungkinan besar harus ganti.
E250 saya pernah alami gejala yg mirip (akselerasi terhambat, starter awal bergetar hebat) lalu setelah dicheck, sure enough...ECU nya bermasalah. Sembuh setelah servis di Atak.
Gejala di E300 ipar saya beda lagi; accu nya bocor sampai soak setelah parkir lama. Coba servis ECU tapi tidak berhasil; ganti ECU baru ex-China juga cuma bertahan beberapa hari. Akhirnya fixed setelah ganti ECU copotan ori ex-Germany.
Semoga membantu.
mobil saya e250 keluaran awal 2010. Jadi masih bisa diselamatkan ya ECUnya, saya tanya2 yg second masih belasan jt, barunya 35anjt, hehe. Mohon info ATAK dimana ya bengkelnya? Lucunya, getaran hebat ini hanya pas mesin dingin aja, pas panas hilang sendiri (cuman check engine nya jd nyala). Nanti klo sdh panas, dimatiin mesinnya, nyalain lg hilang sendiri check engine nya.
Omnibus wrote: Thu Feb 27, 2020 0:30
mau ikutan brainstorm aja boleh ya ....
kl ecu kena panggang gitu biasanya brebet (misfire) aja atau mesinnya sama sekali ga bisa nyala?
trus kl seandainya betul ecu nya yg NG, kenapa kok cuma di cyl 2 aja misfire nya? karena kan infonya coil sdh di rolling dan tetap sama, tapi siapa tau cuma krn businya kotor (carbon fouling), injektor kotor atau maf sensor kotor. maksudnya yg sepele2 gitu. atau sdh dicek sebelumnya ya....
businya sdh saya ganti baru semua, nah MAF ini yg blm dicek. makasih infonya, coba saya ke bengkel lg ngecek itu. Klo MAF simple fix kan ya
kingmidas wrote: Thu Feb 27, 2020 2:28
Menyimak om.
Misfire ya om, saya juga pernah waktu mobil ga dipakai 3 minggu. Solusi sementara dimatiin terus nyalain lagi sudah normal.
Pas cek di bengkel, sd tulisannya ignition coil fail 3 buah, tapi kata mekaniknya cuma bensin turun balik ke tangki aja ga ada problem apa2.
mirip dgn saya, kebetulan mobil ini sangat jarang saya pakai. Sebulan paling 2-3 kali aja keluar. Saya juga gitu, pas getar hebat, diemin bentar, begitu udh panas mesinnya 80c, dinyalain lg hilang. Klo bensin disuruh turun kenapa ya om? Saya pake pertamax turbo terus pdhal.
rifat175 wrote: Thu Feb 27, 2020 3:51
businya sdh saya ganti baru semua, nah MAF ini yg blm dicek. makasih infonya, coba saya ke bengkel lg ngecek itu. Klo MAF simple fix kan ya
cuma dibersihkan aja pakai CRC Maf Cleaner
mobilnya garage queen bisa macem2 penyebabnya. sebaiknya dipastikan dulu sblm vonis ecu. 2-3x sebulan jalannya bensin mungkin aja basi. wiring harness socket jg kl kena lembab atau gigitan tikus. next nya pas start up pertama coba dulu fuel pump nya di prime 2-3x (kunci kontak ke on-off 3x tp jgn start engine dulu) utk rule out bkn krn fuel return to tank akibat mbl didiamkan lama.
rifat175 wrote: Wed Feb 26, 2020 16:52
Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
Coba:
Cek MAF sensor.
Cek Oxygen sensor.
Cek semua sparkplug
Cek semua Ignition Coil.
Pastiin semua komponen diatas dalam kondisi perfect, kalo perlu ganti ya ganti baru.
Ke empat item diatas harganya masih murah-murah (sekitar 2-4 jutaan) ketimbang beli ECU baru (30jt++).
----
Baca kasus-kasus begini ya wajar lah pelihara eropa.
Ga heran.. hahahaha
#endlessmoneypitsdetected
Ga tau seberapa berhubungan nih, tapi saya pernah ngalamin kejadian yang agak mirip di Peugeot 406. Kalau mesin masih dingin sering banget pincang, kabel injector dicabut di silinder 3 ga ada ngaruh apa-apa. Udah coba ganti coil, ga pengaruh, tuker-tuker busi dan injector, ga pengaruh. Sampai akhirnya ketika di-Top Overhaul, ketauan bahwa klepnya ada yang bengkok. Setelah Top OH ga ada pincang lagi...
Taufiq6210 wrote: Thu Feb 27, 2020 8:26
Ga tau seberapa berhubungan nih, tapi saya pernah ngalamin kejadian yang agak mirip di Peugeot 406. Kalau mesin masih dingin sering banget pincang, kabel injector dicabut di silinder 3 ga ada ngaruh apa-apa. Udah coba ganti coil, ga pengaruh, tuker-tuker busi dan injector, ga pengaruh. Sampai akhirnya ketika di-Top Overhaul, ketauan bahwa klepnya ada yang bengkok. Setelah Top OH ga ada pincang lagi...
Diagnosa aja dulu, cek mekanikal, cek sensor, baru ke ECU. Kadang mekanikal baik2 saja, tapi sensor bermasalah, ecu jadi ngaco. Jgn gampang nyalahin ecu, kasian, hahaaa.
Sering2 dinamis bawa mobilnya, pelan, geber, nyetir pagi, malam, sejam 2 jam, touring. Jangan di manja tp jg jgn di siksa.
Ringkih juga ya mercy sekarang, saya punya w124 1995 e320 tangan pertama dari baru KM 180K , gapernah jajan macam2 Hanya service berkala aja di NV mass
om rifat, sy hanya bisa berbagi alternatif mercy, dulu sy bawa nya ke Bm dia ada didalam PMK masuk dr pintu 7 langsung belok kanan, palingan 100-150 meter udah keliatan ada aktifitas bengkel yg banyak mercynya. konteknya pak Rudy no hp 0817-0995-850 atau 0812-8309-4908. Kontek aja, org nya baik kok, bisa nanya2 dulu. Dan disana mnrt sy bengkelnya cukup jujur, yg ngk perlu ganti dia akan bilang jgn dulu, kalo emang rusak yah dia juga bilang rusak.
Taufiq6210 wrote: Thu Feb 27, 2020 8:26
Ga tau seberapa berhubungan nih, tapi saya pernah ngalamin kejadian yang agak mirip di Peugeot 406. Kalau mesin masih dingin sering banget pincang, kabel injector dicabut di silinder 3 ga ada ngaruh apa-apa. Udah coba ganti coil, ga pengaruh, tuker-tuker busi dan injector, ga pengaruh. Sampai akhirnya ketika di-Top Overhaul, ketauan bahwa klepnya ada yang bengkok. Setelah Top OH ga ada pincang lagi...
Nah, saya juga kepikiran yg sama.
Maksudnya ada yg gak beres di jeroan sekitar silinder no 2.
kingmidas wrote: Thu Feb 27, 2020 2:28
Menyimak om.
Misfire ya om, saya juga pernah waktu mobil ga dipakai 3 minggu. Solusi sementara dimatiin terus nyalain lagi sudah normal.
Pas cek di bengkel, sd tulisannya ignition coil fail 3 buah, tapi kata mekaniknya cuma bensin turun balik ke tangki aja ga ada problem apa2.
mirip dgn saya, kebetulan mobil ini sangat jarang saya pakai. Sebulan paling 2-3 kali aja keluar. Saya juga gitu, pas getar hebat, diemin bentar, begitu udh panas mesinnya 80c, dinyalain lg hilang. Klo bensin disuruh turun kenapa ya om? Saya pake pertamax turbo terus pdhal.
Saya sekali skalinya itu aja sih om, karena pas lagi ditinggal keluar kota, biasanya jalan tiap hari. Coil nanya ke mekanik katanya jangan diganti dulu, kalo masih problem baru coba ganti. Sampai sekarang belum problem lagi jadi ga diganti.
Coba dipake rutin seminggu om. Mudah2an ga pincang lagi.
rifat175 wrote: Wed Feb 26, 2020 16:52
Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
Coba cek airmassnya om, e300 sy jg pernah ky gt. Ganti airmass lsg beres.