Mobilio Users

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

juhee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Jan 27, 2020 4:32
Location: jakarta
Daily Vehicle: roda empat

Re: Mobilio Users

Post by juhee »

osbertc0ol wrote: Wed Feb 12, 2020 3:47
juhee wrote: Tue Jan 28, 2020 6:14
ganti seal kruk as maksudnya (maaf nubitol) :big_peace:
bongkar transmisi... kalo kopling dah kemakan skalian bonusnya harus ganti... :big_cry:
Santai aja om, netes nya sudah parah?
Saya pas km 25k ganti di beres 1x (Warranty)
Km 40K eh iseng ngecek masih rembes tp diemin aja, nggak ada yang netes soalnya, oli mesin juga tdk berkurang.

Skrg km 55k juga masih sama.. biar aja lah wkwkwkwk malas urus, ganti lagi rembes lagi buang2 waktu aja..


Saran saya sih kalo udah parah sampe netes2 ya baiknya ganti, kalo belum sih cuekin aja :emo-flowerforyou:

iya om kemarin itu tiap pagi mau kerja liat garasi ada tetesan oli...
jadi males bgt pengen buru2 dibenerin aja..
akhirnya bawa ke bengkel skalian dicek ternyata seal kruk as nya harus ganti, dan kopling set masih oke jadi gak ganti...
kata montirnya seh dah penyakit brio/lio bahkan brv juga dah yg ganti...
oh iya apa bener om kalo kopling set bawaan honda mobilio itu merk FCC yah ?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

juhee wrote: Tue Feb 18, 2020 3:40
maaf om baru sempet bales... jarang buka serayamotor.com
dari awal baru pake oli gold nya honda 0 20 tiap 5rb km selama masih garansi honda (katana bisa 10rb km), saya palingan 5rb ganti di bengkel luar pake oli gold juga, trus ganti n service berkala lg di beres selama masih garansi. pernah pake eneos 0 20 (enak bgt enteng bawaanya) karena oli gold nya honda lg kosong(ganti di bengkel bukan beres) biasanya kalo habis di beres ganti/service 5rb km sya ganti oli pake 0 20 nya mitsu(yg buat expander) paling mentok sampe 8rb km gak berani sampe 10rb km . skrg km dah 94rb an next ke beres skalian service 100rb.
btw , om pake oli mesin apa ?
tq sharing nya om .... sy mau tau aja konon kan kl oli mineral atau semi syn membuat seal melar, sementara kl oli full syn membuat seal shrinking. biasanya yg sdh lama pakai oli non full-syn trus ganti ke full-syn suka bikin oli netes krn seal jd shrink. tapi ternyata om selalu pakai full-syn terus dan interval gantinya jg bagus.

jazz gk saya pakai amsoil ss 5w30 oci 6500 km, rencana kl nyarinya ga susah mau pakai ini terus. kita liat aja sealnya rembes juga ga.... kl iya berarti materialnya yg amsyiong. atau mmg umum 100k km pada kena crank sealnya ga tau jg sih.
juhee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Jan 27, 2020 4:32
Location: jakarta
Daily Vehicle: roda empat

Re: Mobilio Users

Post by juhee »

Omnibus wrote: Tue Feb 18, 2020 5:08
juhee wrote: Tue Feb 18, 2020 3:40
maaf om baru sempet bales... jarang buka serayamotor.com
dari awal baru pake oli gold nya honda 0 20 tiap 5rb km selama masih garansi honda (katana bisa 10rb km), saya palingan 5rb ganti di bengkel luar pake oli gold juga, trus ganti n service berkala lg di beres selama masih garansi. pernah pake eneos 0 20 (enak bgt enteng bawaanya) karena oli gold nya honda lg kosong(ganti di bengkel bukan beres) biasanya kalo habis di beres ganti/service 5rb km sya ganti oli pake 0 20 nya mitsu(yg buat expander) paling mentok sampe 8rb km gak berani sampe 10rb km . skrg km dah 94rb an next ke beres skalian service 100rb.
btw , om pake oli mesin apa ?
tq sharing nya om .... sy mau tau aja konon kan kl oli mineral atau semi syn membuat seal melar, sementara kl oli full syn membuat seal shrinking. biasanya yg sdh lama pakai oli non full-syn trus ganti ke full-syn suka bikin oli netes krn seal jd shrink. tapi ternyata om selalu pakai full-syn terus dan interval gantinya jg bagus.

jazz gk saya pakai amsoil ss 5w30 oci 6500 km, rencana kl nyarinya ga susah mau pakai ini terus. kita liat aja sealnya rembes juga ga.... kl iya berarti materialnya yg amsyiong. atau mmg umum 100k km pada kena crank sealnya ga tau jg sih.
iya sama2 om biar tambah info juga saya...
kmrn kata montirnya juga pengaruh umur jg om... lio sy 2016/12 dah kurleb 3th, km 93an kmrn pas seal kurk as ganti
saya pikir juga kmrn gara2 ganti merk oli, sy pake eneos sekali aja selebihnya pake oli mesin mistu 0 20 (full syn, merk idemitsu yg katana juga dipake honda) dan oli gold kalo service di beres.
om, jazz nya pake amsoil 5w30 itu gmn ? enteng yah tarikan ? mang olinya susah didapet ya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

juhee wrote: Tue Feb 18, 2020 6:12
iya sama2 om biar tambah info juga saya...
kmrn kata montirnya juga pengaruh umur jg om... lio sy 2016/12 dah kurleb 3th, km 93an kmrn pas seal kurk as ganti
saya pikir juga kmrn gara2 ganti merk oli, sy pake eneos sekali aja selebihnya pake oli mesin mistu 0 20 (full syn, merk idemitsu yg katana juga dipake honda) dan oli gold kalo service di beres.
om, jazz nya pake amsoil 5w30 itu gmn ? enteng yah tarikan ? mang olinya susah didapet ya?
buat sy sih berasa enteng, tp yg terpenting pakai 5w30 bikin sy nyaman kl geber rpm tinggi apalagi di tol. dan sptnya amsoil ini ngga foaming jd i-vtec nya kerjanya solid. trus kl kena macet pas terik jg tenang masalah penguapan oli. sy pas ganti oli lagi stlh 6500 km paling berkurang 200-300 mL. dulu amsoil jarang, skrg agak banyak yg jual ga tau kedepannya kl tambah mahal.

skrg odometer baru 8 ribuan. kemarin sempat iseng2 cek kompresi utk acuan nanti kl odo sdh gondrong. dapetnya cyl 1 (180 psi); cyl 2 (180 psi); cyl 3 (185 psi); cyl 4 (195 psi).

cyl 4 agak tinggi tp msh dlm toleransi dibawah 10%, atau disengaja by design krn intake nya utk cyl 4 itu agak belok tajam dr throttle body beda sm cyl 1 dan 2.

om punya lio manual ya? jazz sy tuh cvt dan kl di dalam kota rpm cruising cuma 1000-1500 rpm jd cepat bikin busi kotor dan akhirnya cold start hrs rada panjang. untung ketauan jd skrg pake Sport terus spy rpm diatas 2000. busi jg sy lg coba yg platinum ngk ZFR6FGP, murah meriah hehe. so far so good cold startnya normal terus. kl manual sih ga akan ketemu masalah begini.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobilio Users

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Feb 18, 2020 5:08
juhee wrote: Tue Feb 18, 2020 3:40
maaf om baru sempet bales... jarang buka serayamotor.com
dari awal baru pake oli gold nya honda 0 20 tiap 5rb km selama masih garansi honda (katana bisa 10rb km), saya palingan 5rb ganti di bengkel luar pake oli gold juga, trus ganti n service berkala lg di beres selama masih garansi. pernah pake eneos 0 20 (enak bgt enteng bawaanya) karena oli gold nya honda lg kosong(ganti di bengkel bukan beres) biasanya kalo habis di beres ganti/service 5rb km sya ganti oli pake 0 20 nya mitsu(yg buat expander) paling mentok sampe 8rb km gak berani sampe 10rb km . skrg km dah 94rb an next ke beres skalian service 100rb.
btw , om pake oli mesin apa ?
tq sharing nya om .... sy mau tau aja konon kan kl oli mineral atau semi syn membuat seal melar, sementara kl oli full syn membuat seal shrinking. biasanya yg sdh lama pakai oli non full-syn trus ganti ke full-syn suka bikin oli netes krn seal jd shrink. tapi ternyata om selalu pakai full-syn terus dan interval gantinya jg bagus.

jazz gk saya pakai amsoil ss 5w30 oci 6500 km, rencana kl nyarinya ga susah mau pakai ini terus. kita liat aja sealnya rembes juga ga.... kl iya berarti materialnya yg amsyiong. atau mmg umum 100k km pada kena crank sealnya ga tau jg sih.
Klo kita baca dr artikel berikut : https://wearcheck.com/virtual_directori ... WZA012.htm
Gak semua oli full syn, bikin seal menyusut.
While it is true that certain ester types can swell seal materials, polyolesters have the definite advantage that they can be used with nitrile rubbers, the type most commonly used in mineral oil applications. They are generally compatible with all mineral oils.
..................

Polyalphaolefins demonstrate superior resistance to any reaction with water compared with all the other synthetic and mineral oils. Their pure hydrocarbon structure actually repels water which favours low water pick-up and minimum emulsification. They are also fully compatible with mineral oils. This is not all good news though. For the same reasons, polyalphaolefins are not good additive solvents and they have a tendency to shrink seals. However, this is easily remedied by the addition of small amounts of ester-based fluids to the formulation.
jadi masing2 punya plus minus.
- PAO memperpanjang usia OCI, tapi punya tendensi untuk bikin seal menyusut.
- Ester biasa dipakai untuk keperluan race qualify dan proteksi maksimal tp OCI lbh pendek, namun bagus untuk seal mesin.

Untuk kompromi terbaik, konon, PAO bisa combined dgn esther.
tapi ini udah pasti harganya gak murah, dan udh masuk di kelas harganya Amsoil SS, Schaeffer Supreme, Mobil 1 EP, dkk

Bbrp produsen oli, mereka jelasin komposisi di dalam olinya apa aja.
Tapi bnyk juga yang mention komposisi nya confidential.
Bisa cek MSDS nya di masing" web oli tsb jika ada (material safety data sheet)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Tue Feb 18, 2020 7:30
...........
Gak semua oli full syn, bikin seal menyusut.
iya tapi itu krn penamaan Full Syn skrg yg bisa juga di group III. Setahu sy yg bikin susut seal yg group IV dan V (PAO and ester based respectively) itu pun terhadap seal yg sdh berumur dan karenanya sdh getas dan tdk begitu elastis. Makanya yg sering kena konon yg biasa pakai non full syn lama tiba2 diganti ke full syn pao or ester based.

Kl yg pakai full syn pao n ester dr baru konon ga ada masalah sm seal compatability, malah sebaliknya seal itu akan tetap rejuvenated atau kenyal. itu yg sy skrg lg mau uji, bener ngga hehehe. itu pun dgn asumsi amsoil yg sy pakai ini msh group iv, skrg dan seterusnya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobilio Users

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Feb 18, 2020 7:57
Suryaputra wrote: Tue Feb 18, 2020 7:30
...........
Gak semua oli full syn, bikin seal menyusut.
iya tapi itu krn penamaan Full Syn skrg yg bisa juga di group III. Setahu sy yg bikin susut seal yg group IV dan V (PAO and ester based respectively) itu pun terhadap seal yg sdh berumur dan karenanya sdh getas dan tdk begitu elastis. Makanya yg sering kena konon yg biasa pakai non full syn lama tiba2 diganti ke full syn pao or ester based.

Kl yg pakai full syn pao n ester dr baru konon ga ada masalah sm seal compatability, malah sebaliknya seal itu akan tetap rejuvenated atau kenyal. itu yg sy skrg lg mau uji, bener ngga hehehe. itu pun dgn asumsi amsoil yg sy pakai ini msh group iv, skrg dan seterusnya.
Iya, emang banyak faktor sih ya knp seal mesin bisa nyusut dan akhirnya rembes.

ada juga bbrp teknisi bilang, oli encer spt 0w20 bisa bikin seal lebih cepat nyusut klo dipakai jangka panjang,
krn kemampuan nya nyelip di celah seal mesin lbh lancar drpd oli lbh kentel :big_think:

klo saya dr awal udh gonta ganti oli.
pertama kali pakai epor gold 0w20, kemudian lanjut ke TQ 9000 0w20, kemudian lanjut ke Fastron Gold 0w20.
& then, ke PTT 5w30, lanjut lagi ke TQ 9000 5w30.
next akan coba Q8 0w20.

Skrg posisi KM dah hampir 25rb, alhamdulillah blm ada tanda rembes.

antara TQ 9000 5w30 mau sy test lab compare dgn Q8 0w20.
let see hasilnya di OCI 6-7 rb KM
:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Tue Feb 18, 2020 8:09
Iya, emang banyak faktor sih ya knp seal mesin bisa nyusut dan akhirnya rembes.

ada juga bbrp teknisi bilang, oli encer spt 0w20 bisa bikin seal lebih cepat nyusut klo dipakai jangka panjang,
krn kemampuan nya nyelip di celah seal mesin lbh lancar drpd oli lbh kentel :big_think:

klo saya dr awal udh gonta ganti oli.
pertama kali pakai epor gold 0w20, kemudian lanjut ke TQ 9000 0w20, kemudian lanjut ke Fastron Gold 0w20.
& then, ke PTT 5w30, lanjut lagi ke TQ 9000 5w30.
next akan coba Q8 0w20.

antara TQ 9000 5w30 mau sy test lab compare dgn Q8 0w20.
let see hasilnya di OCI 6-7 rb KM
:big_biglaugh:
oli 0w-20 menurut sy sih terlalu encer utk iklim kita ya... tp sy bisa salah. unless manual book bilang strictly harus pakai 0w-20 kl saya ngga sih krn ga nyari eco juga. bagaimana pun kembali itu kan selera dan cocok2an.

jadi ceritanya sy dr dulu nyari2 oli apa yg paling bagus. search inet keluarnya amsoil kebanyakan tp yg marketing gimmick gitu bahasanya. banyak jg yg kontra apalagi ttg harga mahal dan produknya yg ga ngikut certification API dll, pola distribusinya yg MLM lah. tapi Project Farm kan bikin kontes tuh. ga tau ya dibayar apa engganya yg jelas metodenya bisa diterima lah. pemenangnya amsoil itu jadilah sy mau coba. kebetulan yg meet honda std HTO-06 hanya yg SS 5w30 aja pdhl di amrik kan honda mintanya 0w20 bahkan 0w16.

dan sy niatin bener nih mau pake satu merk dan satu tipe aja. dan ga akan pakai engine flush apapun. jd kl ada apa2 biang keladinya bisa langsung ketauan. :big_grin:


Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobilio Users

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Feb 18, 2020 8:28
Suryaputra wrote: Tue Feb 18, 2020 8:09
Iya, emang banyak faktor sih ya knp seal mesin bisa nyusut dan akhirnya rembes.

ada juga bbrp teknisi bilang, oli encer spt 0w20 bisa bikin seal lebih cepat nyusut klo dipakai jangka panjang,
krn kemampuan nya nyelip di celah seal mesin lbh lancar drpd oli lbh kentel :big_think:

klo saya dr awal udh gonta ganti oli.
pertama kali pakai epor gold 0w20, kemudian lanjut ke TQ 9000 0w20, kemudian lanjut ke Fastron Gold 0w20.
& then, ke PTT 5w30, lanjut lagi ke TQ 9000 5w30.
next akan coba Q8 0w20.

antara TQ 9000 5w30 mau sy test lab compare dgn Q8 0w20.
let see hasilnya di OCI 6-7 rb KM
:big_biglaugh:
oli 0w-20 menurut sy sih terlalu encer utk iklim kita ya... tp sy bisa salah. unless manual book bilang strictly harus pakai 0w-20 kl saya ngga sih krn ga nyari eco juga. bagaimana pun kembali itu kan selera dan cocok2an.

jadi ceritanya sy dr dulu nyari2 oli apa yg paling bagus. search inet keluarnya amsoil kebanyakan tp yg marketing gimmick gitu bahasanya. banyak jg yg kontra apalagi ttg harga mahal dan produknya yg ga ngikut certification API dll, pola distribusinya yg MLM lah. tapi Project Farm kan bikin kontes tuh. ga tau ya dibayar apa engganya yg jelas metodenya bisa diterima lah. pemenangnya amsoil itu jadilah sy mau coba. kebetulan yg meet honda std HTO-06 hanya yg SS 5w30 aja pdhl di amrik kan honda mintanya 0w20 bahkan 0w16.

dan sy niatin bener nih mau pake satu merk dan satu tipe aja. dan ga akan pakai engine flush apapun. jd kl ada apa2 biang keladinya bisa langsung ketauan. :big_grin:


Klo amsoil emang dah jaminan mutu sih om.
Tapi signature series yaa :upss:

OCI nya bisa sampai 1 thn / 25k miles / 700 hrs engine run (mana yg duluan).

Engine flush gak perlu om.
Cukup tuang oli mesran or shell yg murah, ketika oli lama di tetesan akhir (dlm keadaan filter oli dan baut oil pan dibuka).

Jadi itu sisa daki di oil-pan ikut kebuang.
Cb aja lihat hasilnya :mky_01:

Dan tiap ganti oli, lgs ganti filter, harga murah gak seberapa pakai WIX WL7134.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Tue Feb 18, 2020 11:45
Klo amsoil emang dah jaminan mutu sih om.
Tapi signature series yaa :upss:

OCI nya bisa sampai 1 thn / 25k miles / 700 hrs engine run (mana yg duluan).

Engine flush gak perlu om.
Cukup tuang oli mesran or shell yg murah, ketika oli lama di tetesan akhir (dlm keadaan filter oli dan baut oil pan dibuka).

Jadi itu sisa daki di oil-pan ikut kebuang.
Cb aja lihat hasilnya :mky_01:

Dan tiap ganti oli, lgs ganti filter, harga murah gak seberapa pakai WIX WL7134.
ngga berani om oci 25k miles ..... di forum BITOG aja bisa dihitung yg pakai oci segitu. wong sy 6500 km aja udah item dan berasa performance drop nya. digeber udah ga selicin pas baru. rute sy sering kena macet dan suka idle juga kl parkir. masuk severe condition service schedule.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobilio Users

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Feb 18, 2020 11:57
Suryaputra wrote: Tue Feb 18, 2020 11:45
Klo amsoil emang dah jaminan mutu sih om.
Tapi signature series yaa :upss:

OCI nya bisa sampai 1 thn / 25k miles / 700 hrs engine run (mana yg duluan).

Engine flush gak perlu om.
Cukup tuang oli mesran or shell yg murah, ketika oli lama di tetesan akhir (dlm keadaan filter oli dan baut oil pan dibuka).

Jadi itu sisa daki di oil-pan ikut kebuang.
Cb aja lihat hasilnya :mky_01:

Dan tiap ganti oli, lgs ganti filter, harga murah gak seberapa pakai WIX WL7134.
ngga berani om oci 25k miles ..... di forum BITOG aja bisa dihitung yg pakai oci segitu. wong sy 6500 km aja udah item dan berasa performance drop nya. digeber udah ga selicin pas baru. rute sy sering kena macet dan suka idle juga kl parkir. masuk severe condition service schedule.
oh i see.
ya memang kondisi lalin & iklim di sini sadis sih
hahahaha

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Mobilio Users

Post by indeskey »

saya pake busi yg sama di gerobak brv hehehe. om omnibus sempet compare sama busi bawaan nggak? kalau saya kok kayaknya lebih panjang ngk ZFR6FGP dikit.
Omnibus wrote: Tue Feb 18, 2020 7:10
juhee wrote: Tue Feb 18, 2020 6:12
iya sama2 om biar tambah info juga saya...
kmrn kata montirnya juga pengaruh umur jg om... lio sy 2016/12 dah kurleb 3th, km 93an kmrn pas seal kurk as ganti
saya pikir juga kmrn gara2 ganti merk oli, sy pake eneos sekali aja selebihnya pake oli mesin mistu 0 20 (full syn, merk idemitsu yg katana juga dipake honda) dan oli gold kalo service di beres.
om, jazz nya pake amsoil 5w30 itu gmn ? enteng yah tarikan ? mang olinya susah didapet ya?
buat sy sih berasa enteng, tp yg terpenting pakai 5w30 bikin sy nyaman kl geber rpm tinggi apalagi di tol. dan sptnya amsoil ini ngga foaming jd i-vtec nya kerjanya solid. trus kl kena macet pas terik jg tenang masalah penguapan oli. sy pas ganti oli lagi stlh 6500 km paling berkurang 200-300 mL. dulu amsoil jarang, skrg agak banyak yg jual ga tau kedepannya kl tambah mahal.

skrg odometer baru 8 ribuan. kemarin sempat iseng2 cek kompresi utk acuan nanti kl odo sdh gondrong. dapetnya cyl 1 (180 psi); cyl 2 (180 psi); cyl 3 (185 psi); cyl 4 (195 psi).

cyl 4 agak tinggi tp msh dlm toleransi dibawah 10%, atau disengaja by design krn intake nya utk cyl 4 itu agak belok tajam dr throttle body beda sm cyl 1 dan 2.

om punya lio manual ya? jazz sy tuh cvt dan kl di dalam kota rpm cruising cuma 1000-1500 rpm jd cepat bikin busi kotor dan akhirnya cold start hrs rada panjang. untung ketauan jd skrg pake Sport terus spy rpm diatas 2000. busi jg sy lg coba yg platinum ngk ZFR6FGP, murah meriah hehe. so far so good cold startnya normal terus. kl manual sih ga akan ketemu masalah begini.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Mobilio Users

Post by mkamil »

indeskey wrote: Wed Feb 19, 2020 2:33 saya pake busi yg sama di gerobak brv hehehe. om omnibus sempet compare sama busi bawaan nggak? kalau saya kok kayaknya lebih panjang ngk ZFR6FGP dikit.
Bawaan Mobilio dan BRV itu FR6F-11K, saya masih agak ragu iridium nya tipe apa.
Iridium IX kayaknya ZFR6FIX-11, tapi Laser Iridiumnya apa ya? apakah bisa IZFR6K-11S?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Wed Feb 19, 2020 2:33 saya pake busi yg sama di gerobak brv hehehe. om omnibus sempet compare sama busi bawaan nggak? kalau saya kok kayaknya lebih panjang ngk ZFR6FGP dikit.
overall dimension nya sih sama tapi center electrode nya memang lebih panjang/nongol. tapi selama ga mentok piston (haha) harusnya lbh bagus buat pembakaran. sy sdh ukur pakai digital vernier, bedanya tepat 1.4 mm. tapi aman kok

pas diganti langsung keluar air sisa pembakaran di knalpot cukup banyak, mayan lah itung2 carbon cleaning.

btw busi std di ge8 dan gm2 itu laser iridium. harganya dulu 800 rb satu set, lbh mahal dr iridium IX biasa yg 500 rban. mobil2 itu ganti businya agak ribet jd hrs pakai yg long life. skrg semua l15 malah langsung dikasih yg copper paling murah. meskipun di gk sy ga ada masalah sm electrode wear cuma carbon fouling aja itu pun krn kebanyakan low revs dlm kota.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

mkamil wrote: Wed Feb 19, 2020 3:21
Bawaan Mobilio dan BRV itu FR6F-11K, saya masih agak ragu iridium nya tipe apa.
Iridium IX kayaknya ZFR6FIX-11, tapi Laser Iridiumnya apa ya? apakah bisa IZFR6K-11S?
kalau ga salah ingat bawaan ge8 IZFR6K-13S, gapnya 1.3 mm.

tapi stdnya yg FR6F-11K juga 1.1 mm. saya ganti ke ZFR6FGP gapnya 1.0 mm no problem.

Laser iridium hati2 kl terlalu murah harganya di online banyak palsunya. pabrik sendiri ga bisa bedain saking miripnya. dalemnya yg beda sama daya tahannya.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Mobilio Users

Post by indeskey »

waduh amsiong dah kalau busi banyak palsunya juga. saya beli online juga itu.
Omnibus wrote: Wed Feb 19, 2020 6:35
mkamil wrote: Wed Feb 19, 2020 3:21
Bawaan Mobilio dan BRV itu FR6F-11K, saya masih agak ragu iridium nya tipe apa.
Iridium IX kayaknya ZFR6FIX-11, tapi Laser Iridiumnya apa ya? apakah bisa IZFR6K-11S?
kalau ga salah ingat bawaan ge8 IZFR6K-13S, gapnya 1.3 mm.

tapi stdnya yg FR6F-11K juga 1.1 mm. saya ganti ke ZFR6FGP gapnya 1.0 mm no problem.

Laser iridium hati2 kl terlalu murah harganya di online banyak palsunya. pabrik sendiri ga bisa bedain saking miripnya. dalemnya yg beda sama daya tahannya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Wed Feb 19, 2020 6:40 waduh amsiong dah kalau busi banyak palsunya juga. saya beli online juga itu.
saya jg beli online ..... haha

makanya skrg apa2 itu "buy the seller" alias sellernya hrs yg reputasinya bagus

jasutra motor liat2 reviewnya reputasinya bagus. murah juga. mudah2an asli.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Mobilio Users

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Wed Feb 19, 2020 6:40 waduh amsiong dah kalau busi banyak palsunya juga. saya beli online juga itu.
saya jg beli online ..... haha

makanya skrg apa2 itu "buy the seller" alias sellernya hrs yg reputasinya bagus

jasutra motor liat2 reviewnya reputasinya bagus. murah juga. mudah2an asli.
Saya barusan beli filter udara sakura di jasutra. Sebelumnya beli merk KEN di tempat lain pas kosong, cobain merk sakura murah bener haha... Separuh harga ken.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobilio Users

Post by DOHC »

ahond emg aneh, dl GE8 ane inget dipakein busi iridium.. lah skrg malah downgrade, enjin2 L15 nya di kasi nickel biasa, ,padahal bongpas nya jg sama aj posisi nya

btw, kl ane tetep stick ke busi nickel, murah dibawah 20rebu, bsa sering2 ganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Feb 19, 2020 15:14 ahond emg aneh, dl GE8 ane inget dipakein busi iridium.. lah skrg malah downgrade, enjin2 L15 nya di kasi nickel biasa, ,padahal bongpas nya jg sama aj posisi nya

btw, kl ane tetep stick ke busi nickel, murah dibawah 20rebu, bsa sering2 ganti
GE8 mau aksesnya susah, musti lepas cowl top (plastik cover wiper) yg agak ribet prosedurnya. makanya pabrik kasih busi iridium krn long life.

busi bawaan emang murah tp cepet kotor. yg ngk platinum G Power ini juga murah kok, 26 rb aja tapi ujungnya kecil mirip iridium. masih made in japan. kl yg std kan buatan lokal. bensin jd iritan dikit, tadinya dalkot 9,5 skrg 10,5. ane bilang sih recommended.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobilio Users

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Feb 19, 2020 15:25
DOHC wrote: Wed Feb 19, 2020 15:14 ahond emg aneh, dl GE8 ane inget dipakein busi iridium.. lah skrg malah downgrade, enjin2 L15 nya di kasi nickel biasa, ,padahal bongpas nya jg sama aj posisi nya

btw, kl ane tetep stick ke busi nickel, murah dibawah 20rebu, bsa sering2 ganti
GE8 mau aksesnya susah, musti lepas cowl top (plastik cover wiper) yg agak ribet prosedurnya. makanya pabrik kasih busi iridium krn long life.

busi bawaan emang murah tp cepet kotor. yg ngk platinum G Power ini juga murah kok, 26 rb aja tapi ujungnya kecil mirip iridium. masih made in japan. kl yg std kan buatan lokal. bensin jd iritan dikit, tadinya dalkot 9,5 skrg 10,5. ane bilang sih recommended.
Yg ngk g platinum type nya apa om ? Ini ane baru ganti busi ane, ga ampe carbon fouling sehh d electrode nya, tarikan ama start pagi jg ga masalah stelah dpake 21500 km, gap nya jg masi sama ..

Cuman km yg platinum cman 20an rebu sehh boljug nehh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mobilio Users

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Feb 19, 2020 15:25

GE8 mau aksesnya susah, musti lepas cowl top (plastik cover wiper) yg agak ribet prosedurnya. makanya pabrik kasih busi iridium krn long life.

busi bawaan emang murah tp cepet kotor. yg ngk platinum G Power ini juga murah kok, 26 rb aja tapi ujungnya kecil mirip iridium. masih made in japan. kl yg std kan buatan lokal. bensin jd iritan dikit, tadinya dalkot 9,5 skrg 10,5. ane bilang sih recommended.

kalo tangannya segede pohon kelapa ya susah om... tangan saya sih masih bisa ngakses buka coil dan busi tanpa buka cover wiper, walaupun jadinya cuma raba-raba.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Feb 20, 2020 7:46
Yg ngk g platinum type nya apa om ? Ini ane baru ganti busi ane, ga ampe carbon fouling sehh d electrode nya, tarikan ama start pagi jg ga masalah stelah dpake 21500 km, gap nya jg masi sama ..

Cuman km yg platinum cman 20an rebu sehh boljug nehh
ZFR6FGP om. tapi kl ente ga carbon fouling ngapain ganti? iseng aja ya, biar ada kerjaan diy :wkkk:

ini linknya

https://m.tokopedia.com/jasutramotor/bu ... z-pc-62766

marmut wrote: Thu Feb 20, 2020 8:13

kalo tangannya segede pohon kelapa ya susah om... tangan saya sih masih bisa ngakses buka coil dan busi tanpa buka cover wiper, walaupun jadinya cuma raba-raba.
segede pohon kelapa sih engga mbah ...... segede gedebong pisang iya :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mobilio Users

Post by DOHC »

nambahin sabda mbah marmut, kl males buka2 cover wiper, bsa coba buka intake manifold nya aj.

btw tangan ane untung cuman segede botol aqua, ga masalah sehh bongpas coil GE8 ane dl
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobilio Users

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Feb 20, 2020 11:55 nambahin sabda mbah marmut, kl males buka2 cover wiper, bsa coba buka intake manifold nya aj.

btw tangan ane untung cuman segede botol aqua, ga masalah sehh bongpas coil GE8 ane dl
nah itu ......

bedanya yg biasa ngencengin busi pake perasaan sama ane yg pake TW :big_weee:


sy ada service manualnya GE, disitu prosedurnya nomer 1 buka cover wiper. sebab mana muat TW kl ga buka cover.

Jadi Flat rate time (FRT) nya aja 1 jam hitungannya krn termasuk bongpas cover itu :big_biglaugh:

untung di GK engineernya udah tobat masal