All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Coba spooring di beres lain atau di bengkel spesialis spooring. Kalau saya sih emang ngga pernah spooring di beres, selalu di bengkel spesialis spooring.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Untuk setir yg enteng banget itu ya memang risiko power steering hidrolis, kalo EPS di kecepatan tinggi biasanya dia otomatis bikin berat. Tp setir enteng kalo spooringnya pas&akurat itu sih lepas setir pun dia tetep lurus&ngga ngebuang.
Kalo mau ganti ban yang bagusan, cari yg sidewall nya agak kaku.
Untuk shockbreaker selera sih Om, tergantung kebutuhan aja. Kalo mau stiff ya bilstein oke
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
setir ANKI saya sih lumayan lurus ya walau masih pake ban STD dulu. Coba ke begkel spooring yang lain (dan yang ternama juga), dan sblum spooring juga sebutin keluhannya. Semoga bisa diatasi.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Soal shock breaker, ANKI saya udah diganti pakai kayaba excel G, ini lebih keras dari shock breaker ori ANKI, dan harga juga beti sama ori. Kalau per dan ban masih std bantingannya masih tergolong nyaman dan enak, yang pasti ngga ngayun2 kayak naik kapal laut pas pake shock original. Sekarang saya ganti per eibach sm ganti velg R18.. ah jadi rada keras nih tapi ya sudah lah. Bilstein mungkin memang lebih mantep lagi, tapi harga kan juga 4x nya.
soal setir enteng, saya sih sejak ganti R18 emang jadi lebih berat itu setir... mungkin karena emang ban nya punya profil lbih lebar daripada ban original nya.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Yes saya jg merasakan ini, jalan miring dikit langsung ngebuang mobilnya.. wkwkw entah kenapa ini mobil.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
.
.
.
.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
inova karena satu keluarga dengan fortuner, maka lumayan berat overall body weightnya.osbertc0ol wrote: Mon Feb 17, 2020 7:37Yes saya jg merasakan ini, jalan miring dikit langsung ngebuang mobilnya.. wkwkw entah kenapa ini mobil.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
.
.
.
.
sehingga spooring memang perlu presisi adjustmentnya...
kalau setir ringan & gampang berubah saat ada kemiringan jalan kemungkinan casternya terlalu kecil (analogi sepeda kalau garpu depannya terlalu tegak setir harus dipegangin terus biar tetep lurus jalannya, kalo garpu depannya lebih miring akan lebih berat/berasa setirnya)
caster jika std pabriknya ada nilai tengah & toleransi beberapa menit coba setel ke angka maksimum yang dijinkan dari std pabrik.
jika cara spooring di atas berasa kurang juga, bisa coba tire dengan kembang asimetris (ada sisi outside tertulis di sidewallnya)...saat ini ada banyak pilihan....
oh ya, sebelumnya ts pake mbl apa ya??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
nose up kah?lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
kalo typical suspensi double wishbone di ipah sih mestinya walopun nose up tetep spooringnya lebih kejaga dibanding mcperson ...
hmmmm....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Sptnya 36 psi terlalu tinggi Om? secara ANF recommend 29psi (saya isi 32 psi) & ANKI tmn Om tipe apa? kalau V & G kebawah, bannya masih yang eco tyrelamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
RVR wrote: Mon Feb 17, 2020 9:25nose up kah?lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
kalo typical suspensi double wishbone di ipah sih mestinya walopun nose up tetep spooringnya lebih kejaga dibanding mcperson ...
hmmmm....
mungkin bro.
karena besok lusanya pas saya coba bawa lagi berdua, handlingnya terasa tidak "semelayang" sebelumnya ketika bawa banyak penumpang + barang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
bensinsolar wrote: Mon Feb 17, 2020 10:11Sptnya 36 psi terlalu tinggi Om? secara ANF recommend 29psi (saya isi 32 psi) & ANKI tmn Om tipe apa? kalau V & G kebawah, bannya masih yang eco tyrelamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
setelah saya coba analisa, mungkin faktor utamanya karena "nose up" itu tadi di postingan sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Terima kasih masukannya om.RVR wrote:inova karena satu keluarga dengan fortuner, maka lumayan berat overall body weightnya.osbertc0ol wrote: Mon Feb 17, 2020 7:37Yes saya jg merasakan ini, jalan miring dikit langsung ngebuang mobilnya.. wkwkw entah kenapa ini mobil.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
.
.
.
.
sehingga spooring memang perlu presisi adjustmentnya...
kalau setir ringan & gampang berubah saat ada kemiringan jalan kemungkinan casternya terlalu kecil (analogi sepeda kalau garpu depannya terlalu tegak setir harus dipegangin terus biar tetep lurus jalannya, kalo garpu depannya lebih miring akan lebih berat/berasa setirnya)
caster jika std pabriknya ada nilai tengah & toleransi beberapa menit coba setel ke angka maksimum yang dijinkan dari std pabrik.
jika cara spooring di atas berasa kurang juga, bisa coba tire dengan kembang asimetris (ada sisi outside tertulis di sidewallnya)...saat ini ada banyak pilihan....
oh ya, sebelumnya ts pake mbl apa ya??
Akan saya coba ke bengkel lain untuk spooring. Kebetulan ada 1 bengkel spooring cukup legenda di kota Malang saya ini.
Untuk tire yg direkomendasikan apa ya om? Secara saya buta banget urusan tipe2 tire. Tahunya merk2 yg wah doang macam michelin toyo yokohama continental, tapi ga ngerti kalau urusan tipe2nya [emoji28]
Oya sebelumnya saya pakai CRV RE 2011. Beli 2nd sih waktu dia umur 4 5 taon. Saya pake 3 taonan. Lebih anteng mobilnya(pastinya), di tol ga pernah ada kendala seperti ini. Cuman terlalu rigid bikin badan capek dan terakhir sebelum saya lepas, jg kaki2nya udah mulai kalah semua
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Makasih om sarannya.evanbngdor wrote:Coba spooring di beres lain atau di bengkel spesialis spooring. Kalau saya sih emang ngga pernah spooring di beres, selalu di bengkel spesialis spooring.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Untuk setir yg enteng banget itu ya memang risiko power steering hidrolis, kalo EPS di kecepatan tinggi biasanya dia otomatis bikin berat. Tp setir enteng kalo spooringnya pas&akurat itu sih lepas setir pun dia tetep lurus&ngga ngebuang.
Kalo mau ganti ban yang bagusan, cari yg sidewall nya agak kaku.
Untuk shockbreaker selera sih Om, tergantung kebutuhan aja. Kalo mau stiff ya bilstein oke
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.
Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Siap terima kasih sarannya om. Kalau boleh sharing, pake velg r18 apa om? Dan ban nya yg recommended apa?tesna wrote:setir ANKI saya sih lumayan lurus ya walau masih pake ban STD dulu. Coba ke begkel spooring yang lain (dan yang ternama juga), dan sblum spooring juga sebutin keluhannya. Semoga bisa diatasi.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Soal shock breaker, ANKI saya udah diganti pakai kayaba excel G, ini lebih keras dari shock breaker ori ANKI, dan harga juga beti sama ori. Kalau per dan ban masih std bantingannya masih tergolong nyaman dan enak, yang pasti ngga ngayun2 kayak naik kapal laut pas pake shock original. Sekarang saya ganti per eibach sm ganti velg R18.. ah jadi rada keras nih tapi ya sudah lah. Bilstein mungkin memang lebih mantep lagi, tapi harga kan juga 4x nya.
soal setir enteng, saya sih sejak ganti R18 emang jadi lebih berat itu setir... mungkin karena emang ban nya punya profil lbih lebar daripada ban original nya.
Di lubuk hati yg paling dalam benernya saya pingin ganti velg jg. Kali aja kalau ganti velg n ban yg bagusan bisa menyelesaikan masalahyg saya alami skrg kan istilahnya sekali dayung 2 pulau terlampaui hehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Ford fiesta
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Om itu enteng kalo di high speed aja kan ya?Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Soalnya kalo di low speed yg ane rasain sih itu stirnya berat.
Dan yang ane rasain juga sama stirnya suka lari-lari, biasanya sih ke kanan.
Kondisi ban dan kaki-kaki masih standar semua, ini mobil di ane baru seminggu sih jadi belum sempet bawa ke bengkel spooring juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Iya gan. Kalau pas kondisi diam atau low speed setirnya berat.himaatoo wrote:Om itu enteng kalo di high speed aja kan ya?Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Soalnya kalo di low speed yg ane rasain sih itu stirnya berat.
Dan yang ane rasain juga sama stirnya suka lari-lari, biasanya sih ke kanan.
Kondisi ban dan kaki-kaki masih standar semua, ini mobil di ane baru seminggu sih jadi belum sempet bawa ke bengkel spooring juga.
Menurut montir beres memang reborn, rush baru, ama yaris lele baru itu ada yg masalah setir n kaki2 gini cukup banyak katanya gan. Mending lgsg klaimkan aja gan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Coba check bannya pasti Ecopia. Mobil segede itu dengan bobot yang seberat itu dan diisi 8 orang.lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
Itu ban R16 sebiji harga 700 an … dinding bannya empuk banget kayak kapal limnbungnya …. coba ganti ke ban minim Turanza atau Potenza atau Michelin sport langsung berasa beda
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Shock ada hubungannya kalau kita ngerasa oleng kiri-kanan. Tp kalo setir suka ngebuang kiri-kanan itu setelan spooringnya biasanya sih.Clonz wrote: Mon Feb 17, 2020 15:47 Makasih om sarannya.
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.
Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
Coba spooring ke bengkel lain aja Om. Saya sih emang ngga pernah sreg spooring di bengkel resmi

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.
Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.
Juga akan jauh feel berkendara.
Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.
Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Siap. Pagi ini sudah saya bawa spooring ke bengkel lain. Dan katanya memang ada miring di setirnya. Setelah dispooring ulang saya coba di dalam kota sebentar dan memang hilang sih keluhannya. Tapi saya belom bisa berani bilang 100% karena belom saya bawa ke tol. Coba nanti kalau udah masuk tol saya share lagi.evanbngdor wrote:Shock ada hubungannya kalau kita ngerasa oleng kiri-kanan. Tp kalo setir suka ngebuang kiri-kanan itu setelan spooringnya biasanya sih.Clonz wrote: Mon Feb 17, 2020 15:47 Makasih om sarannya.
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.
Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
Coba spooring ke bengkel lain aja Om. Saya sih emang ngga pernah sreg spooring di bengkel resmi
Cuman innova ini emang suka lari2 ya bannya. Kayaknya memang dari segi bannya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Saya ga bandingin ama mobil lain sih om. Dan saya tau pasti karakternya crv dan innova pasti beda. Secara kelas jg beda.Profith83 wrote:om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.
Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.
Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.
Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.
Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.
Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.
Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.
Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?
Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.
Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.
Juga akan jauh feel berkendara.
Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.
Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
Cuman kalau nginting kiri dan mbliyut2 ini harusnya kan hal yg pasti masalah kan gan. Masa mobil baru udah nginting dan mbliyut haha.
Nah itu, ban ini enaknya pake tipe apa om? Ada rekomendasi? Merk dan tipe nya.
Mgkn om nya lebih paham dan ada pengalaman. Makasih sebelumnya ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Kalau narik kiri jelas itu spooring nya. Kalau selalu mbliyut coba Innova lain yang sudah ganti ban yang harganya per ban minim 1 jt an keatas.Clonz wrote: Tue Feb 18, 2020 2:37Saya ga bandingin ama mobil lain sih om. Dan saya tau pasti karakternya crv dan innova pasti beda. Secara kelas jg beda.Profith83 wrote:
om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.
Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.
Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.
Juga akan jauh feel berkendara.
Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.
Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
Cuman kalau nginting kiri dan mbliyut2 ini harusnya kan hal yg pasti masalah kan gan. Masa mobil baru udah nginting dan mbliyut haha.
Nah itu, ban ini enaknya pake tipe apa om? Ada rekomendasi? Merk dan tipe nya.
Mgkn om nya lebih paham dan ada pengalaman. Makasih sebelumnya ya.
Saya sih awalnya pakai ban ecopia selama 10rb km. Setelah pernah kecepatan 120 km per jam kemudian rem agak dalem dan belok ke kiri, tiba tiba terasa bodi belakang malah buang ke kanan. Jadi ban belakang seakan tidak gigit. Sejak itu saya ngeri.
Ganti ke Turanza T005a berkurang lumayan limbung seperti kapalnya.
Om typenya suka agak lembut atau agak keras.
Hanya dibuat jalan toll atau ada jalan kebun.
Kalau sering buat jalan rusak atau kebun pilih BS Dueler HT 689, banyak yg pakai ini di group FB
Kalau sering jalan tol dan tetap bisa dibuat jalan rusak Turanza T005a
Kalau sering cuma tol dan kota kota mulus ada michellin pilot sport 4, tetap R17, entah ada R17 apa gak
Kalau suka cornering sekalian BS Potenza … tapi pasti keras naikkannya. mirip gerobak, tapi di toll lengket banget
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Saya sering ke jalan rusak karena daerah rumah saya jalannya banyak lubang. Tapi jalan pelan2 aja sih saya. Ke tol 2 minggu sekali rata2 100km pp total 200kmProfith83 wrote:Kalau narik kiri jelas itu spooring nya. Kalau selalu mbliyut coba Innova lain yang sudah ganti ban yang harganya per ban minim 1 jt an keatas.Clonz wrote: Tue Feb 18, 2020 2:37Saya ga bandingin ama mobil lain sih om. Dan saya tau pasti karakternya crv dan innova pasti beda. Secara kelas jg beda.Profith83 wrote:
om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.
Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.
Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.
Juga akan jauh feel berkendara.
Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.
Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
Cuman kalau nginting kiri dan mbliyut2 ini harusnya kan hal yg pasti masalah kan gan. Masa mobil baru udah nginting dan mbliyut haha.
Nah itu, ban ini enaknya pake tipe apa om? Ada rekomendasi? Merk dan tipe nya.
Mgkn om nya lebih paham dan ada pengalaman. Makasih sebelumnya ya.
Saya sih awalnya pakai ban ecopia selama 10rb km. Setelah pernah kecepatan 120 km per jam kemudian rem agak dalem dan belok ke kiri, tiba tiba terasa bodi belakang malah buang ke kanan. Jadi ban belakang seakan tidak gigit. Sejak itu saya ngeri.
Ganti ke Turanza T005a berkurang lumayan limbung seperti kapalnya.
Om typenya suka agak lembut atau agak keras.
Hanya dibuat jalan toll atau ada jalan kebun.
Kalau sering buat jalan rusak atau kebun pilih BS Dueler HT 689, banyak yg pakai ini di group FB
Kalau sering jalan tol dan tetap bisa dibuat jalan rusak Turanza T005a
Kalau sering cuma tol dan kota kota mulus ada michellin pilot sport 4, tetap R17, entah ada R17 apa gak
Kalau suka cornering sekalian BS Potenza … tapi pasti keras naikkannya. mirip gerobak, tapi di toll lengket banget
Kayaknya cocok ke turanza itu tadi ya.
Tadi sempet ditawarin dunlop grandtrek 215 65 r16. Apa pernah tau om? Harganya cuman 800an dan katanya mirip2 turanza.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Coba masuk ke website ini. http://banbagus.com
Disitu ada tertulis speed rating. Bukan berarti kita mau sampai kecepatan semaksimal dengan top speed.
Tapi bisa diartikan kalau top speed semakin tinggi berarti di kecepatan yang sama lebih gigit yang speed rating lebih tinggi.
Grandtrek itu mirip dengan Dueler lebih kearah keras dan untuk sering masuk perkebunan bahkan masuk ke jalan yang masih batu kali kuat 2x saja.
Kuat tidak akan meleduk, tapi nurut saya keras.
jalan rumah rusak apakah sampai terlihat batu kali semua? atau cuma terlihat sirtu?
Disitu ada tertulis speed rating. Bukan berarti kita mau sampai kecepatan semaksimal dengan top speed.
Tapi bisa diartikan kalau top speed semakin tinggi berarti di kecepatan yang sama lebih gigit yang speed rating lebih tinggi.
Grandtrek itu mirip dengan Dueler lebih kearah keras dan untuk sering masuk perkebunan bahkan masuk ke jalan yang masih batu kali kuat 2x saja.
Kuat tidak akan meleduk, tapi nurut saya keras.
jalan rumah rusak apakah sampai terlihat batu kali semua? atau cuma terlihat sirtu?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
Oke coba saya lihat om.Profith83 wrote:Coba masuk ke website ini. http://banbagus.com
Disitu ada tertulis speed rating. Bukan berarti kita mau sampai kecepatan semaksimal dengan top speed.
Tapi bisa diartikan kalau top speed semakin tinggi berarti di kecepatan yang sama lebih gigit yang speed rating lebih tinggi.
Grandtrek itu mirip dengan Dueler lebih kearah keras dan untuk sering masuk perkebunan bahkan masuk ke jalan yang masih batu kali kuat 2x saja.
Kuat tidak akan meleduk, tapi nurut saya keras.
jalan rumah rusak apakah sampai terlihat batu kali semua? atau cuma terlihat sirtu?
Iya saya ga ngejar top speed sih. Paling mentok jg biasanya di tol 120-140aja. Kmrn mau ke 150 udah ga nyaman mobilnya dan penumpang jg rasanya merasakan hal yg sama jadi saya bawa santai aja rata2 100-120.
Jalan rusak di dekat rumah ssya bervariasi. Tapi rata2 masih sirtu aja sih. Soalnya jalannya udah 2x didobelin aspalnya. Masih belom kelihatan batu kalinya. Cuman cukup dalam. Dilewatin reborn masih kerasa jedug gitu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)
kalo lihat data spooringnya apa di bengkel spooring ga ada spesifikasi spooring innova ya om?Clonz wrote: Tue Feb 18, 2020 2:35Siap. Pagi ini sudah saya bawa spooring ke bengkel lain. Dan katanya memang ada miring di setirnya. Setelah dispooring ulang saya coba di dalam kota sebentar dan memang hilang sih keluhannya. Tapi saya belom bisa berani bilang 100% karena belom saya bawa ke tol. Coba nanti kalau udah masuk tol saya share lagi.evanbngdor wrote:Shock ada hubungannya kalau kita ngerasa oleng kiri-kanan. Tp kalo setir suka ngebuang kiri-kanan itu setelan spooringnya biasanya sih.Clonz wrote: Mon Feb 17, 2020 15:47 Makasih om sarannya.
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.
Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
Coba spooring ke bengkel lain aja Om. Saya sih emang ngga pernah sreg spooring di bengkel resmi
Cuman innova ini emang suka lari2 ya bannya. Kayaknya memang dari segi bannya.
20200218_093426.jpg
sebelum setel total toe nya 2', setelah setel total toe nya 10' (ban depan lebih dikuncupin), harusnya bisa lebih stabil ya
kalo lihat casternya sekitar 3°, mestinya ladder frame kayak inova butuh sekitar 4° biar lebih stabil (pengalaman di anps, stdnya 4°16' +/-1°00'
untuk ban yg recommended (udah pake di 2 mbl, sekarang salah satu udah hamper 50K jalan dg ban ini, tetep lengket di jalan basah....turanza t005a....& ajibnya...ga ada keluhan makan ga rata dsb, worthed tire
kalo bicara shock absorber yang bersahabat harganya tapi ampuh ngurangin mentul-mentul/manggut-manggut ga perlu, bisa coba pake merk 'kaifa',lewat poldur yang tadinya rebound lebih dari sekali kini tinggal sekali aja, lebih anteng rasanya