Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
tesna wrote: Fri Jan 17, 2020 13:28
emangnya ada ya mobil keluaran 15 tahun terakhir yang minta dibawah ron91?
sebenernya ya ndak ada.
tapi kalau digembor2kan minta minimal ron 91 (berati min isi pertamax 92), apa ga penjualan dealer2 langsung turun drastis?
pa lagi di kelas macam avanza.
Avanza 2016 saya saja, minta ron 90 (ada tu berita taun 2016). ideal katanya 92.
Hasilnya? pake 92 masi suka ngelitik. kalau idle tanpa a/c suka bunyi kletek2..tapi memang bunyi2an ini ga akan terdengar kalau ga punya telinga sensitif..dan saya yakin mayoritas orang akan mengabaikan bunyi2 tersebut..
dan bunyi2 menggaggu itu hilang semua kalau pakai 98.
tesna wrote: Fri Jan 17, 2020 13:28
emangnya ada ya mobil keluaran 15 tahun terakhir yang minta dibawah ron91?
Xpander
Rekomendasi RON 90.
Sesuai setup mesin dgn daya kuda so so ajah.
Serius bisa dkasih minum RON 90?
Saya baru SPK si Cross, pertabo worthed?
Pertabo lagi agak masuk akal harga’nya skrg
harusnya bisa. kan xpander target pasarnya mirip2 avanza toh? cmiiw.
tapi kalau punya telinga sensitif kayak saya, suka denger bunyi2 mesin yg aneh2 (biarpun kalau ga didengerin baik2 suka ga kedengeran), ya isi pertabo saja.
harga lagi masuk akal ahhahahaa... tapi ya ntar kalau harga melambung lagi, saya saran si pake saja 92 atau setara nya... terus cari2 kartu kredit apa debit yang kasi cashback kalau beli bbm di spbu tertentu
tesna wrote: Fri Jan 17, 2020 13:28
emangnya ada ya mobil keluaran 15 tahun terakhir yang minta dibawah ron91?
sebenernya ya ndak ada.
tapi kalau digembor2kan minta minimal ron 91 (berati min isi pertamax 92), apa ga penjualan dealer2 langsung turun drastis?
pa lagi di kelas macam avanza.
Avanza 2016 saya saja, minta ron 90 (ada tu berita taun 2016). ideal katanya 92.
Hasilnya? pake 92 masi suka ngelitik. kalau idle tanpa a/c suka bunyi kletek2..tapi memang bunyi2an ini ga akan terdengar kalau ga punya telinga sensitif..dan saya yakin mayoritas orang akan mengabaikan bunyi2 tersebut..
dan bunyi2 menggaggu itu hilang semua kalau pakai 98.
Makanya beli mesin2 Honda saja.. rasio kompresinya masih ramah di kantong, BBM bisa sembarang campur2, suka2, ngoahaha!
tesna wrote: Fri Jan 17, 2020 13:28
emangnya ada ya mobil keluaran 15 tahun terakhir yang minta dibawah ron91?
sebenernya ya ndak ada.
tapi kalau digembor2kan minta minimal ron 91 (berati min isi pertamax 92), apa ga penjualan dealer2 langsung turun drastis?
pa lagi di kelas macam avanza.
Avanza 2016 saya saja, minta ron 90 (ada tu berita taun 2016). ideal katanya 92.
Hasilnya? pake 92 masi suka ngelitik. kalau idle tanpa a/c suka bunyi kletek2..tapi memang bunyi2an ini ga akan terdengar kalau ga punya telinga sensitif..dan saya yakin mayoritas orang akan mengabaikan bunyi2 tersebut..
dan bunyi2 menggaggu itu hilang semua kalau pakai 98.
Makanya beli mesin2 Honda saja.. rasio kompresinya masih ramah di kantong, BBM bisa sembarang campur2, suka2, ngoahaha!
hhahaa.. intinya bisa pakai 90 juga.. cuma risih saja..perlu tutup telinga..
Pantesan tiap ane naik mobil taksol semacam avanza-xenia, agay rata2 mesinnya selalu bunyi gelitik,Justru ertiga sy agak jarang denger suara gelitik2nya.
Kalo dibiarin gitu efek jangka panjangnya apa ya kira2 hehehe
thirdstar7 wrote: Mon Jan 20, 2020 12:42
Pantesan tiap ane naik mobil taksol semacam avanza-xenia, agay rata2 mesinnya selalu bunyi gelitik,Justru ertiga sy agak jarang denger suara gelitik2nya.
Kalo dibiarin gitu efek jangka panjangnya apa ya kira2 hehehe
mesin rusak. tinggal mau turun mesin/ganti jeroan yang rusak atau ganti mesin/swap atau lembiru sekalian mobilnya
thirdstar7 wrote: Mon Jan 20, 2020 12:42
Pantesan tiap ane naik mobil taksol semacam avanza-xenia, agay rata2 mesinnya selalu bunyi gelitik,Justru ertiga sy agak jarang denger suara gelitik2nya.
Kalo dibiarin gitu efek jangka panjangnya apa ya kira2 hehehe
mesin rusak. tinggal mau turun mesin/ganti jeroan yang rusak atau ganti mesin/swap atau lembiru sekalian mobilnya
Sejauh ini blm ada ceritanya efek instan bbm "murah" bikin mesin jebol lain ceritanya jaman dahullu kala dioplos minyak tanah (kalo bensin) atau oli bekas (kalo solar) bbrp kejadian iya rontok jeroan mesin, kalo ngelitik bikin jebol mesin gmn kabar taxi2 yg jalan 100.000km/tahun dgn isi premium terus di tret sebelah ada Nissan GL ud jalan 370rbkm full premium sumatra tanpa jebol mesin padahal Nissan terkenal mesin ngelitik sejak lahir di pabrik
Nice info2nya, skrg kl di SPBU antrian paling panjang premium krn stoknya dikit. Yang antri disana biasanya taxi online tega juga ya isi ertiga baru, avz, mobilio, new rush pk premium. Memang sih hrg bensin sangat mempengaruhi pendapatan mereka
thirdstar7 wrote: Mon Jan 20, 2020 12:42
Pantesan tiap ane naik mobil taksol semacam avanza-xenia, agay rata2 mesinnya selalu bunyi gelitik,Justru ertiga sy agak jarang denger suara gelitik2nya.
Kalo dibiarin gitu efek jangka panjangnya apa ya kira2 hehehe
mesin rusak. tinggal mau turun mesin/ganti jeroan yang rusak atau ganti mesin/swap atau lembiru sekalian mobilnya
Sejauh ini blm ada ceritanya efek instan bbm "murah" bikin mesin jebol lain ceritanya jaman dahullu kala dioplos minyak tanah (kalo bensin) atau oli bekas (kalo solar) bbrp kejadian iya rontok jeroan mesin, kalo ngelitik bikin jebol mesin gmn kabar taxi2 yg jalan 100.000km/tahun dgn isi premium terus di tret sebelah ada Nissan GL ud jalan 370rbkm full premium sumatra tanpa jebol mesin padahal Nissan terkenal mesin ngelitik sejak lahir di pabrik
memang tidak jebol. maksud saya, bukan "rusak" dalam artian ndak bisa dipake/digunakan sih.
.cuma sudah ndak enak dipakai saja....
dan ndak enak bunyi nya pasti. tek tek tek , kletek kletek kletek
marama wrote: Tue Jan 21, 2020 2:43
Nice info2nya, skrg kl di SPBU antrian paling panjang premium krn stoknya dikit. Yang antri disana biasanya taxi online tega juga ya isi ertiga baru, avz, mobilio, new rush pk premium. Memang sih hrg bensin sangat mempengaruhi pendapatan mereka
Wajar, beda harga sangat signifikan (rp/km) sedangkan FC(km/L) beda tipis, aplg premium vs pertalet nyaris sama aja FC nya ya buat apa bayar lebih mahal buat sesuatu yg sama aja, hanya beda panjang antrian di daerah yg melimpah premium and solar ya ngapain beli yg lebih mahal antri 4-6 mobil masih wajar g sampe setengah jam jg kebagian seringkali saya malah cuma antri 1-2 mobil udh langsung dapet
marama wrote:Nice info2nya, skrg kl di SPBU antrian paling panjang premium krn stoknya dikit. Yang antri disana biasanya taxi online tega juga ya isi ertiga baru, avz, mobilio, new rush pk premium. Memang sih hrg bensin sangat mempengaruhi pendapatan mereka
Premium antri panjang karena bensin termurah yg tersedia di SPBU, selama mobil bisa minum premium tanpa kendala konsumen yg membeli premium kayaknya
gak akan berkurang kecuali tidak tersedia lagi.
Saya iseng buat tabel perhitungan variasi Fuel Consumption dan Variation BBM yg digunakan petrol engine selama 68 bulan dan monthly cost per bulannya kalau mobil petrol Engine dgn BBM premium selama 68 bulan dgn avrage FC 1 ltr utk 16 KM maka biaya Fuelnya adalah sekitar 30 juta 895 ribu, jadi biaya beli premiumnya per bulan hanya 454 ribu saja, sangat murah [emoji1]
thirdstar7 wrote: Mon Jan 20, 2020 12:42
Kalo dibiarin gitu efek jangka panjangnya apa ya kira2 hehehe
Kalo mesin dibiarin ngelitik jangka panjang akibat spek BBM yg terlalu rendah, maka risiko early detonation meningkat. Early detonation itu BBM terbakar sebelum waktu (sebelum busi memercikkan nyala api). Kalo keseringan early detonation, lama2 pistonnya bisa bolong
Emang sih adanya yang namanya anti-knock sensor yg akan mendeteksi kejadian knocking ini sehingga ECU akan memajukan timing pengapian busi. Cuman ada risiko lain yaitu kadar sulfur yg tinggi pada BBM murah. Sulfur yg tinggi ini bisa dinetralkan dengan pakai oli yang bagusan (yg memiliki angka TBN tinggi). TBN = total base number; semakin tinggi dia artinya semakin besar kemampuannya dalam menetralkan asam sulfat yg terbentuk akibat endapan sulfur dari BBM.
itu sih yg nubie tau dari baca2 selama ini. Mohon koreksinya kalo salah
thirdstar7 wrote: Mon Jan 20, 2020 12:42
Kalo dibiarin gitu efek jangka panjangnya apa ya kira2 hehehe
Kalo mesin dibiarin ngelitik jangka panjang akibat spek BBM yg terlalu rendah, maka risiko early detonation meningkat. Early detonation itu BBM terbakar sebelum waktu (sebelum busi memercikkan nyala api). Kalo keseringan early detonation, lama2 pistonnya bisa bolong
Emang sih adanya yang namanya anti-knock sensor yg akan mendeteksi kejadian knocking ini sehingga ECU akan memajukan timing pengapian busi. Cuman ada risiko lain yaitu kadar sulfur yg tinggi pada BBM murah. Sulfur yg tinggi ini bisa dinetralkan dengan pakai oli yang bagusan (yg memiliki angka TBN tinggi). TBN = total base number; semakin tinggi dia artinya semakin besar kemampuannya dalam menetralkan asam sulfat yg terbentuk akibat endapan sulfur dari BBM.
itu sih yg nubie tau dari baca2 selama ini. Mohon koreksinya kalo salah
Sulfur premium, pertamax dan pertalite sama2 sekitar 150 sd 200 ppm. Kalau pertamax turbo baru < 50 ppm, spek euro IV. Jadi ya gitu deh, sama aja sulfur nya selain 98.
thirdstar7 wrote: Mon Jan 20, 2020 12:42
Kalo dibiarin gitu efek jangka panjangnya apa ya kira2 hehehe
Kalo mesin dibiarin ngelitik jangka panjang akibat spek BBM yg terlalu rendah, maka risiko early detonation meningkat. Early detonation itu BBM terbakar sebelum waktu (sebelum busi memercikkan nyala api). Kalo keseringan early detonation, lama2 pistonnya bisa bolong
Emang sih adanya yang namanya anti-knock sensor yg akan mendeteksi kejadian knocking ini sehingga ECU akan memajukan timing pengapian busi. Cuman ada risiko lain yaitu kadar sulfur yg tinggi pada BBM murah. Sulfur yg tinggi ini bisa dinetralkan dengan pakai oli yang bagusan (yg memiliki angka TBN tinggi). TBN = total base number; semakin tinggi dia artinya semakin besar kemampuannya dalam menetralkan asam sulfat yg terbentuk akibat endapan sulfur dari BBM.
itu sih yg nubie tau dari baca2 selama ini. Mohon koreksinya kalo salah
Sulfur premium, pertamax dan pertalite sama2 sekitar 150 sd 200 ppm. Kalau pertamax turbo baru < 50 ppm, spek euro IV. Jadi ya gitu deh, sama aja sulfur nya selain 98.
Oh iya bbm selain pertamina gimana ya? Apa sudah euro 4 semua ya?