ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:26 emg gitu om bunyi M15A, 2x ane punya mobil M15A
ada suara kluk kluk kluk. klo pakai 5w30 lbh kedenger.. tp masih lebih halus dibanding HR15 dan 1nzfe sih. dan RPM M15a cenderung rendah sekitar 600rpm dlm kondisi AC on. klo panas2an siang2 baru idle+AC nya jdi 800rpm
Jambangan wrote: Sun Feb 23, 2020 12:51Di kantor ane ada yg punya scross tahun awalrendr wrote: Sun Feb 23, 2020 5:16
Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...
Yg saya tau ATF yg comply 3317 dan AW-1 secara bersamaan cuman Aisin AFW+.. itupun di PDS terbarunya baru mereka cantumin AW-1 comply.. tp emang lbh kentel dibanding Q8 Auto JK/PTT LV-1 sih..
Tiap dia datang parkir di samping mobil ane suaranya kasar bgt tek tek tek gitu
Curiga gara2 dicekokin SGO 0W20 SM
Yg pake emak2 sih![]()
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Coba deh kalau RPM Idle M15A rendah, dibersihkan throttle body nya, kotoran yang nempel di butterfly valve itu penyebab rpm nya rendah.ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:28ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:26 emg gitu om bunyi M15A, 2x ane punya mobil M15A
ada suara kluk kluk kluk. klo pakai 5w30 lbh kedenger.. tp masih lebih halus dibanding HR15 dan 1nzfe sih. dan RPM M15a cenderung rendah sekitar 600rpm dlm kondisi AC on. klo panas2an siang2 baru idle+AC nya jdi 800rpm
Jambangan wrote: Sun Feb 23, 2020 12:51
Di kantor ane ada yg punya scross tahun awal
Tiap dia datang parkir di samping mobil ane suaranya kasar bgt tek tek tek gitu
Curiga gara2 dicekokin SGO 0W20 SM
Yg pake emak2 sih![]()
Langsung pasti naik ke sekitar 900-1100 RPM idle nya otomatis AC jadi dingin kalau macet2an dan kalau creeping di kemacetan dengan posisi perseneling di D langsung lebih ada laju nya.
Cara paling gampang, buka selang dari air filter box yang ke throttle body, lalu kunci kontak on saja, ganjel pedal gas sampe mentok agar throttle body nya ke posisi full open. Lalu (kalau cara saya) ambil kain perca atau lap yg di olesin solar dikit lalu di lap sekitaran butterfly valve nya.
#Pengalaman ngerawat SX4 dari akhir 2011-sekarang. #CMIIW
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?
soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.
sorry oot sedikit
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?
soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.
sorry oot sedikit
arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 3:21Coba deh kalau RPM Idle M15A rendah, dibersihkan throttle body nya, kotoran yang nempel di butterfly valve itu penyebab rpm nya rendah.ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:28ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:26 emg gitu om bunyi M15A, 2x ane punya mobil M15A
ada suara kluk kluk kluk. klo pakai 5w30 lbh kedenger.. tp masih lebih halus dibanding HR15 dan 1nzfe sih. dan RPM M15a cenderung rendah sekitar 600rpm dlm kondisi AC on. klo panas2an siang2 baru idle+AC nya jdi 800rpm
Langsung pasti naik ke sekitar 900-1100 RPM idle nya otomatis AC jadi dingin kalau macet2an dan kalau creeping di kemacetan dengan posisi perseneling di D langsung lebih ada laju nya.
Cara paling gampang, buka selang dari air filter box yang ke throttle body, lalu kunci kontak on saja, ganjel pedal gas sampe mentok agar throttle body nya ke posisi full open. Lalu (kalau cara saya) ambil kain perca atau lap yg di olesin solar dikit lalu di lap sekitaran butterfly valve nya.
#Pengalaman ngerawat SX4 dari akhir 2011-sekarang. #CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?
soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.
sorry oot sedikit
Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?
soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.
sorry oot sedikit
Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.
PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19
Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.
Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.
Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Somehow, SBT yang di puri indah itu pelayanannya termasuk oke sih, dan ngga susah buat klaim garansi.Suryaputra wrote: Mon Feb 24, 2020 8:13Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47 Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.
Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.
PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19
Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.
Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.
Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu![]()
Waktu itu pernah nemenin temen klaim garansi ertiga nya. Dan prosesnya cepet, ngga bertele-tele. Begitu diliat ada penyimpangan langsung ada keputusan buat penggantian part, dan langsung diorderin jg part nya saat itu jg.
Jujur aja ada beberapa pelayanan yang saya rasa lebih bagus drpd Auto2000 nya Toyota

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
oke coba ane tes tipsnya nanti. terima kasih
semoga selesai permasalahan RPM
krn kl di livina sama mazda, itu throttle body disentuh2 pakai apapun lgsg error, rpm naik turun. harus di reset2 segala dan ane ga paham caranya
semoga selesai permasalahan RPM
krn kl di livina sama mazda, itu throttle body disentuh2 pakai apapun lgsg error, rpm naik turun. harus di reset2 segala dan ane ga paham caranya
arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?
soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.
sorry oot sedikit
Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ane di domisili di lampung
disini pemegang suzuki PT. PLR.
org nya emg ramah2 hanya skill nya kacau, byk permasalahan yg ane selesain sendiri di banding di selesaikan BeRes. tp klo oli bisa kok bawa dari luar
disini pemegang suzuki PT. PLR.
org nya emg ramah2 hanya skill nya kacau, byk permasalahan yg ane selesain sendiri di banding di selesaikan BeRes. tp klo oli bisa kok bawa dari luar
Suryaputra wrote: Mon Feb 24, 2020 8:13Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?
soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.
sorry oot sedikit
Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.
PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19
Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.
Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.
Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Nah SBT ini emang lgs di bawah naungan ATPM nya suzuki.evanbngdor wrote: Mon Feb 24, 2020 9:45Somehow, SBT yang di puri indah itu pelayanannya termasuk oke sih, dan ngga susah buat klaim garansi.Suryaputra wrote: Mon Feb 24, 2020 8:13Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47 Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.
Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.
PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19
Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.
Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.
Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu![]()
Waktu itu pernah nemenin temen klaim garansi ertiga nya. Dan prosesnya cepet, ngga bertele-tele. Begitu diliat ada penyimpangan langsung ada keputusan buat penggantian part, dan langsung diorderin jg part nya saat itu jg.
Jujur aja ada beberapa pelayanan yang saya rasa lebih bagus drpd Auto2000 nya Toyota
![]()
Jaringan SBT baru di area jabodetabek ya,
http://www.suzuki-mobil.co.id/jaringan-jabodetabek/
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Minta saran dong
Ane di rmh ada ptt 0w-20
Sama q8 0w-20
Masing2 ada 4 botol
Enakan pake yg mana dulu ya buat tuang ke mesin r18 Honda
Skrg sich masih pake kendall
Ane di rmh ada ptt 0w-20
Sama q8 0w-20
Masing2 ada 4 botol
Enakan pake yg mana dulu ya buat tuang ke mesin r18 Honda
Skrg sich masih pake kendall
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Fri Sep 14, 2012 9:37
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
masih garansi ya om? kan udh 50ribu km itu..rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 7:29 Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...
Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...
1582356273861.jpg
![]()
itu shim tappet aus begitu dikasih tw sama teknisinya kah? apa ngecek sendiri ya?
soalnya punya gw awal” juga dikasih oli 0w-20 sm
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
ada yang pernah pake shell helix hx7 5w-40 sn plus?
harganya menarik..
harganya menarik..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Fri Sep 14, 2012 9:37
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan muraherwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12 Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
all new jimny kok pake “SUZUKI ATF 3317 or Mobil ATF3309 atau setara
DEXRON® -III” keterangan di manual booknya? padahal kan pake k15b juga..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Apa gara2 4WD jd tipe gearbox sama rasionya beda ya om? Sama2 4speed juga tapi, mgkn ambil dr jimny sblmnyaJman wrote: Tue Feb 25, 2020 3:49erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
all new jimny kok pake “SUZUKI ATF 3317 or Mobil ATF3309 atau setara
DEXRON® -III” keterangan di manual booknya? padahal kan pake k15b juga..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
k15b kan engine nya.
mgkn transmisinya masih pakai yg lama
sama yg di pakai swift dan sx4 lama yg minta ATF 3317
mgkn transmisinya masih pakai yg lama
sama yg di pakai swift dan sx4 lama yg minta ATF 3317
Jman wrote: Tue Feb 25, 2020 3:49erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
all new jimny kok pake “SUZUKI ATF 3317 or Mobil ATF3309 atau setara
DEXRON® -III” keterangan di manual booknya? padahal kan pake k15b juga..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12534
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
bebas ajah om bro.Leonhart wrote: Mon Feb 24, 2020 20:33 Minta saran dong
Ane di rmh ada ptt 0w-20
Sama q8 0w-20
Masing2 ada 4 botol
Enakan pake yg mana dulu ya buat tuang ke mesin r18 Honda
Skrg sich masih pake kendall
Klo lihat datasheet produsen, Q8 0w20 lebih kentel dikit dibanding PTT 0w20 SN+
yg penting tiap ganti oli, ganti filter ajah,
dan tuang oli murah baru 1-2 liter, pas ketika oli lama udh selesai netes (dlm keadaan baut oil pan + filter dibuka),
agar sisa daki oli lama yg ada di oil pan, ntar ikut kebuang juga.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Leonhart wrote: Mon Feb 24, 2020 20:33 Minta saran dong
Ane di rmh ada ptt 0w-20
Sama q8 0w-20
Masing2 ada 4 botol
Enakan pake yg mana dulu ya buat tuang ke mesin r18 Honda
Skrg sich masih pake kendall
Mesran Super 20w50 API SG.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Di manual book mintanya 4.2L tp diisi 4L doang gpp ga ya?
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Cek dipstick aja omDuvebriliant0 wrote: Tue Feb 25, 2020 7:52 Di manual book mintanya 4.2L tp diisi 4L doang gpp ga ya?
Kalo udah di FULL atau dibawah FULL dikit aman
Dulu jaman pake xtrail mesin MR20DE mintanya 4,4 L pas diisi 4 L udah penuh
Soalnya liat spek di US mesin yg sama jg minta 4 L doang
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Saya dirumah piara kia rioJambangan wrote:Cek dipstick aja omDuvebriliant0 wrote: Tue Feb 25, 2020 7:52 Di manual book mintanya 4.2L tp diisi 4L doang gpp ga ya?
Kalo udah di FULL atau dibawah FULL dikit aman
Dulu jaman pake xtrail mesin MR20DE mintanya 4,4 L pas diisi 4 L udah penuh
Soalnya liat spek di US mesin yg sama jg minta 4 L doang
Manual book tertulis 3,3 L kalo ganti oli plus filter
Diisi cma 3L dipstik udah mepet batas max padahal filter juga ganti
Pokoknya ga dibawah batas min aja
Dimesin Lebih enteng juga [emoji1787][emoji1787]
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Thu Aug 22, 2019 2:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2GD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Om Om , subtitusi Castrol Edge 5W40 ini apa aja ya ? biasa bengkel VW pakai oli itu untuk ganti oli , mau coba ganti oli bukan ke beres tapi agak susah cari oli Castrol Edge .
Thank you
Thank you
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
5W40 API SNbocahelek wrote:Om Om , subtitusi Castrol Edge 5W40 ini apa aja ya ? biasa bengkel VW pakai oli itu untuk ganti oli , mau coba ganti oli bukan ke beres tapi agak susah cari oli Castrol Edge .
Thank you
PTT NGV 5W40
TBN cuman 8 an
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... nding=true
atau 5W40 API SN lain yg TBN di bawah 10 kalo bisa & type High Perf dimana antiwear cuukup utk melumasi camshaft krn ada pompa High Press GDI
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Thu Aug 22, 2019 2:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2GD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Mobil 5W40 https://www.mobil.com/en-FR/Passenger-V ... bil-1-5W40 ...... cocok ndak ya Om ..... tapi koq TBN 11 lebih 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Thu Aug 22, 2019 2:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2GD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
nemu postingan lama viewtopic.php?p=772087#p772087 bandingin Castrol 5W40 vs M1 0W40 ... ini masih valid gak ya Om ... kebetulan ready nich barang M1 0W40
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11
Tiap 15rb km ganti oli 20w50, Mobilio 2016

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT