Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote: Fri Feb 14, 2020 6:34
Saya lebih baik ambil HRV bunyi bunyi dikit tapi jelas bullet prov ….
Kalau DCT problemnya banyak.
Bayanginnya begini, sama sama problem yang sering terjadi :
HRV : kena problem bunyi bunyi an di belakang ada suara air krucuk krucuk, kalalu mobil jarak jauh dan panas siang hari. Depan bunyi duk duk. Ini saya alami sendiri. Tapi sekedar bunyi kecil, lebih kearah bukan issue besar. Kadang muncul kadang tidak muncul. HRV tidak ada yang jadi rusak karena itu.
Iriawans wrote: Fri Feb 14, 2020 7:26
sorry OOT. Saya punya HRV E A/T produksi 2016 akhir, pake awal Jan 2017 sampe skrg udah jalan 43rban km gak pernah ada issue rattle didashboard/doortrim ataupun bunyi2 di kaki2. Keluhannya cuma 1, pas starter dan matikan mesin bunyi keras banget kayak besi gesekan di dkt kolom setir. Selebihnya fine2 aja, jadi either saya yg budek atau beruntung dapet mobil yg kualitasnya bagus.
Yg bunyi2 di dashboard malah Jazz RS A/T 2019, baru pake <3000 km udah rame aja tuh dashboard
Yap makanya saya bilang HRV lebih peace of mind. Sejauh ini yang mengganggu itu minor build issue (bkn powertrain atau major electrical fault).
punya ane batch 2015 keluaran awal-awal interior masih aman, rattle di kaki-kaki sebenernya kalo kuping ngga sensitif ngga bakal sebegitu terganggu sih.
HRV secara ride emang biasa aja cenderung boring, problemnya banyak, tapi yah gimana, cari penggantinya susah. Small crossover yang dikembangin dari platform Jazz, practicality nya juara. Honda jualan Jazz yang ceper aja laku, apalagi Jazz + tinggi, udah formula sempurna itu.
Dari dulu yang jadi selling point Jazz dibanding lawan-lawannya juga practicality kan, cerita itu terulang di HRV...
Hrv vs seltos?
Dua2nya menurut temen2 di sm ga worry free
Dan setelah liat komen om chz pergantian gigi dct seltos mirip ford yg menurut sy biasa aja
What is the point of having dct then... hahahha
Berdasarkan owning experience sy, dct ford itu walau namanya dct tapi pergantian giginya ga secepat TC beberapa mobil loh dan sama sekali ga reliable
Kalo tinggalnya di jkt yg bengkel mobil non mainstreamnya banyak
Sy ada alternatif chevy trax baru
Lagi diskon cuci gudang tuh katanya ga sampe 250jt
Sy udh pake dari 2016 surprisingly badak om, cuma service rutin biasa yg kadang2 juga sy telat ganti oli
Tenaganya enak, tanpa ragu sy bilang mobil terkencang di mobil harga 350jt ke bawah
No problem sampe sekarang
Minusnya ban continental yg gampang kropos
Dan di manual book nya minta bensin oktan 95
Tapi kalo tinggal di kota yg ga ada bengkelnya ambil hrv aja om
Pasrah aja kalo berisik yg penting bisa dipake kemana2 hahaha
Tats wrote: Fri Feb 14, 2020 8:28
Hrv vs seltos?
Dua2nya menurut temen2 di sm ga worry free
Dan setelah liat komen om chz pergantian gigi dct seltos mirip ford yg menurut sy biasa aja
What is the point of dct then... hahahha
Berdasarkan owning experience sy, dct ford itu walau namanya dct tapi pergantian giginya ga secepat TC beberapa mobil loh dan sama sekali ga reliable
netijen +62 yang budiman denger kata DCT langsung hore hore, denger kata CVT langsung huuuuu....
DCT is a glorified AMT with two clutch packs... basically Manual Transmission w/o clutch pedal... hahahaha...
jadi cepat/tdk nya ya tergantung software. Sama aja dgn AMT.
Masalahnya gini, DCT di indo itu pada akhirnya hrs kompromi demi umur clutch yang panjang... jadinya no better than a fine-tuned CVT or AT...
DSG DQ200 Dry nya VW pun akhirnya nyerah dan mesti performanya "dikebiri" demi keawetan clutch. Ane ngerasain sendiri kok itu DSG at times behaviornya rada aneh...
Last edited by ChZ on Fri Feb 14, 2020 8:48, edited 2 times in total.
vote for hrv om,atau alternatif lain Sx4 Scross kalau reliability jadi prioritas,kebetulan sy juga mau cari scross second fl utk pendamping hrv 1.5 2017 km 40rb digarasi sembari nunggu mazda 2 sky saya laku.
untuk Hrv sy rasa sudah ada improvement di kaki kaki,cuma kebetulan unit saya bunyi electric park brake nya cukup keras yg kata SA beres masih normal.
Tats wrote: Fri Feb 14, 2020 8:28
Hrv vs seltos?
Dua2nya menurut temen2 di sm ga worry free
Dan setelah liat komen om chz pergantian gigi dct seltos mirip ford yg menurut sy biasa aja
What is the point of having dct then... hahahha
Berdasarkan owning experience sy, dct ford itu walau namanya dct tapi pergantian giginya ga secepat TC beberapa mobil loh dan sama sekali ga reliable
Kalo tinggalnya di jkt yg bengkel mobil non mainstreamnya banyak
Sy ada alternatif chevy trax baru
Lagi diskon cuci gudang tuh katanya ga sampe 250jt
Sy udh pake dari 2016 surprisingly badak om, cuma service rutin biasa yg kadang2 juga sy telat ganti oli
Tenaganya enak, tanpa ragu sy bilang mobil terkencang di mobil harga 350jt ke bawah
No problem sampe sekarang
Minusnya ban continental yg gampang kropos
Dan di manual book nya minta bensin oktan 95
Tapi kalo tinggal di kota yg ga ada bengkelnya ambil hrv aja om
Pasrah aja kalo berisik yg penting bisa dipake kemana2 hahaha
Trax udah sold out om, saking menariknya sekitar 2 bulan langsung abis
Omnibus wrote: Fri Feb 14, 2020 4:13
musti diperhatikan jg yg versi diesel itu engine nya bikinan siapa. besar kemungkinan bikinan VM Motori S.p.A. a fiat group subsidiary, yg konon bukan diesel yg mudah dijinakan.
saking menjamurnya mergers n collabs skrg kl beli mobil hrs teliti dulu, kecuali emang jiwanya masa bodo.
cited from wiki:
"In 1998 a new four-cylinder 2.0-litre turbocharged diesel engine and it's three-cylinder derivate a 1.5-litre turbocharged diesel engine was developed by VM Motori. Engines featured a single overhead camshaft, four valves per cylinder, and common rail direct fuel injection.[13]. Both engines were licensed to the South Korean manufacturer Hyundai[14].[nb 1] 1.5-litre engine was used in the second generation of the Hyundai Accent, the Hyundai Getz and the Hyundai Matrix.[15] These were produced and marketed between the fall of 2001 and the end of 2005.[15]. The 2.0-litre engine was used in many Hyundai and Kia models as the only diesel variant."
Diesel Hyundai-Kia sekarang sudah in-house kok, buatan Hyundai-Kia sendiri. Malah 1.5 L Diesel ini salah satu mesin diesel terbaru mereka menggantikan 1.6 L Diesel yang kurang bersahabat dengan skema pajak India (utk mesin diesel diatas 1.500 kena pajak lebih gede)
Yg bikin saya penasaran sih emang DCT + Turbo nya Seltos, bisa halus sekaligus responsif ato tidak ya. Karena pakai mobil ga cuma untuk kencang2an, jalan santai + stop n go juga udah pasti jadi makanan sehari hari walo cuma sebentar.
Pernah TD VW Polo turbo 2x dari showroom, kok perasaan ane lebih enak n mulus 7Gtronic nya mercy lawas ya daripada DCT polo.
idlamahilang wrote: Fri Feb 14, 2020 16:25
Yg bikin saya penasaran sih emang DCT + Turbo nya Seltos, bisa halus sekaligus responsif ato tidak ya. Karena pakai mobil ga cuma untuk kencang2an, jalan santai + stop n go juga udah pasti jadi makanan sehari hari walo cuma sebentar.
Pernah TD VW Polo turbo 2x dari showroom, kok perasaan ane lebih enak n mulus 7Gtronic nya mercy lawas ya daripada DCT polo.
Waktu kemaren test drive seltos - memang kalau dari berhenti terus jalan - itu bener2 super halus. Kayak nggak ada perpindahan gigi.
Pas pulang bawa Innova reborn diesel - langsung kerasa ngendut.
btw saya baru berkesempatan jajal vw polo 1.2 turbo dct dry clutch km 16rb
utk stop n go, jalan lambat merayap, sudah halus, ga ada gejala geter2 kayak golf tsi mk6 (supercharger + turbocharger)
ga ada terasa hal2 aneh yg mengganggu.
segalanya terasa berjalan normal, halus, nyaman baik jalan pelan dalkot maupun highspeed di tol
kata salesnya golf mk7 pun juga sudah halus begini, penyebab geter2 di golf mk6 krn superchargernya
klo suka seltos, sikat aja om. kapan lagi bisa menikmati dct + turbo di harga 300an dapat baru lagi.
soal dct issue di kemacetan, harusnya bukan masalah yg besar jika tau cara pakainya aja.
klo dilihat dari negara asal sentos indihe, ini seltos jd best selling car kia, masalah kemacetan jg jadi momok besar, apalagi melihat 3 kota besarnya masuk top 5 worst traffic jams in the world, https://www.tomtom.com/en_gb/traffic-index/ranking/
jika emg dct seltos disana ada transmission fault tentu masalah ini bakal viral yg merugikan kia, bagaimanapun kia udah invest besar disana
pendapat sotoy ane
evolution21 wrote: Sat Feb 15, 2020 3:18
btw saya baru berkesempatan jajal vw polo 1.2 turbo dct dry clutch km 16rb
utk stop n go, jalan lambat merayap, sudah halus, ga ada gejala geter2 kayak golf tsi mk6 (supercharger + turbocharger)
ga ada terasa hal2 aneh yg mengganggu.
segalanya terasa berjalan normal, halus, nyaman baik jalan pelan dalkot maupun highspeed di tol
kata salesnya golf mk7 pun juga sudah halus begini, penyebab geter2 di golf mk6 krn superchargernya
yups MK7 sudah jauh lbh halus... berarti emang bener dari SC nya yang bikin geter-geter yak.
krn Tiguan lama pun begitu, yang baru jg sudah enggak.
cvt pertama kali dulu jg bermasalah dlm stop n go. akhirnya didevelop yg terbaru ini pakai torque converter juga utk stop n go lebih halus. begitu sdh jalan TC nya lock up berjalan 1:1 dgn engine.
kayanya dct jg bisa diaplikasikan menggunakan TC juga. yg jadi hambatan ya cost.
buktinya lexus LS 500 terbaru pakai transmisinya gabungan dari cvt dan 4-sp AT in tandem. cost ga jd soal wong mobilnya mahal.
Omnibus wrote: Sat Feb 15, 2020 6:10
cvt pertama kali dulu jg bermasalah dlm stop n go. akhirnya didevelop yg terbaru ini pakai torque converter juga utk stop n go lebih halus. begitu sdh jalan TC nya lock up berjalan 1:1 dgn engine.
kayanya dct jg bisa diaplikasikan menggunakan TC juga. yg jadi hambatan ya cost.
buktinya lexus LS 500 terbaru pakai transmisinya gabungan dari cvt dan 4-sp AT in tandem. cost ga jd soal wong mobilnya mahal.
kerjaan "gilanya" yoyota nih. pilot project yg unik kaya gini selalu di Lexus ya
---
ya DCT buat Indo kalau daerah sering macet, emang bukan habitatnya. kaya pake MT buat jakarta sehari2, transmisi gpp, tapi orgnya apa ga cape? ya sama halnya dengan DCT, bekerja mah iya tapi long term effect? apakah awet.
tapi ya TS sendiri dari awal sudah sebut, keluar masuk tol, jadi ngapain beli HRV yg kalau secara teknis lebih inferior.
Omnibus wrote: Sat Feb 15, 2020 6:10
cvt pertama kali dulu jg bermasalah dlm stop n go. akhirnya didevelop yg terbaru ini pakai torque converter juga utk stop n go lebih halus. begitu sdh jalan TC nya lock up berjalan 1:1 dgn engine.
kayanya dct jg bisa diaplikasikan menggunakan TC juga. yg jadi hambatan ya cost.
buktinya lexus LS 500 terbaru pakai transmisinya gabungan dari cvt dan 4-sp AT in tandem. cost ga jd soal wong mobilnya mahal.
dan sialnya, mobil yang dijual juga untuk mass market dan orientasinya profit, akhirnya pabrikan lebih baik tutup mulut di awal tentang ini daripada harus repot-repot ngembangin. resiko berbanding biaya nya jauh lebih minim.
Yang penting sudah profit duluan, sisanya embuh.
krn design flaw dalam engineering itu paling gampang disembunyikan dr konsumen awam... dan "ngeles" nya pun relatif mudah. Yang penting mobilnya marketable.
Fitur banyak, teknologi canggih, harga mirip pesaing jd gimmick marketing...
Kalo om TS tinggal di Jakarta , saya vote seltos. Fitur, BQ ,dan road noise jauh diatas HRV. Kalau tinggal di daerah yg bengkel nonmainstreamnya masih jarang, silahkan ambil HRV, tapi asal kuping om sensitif sm rattling dan bunyi2an dalam kabin ya hehehe. Kalau alternatif, bisa lirik S-cross, fitur lengkap dan harga gak jauh beda sm HRV + transmisi juga pake 6AT yg seharusnya awet dan punya peforma yg oke
Pboyz97 wrote: Sat Feb 15, 2020 13:58
Kalo om TS tinggal di Jakarta , saya vote seltos. Fitur, BQ ,dan road noise jauh diatas HRV. Kalau tinggal di daerah yg bengkel nonmainstreamnya masih jarang, silahkan ambil HRV, tapi asal kuping om sensitif sm rattling dan bunyi2an dalam kabin ya hehehe. Kalau alternatif, bisa lirik S-cross, fitur lengkap dan harga gak jauh beda sm HRV + transmisi juga pake 6AT yg seharusnya awet dan punya peforma yg oke
Saya di Bandung sih. Kalau ruang kabin Seltos sama HRV sebenarnya besar HRV atau sama yah ?
Pboyz97 wrote: Sat Feb 15, 2020 13:58
Kalo om TS tinggal di Jakarta , saya vote seltos. Fitur, BQ ,dan road noise jauh diatas HRV. Kalau tinggal di daerah yg bengkel nonmainstreamnya masih jarang, silahkan ambil HRV, tapi asal kuping om sensitif sm rattling dan bunyi2an dalam kabin ya hehehe. Kalau alternatif, bisa lirik S-cross, fitur lengkap dan harga gak jauh beda sm HRV + transmisi juga pake 6AT yg seharusnya awet dan punya peforma yg oke
ini kayanya sudah tes drive nih, boleh direview um....
T3chn0 wrote: Thu Feb 13, 2020 14:29
Hi rekan Seraya
Butuh saran nih, mobil 300 jt an, sering pakai sendiri keluar masuk tol.
Pilihan antara Kia Seltos atau HRV E Special Edition
Kemaren udah test drive Kia Seltos - lumayan enak - cuman kayak agak sempit gitu dalemnya. Sama takut sama isu transmisi dual clutch dry - nya.
Kalau garansi sih kata salesnya 5 tahun
Honda HRV - apakah yang baru build qualitynya udah bagus ? Ada yang udah coba dua2nya ?
Share di sini yah.
SPK aja udah seltosnya. Om punya mobil cadangan kan? si reborn diesel. Seengaknya ada kuda perang harian, klo mobil satunya lg rawat inap di bengkel.
Garansi 5 thn udah oke banget sih. Yg penting mau diurus sama KIA indo buat ngeclaim.
Trus Issue ketakutan DCT gampang rusak.. enak sih cobain aja dulu punya mobilnya. Biasanya dari pengalaman baru bisa nyimpulin. Kebanyakan yg kapok krn beneran rusak di unit trus kluar duit sendiri buat benerin 15jt / 20jt / 50jt.
Yang enggak kapok, biasanya emang enggak kejadian di unit mobil yg dipelihara, ataupun rusak tp bisa di klaim goodwill warranty. Jadi free of charge.
Masing2 orang punya pengalaman beda2. Jadi yg masih penasaran pengen punya mobil trannyy DCT ya beli aja gpp. Kita2 member sm cuman bilangin konsekuensinya dll. Keputusan tetep ditangan yg mau beli mobil kan.
----
Btw kolom portal udh balik lg nih... bisa lanjut jd silent reader tanpa login...