Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: Tue Feb 04, 2020 2:50
Silahkan sue MMKSI kalo transmisinya jebol oom. Santai saja. Transmisi matik apalagi AT itu ngga selemah itu. Sdh terbukti robust, banyak orang bawa mobil matik dengan cara berkendara yang beda-beda dan perawatan yang acakadul. Jarang skali yang rontok karena penggunaan.
OD atau nggak OD gak jadi masalah selama mesin tidak nyentuh redline. Bahkan nyentuh redline pun ada penemuan abad ini namanya ECU yang bisa melakukan antisipasi : fuel cut-off pada rev limiter ditandai dengan RPM mental mentul saat jarumnya dekat redline.
matik rontok kalo keseringan dioper N-D-N-D di lampu merah...
Kayaknya ini bisa jadi hot topic di SM
Om turbonya motomobi nyaranin oper ke N kalo berhenti. Tapi banyak juga yang nyaranin panteng di D.
Kalo ane selama ini seringnya begitu mobil udah berhenti total di lamer, langsung ke N. Gak enak aja harus nahan mobil yang mau maju.
Entah yang betul yang mana
pengendiesel wrote: Tue Feb 04, 2020 5:14
Kayaknya ini bisa jadi hot topic di SM
Om turbonya motomobi nyaranin oper ke N kalo berhenti. Tapi banyak juga yang nyaranin panteng di D.
Kalo ane selama ini seringnya begitu mobil udah berhenti total di lamer, langsung ke N. Gak enak aja harus nahan mobil yang mau maju.
Entah yang betul yang mana
Maksud ane bukan itu oom. Maksudnya akselerasi disentak dari N-D.
Bukan ngoper N-D-N-D waktu berenti wkkwkwkwkw
Ane ngoper N kalo berenti agak lama. Kalo cm merayap tahan di D / manual mode di Golf dsg biar kopling ga ancur
OD fungsinya agar saat cruising di speed tinggi rpm tidak teriak.
OD jg ada di mobil manual, mobil manual yg 7 speed, gigi 7 sdh pasti OD. Ada jg yg 6 speed dan gigi 6 nya sebetulnya OD.
Kalo di motor, bbrp motor 250 cc kbwh di indonesia, gigi 6 nya sebetulnya OD, seingat saya dulu pernah make satria F150. Ketika rpm penuh di gigi 5, masuk gigi 6, speed cenderung anteng dan susah nambah, rpm drop. CMIIW.
ovation wrote: Tue Jan 14, 2020 9:23
Minta pendapat dari teman-teman disini.
Mobil saya xpander ultimate 2019. Saat perjalanan luar kota kondisi overdrive nyala, pas mau nyalib lelet banget , akhirnya tombol O/D dimatikan deh biar bisa melesat.
Nah, sebenarnya mematikan tombol O/D di kecepatan 120-130kmh itu bahaya buat transmisi matic nggak sih?
Jadi khawatir karena keingetan pernah baca di buku panduan xpander, kalo gasalah inget gigi 3-nya (O/D off) di kecepatan maksimal 100kmh saja?
Soale kalo transmisi jebol kan jadi mahal
Thanks sebelumnya
aman kok om
saat 'od off' nyala di meter cluster/dashboard pertanda bahwa opsi 4th gear/gigi 4 jadi tiada, jadi giginya cuma ada 1,2,3
bener bahwa gigi 3 di xp rationya sekitar 1 atau direct, makanya berasa lebih bertenaga saat akselerasi....
amannya lagi, karena sudah electronic control pake ecu, jadi kalo speednya belum diijinkan oleh ecu, ga akan terjadi perpindahan gigi saat tuas transmisinya dipindahkan, misal dari D ke 2....
sy pake xp sering lakukan 'od off' kalo ketemu turunan panjang kayak cipularang, menjelang tikungan, dll...
juga pake 'od off' saat nanjak pake cruise control, saat kecepatan menurun karena nanjak begitu 'od off' kecepatan semula akan balik lagi & tetep nahan di kec.yg udah disetting sebelumnya...
yang menyelamatkan matic generasi sekarang adalah computerized nya
jadi biarpun tangan rajin pindah2in tongkat persneling giginya ga akan pindah kalo computer ga kasih ijin, terutama terkait speed yang diijinkan atas masing2 gigi...
adri31 wrote: Tue Feb 04, 2020 4:16
Kalau di kemacetan Jakarta gimana? Kan berhenti-gas-jalan-rem-berhenti begini berulang2. Gimana itu transmisi?
Gak apa apa.... Di conventional automatic ada benda bernama Torque Converter. Selip pada TC cukup ngebantu juga supaya transmisi awet.
Makanya transmisi paling robust itu sebenernya conventional automatic... Bukan manual.
MT kalo usernya kasar kopling ama matahari cepet aus... AT lebih banyak batasan parameternya.
AT cukup ganti atf sesuai jadwal saja.
sejak kapan ya om kalo matik lebih robust dibanding manual..?? MT klo pake nya kasar, akan lebih cepat aus ini itu. lha kalo matik pake nya kasar..??
Matik dikasarin usernya frustasi um... Wkwkwkwkw. Krn emang tidak bisa mau dikasarin kayak apa.
Transmisi digaspol dari N-D disentak gitu aja banyak mobil yang software tcu nya ga memungkinkan. Langsung cut-off.
Saya gak tau apa ada cara buat jebolin transmisi AT selain cara ini. Bahkan bbrp mobil ga bisa dioper ke D kalo gak direm.
Ngelaunch? Tahan rem dan gas bersamaan terus dilepas rem gaspol? Bbrp mobil jg sdh diberi brake override system.
Over-rev jg tdk mungkin.... Bahkan AT tiptronik kalo lupa ngoper pun antara mental mentul atau otomatis pindah gigi atasnya. MT walau skrg revnya jg dilimit cuma tetep ga mungkin kan ngoper sendiri... Wkwkwkwkw
AT musuhnya ya kalo ATFnya ga pernah ganti. Udah. Even yang berenti lebih dr 5 menit dibiarin di D pun awet aja...
Gak apa apa.... Di conventional automatic ada benda bernama Torque Converter. Selip pada TC cukup ngebantu juga supaya transmisi awet.
Makanya transmisi paling robust itu sebenernya conventional automatic... Bukan manual.
MT kalo usernya kasar kopling ama matahari cepet aus... AT lebih banyak batasan parameternya.
AT cukup ganti atf sesuai jadwal saja.
sejak kapan ya om kalo matik lebih robust dibanding manual..?? MT klo pake nya kasar, akan lebih cepat aus ini itu. lha kalo matik pake nya kasar..??
Matik dikasarin usernya frustasi um... Wkwkwkwkw. Krn emang tidak bisa mau dikasarin kayak apa.
Transmisi digaspol dari N-D disentak gitu aja banyak mobil yang software tcu nya ga memungkinkan. Langsung cut-off.
Saya gak tau apa ada cara buat jebolin transmisi AT selain cara ini. Bahkan bbrp mobil ga bisa dioper ke D kalo gak direm.
Ngelaunch? Tahan rem dan gas bersamaan terus dilepas rem gaspol? Bbrp mobil jg sdh diberi brake override system.
Over-rev jg tdk mungkin.... Bahkan AT tiptronik kalo lupa ngoper pun antara mental mentul atau otomatis pindah gigi atasnya. MT walau skrg revnya jg dilimit cuma tetep ga mungkin kan ngoper sendiri... Wkwkwkwkw
AT musuhnya ya kalo ATFnya ga pernah ganti. Udah. Even yang berenti lebih dr 5 menit dibiarin di D pun awet aja...
adityabp wrote: Wed Feb 05, 2020 3:23
Bisa jadi solenoid di body valve yg kena dulu om.
gini gini...
maksudnya bukan AT itu transmisi yang rusak-proof ya. Tetep aja kalo pemakaian kasar umur transmisi jadi korban.
Pointnya adalah... AT itu transmisi paling "tahan" dengan pemakaian kasar. Paling tidak dari pengoperasian dan cara kerja dengan TC dan sekian banyak sensor-sensor yang mengantisipasi kelakuan user blangsak.
MT dengan user yang halus dan tau teknik nyetir juga umur clutch nya panjang... tapi lebih "prone to abuse". Apalagi pengemudi pemula yang belum bisa lepas kopling dengan halus atau pengemudi agresif yang hobi nyentak kopling.
Hansen wrote: Wed Jan 15, 2020 2:28
Kalo bingung di kecepatan berapa ya amannya pakai kickdown aja, jadi TCU yg menentukan boleh atau tidaknya shift down ke gigi 3. Jika tidak mau turun ke gigi 3 ya berarti memang udah gak diizinkan oleh otak mobilnya
Mod, gimana caranya kick down?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Hansen wrote: Wed Jan 15, 2020 2:28
Kalo bingung di kecepatan berapa ya amannya pakai kickdown aja, jadi TCU yg menentukan boleh atau tidaknya shift down ke gigi 3. Jika tidak mau turun ke gigi 3 ya berarti memang udah gak diizinkan oleh otak mobilnya
Hansen wrote: Wed Jan 15, 2020 2:28
Kalo bingung di kecepatan berapa ya amannya pakai kickdown aja, jadi TCU yg menentukan boleh atau tidaknya shift down ke gigi 3. Jika tidak mau turun ke gigi 3 ya berarti memang udah gak diizinkan oleh otak mobilnya
Mod, gimana caranya kick down?
Begini caranya:
1.
2.
3.
...........
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
yg sdh nonton film Ford v. Ferrari pasti faham kenapa Miles bisa over revved engine dia sampai 7k rpm tp ga jebol. sementara lawannya meski pakai ferrari tetep jebol juga pas over revving straight line fight. jawabannya krn Miles tau kapasitas maksimal dan dia go there pakai perasaan.
di conventional AT ada komponen yg sifatnya semi habis pakai yaitu brake band dan clutch pack. knp saya bilang semi, krn sebetulnya kl ga di abuse komponen itu terbilang ga akan pernah harus diganti (lifetime). pas kickdown brake band akan nahan berhenti suatu komponen gear set (sun, planetary, atau ring gear) tergantung di posisi gigi brp. begitu juga clutch pack krn 2 komponen tsb yg secara sering berurusan dgn gesekan. sementara gear set dan valve body (incl. solenoids) lebih tergantung thd kebersihan oli.
balik ke pertanyaan, boleh ga OD off dipencet pas lg geber di 120-130 kph? hmm seandainya pun TCM mengizinkan bukan berarti komponen didalamnya ga menderita. Seberapa menderita? Mungkin kl kaya Miles pakai perasaan ga menderita2 amat kali. maksud sy pas mencet jangan pas gas di floored to the carpet, agak lepas dikit gitu tp ga lepas banget juga krn jerk dr engine brake malah bikin lbh suffer. kira2 gitu lah cmiiw.
Mobil 1500cc 4speed at lari di 120-130km/h dibejek emang mau dibawa lari k speed brp? Lagian bukannya emang segitu batasan mekanikalnya krna jumlah gearnya cm 4, klo ga ada gear 4 sebagai OD, rpmnya pasti udah tinggi klo jalan d kecepatan segitu
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Yg saya rasa kalo o/d off diatas 130 gak ada bedanya sama o/d on, cuma kerasa kalau di dalam kota mau nyalip dia emang nahan di rpm lebih tinggi. ini di xpander at