Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Kalo liat2
ibarat game ini skg memulai stage baru lagi
Begitu banyaknya merek2 baru Start Up mobil listrik mencoba melawan dominasi pemain kawakan
- TESLA
- Rivian
- NIO
- RIMAC
- Polestar (Volvo grup)
- Lightning
- Venturi
- TOGG
- SONY
- Byton
- Dll
juga era EV ini dimanfaatkan produsen2 otomotif RRC utk merebut pasar
akan seru ini melihat gimana persaingan ke depannya
Any opinion ?
ibarat game ini skg memulai stage baru lagi
Begitu banyaknya merek2 baru Start Up mobil listrik mencoba melawan dominasi pemain kawakan
- TESLA
- Rivian
- NIO
- RIMAC
- Polestar (Volvo grup)
- Lightning
- Venturi
- TOGG
- SONY
- Byton
- Dll
juga era EV ini dimanfaatkan produsen2 otomotif RRC utk merebut pasar
akan seru ini melihat gimana persaingan ke depannya
Any opinion ?
Last edited by Turboman on Tue Jan 14, 2020 7:01, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Couldn't agree more Um@Turboman
Bisa dimanfaatkan oleh produsen boil China utk merebut pasar
Apalage kalo produsen Jepun smakin sok jual mahal tapi kopongan
Biar tau rasa wkwkwkwk

Bisa dimanfaatkan oleh produsen boil China utk merebut pasar

Apalage kalo produsen Jepun smakin sok jual mahal tapi kopongan

Biar tau rasa wkwkwkwk

ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
harus diakui si TESELA ini boleh dibilang cukup sukses yah dalam membangun image & brand.......Tesela udah bisa spt Apple, orang2 udah berani beli "Gambar & video" nya.....sekalipun belom pegang barang nya
CyberTruck baca2 laku keras
bahkan saya pernah baca komen......ada yg komen "modelnya aneh".....lalu ada yg jawab : Yeah but It's TESLA
Tesela udah mulai menjadi CULT.....like Apple......
CyberTruck baca2 laku keras
bahkan saya pernah baca komen......ada yg komen "modelnya aneh".....lalu ada yg jawab : Yeah but It's TESLA
Tesela udah mulai menjadi CULT.....like Apple......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
dari kubu eropa cuma vw yang keliatannya bisa sukses di dunia mobil listrik e tron udah terbentuk imagenya , udah enak didenger dan sekarang range id nampaknya punya masa depan yang cerah
kemarin2 ada kabar penjualan mercy eqc anjlok bmw jg keliatannya kurang menggeliat
dari jepang Honda sama toyota malah sibuk sama platform hybrid dan f cell padahal terawangan sotoy saya model powertrain kyk gitu makin lama makin gak seksi lagi... Mazda juga bikin suv listrik speknya basa basi gitu apalagi suzuki , daihatsu masih tradisional 2 ja
nissan yg geliat nya lebih dulu daritesla dg leaf nya juga lecutannya lambat
dari amerika baru ford yang punya produk serius pdahal gm udah ada mass product ev di awal milenium silam
20-30 th lagi kayaknya bakal kegulung mereka
kemarin2 ada kabar penjualan mercy eqc anjlok bmw jg keliatannya kurang menggeliat
dari jepang Honda sama toyota malah sibuk sama platform hybrid dan f cell padahal terawangan sotoy saya model powertrain kyk gitu makin lama makin gak seksi lagi... Mazda juga bikin suv listrik speknya basa basi gitu apalagi suzuki , daihatsu masih tradisional 2 ja
nissan yg geliat nya lebih dulu daritesla dg leaf nya juga lecutannya lambat
dari amerika baru ford yang punya produk serius pdahal gm udah ada mass product ev di awal milenium silam
20-30 th lagi kayaknya bakal kegulung mereka
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
hal biasalah....liat ada yg sukses...semua jg kepengen
era listrik dimulai....gw salah 1 yang ingin beralih ke listrik....
era listrik dimulai....gw salah 1 yang ingin beralih ke listrik....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Tenang..Turboman wrote:Kalo liat2
ibarat game ini skg memulai stage baru lagi
Begitu banyaknya merek2 baru Start Up mobil listrik mencoba melawan dominasi pemain kawakan
- TESLA
- Rivian
- NIO
- RIMAC
- Polestar (Volvo grup)
- Lightning
- Venturi
- TOGG
- SONY
- Byton
- Dll
juga era EV ini dimanfaatkan produsen2 otomotif RRC utk merebut pasar
akan seru ini melihat gimana persaingan ke depannya
Any opinion ?
Semua akan mobil listrik pada akhirnya.
Saya juga pingin ke mobil listrik, asal jangan rusakan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Kira2 setelah mulai masuk era mobil dan motor listrik, toko2 spare part apa masih bisa bertahan ya? Secara komponen yg digunakan banyak yg berkurang.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
ya kalo kaki2 mah sama aja dgn mobil ICEP47hos wrote:Kira2 setelah mulai masuk era mobil dan motor listrik, toko2 spare part apa masih bisa bertahan ya? Secara komponen yg digunakan banyak yg berkurang.
Rem juga
Body parts juga
Yg gak dipake lagi kan :
- Mesin Piston
- Transmisi multi speed
- Tangki BBM
Nanti yah toko parts EV cars jadi mirip toko parts mesin2 industri........jual komponen Inverter / Batere / Kabel2 / Kapasitor / Resistor / IC dll
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Ikut numpang untuk geliat motor listrik di Indonesia
https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... a?page=all
Di negara kita kayanya motor lebih feasible secara motor alat transportasi utama dan harganya ngga terlalu mahal. Saya sendiri udah cukup sering liat si viar Q1, di ragunan kb.binatang juga kendaraan operasional utama nya si viar Q1 ini.
Mana motor listrik pilihan teman2 dan siapa yg kira2 bisa survive?
Kalo saya megang si viar, dealer nya udah lumayan tersebar dan satu2 nya yg saya lihat dengan mata kepala sendiri udah beredar di jalan tanpa banyak basa-basi.
https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... a?page=all
Di negara kita kayanya motor lebih feasible secara motor alat transportasi utama dan harganya ngga terlalu mahal. Saya sendiri udah cukup sering liat si viar Q1, di ragunan kb.binatang juga kendaraan operasional utama nya si viar Q1 ini.
Mana motor listrik pilihan teman2 dan siapa yg kira2 bisa survive?
Kalo saya megang si viar, dealer nya udah lumayan tersebar dan satu2 nya yg saya lihat dengan mata kepala sendiri udah beredar di jalan tanpa banyak basa-basi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Geely mulai masuk jepang lewat taxi electric TX
Knp bb ga masukin ini aja yah,lebih iconic model nya
Knp bb ga masukin ini aja yah,lebih iconic model nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Sy kok curiga ev life cycle nya cepat
Sy kemarin baca artikel bahwa proses pembuatan mobil f1 lebih "green" dibanding formula e
Maka dari itu engineer2 fia lagi riset mesin 2 stroke dgn bahan bakar sintetik yang menghasilkan zero carbon
Kalo mereka berhasil dan diaplikasikan ke f1 dan mobil umum, berarti penambangan besar2an nickel atau limbah batre (misal: lithium ion) jauh berkurang
Tapi gatau juga ya, opini sy kombinasi terbaik utk saat ini hybrid dan phev yang batrenya ga terlalu besar
Sy kemarin baca artikel bahwa proses pembuatan mobil f1 lebih "green" dibanding formula e
Maka dari itu engineer2 fia lagi riset mesin 2 stroke dgn bahan bakar sintetik yang menghasilkan zero carbon
Kalo mereka berhasil dan diaplikasikan ke f1 dan mobil umum, berarti penambangan besar2an nickel atau limbah batre (misal: lithium ion) jauh berkurang
Tapi gatau juga ya, opini sy kombinasi terbaik utk saat ini hybrid dan phev yang batrenya ga terlalu besar
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Klasik lah angkat2 isu spt ituTats wrote:Sy kok curiga ev life cycle nya cepat
Sy kemarin baca artikel bahwa proses pembuatan mobil f1 lebih "green" dibanding formula e
Maka dari itu engineer2 fia lagi riset mesin 2 stroke dgn bahan bakar sintetik yang menghasilkan zero carbon
Kalo mereka berhasil dan diaplikasikan ke f1 dan mobil umum, berarti penambangan besar2an nickel atau limbah batre (misal: lithium ion) jauh berkurang
Tapi gatau juga ya, opini sy kombinasi terbaik utk saat ini hybrid dan phev yang batrenya ga terlalu besar
mobil ICE dgn Katalis berbahan Noble metal emangnya itu penambangannya gak ada impact ke lingkungan ?
ini mah biasa aja ada pihak2 yg tersudut en keluarkan isu2 tertentu
kalo manusia mau aktifitas CO2 free = kembali hidup spt di zaman purba, no listrik / no gadget / kemana2 jalan kaki / makan mentah - no masak2
wkwkwkkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Secara personal saya lebih prefer dan excited di mobil ICE.
Terutama untuk M/T ... Sensasi revving, gear shifting, ICE engine / exhaust sound susah untuk digantikan.
Too bad ..., teknologi maju ke depan, mau gak mau harus ikutin perkembangan jaman.
Terutama untuk M/T ... Sensasi revving, gear shifting, ICE engine / exhaust sound susah untuk digantikan.
Too bad ..., teknologi maju ke depan, mau gak mau harus ikutin perkembangan jaman.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
ICE = Ear GasmOr4cle wrote:Secara personal saya lebih prefer dan excited di mobil ICE.
Terutama untuk M/T ... Sensasi revving, gear shifting, ICE engine / exhaust sound susah untuk digantikan.
Too bad ..., teknologi maju ke depan, mau gak mau harus ikutin perkembangan jaman.
EV = G Force gasm.........ngeliat di yutub orang2 diajak naik / akselerasi sampe tereak2.......
Kalo saya sih rencana di era EV tetap piara ICE juga utk kalo pake ke daerah2 yg gak ada charging station
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
waktu jakarta atau daerah lain kebanjiran kmrn, apa gak ada berita sama sekali ya tentang kondisi mobil/motor listrik yang ikut kerendem..?? penasaran realita nya gmn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Industri rewinding/gulung motor akan menjadi prospek bisnis baru.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
jujur sih realistis saja sebelum honda / yamaha bikin , rada ogah lirik motor beginianDat510 wrote: Wed Jan 15, 2020 1:55 Ikut numpang untuk geliat motor listrik di Indonesia
https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... a?page=all
Di negara kita kayanya motor lebih feasible secara motor alat transportasi utama dan harganya ngga terlalu mahal. Saya sendiri udah cukup sering liat si viar Q1, di ragunan kb.binatang juga kendaraan operasional utama nya si viar Q1 ini.
Mana motor listrik pilihan teman2 dan siapa yg kira2 bisa survive?
Kalo saya megang si viar, dealer nya udah lumayan tersebar dan satu2 nya yg saya lihat dengan mata kepala sendiri udah beredar di jalan tanpa banyak basa-basi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Indeed um@dsign90dsign1990 wrote: Tue Jan 14, 2020 10:34 dari kubu eropa cuma vw yang keliatannya bisa sukses di dunia mobil listrik e tron udah terbentuk imagenya , udah enak didenger dan sekarang range id nampaknya punya masa depan yang cerah
kemarin2 ada kabar penjualan mercy eqc anjlok bmw jg keliatannya kurang menggeliat
dari jepang Honda sama toyota malah sibuk sama platform hybrid dan f cell padahal terawangan sotoy saya model powertrain kyk gitu makin lama makin gak seksi lagi... Mazda juga bikin suv listrik speknya basa basi gitu apalagi suzuki , daihatsu masih tradisional 2 ja
nissan yg geliat nya lebih dulu daritesla dg leaf nya juga lecutannya lambat
dari amerika baru ford yang punya produk serius pdahal gm udah ada mass product ev di awal milenium silam
20-30 th lagi kayaknya bakal kegulung mereka

Perasaan nubie kurang enak pd masa depan mereka2 semua. palage kalo ga bisa ninggalin zona nyamanna selama ini
Yg sangat disayangkan tu ya kemelut di Nissan wong sebenerna ini merek Jepun yg paling siap pada era EV dengan Leaf yg EV terlaris dunia. Malah lebih laris dari Tesla palage VW

Last edited by pcx on Wed Jan 15, 2020 7:07, edited 1 time in total.
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Demi planet yg lebih bersih....hmmm...ane mau pindah ke mobil listrik...wkwkwk.
Eh serius, ane tertarik bgt pindah ke mobil listrik, tapi lebih ke alasan performa (akselerasi) n sepertinya lebih senyap, lebih sedikit perawatan n berasa lebih futuristik aja. Mdh2an ke depan fasilitas untuk mendukung mobil listrik makin banyak tersedia, mdh2an sumber listrik di indonesia pake sumber daya terbarukan yg ramah lingkungan biar ga rugi pake mobil listrik sekaligus sumber listriknya jg yg ramah lingkungan.
Btw kebayang yg unik2 jg pas batre dah tinggal dikit tapi perjalanan masih agak panjang orang2 bakal ngirit2 daya dgn matiin ac, radio, dsb
Eh serius, ane tertarik bgt pindah ke mobil listrik, tapi lebih ke alasan performa (akselerasi) n sepertinya lebih senyap, lebih sedikit perawatan n berasa lebih futuristik aja. Mdh2an ke depan fasilitas untuk mendukung mobil listrik makin banyak tersedia, mdh2an sumber listrik di indonesia pake sumber daya terbarukan yg ramah lingkungan biar ga rugi pake mobil listrik sekaligus sumber listriknya jg yg ramah lingkungan.
Btw kebayang yg unik2 jg pas batre dah tinggal dikit tapi perjalanan masih agak panjang orang2 bakal ngirit2 daya dgn matiin ac, radio, dsb

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
entah kenapa kok masih setuju dengan yang model e note. bukan full electric. yang bikin penasaran sebenarnya adalah produsen yang domainnya bukan dari otomotif, seperti apa nanti nya ? sesiap apa ASS nya
- faith humanity freedom -
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.Pugman wrote: Wed Jan 15, 2020 6:14 Industri rewinding/gulung motor akan menjadi prospek bisnis baru.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
nah iya kecuali VW saya rasa satu2nya pabrikan kolot yang bisa ikut lari2an sama merk2 start up mobil listrik yg dilist sama om turbopcx wrote: Wed Jan 15, 2020 6:47Indeed um@dsign90dsign1990 wrote: Tue Jan 14, 2020 10:34 dari kubu eropa cuma vw yang keliatannya bisa sukses di dunia mobil listrik e tron udah terbentuk imagenya , udah enak didenger dan sekarang range id nampaknya punya masa depan yang cerah
kemarin2 ada kabar penjualan mercy eqc anjlok bmw jg keliatannya kurang menggeliat
dari jepang Honda sama toyota malah sibuk sama platform hybrid dan f cell padahal terawangan sotoy saya model powertrain kyk gitu makin lama makin gak seksi lagi... Mazda juga bikin suv listrik speknya basa basi gitu apalagi suzuki , daihatsu masih tradisional 2 ja
nissan yg geliat nya lebih dulu daritesla dg leaf nya juga lecutannya lambat
dari amerika baru ford yang punya produk serius pdahal gm udah ada mass product ev di awal milenium silam
20-30 th lagi kayaknya bakal kegulung mereka![]()
Perasaan nubie kurang enak pd masa depan mereka2 semua. palage kalo ga bisa ninggalin zona nyamanna selama ini
Yg sangat disayangkan tu ya kemelut di Nissan wong sebenerna ini merek Jepun yg paling siap pada era EV dengan Leaf yg EV terlaris dunia. Malah lebih laris dari Tesla palage VW
![]()
keliatan dari desain aja lineup2 id ini, id itu ...gak kehilangan identitas ala VW nya juga buat ev premiumnya macam e Tron dan taycan ... gak kayak bmw i yang aneh dan nampak setengah2 urusan powertrainnya dan mercy eq yang rata2 terkesan plain buat seekor mercy meski fake exhaust di taycan juga bener2 kayak lelucon
ford juga kayaknya susah payah sampai harus bawa roh mustang segala itu juga masih mending dibanding pabrikan lain yg kayaknya bingung urusan mobil setrum
nissan cuma ngubek2 di leaf padahal seharusnya lineup real mobil listrik dia seenggaknya udah harus sebanyak tesla karena pemain besar tertua yang serius di dunia mass ev
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
kalau nonton youtube si, si Tesla not bad lar. walau memang barangnya dia terkenal ga durable, dsb2, tapi ya karena pada dasarnya di sana kebanyakan yg beli udah tau dan nemu dimana enaknya, sepertinya mostly ga masalahin kalau ada problem. hanya yang paling banyak jadi kendala, ya charging station, jadi kalau mau jalan jauh harus cari jalur charging station, juga di rumah mesti siapin electrical grid yang gede biar ngebut isinya.dieselkiki wrote: Wed Jan 15, 2020 7:20 entah kenapa kok masih setuju dengan yang model e note. bukan full electric. yang bikin penasaran sebenarnya adalah produsen yang domainnya bukan dari otomotif, seperti apa nanti nya ? sesiap apa ASS nya
germany memang bisa dibilang udah paling tertinggal juga kayanya paling ogah2an soal EV. entah kenapa, pernah baca2 soal paten teknologi, R&D dsb yang mahal banget akibat sudah ketinggalan. juga masalah emisi, carbon tax, dsb. yg mana mulai soal ributin itu listrik yg dipake clean ga, mobilnya clean ga, sampe dipake beneran clean ga, juga urusan safety dsb. intinya ribet sendri itu european.dsign1990 wrote: Wed Jan 15, 2020 9:03 nah iya kecuali VW saya rasa satu2nya pabrikan kolot yang bisa ikut lari2an sama merk2 start up mobil listrik yg dilist sama om turbo
keliatan dari desain aja lineup2 id ini, id itu ...gak kehilangan identitas ala VW nya juga buat ev premiumnya macam e Tron dan taycan ... gak kayak bmw i yang aneh dan nampak setengah2 urusan powertrainnya dan mercy eq yang rata2 terkesan plain buat seekor mercy meski fake exhaust di taycan juga bener2 kayak lelucon
ford juga kayaknya susah payah sampai harus bawa roh mustang segala itu juga masih mending dibanding pabrikan lain yg kayaknya bingung urusan mobil setrum
nissan cuma ngubek2 di leaf padahal seharusnya lineup real mobil listrik dia seenggaknya udah harus sebanyak tesla karena pemain besar tertua yang serius di dunia mass ev
nissan kan udah gede banget? nomor satu dunia kan urusan jualannya. cuma ya itu marketnya memang terbatas kan. cuma ya memang modelnya ga banyak, sekedar passenger car aja. yang memang otomatis terbatas untuk dijualnya.
yg hebat si nanti China. kalau tetiba boom EV, mereka paling siap. mau cetak berapa unit pun ready. apalagi soal adu harga. teknologi paten batere udah punya duluan, motor + kontroller udah. lama2 bisa jadi mereka juga ODM bukan OEM lagi. jadi merek lain tinggal ganti body dan chassis.

udah banyak setahu saya di USA. terutama untuk exchange Tesla. mulai dari skala rebuilt, sampe DIY at home. dan motor listrik kayanya jangankan rewinding untuk dipake saja sudah kateegori luar biasa tangguh. malah pernah nonton di youtube ada yg blg: tesla itu boleh banyak konyol dan anehnya, tapi urusan motor masuk kategori indestructible.adityabp wrote: Wed Jan 15, 2020 8:41\
IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.
![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Era Mobil Listrik : babak baru persaingan antar merek ?
Kebetulan ditempat saya kerja masih 1 departemen tapi beda section itu menangani motor listrik dari ukuran kecil sampai ukuran Mega Watt (MW), bahkan ada jenis motor sangat langka ditempat saya, namanya Cyclo Converter Ring Motor power 6,7MW.adityabp wrote: Wed Jan 15, 2020 8:41IMHO, desain motor lisrik utk EV saya rasa jauh beda dgn desain motor listrik yg dipakai di peralatan listrik.Pugman wrote: Wed Jan 15, 2020 6:14 Industri rewinding/gulung motor akan menjadi prospek bisnis baru.
Gak bisa direwinding lah.
Lebih make sense kalo bisa bikin batere aftermarket dgn harga setengah ori.
![]()
motor kecil berbagai jenis kami rewinding sendiri, motor besar medium dan high voltage kami serahkan perbaikan ke Vendor (lokal)
Baik motor AC/DC, brush/brushless Yang membedakan desain motor listrik adalah IP rating, Explosion Proof atau tidak dan cooling system, untuk perusahaan saya motor di atas 5kw masih worth untuk di rewinding.
Motor listrik untuk mobil saat ini biasanya ada di kisaran tenaga 60kw-200kw umumnya di sistem 60/72V.
IP rating untuk motor listrik di mobil umumnya cukup tinggi mengingat lingkungan yang akan dilalui.
Hal yang perlu diperhatikan dengan baik untuk rewinding adalah saat assembly yaitu mempertahankan IP rating agar setara saat seperti keluar pabrikan.
Motor 3 fasa untuk Industri dengan power 75kW saja sekitar 50jt, kebayangkan kalau ga bisa di gulung ulang. Untuk Tesla mungkin mereka memang memakai motor listrik kualitas tinggi sehingga bisa bertahan puluhan tahun.
Oya teknologi motor listrik dari tahun 70-an sampai saat ini tidak banyak berubah, yang berkembang adalah teknologi untuk kontrol motor seperti VVVF