Tul om perusahaan sekarang ga peduli gelar, asal bisa kerja dan mau digaji kecil, pasti diterimaTUFF Stough wrote: Fri Nov 22, 2019 11:39drone buat pesawat komersial kayanya rada mustahil. gak akan ada yg percaya dengan kemampuan komputer dalam mengambil keputusan 100% terhadap hidup-mati penumpangnya.dizco wrote: Fri Nov 22, 2019 10:25di masa depan tetap STEM paling bagus, untuk IT mungkin akan ada masa turun dan melandai dulu karena bubble IT pecahmobilover wrote: Fri Nov 22, 2019 9:23 Berarti jaman now dokter sm pilot bukan karir yg menjanjikan yah. Kayaknya orang lulusan IT yg skrg banyak dicari2 untuk SDM start up. Atau bahkan jadi inisiator start up seperti nadiem makarim. Robotic engineering jg bakal banyak demand ke depannya
dokter akan ada masanya nanti disuplementasi dengan AI, robotik, dan sensor sehingga kebutuhan bisa jadi turun
pilot? kita lihat nanti teknologi drone di masa depan semaju apa nantinya, karena pesawat tempur sendiri sudah mulai dikembangkan tanpa awak
IT pun dilematis. lulusan 5 tahun lalu belum tentu ilmunya kepakai sekarang. perkembangan teknologi lewat open source sudah di luar kendali. belum lama ini aja anak SMP di Jateng dicyduk FBI krn berhasil sebar ransomware di anak perusahaannya Trump.
di tempat kerja saya, dlm mencari SDM pun mulai meninggalkan gelar kesarjanaan krn gak menjamin kualitas dan attitude-nya bisa sejalan dengan keinginan perusahaan untuk maju. perusahaan sekarang mencari yg mau memajukan perusahaan, sekecil apapun sumbangsihnya. loyalitas dikedepankan. bukan yg mencari batu loncatan.
Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Rasa kemanusiaan itu penting tapi bisa jadi beban pikiran jugarechtmasta wrote: Sat Nov 23, 2019 5:38 Kalo gw liat sih, pilot sama dokter itu jenis kerjaan darah biru. Kalo ga punya orang atau kakek/nenek yg punya profesi yg sama, akan sulit untuk mapan. Contoh terbaik, temen gw, bapaknya Auri udah jadi komandan lanud, doi ujug2 jadi dokter, sampe skrg kerjaannya masih jadi dokter jaga di RS nun jauhnya disana. Sedangkan temen gw yg lainnya, bapaknya emang dokter spesialis bedah mata, temen gw ini sekarang udah jadi dokter spesialis bedah mata/kornea dan sekaligus mewarisi semua aset, link dan posisi bapaknya. So, gw semakin yakin kalo bukan karena rasa kemanusiaan yg gede dan ga punya darah biru, buang jauh2 pikiran kalo jadi dokter itu menjamin masa depan penuh kejayaan.
Mungkin Hal ini berlaku juga untuk pekerjaan pilot di jaman sekarang.
Di fb pernah ada artikel kasus bunuh diri di kalangan dokter yg kelihatan baik
Kebanyakan faktornya
1. Tidak sesuai hati nurani
Pengobatan berbasis bisnis, ga perlu operasi jadi operasi, tidak bisa memberikan perawatan terbaik
2. Berbuat kesalahan
Dokter itu pekerjaan yg perfeksionis salah dikit gawat,bisa beban pikiran kalau ga bisa lewatin masa2 merasa bersalah
3. Kecapekan...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
ada anaknya temen dia gak mau sekolah SMA
bapaknya ampe stress dg keputusan anaknya
tapi dia hoby bgt sama IT
ujung2nya kerja dg gaji 2.5 jt di kantor ecek2
tapi stelah setahun tuh anak dah di tawari projeck2 lumayan gede
presentasi dpn bos2 cewek2 sekolah bergengsi pake kaos ama sendal jepit
cuman hasilnya OK bgt...
ini mungkin harapan menteri Nadiem makarim ttg sekolah
kagak usah gelar2 sarjana, bocah 17 thn aja klo tekun dah bisa mandiri.....
kerja enjoy tanpa beban, krn makan tidur msh nebeng ortu hehehe
bapaknya ampe stress dg keputusan anaknya
tapi dia hoby bgt sama IT
ujung2nya kerja dg gaji 2.5 jt di kantor ecek2
tapi stelah setahun tuh anak dah di tawari projeck2 lumayan gede
presentasi dpn bos2 cewek2 sekolah bergengsi pake kaos ama sendal jepit
cuman hasilnya OK bgt...
ini mungkin harapan menteri Nadiem makarim ttg sekolah
kagak usah gelar2 sarjana, bocah 17 thn aja klo tekun dah bisa mandiri.....
kerja enjoy tanpa beban, krn makan tidur msh nebeng ortu hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
setau saya di negara2 lain yang lulus S1 malah sedikit...kebanyakan lulus kejuruan & langsung kerja
duit cukup untuk enjoy life & kebutuhan sehari2...tabungan juga sedikit karena banyak yang dicover pemerintah (pendidikan, kesehatan dll)
saya rasa harusnya seperti itu aja...jangan sampe seperti sekarang lulusan S1 banyak..S2 juga banyak tapi bingung mau kerja apa
plus nilai gaji-nya juga mepet, akhirnya ortu kasi subsidi lagi
duit cukup untuk enjoy life & kebutuhan sehari2...tabungan juga sedikit karena banyak yang dicover pemerintah (pendidikan, kesehatan dll)
saya rasa harusnya seperti itu aja...jangan sampe seperti sekarang lulusan S1 banyak..S2 juga banyak tapi bingung mau kerja apa
plus nilai gaji-nya juga mepet, akhirnya ortu kasi subsidi lagi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Hahhh bisa yah lgs langsam 18-20 tahun??? Apa krn profesinya kerjaannya ningrat yah bisa? kalo kayak di ktr ane, kan udah merujuk uu ketenagakerjaan, itu sampe dari OB sampe level sales/marketing terminnya 2+1 habis itu mesti off sebulan abis itu kontrak lagi 2 thn, itu sdh plg maksimal kata hrd ane, sesuai undang2 yg berlaku. Kalo mau dipekerjakan lagi dan sikaryawan siap off 2-3 bulan, nanti lamar baru dan harus ganti norek, jadi emang seakan2 semua serba baru. Krn stlh 2+1+2 lagi alias 5 thn kontrak itu harus dijadiin tetap atau putus sama sekali.adiputra4 wrote: Sat Nov 23, 2019 6:43 Lion emg gitu, pilot di kontrak 18 - 20 tahun. Gak ada pegawai tetap
Melanggar kontrak / peraturan / mundur siap2 dipecat + pinalti 7M
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Hehe, spupu saya pilot heli untuk airf*st di papua juga awalnya dikontrak 20 tahun kalau ndak salah... Akhirnya bisa keluar setelah 5 tahunan, karena Dephub minta perbantuan pilot heli untuk ngajar. Hal yg biasa setau saya dikontrak belasan tahun oom..Asfur wrote: Mon Nov 25, 2019 2:30 Hahhh bisa yah lgs langsam 18-20 tahun??? Apa krn profesinya kerjaannya ningrat yah bisa? kalo kayak di ktr ane, kan udah merujuk uu ketenagakerjaan, itu sampe dari OB sampe level sales/marketing terminnya 2+1 habis itu mesti off sebulan abis itu kontrak lagi 2 thn, itu sdh plg maksimal kata hrd ane, sesuai undang2 yg berlaku. Kalo mau dipekerjakan lagi dan sikaryawan siap off 2-3 bulan, nanti lamar baru dan harus ganti norek, jadi emang seakan2 semua serba baru. Krn stlh 2+1+2 lagi alias 5 thn kontrak itu harus dijadiin tetap atau putus sama sekali.
Bengkel pesawat plat merah juga engineer ada ikat kontrak 5 tahun (ini terakhir saya tahu taun 2012/2013) ya. Kalau lebih cepet daripada itu keluar kena penalti satuan M juga. Kalau bengkel ini banyak dibajak ama maskapai2 gede Arab soalnya.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Disini spesialis university-based om, jadi daftar ke univ, jadi dianggap mahasiswa lagi, mbayar lagi.Zaxis wrote: Sun Nov 24, 2019 5:19 Ambil spesialis selain butuh duit juga butuh relasi koneksi
Harus nya dibuat bebas aja macam sg my gitu
Dokter lulusan inggris jerman jepang amrik bahkan indo bole praktek disana
Kalo diluar sudah hospital-based, jadi yg mau jadi sp. Daftar ke rs yg bisa menyelenggarakan pendidikan, dianggap dokter jaga, dapat gaji, nanti setelah requirement terpenuhi bisa jd spesialis.
Di forum2 luar, pendidikan spesialis indo diketawain, sayangnya stakeholder sampe sekarang sepengetahuan ane ga ada yg mengurusi ini. Yang Selama ini berjalan dan jadi sumber pemasukan ya ngapain diubah

Toh tetap banyak yg berminat jadi spesialis. Dengan dibatasi lulusan spesialis artinya tetap demand akan lebih tinggi dari supply. Pada ngomong masih kekurangan dokter spesialis, tapi ga mau membuka kesempatan seluas2nya untuk mencetak dokter spesialis.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukummcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.
pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Kalo dilihat telat ya IPI membela pilot. Dan kesannya lembek. Coba kalo IDI ada dokter kena kasus hukum, langsung dokter seIndonesia demo. Apa rekan sejawat pilot di maskapai tsb ga ada solidaritas ya?Pugman wrote:Wah bisa ya begitu, padahal pilot kan kerja di core bisnis maskapai ya. Kalau sebangsa tenaga kasir, cleaning servis di kontrak udah umun, atau kalau 1-2tahun kontrak dulu saya juga paham,adiputra4 wrote: Sat Nov 23, 2019 6:43Lion emg gitu, pilot di kontrak 18 - 20 tahun. Gak ada pegawai tetapPugman wrote: Thu Nov 21, 2019 14:35
Yang ini ya
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas ... bunuh-diri
Kalau saya ga habis fikirnya seh sudah di Pecat dikasih penalti pula..
Ditempat saya, biar kata ada yang dipecat karena merugikan perusahaan, tetap aja pesangon diterima penuh dipotong hutang pribadi kalau ada.
Melanggar kontrak / peraturan / mundur siap2 dipecat + pinalti 7M
18-20 tahun itu kalau dilakukan secara terencana dan tersistem sebenarnya sudah masuk pelanggaran UU TK.
Ini mulai angkat bicara juga IPI, ada beberapa poin saya setuju seperti kalau Pilot dapat training ekstra dari Boeing atau Airbus dia harus ada kontrak atau klausul tambahan untuk stay selama 3-5tahun dan kalau keluar dia dapat penalti mengganti biaya training mungkin 200-300jt bukan 7 miliar
https://amp.suara.com/news/2019/11/23/1 ... i-maskapai
Semoga tidak terulang.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Tapi tentu harus softskill englishnya mendukung.. Kalo notaris apa punya pendapat om?farizfsa wrote: Tue Nov 26, 2019 2:33haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukummcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.
pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Pernah diceritain temen...lawyer yg ngurus kepailitan lg naik daun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: Antara Venturer, Fortuner Trd dan Pajero Dakar
kalo urusan gini dr dlu kayanya om,MSU wrote:Pernah diceritain temen...lawyer yg ngurus kepailitan lg naik daun
karena bnyk pengusaha yg nakal kadang pinjem uang di bank dlm jumlah besar, kemudian g mau bayar utang, nah lawyer pailit kalo smpe bs bikin pailit perusahaan (yg kadang kerja sama dngn perusahaan yg dipailit sendiri), untung banyak itu om.
banyak kan kasus perusahaan tambang Batubara yg mempailitkan perusahaan sendiri dgn cara begini, akibat utangnya daj banyak.
tapi tetep aja bosnya kan ya kaya raya alias duitnya dah diamanin wkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Ada yg ngumpulin berita orang wafat jadi analis terkenal, buka webnya sj mesti langganan usd ratusan per tahunfarizfsa wrote: Tue Nov 26, 2019 2:33haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukummcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.
pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
Yosef ardi dot com coba cek saja, he he
Ron Asheton Forever
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Jul 11, 2016 4:45
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Kalo yg di migas emang sepi om..dgr2 krna hrga minyak yg msh dikisaran 70-80usd/barrel, keekonomian ny msh rendah. Belum lg kebijakan di skk ttg eksplorasi, yg split gross. Jdny investor buat eksplorasi ladang baru pada males masuk..cmiiwTurboman wrote: Thu Nov 21, 2019 11:31Mining sepi ya sementara ajaHarchi wrote:Baru tau klo pilot banyak yg nganggur. Btw pendidikan pilot setara apa? S1 kah?
Sorry oot, selain pilot, kayaknya sektor2 mining (khususnya batubara) & oil n gas jg sekarang banyak yg menganggur n rasanya bukan bidang pekerjaan yg wah kayak beberapa tahun lalu. Mungkin karena demand yg terus menurun bikin harga komoditas ini rendah. Cuman nickel meskipun harusnya naik ya demand nya karena kebutuhan batre, jg blm naik signifikan menyerap tenaga kerja. Cuman pengamatan kasat mata ane doank sih, blm liat data.
Anehnya mahasiswa yg minat masuk kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan tetap tinggi ya, padahal rasa2nya ke depan bakal suram
Kalo ekonomi resesi ya komoditas2 yg industrial related spt Coal / Nickel / aneka logam industri / Minyak ikut lemas
Kalo politik gak stabil malah emas naik
Batubara sbg sumber energy, ke depan memang bisa turun krn penggunaan renewable akan meluas.......tapi BB bisa naik kelas menjadi bahan baku utk pembuatan Graphene........gugel about Graphene battery
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Notaris kalo sudah megang bank, enak. Kalo megang kasus2 besar jg mayan, fee 1-2 persen aja udh bs miliaran rupiah dapetnya. Kalo lg kerjaannya legalisir warmerking aja ya mayan lah buat makan enak sehari hari.mcdelivery wrote: Tue Nov 26, 2019 9:38Tapi tentu harus softskill englishnya mendukung.. Kalo notaris apa punya pendapat om?farizfsa wrote: Tue Nov 26, 2019 2:33haha persaingan makin ketat lawyer dan konsultan derivatif lulusan hukummcdelivery wrote: Sun Nov 24, 2019 6:21 Enak jadi lawyer.. Ogut pernah kerja di spesialis hak kekayaan intelektual, ada klien nanya via email per email kena charge sebesar 120 usd.. Tapi tentu lah, lawyer papan atas yg nangani klien top tier...
Apa kabar dengan notaris?
cm memang masih cukup menjanjikan sih apa lg klien asing dan bayaran usd.
pernah dpt kerjaan "ngumpulin kliping" dr artikel koran/internet dgn merek klien aja bs dapet usd 1000,-, kerjaan ga sampe se jam lah kalo di itung2.
Cm skrg ya semua org cari notaris yg murah jg, persaingan ketat, kasiy mahal client kabur la
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Kalau dilihat-lihat postingan sebelumnya, kayanya Dokter & Pilot untuk "Fresh Graduate"-nya lebih tinggi ya dibanding rerate lulusan-lulusan lain 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Sep 16, 2018 3:43
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Sama sama membutuhkan perjuangan untuk merintis karir apapun bidang nya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
score rendah krn kebanyakan break utk merokok dan sembahyang. no offence. kegiatan itu sendiri sdh menyita waktu, tambah apalagi mana bisa sebentar sih ketemu temen ngobrol dulu, nyantai dulu....

memang bagian dr culture mau diapain
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Nah itu dia perlunya Omnibus Law bwt tenaga kerja harus segera disahkan. Supaya dibayar based on productivity.
https://www.cnbcindonesia.com/news/2020 ... ibus-law/2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Kontraktor nerima borongan kerjaan renovOmnibus wrote: Wed Feb 12, 2020 9:47score rendah krn kebanyakan break utk merokok dan sembahyang. no offence. kegiatan itu sendiri sdh menyita waktu, tambah apalagi mana bisa sebentar sih ketemu temen ngobrol dulu, nyantai dulu....
memang bagian dr culture mau diapain
Kontraktor bayar harian ke tukang
Ceritanya ngecat, dua tukang
Terus ga ada mandor
Satu tukang ngecat 15 menit, yang satu nonton
Terus istirahat merokok berdua, 15 menit
Lalu yg satunya gantian ngecat 15 menit, yg satu duduk nonton
Terus istirahat lagi berdua 15 menit
Dst
Dst
Ngobrol dgn si kontraktor yg udah kenal lama ini,
Ya semua tukang di daerah ini ya gini lah. Ini udah yang paling mending wkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Ikutan OOT ngobrolin produktifitas tukang. saya klo minta tukang sekarang mau nya borongan, ngga mau harian krna ngeselin. Dulu ganti keramik kamar mandi 1.5 x 2 m = 3.5 m2 total 4 hari (harian), terus ngerjain dapur 5 x 5 m = 25 m2 (pasang keramik, tempat cuci piring, piping) 4 hari juga (borongan) dengan tukang yang sama.mpvlover wrote: Wed Feb 12, 2020 10:37Kontraktor nerima borongan kerjaan renovOmnibus wrote: Wed Feb 12, 2020 9:47score rendah krn kebanyakan break utk merokok dan sembahyang. no offence. kegiatan itu sendiri sdh menyita waktu, tambah apalagi mana bisa sebentar sih ketemu temen ngobrol dulu, nyantai dulu....
memang bagian dr culture mau diapain
Kontraktor bayar harian ke tukang
Ceritanya ngecat, dua tukang
Terus ga ada mandor
Satu tukang ngecat 15 menit, yang satu nonton
Terus istirahat merokok berdua, 15 menit
Lalu yg satunya gantian ngecat 15 menit, yg satu duduk nonton
Terus istirahat lagi berdua 15 menit
Dst
Dst
Ngobrol dgn si kontraktor yg udah kenal lama ini,
Ya semua tukang di daerah ini ya gini lah. Ini udah yang paling mending wkwk

Emang si klo borongan biasa nya lebih mahal, tapi minimal hati ngga emosi, dateng tepat waktu dan pulang sore bisa sampe maghrib. Klo dia mau istirahat lama ya bodo amat.. hahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
yah begitulah om pekerja indo,
terlalu santuy hahaha.
ntar gak dikasih pekerjaan(datangkan pekerja dari luar kota atau kota besar) , warga daerah nya demo teriak2 krn gak membuka lapangan pekerja sekitar.
dikasih kerjaan biar memajukan ekonomi daerah, kerjanya males2an hahaha.
cape deh
terlalu santuy hahaha.
ntar gak dikasih pekerjaan(datangkan pekerja dari luar kota atau kota besar) , warga daerah nya demo teriak2 krn gak membuka lapangan pekerja sekitar.
dikasih kerjaan biar memajukan ekonomi daerah, kerjanya males2an hahaha.
cape deh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
Betul om belakangan oe nyari karyawan buat toko oe susah banget cari yang rajin om, masuk kerja suka telat, bersih2 males, ngelayanin pembeli ga serius, udah sering oe gonta ganti karyawan, akhirnya oe nyerah ya udah gpp yang macem begitu terpaksa oe pekerjakan, kalau dibilang cari kerja jaman sekarang susah itu bohong om, yang susah itu cari orang yang mau serius kerja...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Masihkah Pilot jadi pekerjaan impian ?
mestinya borongan lebih murah dan cepat? makanya ada borongan.Dat510 wrote: Wed Feb 12, 2020 11:02 Ikutan OOT ngobrolin produktifitas tukang. saya klo minta tukang sekarang mau nya borongan, ngga mau harian krna ngeselin. Dulu ganti keramik kamar mandi 1.5 x 2 m = 3.5 m2 total 4 hari (harian), terus ngerjain dapur 5 x 5 m = 25 m2 (pasang keramik, tempat cuci piring, piping) 4 hari juga (borongan) dengan tukang yang sama.![]()
Emang si klo borongan biasa nya lebih mahal, tapi minimal hati ngga emosi, dateng tepat waktu dan pulang sore bisa sampe maghrib. Klo dia mau istirahat lama ya bodo amat.. hahaha
kalau saya si malah anti borongan, semua material & alat saya beli, tukang saya awasi sendiri, bayar harian, mau berapa haripun saya tungguin. sekian tahun, baru dapet tukang yg rada awet, mungkin karena aslinya mandor yg kalau senggang ga ada proyek kerja sendiri. yg lain? ga ada yg awet, kenapa? karena saya tungguin


kalau di jkt sudah tinggal impian cari ART atau pekerja toko dari daerah jawa tengah/jawa timur. kenapa? karena enakan kerja di daerah sendiri, kampung sendiri, bisa semau gw, gaji kecil ga sesuai UMR? ga masalah karena apa2 masih murah tentunya, rumah bisa ngikut orang tua, jadi menang karena tinggal di kandang. apalagi sekarang seiring majunya zaman, makin banyak kesempatan kerja di daerah, padahal saya pribadi juga susah cari pekerja atau kalau di jakarta ada yg tanyain cariin ART atau pekerja toko, di daerah maunya kerja di swalayan, karena adem, ada AC, bisa ngalay main tik-tok, main game pas sepi, loyalitas? bisa dibilang besok mau masuk kerja saja sudah bagus = ga tiba2 ga masuk ga balik2 lagi.Tampanman wrote: Wed Feb 12, 2020 11:56 Betul om belakangan oe nyari karyawan buat toko oe susah banget cari yang rajin om, masuk kerja suka telat, bersih2 males, ngelayanin pembeli ga serius, udah sering oe gonta ganti karyawan, akhirnya oe nyerah ya udah gpp yang macem begitu terpaksa oe pekerjakan, kalau dibilang cari kerja jaman sekarang susah itu bohong om, yang susah itu cari orang yang mau serius kerja...
sedangkan kalau kerja di kota besar, jakarta misalnya. kos2an dengan kamar mandi rebutan saja sebulan paling murah 500 ribuan, itu belum bayar air listrik pulsa dsb. gaji total UMR pun jadi pas2an untuk kirim ke kampung. belum mesti rajin nabung biar lebaran pas mudik ke kampung ga berasa mahal karena beli tiket jauh2 hari, juga biaya untuk "pamer" atau malah pas dadakan mesti pulang misal saudara meninggal, kawinan, hajatan, dsb extra biaya lagi. dari segi ini saja kota besar sudah "kalah" dan belum lagi memang mentalnya, malah sekarang mesti curiga kenapa ada org dari Jawa tengah/jawa timur mau cari kerja ke kota, mestinya dicek bener2 latar belakangnya.