Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kalo seneng denger bunyi tek-tek-tek lebih lama, pakailah selalu 20w50.
kalau sayang sama mesin, pengen sirkulasi oli lebih cepet ke seluruh celah mesin, pakai 10w30.
coba dulu pakai beberapa saat, kalau ada penguapan, ganti ke 10w40.
kalo bunyi tek-teknya pas dingin sj apa yg ngag dikurangi yg angka depan om ya? heheh maap msh bingun. kl yg belakang dikurangin, apa ngga tatut keenceran trs bs nyusup ke ruang bakar ya? kata mekanik bengkel dl, untuk mobil jebot yg celahnya ngga rapet2 amat yg jgn encer2 angka belakangnya
Udah pernah setel klep ?
utk oli cobain aja 15W40 API SN spt PTT Gastech dll
hehe lupa kapan terakhir stek klepnya, mungkin setahunan lebih. wkwk.ane penganut aliran kl mesin sdh enak ojo diutak-atik. apalagi mobil karbu jebot yg settingannya main feeling.
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
sepengetahuan ane semakin luas radiator semakin jarang kipas radiator hidup. jd 10,15 atau 30 menit relatif, klo case begini kemungkinan pengaruh dari oli.
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
ViPerRed wrote: Wed Feb 12, 2020 4:23
bagus donk om..
viskositas oli nya di ganti?
sepengetahuan ane semakin luas radiator semakin jarang kipas radiator hidup. jd 10,15 atau 30 menit relatif, klo case begini kemungkinan pengaruh dari oli.
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
Idle up -nya lebih lama gaK?
Before change oil (cold start) : 10 menit udh on, after change oil (cold start) : 15 menit baru on, durasi sejak on nya relatif sama...SAE nya tetap di 5W-30, cm beda merk n lbh bagus yg sekarang kualitas oli nya...Kesimpulan nya apa ya oms ?
ViPerRed wrote: Wed Feb 12, 2020 4:23
bagus donk om..
viskositas oli nya di ganti?
sepengetahuan ane semakin luas radiator semakin jarang kipas radiator hidup. jd 10,15 atau 30 menit relatif, klo case begini kemungkinan pengaruh dari oli.
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
Idle up -nya lebih lama gaK?
Before change oil (cold start) : 10 menit udh on, after change oil (cold start) : 15 menit baru on, durasi sejak on nya relatif sama...SAE nya tetap di 5W-30, cm beda merk n lbh bagus yg sekarang kualitas oli nya...Kesimpulan nya apa ya oms ?
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
kalo saya di idle-nya...
bbrp minggu lalu ganti oli berkala ke shell hx6..abis ganti oli nyalain mesin..idle jadi lebih tinggi pas dingin
tp pas udh panas balik normal. sebelumnya ga pernah begitu
sampe periksa2 throttle body...tp ga ada yg abnormal
mobil kijang efi & ganti oli sendiri
ViPerRed wrote: Wed Feb 12, 2020 4:23
bagus donk om..
viskositas oli nya di ganti?
sepengetahuan ane semakin luas radiator semakin jarang kipas radiator hidup. jd 10,15 atau 30 menit relatif, klo case begini kemungkinan pengaruh dari oli.
Before change oil (cold start) : 10 menit udh on, after change oil (cold start) : 15 menit baru on, durasi sejak on nya relatif sama...SAE nya tetap di 5W-30, cm beda merk n lbh bagus yg sekarang kualitas oli nya...Kesimpulan nya apa ya oms ?
Pake oli & mobil apa om ?
before shell astra, after mobil 1 dex 1.2, unit 1.3 vvt-i...
Before change oil (cold start) : 10 menit udh on, after change oil (cold start) : 15 menit baru on, durasi sejak on nya relatif sama...SAE nya tetap di 5W-30, cm beda merk n lbh bagus yg sekarang kualitas oli nya...Kesimpulan nya apa ya oms ?
Pake oli & mobil apa om ?
before shell astra, after mobil 1 dex 1.2, unit 1.3 vvt-i...
Hotel grand mercure vs Hotel melati
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
before shell astra, after mobil 1 dex 1.2, unit 1.3 vvt-i...
Hotel grand mercure vs Hotel melati
hahaha timpang amat ya om...Saya update lg sesuai info owner nya, cold start sblm ganti oli itu biasa nya menunggu 10 menit aja kipas radiator udh on, setelah ganti oli menunggu 15 menit + gas tipis2 dl br kipas radiator nya on, pd saat kipas on jg lbh cepat off nya setelah ganti oli ke mobil 1...Awal nya owner mengira ada yg rusak, krn kipas radiator blm on jg pdhl waktu nya udh lbh lama dr biasa nya, setelah di gas tipis2 br kipas radiator nya on...Kondisi tsb setelah owner mengganti oli (sendiri) n memanaskan mobil...Faktor cuaca bs mempengaruhi jg kan oms, karena subuh nya hujan deras...
ViPerRed wrote: Wed Feb 12, 2020 4:23
bagus donk om..
viskositas oli nya di ganti?
sepengetahuan ane semakin luas radiator semakin jarang kipas radiator hidup. jd 10,15 atau 30 menit relatif, klo case begini kemungkinan pengaruh dari oli.
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
Luther wrote: Wed Feb 12, 2020 4:10
Oms, ada yg punya pengalaman kah setelah ganti oli mesin, kipas radiator jadi jarang berputar? biasa kl pagi sekitar 10 menitan udh hidup kipas nya, setelah ganti oli yg bagus jd 15 menitan baru hidup, itupun dibantu gas tipis2 dl...
Idle up -nya lebih lama gaK?
Before change oil (cold start) : 10 menit udh on, after change oil (cold start) : 15 menit baru on, durasi sejak on nya relatif sama...SAE nya tetap di 5W-30, cm beda merk n lbh bagus yg sekarang kualitas oli nya...Kesimpulan nya apa ya oms ?
Maksudnya rpm nya om. Berapa lama rpm mesin turun ke rpm idle (langsam) sejak cold start? Apakah tambah lama, atau tetap seperti biasa?
ViPerRed wrote: Wed Feb 12, 2020 4:23
bagus donk om..
viskositas oli nya di ganti?
sepengetahuan ane semakin luas radiator semakin jarang kipas radiator hidup. jd 10,15 atau 30 menit relatif, klo case begini kemungkinan pengaruh dari oli.
Before change oil (cold start) : 10 menit udh on, after change oil (cold start) : 15 menit baru on, durasi sejak on nya relatif sama...SAE nya tetap di 5W-30, cm beda merk n lbh bagus yg sekarang kualitas oli nya...Kesimpulan nya apa ya oms ?
Maksudnya rpm nya om. Berapa lama rpm mesin turun ke rpm idle (langsam) sejak cold start? Apakah tambah lama, atau tetap seperti biasa?
Utk rpm ga diamati ama ownernya, cm yg biasa owner ingat itu waktu nya kipas radiator on ga jauh2 dr 10 menit om...
andyz wrote:Halo Oom Turbo dan Oom2 lainnya..
Kalo oli genuine suzuki 0w20, API service SM, Fully Sintetic,
Apakah bisa di pakai sampai 10ribu km / 6 bulan?
Mohon infonya,
Makasih [emoji120][emoji106]
mau hantam 10 rb km pake yg bagusan lah misal UnilOpal 0W20 / oli 0W20 yg harga 95 rb / up
andyz wrote:Halo Oom Turbo dan Oom2 lainnya..
Kalo oli genuine suzuki 0w20, API service SM, Fully Sintetic,
Apakah bisa di pakai sampai 10ribu km / 6 bulan?
Mohon infonya,
Makasih [emoji120][emoji106]
mau hantam 10 rb km pake yg bagusan lah misal UnilOpal 0W20 / oli 0W20 yg harga 95 rb / up
oo gitu ya Oom..
Makasih infonya..
Pihak beres nya bilang kalo ganti olinya pas kelipatan 10000km atau 6 bulan..
Di pas kan waktu service berkala kelipatan 10000 km atau 6 bulan sekali...
Pengalaman pake ertiga awal, oli sgo 5w30 dipake lebih 5000an km udah kurang enak... pernah sampai 7rb tapi ya itu... kurang ok, fc instan susah maintain di eco zone.
Pakai sgo 0w20 di new ertiga blom lama, udah terpaksa dibuang karena kena di waktu, setahun nambah odo ga sampai 1000 km... wkwk.
Nanti mau iseng tes unil opal 0w20 juga. Skrg baru diganti pake amsoil signature series 0w30... rasanya mirip² waktu pake 0w20 tp suara mesin lebih keredam.
Mungkin ga terlalu berat walau lebih kental karena kualitasnya lebih ok dr sgo 0w20.
Pengalaman pake amsoil 0w30 di ertiga awal, plus aditif... mudah sekali mendapatkan eco driving lihat di fc instan mid... maintain di angka 16 sp di atas 20 km/l ga terlalu butuh effort sopan santun injak pedal.
Sudah lebih 6000km masih enak
andyz wrote:Halo Oom Turbo dan Oom2 lainnya..
Kalo oli genuine suzuki 0w20, API service SM, Fully Sintetic,
Apakah bisa di pakai sampai 10ribu km / 6 bulan?
Mohon infonya,
Makasih [emoji120][emoji106]
mau hantam 10 rb km pake yg bagusan lah misal UnilOpal 0W20 / oli 0W20 yg harga 95 rb / up
oo gitu ya Oom..
Makasih infonya..
Pihak beres nya bilang kalo ganti olinya pas kelipatan 10000km atau 6 bulan..
Di pas kan waktu service berkala kelipatan 10000 km atau 6 bulan sekali...[emoji26]
Ini mah oli yg saya pake buat bilas oli lama sebelon masukin oli baru he he he
andyz wrote:Halo Oom Turbo dan Oom2 lainnya..
Kalo oli genuine suzuki 0w20, API service SM, Fully Sintetic,
Apakah bisa di pakai sampai 10ribu km / 6 bulan?
Mohon infonya,
Makasih [emoji120][emoji106]
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
andyz wrote:Halo Oom Turbo dan Oom2 lainnya..
Kalo oli genuine suzuki 0w20, API service SM, Fully Sintetic,
Apakah bisa di pakai sampai 10ribu km / 6 bulan?
Mohon infonya,
Makasih [emoji120][emoji106]
mau hantam 10 rb km pake yg bagusan lah misal UnilOpal 0W20 / oli 0W20 yg harga 95 rb / up
oo gitu ya Oom..
Makasih infonya..
Pihak beres nya bilang kalo ganti olinya pas kelipatan 10000km atau 6 bulan..
Di pas kan waktu service berkala kelipatan 10000 km atau 6 bulan sekali...[emoji26]
Karena pabrikan mobil ingin anda kalo bisa 3 - 4 tahun ganti yg baru
Turboman wrote: Thu Feb 13, 2020 0:28
Karena pabrikan mobil ingin anda kalo bisa 3 - 4 tahun ganti yg baru
Jadi ingat jaman dulu pake mesin hr15 n masih nurut2 aja apa kata SA, oleh BeResnya disuruh 10k / 6 bulan, waktu itu NGO masih semi synth... ganti tiap 9500-10100 atau dalam tempo 3-4 bulan.
di 50k buka head, yah ....... macem grease nongol....
12punch wrote:Wuah schaeffer di papasari naik jd 150.000
Stocknya makin tipis ya?
Td abis main ke bengkel spesialis ford buat cari masalah mobil ane bensin boros, ngeliat stock di rak ada oli bardal, ada yg pernah pakai?
Hehe pengen tau aja si, ud beli schaeffer soalnya [emoji1787]
Btw schaeffer 131 itu buat bersihin injector bensin ya? Td kata bengkel spesialisnya kayanya boros gara2 filterbensin / apapun di bensin yg kotor, di cek pake obdscanner soalnya aman semua, sensor o2 jg bagus katanya..
Disuruh ganti filter bensin, apa coba pakai schaeffer 131 dlu aja ya?
150 buat yg beli 1 an
120 rb buat beli 1 karton
Minggu lalu beli 4botol yang 5w30 masih 120rb bonus 2 botol 131. Plus ganti oli matic PTT Automat A1, gantinya di toda bayar jasa aja. Hasilnya mantap banget buat avanza umur 14 tahun, kayak baru lagi tarikannya, Tau gini beli banyak schaefernya soalnya sienta 3 bulan lagi ganti oli. Tadinya sengaja mau nyobain unyil opal 0w20, tapi pas pake schaeffer 5w30 enak juga ternyata, minta saran dong suhu mana yang lebih worth every peny, schaeffer 5w30 atau unyil opal 0w20 buat sienta? Sama rekom beres toyota yang nerima ganti oli bawa dari luar garansi ga gugur,udah nanya di beberapa tempat yang nerima hanya tunas batu tulis pecenongan, apa ada masukan lain. Terima kasih
Turboman wrote: Thu Feb 13, 2020 0:28
Karena pabrikan mobil ingin anda kalo bisa 3 - 4 tahun ganti yg baru
Jadi ingat jaman dulu pake mesin hr15 n masih nurut2 aja apa kata SA, oleh BeResnya disuruh 10k / 6 bulan, waktu itu NGO masih semi synth... ganti tiap 9500-10100 atau dalam tempo 3-4 bulan.
di 50k buka head, yah ....... macem grease nongol....
Untung saat saya beli ANGL di tahun 2014 oli NGO sudah ada yg fully syntethic 5W30 API SN dan 5 tahun sudah saya gunakan oli tsb so far no problem at all at HR15DE.
But now I used schaeffer 5W30 API SN due to it price worth of value, so far so good at HR15DE. Engine sound so smooth and lighter [emoji2]