Betul oom..Pugman wrote:Kebetulan ditempat saya kerja masih 1 departemen tapi beda section itu menangani motor listrik dari ukuran kecil sampai ukuran Mega Watt (MW), bahkan ada jenis motor sangat langka ditempat saya, namanya Cyclo Converter Ring Motor power 6,7MW.adityabp wrote: Wed Jan 15, 2020 8:41IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.Pugman wrote: Wed Jan 15, 2020 6:14 Industri rewinding/gulung motor akan menjadi prospek bisnis baru.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.
![]()
motor kecil berbagai jenis kami rewinding sendiri, motor besar medium dan high voltage kami serahkan perbaikan ke Vendor (lokal)
Baik motor AC/DC, brush/brushless Yang membedakan desain motor listrik adalah IP rating, Explosion Proof atau tidak dan cooling system, untuk perusahaan saya motor di atas 5kw masih worth untuk di rewinding.
Motor listrik untuk mobil saat ini biasanya ada di kisaran tenaga 60kw-200kw umumnya di sistem 60/72V.
IP rating untuk motor listrik di mobil umumnya cukup tinggi mengingat lingkungan yang akan dilalui.
Hal yang perlu diperhatikan dengan baik untuk rewinding adalah saat assembly yaitu mempertahankan IP rating agar setara saat seperti keluar pabrikan.
Motor 3 fasa untuk Industri dengan power 75kW saja sekitar 50jt, kebayangkan kalau ga bisa di gulung ulang. Untuk Tesla mungkin mereka memang memakai motor listrik kualitas tinggi sehingga bisa bertahan puluhan tahun.
Oya teknologi motor listrik dari tahun 70-an sampai saat ini tidak banyak berubah, yang berkembang adalah teknologi untuk kontrol motor seperti VVVF
Technologi motor sih dari dulu itu itu aja partnya :
Rotor
Stator
Insulation
Exciter
Core
Sedikit OOT, sy ingat ada alternator yg pernah harus gulung ulang. Itu merk SKODA, mau gulung ulang, susah pisan cari kawat tembaga buat lilitan krn bentuk penampangnya kotak bukan kawat bulat.