yamaha vega, jupiter
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Mar 07, 2003 5:38
yamaha vega, jupiter
Yang punya pengalaman vega atau jupiter
1. kenapa di arena balap motor jarang dipake padahal paling gampang di oversize ? menurut saya modelnya lebih bagus dari supra tapi kenapa kurang diminati ?
2. vega masih menggunakan balancer yang menurut motor plus menyebabkan suara mesing meggelitik ? maksud saya, apakah dengan oversize balancer tadi bisa dihilangkan ?
3. mesin jupiter atau vega bisa dioversize sampai 125 cc dan aman dipake harian ? (mau nyaingin kharisma nih)
4. vega sama vega-r kata yang jualan sama hanya beda di cakram. tapi kok selisihnya dua jutaan ?
Tolong teman-teman bagi-bagi pengalamannya ya ... terima kasih.
1. kenapa di arena balap motor jarang dipake padahal paling gampang di oversize ? menurut saya modelnya lebih bagus dari supra tapi kenapa kurang diminati ?
2. vega masih menggunakan balancer yang menurut motor plus menyebabkan suara mesing meggelitik ? maksud saya, apakah dengan oversize balancer tadi bisa dihilangkan ?
3. mesin jupiter atau vega bisa dioversize sampai 125 cc dan aman dipake harian ? (mau nyaingin kharisma nih)
4. vega sama vega-r kata yang jualan sama hanya beda di cakram. tapi kok selisihnya dua jutaan ?
Tolong teman-teman bagi-bagi pengalamannya ya ... terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Fri Feb 21, 2003 13:57
Vega jarang dipakai karena susah mengakali balancernya. dengan cara membubut, seringkali tidak seimbang antara kruk as kanan dan kiri. piston riskan lecet dan macet. Dengan oversize, suara berisik akibat balancer tidak dapat hilang, malah mungkin tambah kasar suaranya karena dengan oversize berarti terjadi perubahan spesifikasi mesin, dimana pabrik telah memperhitungkan dengan cermat.
Oversize hingga 125cc mungkin baik dan mantap untuk race tapi untuk harian lebih baik jangan, karena mesin cepat panas, karena itu harus ditanggulangi dengan aplikasi oil cooler. Saya pernah mengoversize shogun dengan piston kaze, dan dianjurkan oleh bengkel menggunakan oil cooler, jadi saya pake oil cooler hyosung, dan suhu mesin oke oke saja untuk harian.
dengan oversize, anda harus mengkalkulasi ulang debit karburator dan knalpot.
selisih hingga 2 jutaan karena komponen vega-R kebanyakan sudah buatan lokal.
Oversize hingga 125cc mungkin baik dan mantap untuk race tapi untuk harian lebih baik jangan, karena mesin cepat panas, karena itu harus ditanggulangi dengan aplikasi oil cooler. Saya pernah mengoversize shogun dengan piston kaze, dan dianjurkan oleh bengkel menggunakan oil cooler, jadi saya pake oil cooler hyosung, dan suhu mesin oke oke saja untuk harian.
dengan oversize, anda harus mengkalkulasi ulang debit karburator dan knalpot.
selisih hingga 2 jutaan karena komponen vega-R kebanyakan sudah buatan lokal.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Mar 07, 2003 5:38
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Fri Feb 21, 2003 13:57
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Mar 07, 2003 5:38
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Mar 07, 2003 5:38
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
yg gw suka dari yamaha vega sekarang jadi jupiter cuman pas dia jadi jupiter tuh me liat bentuk body nya cool n kereen banget trus foot step untuk pembonceng model racing kaya ninja or nsr
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
trus kalo yamaha crypton gimana tuh,,,,, kalo ngga salah jupiter itu gabungan antara vega dan crypton ya...!
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Fri Feb 21, 2003 13:57
Soal vega R tangguh atau tidak daya tahan mesinnya, harus nanya penggunanya atau setidaknya nunggu artikelnya. balancer berguna untuk meminimalisir getaran mesin. tapi kadang2 tidak balans di bagian kruk as sehingga gerakan balancer jadi terganggu.
Bung vandekar, betul sekali bodi jupiter tuh keren dan futuristis abis! tapi mesin masih kalah ama vega.
jupiter merupakan perombakan dari vega dan crypton, mesin baru dimana balancer sudah menyatu dengan kruk as sehingga tidak berisik lagi. karbu juga baru dimana lebih difokuskan untuk efisiensi...
Bung vandekar, betul sekali bodi jupiter tuh keren dan futuristis abis! tapi mesin masih kalah ama vega.
jupiter merupakan perombakan dari vega dan crypton, mesin baru dimana balancer sudah menyatu dengan kruk as sehingga tidak berisik lagi. karbu juga baru dimana lebih difokuskan untuk efisiensi...
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Mar 07, 2003 5:38
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
mmmh kayanya kalo di modif ayam jago keren jugha soalnya me liat body nya juga mendukung tuhRyu wrote:kalau dipasangin pendigin air kaya sonic gimana ya ? terus kalau dimodif ayam jago bagus enggak ya ?

1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
cuma kalo mo modif harus diikuti modifikasi mesin yg agak besar karena tarikan motor ini payah sekali,body oke tapi tarikan malu maluin.saya udah potong selang karet dalam box saringan udara dan jarum skep dinaikan satu tingkat ( artikel motor plus )tapi perrubahan tenaganya hanya sedikit dan bensinya jadi lumayan boros....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
*mungkin maksud Mas Is artikel ini yaa*
Sumber = Motorplus-online
Dua tahun lalu Jupiter mendarat di bumi. Yang dimaksud Yamaha Jupiter. Toh, sesampainya di aspal, performa Jupiter standar kurang enak. Saat menanjak, Jupiter sering lelet melibas tanjakan. Tidak seperti predikatnya kuda besi luar angkasa.
Supaya mahluk luar angkasa lain nggak marah, masalah itu bisa diperbaiki. Tidak perlu penggantian komponen. Modal ngebongkar pun pakai tool-kit standar bawaan Jupiter. ?Trik ini sering dipakai anak muda yang punya Jupiter. Jangan takut bensin boros,? saran Ramdhani, kepala mekanik Yamaha Center (YC), Jakarta.
Coba pangkas pipa di boks filter udara sebagai pengarah udara ke karburator. Sebab, ?Pipa itu terlalu tinggi. Pasokan udara ke karbu terhalang. Makanya campuran udaranya kurang homogen dengan bensin,? beber Arifin, mekanik YC.
Akh, kebanyakan teori. Mendingan langsung kerja. Iye, tapi siapkan dulu tool-kit standar. Ambil obeng plus buat buka cover. Jangan lupa, urutan bukan covernya, agar mudah memasangnya kembali.
Terus buka boks filter dengan obeng kembang

Nah, di situ ada pipa boks penyaring udara dari karet. Bisa langsung dipotong. Tapi lepas dulu dari klem karburator. Dipapasnya pakai cutter atau pisau tumpul

Potong aja 2 cm diukur dari bibir atas pipa. Jangan khawatir, ini sudah dites lho,? promosi Arifin yang bermarkas di bilangan Matraman, Jakarta Timur.
Selesai pemangkasan pipa, tinggal melakukan tahap kedua. Pindahkan posisi klip jarum skep pada ulir ke-4. Jadinya, bahan bakar ngocor lebih banyak dibanding posisi standar. Ini mengimbangi pasokan udara akibat pemotongan pipa.
Oce deh, bongkar karbu. Paling enak lepas dulu slang bensin. Lepas juga baut pengikat intake-manifold dengan obeng kembang. Trus kebut kepala karburator dengan obeng plus

Lanjut, copot jarum skep. Pindahkan posisi klip

Selesai deh. Pasang lagi dengan urutan yang benar. Tinggal setel udara. Caranya, tinggikan putaran mesin sekitar 4.000 rpm. Putar mentok ke kanan sekrup udara. Lalu, putar lagi ke kiri. Patokannya 1,5 putaran dan cari lewat rpm setelan pas. Berhenti pas rpm naik dengan tajam dan berakhir dengan rata atau langsam.
Sumber = Motorplus-online
Dua tahun lalu Jupiter mendarat di bumi. Yang dimaksud Yamaha Jupiter. Toh, sesampainya di aspal, performa Jupiter standar kurang enak. Saat menanjak, Jupiter sering lelet melibas tanjakan. Tidak seperti predikatnya kuda besi luar angkasa.
Supaya mahluk luar angkasa lain nggak marah, masalah itu bisa diperbaiki. Tidak perlu penggantian komponen. Modal ngebongkar pun pakai tool-kit standar bawaan Jupiter. ?Trik ini sering dipakai anak muda yang punya Jupiter. Jangan takut bensin boros,? saran Ramdhani, kepala mekanik Yamaha Center (YC), Jakarta.
Coba pangkas pipa di boks filter udara sebagai pengarah udara ke karburator. Sebab, ?Pipa itu terlalu tinggi. Pasokan udara ke karbu terhalang. Makanya campuran udaranya kurang homogen dengan bensin,? beber Arifin, mekanik YC.
Akh, kebanyakan teori. Mendingan langsung kerja. Iye, tapi siapkan dulu tool-kit standar. Ambil obeng plus buat buka cover. Jangan lupa, urutan bukan covernya, agar mudah memasangnya kembali.
Terus buka boks filter dengan obeng kembang

Nah, di situ ada pipa boks penyaring udara dari karet. Bisa langsung dipotong. Tapi lepas dulu dari klem karburator. Dipapasnya pakai cutter atau pisau tumpul

Potong aja 2 cm diukur dari bibir atas pipa. Jangan khawatir, ini sudah dites lho,? promosi Arifin yang bermarkas di bilangan Matraman, Jakarta Timur.
Selesai pemangkasan pipa, tinggal melakukan tahap kedua. Pindahkan posisi klip jarum skep pada ulir ke-4. Jadinya, bahan bakar ngocor lebih banyak dibanding posisi standar. Ini mengimbangi pasokan udara akibat pemotongan pipa.
Oce deh, bongkar karbu. Paling enak lepas dulu slang bensin. Lepas juga baut pengikat intake-manifold dengan obeng kembang. Trus kebut kepala karburator dengan obeng plus

Lanjut, copot jarum skep. Pindahkan posisi klip

Selesai deh. Pasang lagi dengan urutan yang benar. Tinggal setel udara. Caranya, tinggikan putaran mesin sekitar 4.000 rpm. Putar mentok ke kanan sekrup udara. Lalu, putar lagi ke kiri. Patokannya 1,5 putaran dan cari lewat rpm setelan pas. Berhenti pas rpm naik dengan tajam dan berakhir dengan rata atau langsam.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
mmmh bukannya lebih irit vega negh masegh ko masegh ada tuh bung anjas coba aza liat2 di dealer yamaha degh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
mmhh dolo yamah crypton diklaim bisa 1 liter : 92 km loh heheh tapi pas di tes ternyata cuman 1 : 70
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
hehe iyah segh bung deanz heheh kalo cuman diroda berputar doank mah ngga ad hambatan apa apa tuh heh lagian mau tuh gas di pentokin jugha ngga masalah tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R