Santa FE, Blazer, ato carens ????
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
Santa FE, Blazer, ato carens ????
Pengen nanya nih....... kalo diantara Santa FE th. 2002 , blazer montera th. 2003, and carens II Th. 2004, mana ya yg paling unggul, kalo diliat dari resale value setelah 5 th, trus dari pemakaian bahan bakar (perlu pertamax ato cukup premium?), kira2 yg paling irit yg mana ?, trus ketersediaan spare partnya dan kemudahan perawatannya.
Masih bingung neh nentuin pilihannya, mungkin senior2 di sini bisa kasih pencerahannya........
thanks
Masih bingung neh nentuin pilihannya, mungkin senior2 di sini bisa kasih pencerahannya........
thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
dari resale valuenya setelah 5 thn:
Produk Hyundai kayanya sedikit lebih baik dari chevy, apalagi kalo 5 tahun kedepan hyundai bisa mensejajarkan produknya dengan jepang. Tapi kalo bro edl_076 belinya bekas, berarti kerugian depresiasi utama udah ditanggung sama pemilik pertama.
dari irit:
kalo meurut saya ketiga2nya bisa diisi premium (disini mungkin blazer lebih unggul karena udah pake knocking sensor), CMIIW.
tapi yang paling irit sih sepertinya Carens II ya? soalnya mesinnya dan bodi nya lebih kecil dari Santa Fe dan blazer. Santa fe sama blazer mungkin beda2 tipis lah...
ketersediaan sparepart:
Hampir sama kedua merek ini, tapi sepertinya merek hyundai lebih bagus sedikit dari segi banyaknya/ketersediaan sparepart dibanding chevy. Tapi khusus varian Blazer, kayanya sama banyaknya deh soalnya blazer udah masuk ke indonesia semenjak 12 tahun yang lalu dan populasinya jauh lebih banyak dari pada mobil2 chevy lainnya. Gak perlu takut lah kalo beli blazer.
Produk Hyundai kayanya sedikit lebih baik dari chevy, apalagi kalo 5 tahun kedepan hyundai bisa mensejajarkan produknya dengan jepang. Tapi kalo bro edl_076 belinya bekas, berarti kerugian depresiasi utama udah ditanggung sama pemilik pertama.
dari irit:
kalo meurut saya ketiga2nya bisa diisi premium (disini mungkin blazer lebih unggul karena udah pake knocking sensor), CMIIW.
tapi yang paling irit sih sepertinya Carens II ya? soalnya mesinnya dan bodi nya lebih kecil dari Santa Fe dan blazer. Santa fe sama blazer mungkin beda2 tipis lah...
ketersediaan sparepart:
Hampir sama kedua merek ini, tapi sepertinya merek hyundai lebih bagus sedikit dari segi banyaknya/ketersediaan sparepart dibanding chevy. Tapi khusus varian Blazer, kayanya sama banyaknya deh soalnya blazer udah masuk ke indonesia semenjak 12 tahun yang lalu dan populasinya jauh lebih banyak dari pada mobil2 chevy lainnya. Gak perlu takut lah kalo beli blazer.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
thanks bro risol1 utk tanggapannya.
memang pertimbangan pilih mobil bekas non jepang karena depresiasi yang uda ga terlalu besar lagi nantinya, yang bikin aku agak ragu2 di sini soalnya minim parts KW nya, dan tanda tanya apa parts2nya dalam 5 thn kedepan masih ada, terutama tuk hyundai santa fe, yang populasinya paling sedikit diantara 3 diatas.
O ya denger2 utk carens, musti pake pertamax ya ??? bener gak yo ???
Di sby aku lagi nawar2 santai, Hyundai Santa fe 2002 83 jt (harga udah mentok) km +/- 140.000
Chevrolet Blazer montera 2003 90 jt ( masih isa nego) km. >60.000
Carens II 2004 90 jt (masih isa nego) km. > 70.000
Ada yang bisa kasi tanggapan ???
thanks
memang pertimbangan pilih mobil bekas non jepang karena depresiasi yang uda ga terlalu besar lagi nantinya, yang bikin aku agak ragu2 di sini soalnya minim parts KW nya, dan tanda tanya apa parts2nya dalam 5 thn kedepan masih ada, terutama tuk hyundai santa fe, yang populasinya paling sedikit diantara 3 diatas.
O ya denger2 utk carens, musti pake pertamax ya ??? bener gak yo ???
Di sby aku lagi nawar2 santai, Hyundai Santa fe 2002 83 jt (harga udah mentok) km +/- 140.000
Chevrolet Blazer montera 2003 90 jt ( masih isa nego) km. >60.000
Carens II 2004 90 jt (masih isa nego) km. > 70.000
Ada yang bisa kasi tanggapan ???
thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Beli seken itu jgn takut resale value bro. Resale value udah terkoreksi dan ditanggung pembeli baru.
Kalo untuk pemakaian sampe 5 thn, , hemat saya lebih baik dipertimbangkan mana yg lebih sesuai/cocok :
- Karakter nya, lebih suka/cucok atau lebih enak yg mana.
- Bengkel swasta & sparepartnya. (ketersediaan dan harga nya).
- BBM nya.
Berhubung lokasinya di SBY, saya nggak berani komentar ttg blazer. Kalo di JKT sih, no doubt..
BTW, kalo minat Carens 2, di threads lain ada yg bilang harga baru nya "cuman" RP 117 jt lho. Lebih menggiurkan daripada beli seken Rp 90 jt.
Kalo untuk pemakaian sampe 5 thn, , hemat saya lebih baik dipertimbangkan mana yg lebih sesuai/cocok :
- Karakter nya, lebih suka/cucok atau lebih enak yg mana.
- Bengkel swasta & sparepartnya. (ketersediaan dan harga nya).
- BBM nya.
Berhubung lokasinya di SBY, saya nggak berani komentar ttg blazer. Kalo di JKT sih, no doubt..
BTW, kalo minat Carens 2, di threads lain ada yg bilang harga baru nya "cuman" RP 117 jt lho. Lebih menggiurkan daripada beli seken Rp 90 jt.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kebetulan baru aja di milist nya blazer montera ada postingan dari ATPM ttg harga fast moving blazer dari ATPM. Saya copy paste buat yg lg nimbang2.
Murah khan...?? Ada yg mau banding/sharing dgn fast moving Santa Fee dan Carens atau boil lain..?? Tapi kayaknya itu belum termasuk jasa deh. Tapi setidak nya buat ancar2 kalo beli di luaran...
Baru tau jg kalo timing belt dan filter udara di luar ternyata lebih mahal dari ATPM. Dasar pedege...
opsss sory..sory.. Itu buat yg diluaran dan khusus buat yg dalam hati gw aja. Kalo yg di SM gw yakin jujur2 dan oke punya... 
Sekedar sharing untuk harga fast moving Blazer sebagaimana yang Bapak
tanyakan, diantaranya adalah sebagai berikut :
Filter oli Rp. 33.000
Filter Udara Rp. 162.624
Fan Belt Rp. 150.766
Timing Belt Rp. 242.000
Busi Rp. 19.800 /pc
Harga tersebut diatas sudah termasuk ppn 10% dan Semuanya Genuine Parts
Dan kami informasikan mulai tanggal 7 Juli s/d 8 Agustus 2007 kami sedang
mengadakan program The Lucky 7 Package yang memberikan discount spare part
20% dan jasa 30% untuk penggantian paket diantaranya :
Paket 1 Penggantian suspensi
Paket 2 Ganti kampas rem
Paket 3 Over houl rem
Paket 4 ganti kopling
Paket 5 Engine tune up
Paket 6 Ganti timing belt
Paket 7 Ganti drive belt
Untuk informasi lebih jelas Bapak bisa menghubungi dealer resmi kami.
Demikian informasi kami
Salam,
CUSTOMER ASSISTANCE CENTER
Tol Free : 0 800 10 24389 (CHEVY)
Hot Line : 021-88955105
Fax : 021-8849341
Murah khan...?? Ada yg mau banding/sharing dgn fast moving Santa Fee dan Carens atau boil lain..?? Tapi kayaknya itu belum termasuk jasa deh. Tapi setidak nya buat ancar2 kalo beli di luaran...

Baru tau jg kalo timing belt dan filter udara di luar ternyata lebih mahal dari ATPM. Dasar pedege...



-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
halo salam kenal, saya new member disini setelah lama hanya sebagai penggembira alias guest.
Buat pak edl_076,
beberapa bulan lalu saya barusan tebus second santa fe2001 cuma 78jt. Kondisi sangat prima, saya beli mobil ini kondisi 100% standard tanpa penambahan apapun dari pemilik lama. Menurut saya, mobil ini sangat ok dan tidak serasa naik mobil korea, dengan umur yg sdh 6 tahun, kabin masih sangat kedap, mesin halus dan suspensi juga bagus (serasa tidak ada jalan rusak).
Untuk mesin, si SANTI ini kayaknya sama dengan punya trajet, jadi saya kira spare part tdk masalah mengingat populasi trajet cukup banyak dan setelah saya survey di toko onderdil, harganya tdk semengerikan yg saya bayangkan sebelumnya. Memang sih relatif mahal tapi worthy mengingat mobil ini dulunya termasuk semi-lux SUV.
BBM pake premium, dalkot 1:7.5.
Nanti kalo ada perkembangan akan saya post-kan mengingat saya juga sedang mengeksplorasi si SANTI ini.
Oya, PKB SANTI ini untuk surabaya Rp 2.550.000,-
Salam
Buat pak edl_076,
beberapa bulan lalu saya barusan tebus second santa fe2001 cuma 78jt. Kondisi sangat prima, saya beli mobil ini kondisi 100% standard tanpa penambahan apapun dari pemilik lama. Menurut saya, mobil ini sangat ok dan tidak serasa naik mobil korea, dengan umur yg sdh 6 tahun, kabin masih sangat kedap, mesin halus dan suspensi juga bagus (serasa tidak ada jalan rusak).
Untuk mesin, si SANTI ini kayaknya sama dengan punya trajet, jadi saya kira spare part tdk masalah mengingat populasi trajet cukup banyak dan setelah saya survey di toko onderdil, harganya tdk semengerikan yg saya bayangkan sebelumnya. Memang sih relatif mahal tapi worthy mengingat mobil ini dulunya termasuk semi-lux SUV.
BBM pake premium, dalkot 1:7.5.
Nanti kalo ada perkembangan akan saya post-kan mengingat saya juga sedang mengeksplorasi si SANTI ini.
Oya, PKB SANTI ini untuk surabaya Rp 2.550.000,-
Salam
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Waaahhh jangan dibandingin dong antara Carens ama Santa Fe soal boros kagaknya, karena Santa Fe 2.4 L sedangkan Carens dibawah 2.0 L,
Sekadar info (SANTA FE) :
Filter oli Rp. 12.000
Filter Udara Rp. 100.000 an
Fan Belt Rp. 85.000 + Ongkos Pasang Rp. 100.000
Timing Belt Rp. 1.400.000 + Rp. 400.000 ongkos pasang (Bengkel Resmi) Timing Belt diganti tiap 67.500 KM
kampas rem depan kira2 Rp. 400.000 termasuk ongkos pasang
Over houl mesin : Rp. 2.000.000
Kanvas Kopling : Rp. 1.400.000 + Rp. 400.000 ongkos pasang
Inilah kira2 gambaran harga di bengkel resmi , kalo harga diluaran tentu lebih murah.
Pajaknya sama spt yang disurabaya
Kalo masalah kenyamanan gak kalah ama VRV deh, dijamin, karena gw pake Santa Fe juga, kalo masalah bensin dengan 2.4 L masa sih masih mempermasalahkan bensinnya ?
Sekadar info (SANTA FE) :
Filter oli Rp. 12.000
Filter Udara Rp. 100.000 an
Fan Belt Rp. 85.000 + Ongkos Pasang Rp. 100.000
Timing Belt Rp. 1.400.000 + Rp. 400.000 ongkos pasang (Bengkel Resmi) Timing Belt diganti tiap 67.500 KM
kampas rem depan kira2 Rp. 400.000 termasuk ongkos pasang
Over houl mesin : Rp. 2.000.000
Kanvas Kopling : Rp. 1.400.000 + Rp. 400.000 ongkos pasang
Inilah kira2 gambaran harga di bengkel resmi , kalo harga diluaran tentu lebih murah.
Pajaknya sama spt yang disurabaya
Kalo masalah kenyamanan gak kalah ama VRV deh, dijamin, karena gw pake Santa Fe juga, kalo masalah bensin dengan 2.4 L masa sih masih mempermasalahkan bensinnya ?


Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
betul pak,
menurut saya dengan 2.4L= 1:7.5km sudah sangat bagus jika melihat kapasitas mesin dan bobotnya apalagi setelah melihat kijang kapsul kantor thn 1997 (masih karbu sih) dapatnya juga segituan.
Masalah sparepart memang tidak seseram yg ditakutkan orang apalagi saya ongkos pasangnya gratis he..he..soalnya di perusahaan kami punya mekanik otomotif yg terbiasa menangani dari motor hingga alat2 berat, tools-pun tersedia komplit.
Oya, buat pak andra yang lebih experienced dgn SANTI ini, berapa sih ukuran ban terbaiknya? Kemaren barusan saya ganti pakai BS H/T Dueler689, uk 235/75, velg masih pake yg original (rim 15). Apakah sudah tepat? Sebelumya pake BS Turbo337, uk 235/70. Yg saya rasakan sekarang, lebih empuk dan tidak berisik tapi kestabilan masih OK. Minggu lalu dicoba di tol Surabaya-Gempol, sampe menyentuh 145Km/jam, serasa masih di 80Km/jam. Ngeri juga kalo mengingat ukuran dan bobot si SANTI ini. dan kalo ga salah, dia juga mobil dinasnya komandan CPM dan Marinir cuma saya ga tahu komandan tingkat apa. Biasanya kalo ada konvoy, dia pake buat voorijder-nya. Makanya saya kemaren berani membuntutin rombongan mereka.
Salam
menurut saya dengan 2.4L= 1:7.5km sudah sangat bagus jika melihat kapasitas mesin dan bobotnya apalagi setelah melihat kijang kapsul kantor thn 1997 (masih karbu sih) dapatnya juga segituan.
Masalah sparepart memang tidak seseram yg ditakutkan orang apalagi saya ongkos pasangnya gratis he..he..soalnya di perusahaan kami punya mekanik otomotif yg terbiasa menangani dari motor hingga alat2 berat, tools-pun tersedia komplit.
Oya, buat pak andra yang lebih experienced dgn SANTI ini, berapa sih ukuran ban terbaiknya? Kemaren barusan saya ganti pakai BS H/T Dueler689, uk 235/75, velg masih pake yg original (rim 15). Apakah sudah tepat? Sebelumya pake BS Turbo337, uk 235/70. Yg saya rasakan sekarang, lebih empuk dan tidak berisik tapi kestabilan masih OK. Minggu lalu dicoba di tol Surabaya-Gempol, sampe menyentuh 145Km/jam, serasa masih di 80Km/jam. Ngeri juga kalo mengingat ukuran dan bobot si SANTI ini. dan kalo ga salah, dia juga mobil dinasnya komandan CPM dan Marinir cuma saya ga tahu komandan tingkat apa. Biasanya kalo ada konvoy, dia pake buat voorijder-nya. Makanya saya kemaren berani membuntutin rombongan mereka.
Salam
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
betul pak,
menurut saya dengan 2.4L= 1:7.5km sudah sangat bagus jika melihat kapasitas mesin dan bobotnya apalagi setelah melihat kijang kapsul kantor thn 1997 (masih karbu sih) dapatnya juga segituan.
Masalah sparepart memang tidak seseram yg ditakutkan orang apalagi saya ongkos pasangnya gratis he..he..soalnya di perusahaan kami punya mekanik otomotif yg terbiasa menangani dari motor hingga alat2 berat, tools-pun tersedia komplit.
Oya, buat pak andra yang lebih experienced dgn SANTI ini, berapa sih ukuran ban terbaiknya? Kemaren barusan saya ganti pakai BS H/T Dueler689, uk 235/75, velg masih pake yg original (rim 15). Apakah sudah tepat? Sebelumya pake BS Turbo337, uk 235/70. Yg saya rasakan sekarang, lebih empuk dan tidak berisik tapi kestabilan masih OK. Minggu lalu dicoba di tol Surabaya-Gempol, sampe menyentuh 145Km/jam, serasa masih di 80Km/jam. Ngeri juga kalo mengingat ukuran dan bobot si SANTI ini. dan kalo ga salah, dia juga mobil dinasnya komandan CPM dan Marinir cuma saya ga tahu komandan tingkat apa. Biasanya kalo ada konvoy, dia pake buat voorijder-nya. Makanya saya kemaren berani membuntutin rombongan mereka.
Salam
menurut saya dengan 2.4L= 1:7.5km sudah sangat bagus jika melihat kapasitas mesin dan bobotnya apalagi setelah melihat kijang kapsul kantor thn 1997 (masih karbu sih) dapatnya juga segituan.
Masalah sparepart memang tidak seseram yg ditakutkan orang apalagi saya ongkos pasangnya gratis he..he..soalnya di perusahaan kami punya mekanik otomotif yg terbiasa menangani dari motor hingga alat2 berat, tools-pun tersedia komplit.
Oya, buat pak andra yang lebih experienced dgn SANTI ini, berapa sih ukuran ban terbaiknya? Kemaren barusan saya ganti pakai BS H/T Dueler689, uk 235/75, velg masih pake yg original (rim 15). Apakah sudah tepat? Sebelumya pake BS Turbo337, uk 235/70. Yg saya rasakan sekarang, lebih empuk dan tidak berisik tapi kestabilan masih OK. Minggu lalu dicoba di tol Surabaya-Gempol, sampe menyentuh 145Km/jam, serasa masih di 80Km/jam. Ngeri juga kalo mengingat ukuran dan bobot si SANTI ini. dan kalo ga salah, dia juga mobil dinasnya komandan CPM dan Marinir cuma saya ga tahu komandan tingkat apa. Biasanya kalo ada konvoy, dia pake buat voorijder-nya. Makanya saya kemaren berani membuntutin rombongan mereka.
Salam
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Tante gue pake carens II thn 2003/04 MT. pernah gue bawa ke puncak tapi koq kalo nanjak agak kurang galak ya? lebih galakan kijang kapsul 1.8 efi
kayanya berat banget nanjaknya padahal kopling baru ganti, mesin juga baru di tune up.
km baru 31rb.
Sopirnya bilang dia dulu bawa trajet 2.0 MT juga begitu sama rasanya.... apakah mobil korea kurang galak di tanjakan?...
tapi emnag gua akuin kalo di jalan tol carens sama trajet emang ngacir....
kayanya berat banget nanjaknya padahal kopling baru ganti, mesin juga baru di tune up.
km baru 31rb.
Sopirnya bilang dia dulu bawa trajet 2.0 MT juga begitu sama rasanya.... apakah mobil korea kurang galak di tanjakan?...
tapi emnag gua akuin kalo di jalan tol carens sama trajet emang ngacir....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
Salam kenal juga pak imsus2c......
thanks atas masukan utk santa fe nya, pertimbangan saya emang lebih berat ke santa fe, tapi berhubung gak ngebet banget, maka masih manteng nawarnya, saya cuma gak sreg di kilometer yg uda sampe di 140.000 padahal tuh mobil masih belum genap 5 tahun, trus warna ijo, and interior jorok.
Yah moga2 aja pedege nya ngalah, sapa tau di lepas di 77,5jt. hehehehehehehe.
thanks atas masukan utk santa fe nya, pertimbangan saya emang lebih berat ke santa fe, tapi berhubung gak ngebet banget, maka masih manteng nawarnya, saya cuma gak sreg di kilometer yg uda sampe di 140.000 padahal tuh mobil masih belum genap 5 tahun, trus warna ijo, and interior jorok.
Yah moga2 aja pedege nya ngalah, sapa tau di lepas di 77,5jt. hehehehehehehe.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
buat pakedl_076,
kalo baca cerita diatas ada kemungkinan anda naksir si Santi Ijo yang di Indomobil Usedcar-kah? (Jln. Diponegoro -Sby).
Saya dulu juga sdh pernah test drive mobil itu ngajak mekanik perusahaan. Dia bilang sih kalo harga diatas 80 masih sangat kemahalan. Katanya tarikan mobilnya kok ga seperti 2.4L, boyot sekali...(dia yg bilang sih) trus emang interiornya jorok jadi kayaknya nih mobil bekas dipake operasional kantor (rame-rame gitu) ketahuan uga kan kalo KMnya bengkak banget.
Mendingan cari eks private (pemakai pribadi) apalagi yg tangan pertama. Bisa dipastikan mobil masih OK karena saya berpendapat jika ada orang yang berani keluar duit 225anjt di tahun 2001-2002 buat nebus ni mobil yg dapat dikatakan "alien", pasti nih orang ngerti banget ttg mobil karena dia bakal gambling dengan depresiasinya gitu (benar ga sih teori saya?)
terimakasih buat bro Risol1, ni mobil yg saya dapat memang masih ok.
salam
kalo baca cerita diatas ada kemungkinan anda naksir si Santi Ijo yang di Indomobil Usedcar-kah? (Jln. Diponegoro -Sby).
Saya dulu juga sdh pernah test drive mobil itu ngajak mekanik perusahaan. Dia bilang sih kalo harga diatas 80 masih sangat kemahalan. Katanya tarikan mobilnya kok ga seperti 2.4L, boyot sekali...(dia yg bilang sih) trus emang interiornya jorok jadi kayaknya nih mobil bekas dipake operasional kantor (rame-rame gitu) ketahuan uga kan kalo KMnya bengkak banget.
Mendingan cari eks private (pemakai pribadi) apalagi yg tangan pertama. Bisa dipastikan mobil masih OK karena saya berpendapat jika ada orang yang berani keluar duit 225anjt di tahun 2001-2002 buat nebus ni mobil yg dapat dikatakan "alien", pasti nih orang ngerti banget ttg mobil karena dia bakal gambling dengan depresiasinya gitu (benar ga sih teori saya?)
terimakasih buat bro Risol1, ni mobil yg saya dapat memang masih ok.
salam
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Bro edl_076 enak dong bisa ngebuntutin mobil dinasnya komandan CPM dan Marinir.
Kalo kecepatan 145 KM apa gak ngeri tuh, karena bobot Santa Fe kan lumayan, kalo di rem kan harus jauh2 udah nginjek pedal rem, atau remnya lebih pekem nih?
Kalo masalah ban sebenarnya relatif seh, ada yang suka ban tipis plus velg dgn ring 18 / 20, ada yang ringnya dinaikin 1 / 2 inc dengan ban agak tebal, ada yang suka ban dengan kembang yg gak bikin berisik, ada juga yang suka kembang yg bunyinya kaya' tawon ngumpul.
Kalo saya pake velg masih standar, tapi bannya diganti ama Marshal Venture 30 X 9.5 OR 15LT, Kembangnya kaya' tawon lagi ngerumpi bukan lagi nyanyi ( maksudnya agak berisik dikit yang bikin orang menoleh)
Ntar dech saya upload gambar mobilplus bannya sekalian.
Kalo kecepatan 145 KM apa gak ngeri tuh, karena bobot Santa Fe kan lumayan, kalo di rem kan harus jauh2 udah nginjek pedal rem, atau remnya lebih pekem nih?
Kalo masalah ban sebenarnya relatif seh, ada yang suka ban tipis plus velg dgn ring 18 / 20, ada yang ringnya dinaikin 1 / 2 inc dengan ban agak tebal, ada yang suka ban dengan kembang yg gak bikin berisik, ada juga yang suka kembang yg bunyinya kaya' tawon ngumpul.
Kalo saya pake velg masih standar, tapi bannya diganti ama Marshal Venture 30 X 9.5 OR 15LT, Kembangnya kaya' tawon lagi ngerumpi bukan lagi nyanyi ( maksudnya agak berisik dikit yang bikin orang menoleh)
Ntar dech saya upload gambar mobilplus bannya sekalian.

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
halo bro andra, mungkin maksudnya anda tanya saya ya?
Ngeri? Pastilah...makanya itu speed langsung dikurangi, ga brani nambah lagi. Lagian, lari segitu sih sudah diperhitungkan banget bahwa kondisi jalan ok/sepi (tol surabaya-gempol) and yg pasti kondisi mobil harus prima. Waktu itu yang pegang setir mekanik (sekalian ngetest mobil setelah diotak atik sama dia dikit) and memang saya percaya skillnya gitu,
kalo saya sendiri?, weleh...weleh...enggak lah! Mendingan jalan santai....
Yg jelas ditas kecepatan 100 KM/jam, nih mobil kedap, ga ada desiran angin maupun ban (setelah saya ganti BSdueler689), radio terdengar jelas padahal audio masih standard bawaan SANTI, dan masih sangat stabil (mungkin juga karena mutu jalan tolnya juga ok kali ya?)
Remnya sih masih standard kok.
Penggantian ban ini juga atas saran mekanik, dia bilang jalanan arah sidoarjo-porong-malang yg biasa saya lalui kondisinya mirip off-road apalagi dekat lokasi LUSIALAN itu (Lumpur Sidoarjo Akibat Lapindo), jadi profil ban dibikin tebal dikit tapi ttp diukuran dan kembangan yang ga gitu mempengaruhi kestabilan, konsusmsi BBM dan kebisingan gitu loh!
salam
Ngeri? Pastilah...makanya itu speed langsung dikurangi, ga brani nambah lagi. Lagian, lari segitu sih sudah diperhitungkan banget bahwa kondisi jalan ok/sepi (tol surabaya-gempol) and yg pasti kondisi mobil harus prima. Waktu itu yang pegang setir mekanik (sekalian ngetest mobil setelah diotak atik sama dia dikit) and memang saya percaya skillnya gitu,
kalo saya sendiri?, weleh...weleh...enggak lah! Mendingan jalan santai....
Yg jelas ditas kecepatan 100 KM/jam, nih mobil kedap, ga ada desiran angin maupun ban (setelah saya ganti BSdueler689), radio terdengar jelas padahal audio masih standard bawaan SANTI, dan masih sangat stabil (mungkin juga karena mutu jalan tolnya juga ok kali ya?)
Remnya sih masih standard kok.
Penggantian ban ini juga atas saran mekanik, dia bilang jalanan arah sidoarjo-porong-malang yg biasa saya lalui kondisinya mirip off-road apalagi dekat lokasi LUSIALAN itu (Lumpur Sidoarjo Akibat Lapindo), jadi profil ban dibikin tebal dikit tapi ttp diukuran dan kembangan yang ga gitu mempengaruhi kestabilan, konsusmsi BBM dan kebisingan gitu loh!
salam
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
to pak imsusc1.... bener sekali pak, tuh mobil memang yang ada di indomobil........
Udh liat juga ya ??? emang sih ga top condition, makae pertama tama aku tawar di 75 jt.
Wah anda cukup beruntung juga ya dapat yg istimewa....... Dari 3 pilihan di atas, memang aku paling minat ke santa fe, trus blazer, baru terakhir carens II.
Udh liat juga ya ??? emang sih ga top condition, makae pertama tama aku tawar di 75 jt.
Wah anda cukup beruntung juga ya dapat yg istimewa....... Dari 3 pilihan di atas, memang aku paling minat ke santa fe, trus blazer, baru terakhir carens II.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
wah, jadi betul yg di indomobil ya?
Maaf, no offense buat yg punya nih (kalo ternyata ada di forum ini), sebaiknya jgn ambil santi ijo itu. Selain warnanya aneh (mending kalo ijo militer, ini sih saya bilang biru), interior juga buluk...
waktu saya kesana sama mekanik trus liat2, kayaknya tuh barang titip jual disitu doang (seharusnya kan di indomobil jualnya ya merk2 yg dibawah keagenan indomobil jg kan?) Parahnya yg nemuin kita ga tau apa2 ttg mobil ini. Buku service ga ada, kapan ganti oli terakhir ga tahu, fast moving apa (mis. timing belt) yg terakhir kali diganti kapan jg ga tahu, dimana dia biasa diservice juga ga tahu. Jadi sama mekanik saya diasumsikan tuh fast moving harus ganti semua, makanya dia bilang kalo harga diatas 80jt itu kemahalan sekali. Trus argumen diperkuat waktu sudah test drive, minta test drive-nya aja susah sekali, masak harus deal dulu mau dibeli berapa baru boleh test drive. Waktu ditunjukkin STNK-nya, ketahuan itu atas nama perusahaan yg sayangnya saya lupa namanya. Alias mobil ini adalah kendaraan operasional yg sangat mungkin sopirnya berganti-ganti gitu. Kalo saya bilang, 75jt pun sebenarnya masih gambling...syukur2 fast movingnya udah diganti, kalo belum??? Apalagi mobil ini minim feature, yg punya saya sudah dilengkapi roof-rail, fog-lamp dan tail lamp (lampu rem tambahan), semuanya original bawaan si Santa Fe. Ban cadangannya pun masih ori (merk KUMHO 215/70), kembangannnya belum kemakan.
Saran saya pak, monitor aja tuh Jawapos-nya n cari yang pemilik pribadi kalo bisa tangan 1.
salam
Maaf, no offense buat yg punya nih (kalo ternyata ada di forum ini), sebaiknya jgn ambil santi ijo itu. Selain warnanya aneh (mending kalo ijo militer, ini sih saya bilang biru), interior juga buluk...
waktu saya kesana sama mekanik trus liat2, kayaknya tuh barang titip jual disitu doang (seharusnya kan di indomobil jualnya ya merk2 yg dibawah keagenan indomobil jg kan?) Parahnya yg nemuin kita ga tau apa2 ttg mobil ini. Buku service ga ada, kapan ganti oli terakhir ga tahu, fast moving apa (mis. timing belt) yg terakhir kali diganti kapan jg ga tahu, dimana dia biasa diservice juga ga tahu. Jadi sama mekanik saya diasumsikan tuh fast moving harus ganti semua, makanya dia bilang kalo harga diatas 80jt itu kemahalan sekali. Trus argumen diperkuat waktu sudah test drive, minta test drive-nya aja susah sekali, masak harus deal dulu mau dibeli berapa baru boleh test drive. Waktu ditunjukkin STNK-nya, ketahuan itu atas nama perusahaan yg sayangnya saya lupa namanya. Alias mobil ini adalah kendaraan operasional yg sangat mungkin sopirnya berganti-ganti gitu. Kalo saya bilang, 75jt pun sebenarnya masih gambling...syukur2 fast movingnya udah diganti, kalo belum??? Apalagi mobil ini minim feature, yg punya saya sudah dilengkapi roof-rail, fog-lamp dan tail lamp (lampu rem tambahan), semuanya original bawaan si Santa Fe. Ban cadangannya pun masih ori (merk KUMHO 215/70), kembangannnya belum kemakan.
Saran saya pak, monitor aja tuh Jawapos-nya n cari yang pemilik pribadi kalo bisa tangan 1.
salam
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Parah amat tuh showroom, masa mo test drive harus deal dulu. Gak ada sejarahnya kaya' gitu.
Bro buat pakedl_076, mending tungguin aja Santa Fe yg lain deh, yang namanya rejeki gak kemana2. Kalo bisa sih sebelum beli kita harus tau dia servisnya dimana, kalo di bengkel resmi tanya aja ke pihak bengkelnya track record servisnya, biasanya pihak bengkel Hyunday gak pelit kok ngasih data. Atau kalo mau lihat sudah berapa ribu kilometer yang sudah kepakai, lalu catet & datangin bengkel resminya, disitu kita bisa liat sparepart apa aja yg harus diganti dengan posisi kilometer segitu, lalu tanyain berapa aja biayanya, biasanya dikasih tau kok.
Yang penting Bro buat pakedl_076 sabar aja deh
Bro buat pakedl_076, mending tungguin aja Santa Fe yg lain deh, yang namanya rejeki gak kemana2. Kalo bisa sih sebelum beli kita harus tau dia servisnya dimana, kalo di bengkel resmi tanya aja ke pihak bengkelnya track record servisnya, biasanya pihak bengkel Hyunday gak pelit kok ngasih data. Atau kalo mau lihat sudah berapa ribu kilometer yang sudah kepakai, lalu catet & datangin bengkel resminya, disitu kita bisa liat sparepart apa aja yg harus diganti dengan posisi kilometer segitu, lalu tanyain berapa aja biayanya, biasanya dikasih tau kok.
Yang penting Bro buat pakedl_076 sabar aja deh


Fly Like a Bird