Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
iwing wrote:mobil listrik gini, gak mungkin overcharged kan klo dicolokin lama2..?? kuatir baterai nya cepet rusak klo sering overcharge. mengingat daya nya besar sekali. bayangan nya, misal setelah mobil dipake trus di charge di rumah semalaman karena besok mau dipake lagi. atau ke mall tapi kondisi baterai berkurang dikit kemudian di charge. ternyata di mall nya lama
Harusnya sih nggak ya Om, karena pasti ada Battery Management Systemnya. Salah satu alat berat di tempat saya ada yg hybrid battery, settingannya cut off charging klo udah 95%.. termasuk ada proteksi jika battery tinggal 10% akan cut off supply, ada proteksi unbalance (karena batterynya banyak dan harus dijaga setiap battery mirip2 percentagenya), dsb.
Dan ini udah teknologi lama, jadi mobil2 EV harusnya udah lebih canggih..
salah satu kendaraan manitou aerial work platform di tempat kerja saya, full elektrik tapi baterai nya menggunakan aki. katanya overcharged protection tapi lama2 juga KO aki nya karena katanya terlalu sering overcharged. bbrp waktu lalu juga habis ganti ECU nya. akhir nya lebih mengandalkan yang lain yang menggunakan mesin diesel. handphone juga katanya kalo baterai udah full, akan memutus listrik sendiri namun gak jarang usia baterai nya lebih cepet KO jika terlalu sering overcharged. bisa jadi di manual nya tertulis, segera cabut charger jika baterai terisi penuh
laptop saya juga jika baterai di bawah 90 persen dan charger terpasang, maka akan charging baterai sampai 100 persen dan jika dibiarkan, baterai lbh cepet KO. tapi jika sudah 100 persen kemudian charger di lepas dan dipasang lagi, indikator nya akan 99 persen dan 'plug in, not charging'. ini baterai awet sampe skrg (bbrp tahun). baterai diatas 90 persen dan charger terpasang ke listrik, status nya sama (plug in not charging). jadi saya perlu melakukan' sesuatu' agar baterai laptop ini lbh awet
klo bener seperti itu, mobil elektrik perlu perhatian ekstra dibanding ice
tinggal tergantung settingan dari si pabrik mobil
kalo mau awet mestinya sistem cut off di set di 95%, walau di indikator tertera 100%
harsiswanto wrote: Wed Dec 04, 2019 23:44
Iya om. EV dalam waktu dekat ini cuma cocok di kota besar yang infrastruktur nya sudah mumpuni
Kalau untuk transportasi antar kota dan antar pulau, ICE belum akan tergantikan
Iya om sy juga ngebayangin kalo sy pake full ev cuma bisa dipake dalem kota aja om
Contoh aja nih mobil full ev dari jkt ke wonosobo kyknya bakal masih ribet, bahkan sampai 5 tahun ke depan
Makanya sy pikir paling efektif ya phev atau e-power ala nissan
Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022
Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030
==========================
Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
Saat berlakunya Euro 6 nanti bisa banyak yg migrasi ke EV
krn Euro 6 ribet urusan DPF & emission device
Ibet wrote:Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022
Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030
==========================
Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
Ibet wrote: Wed Dec 11, 2019 1:48
Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022
Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030
==========================
Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
Ibet wrote: Wed Dec 11, 2019 1:48
Roadmap nya Thai bakalan apply Euro 5 di 2021
Trus langsung loncat Euro6b di 2022
Di Indonesia kalo ga salah lihat masih Euro4 sampai 2030
==========================
Anyway kalo lihat geliat maker, line up nya bakal ke Hybrid dulu mungkin untuk nurunin pajak
Semoga line up station wagon hybrid pada masuk kesini hihi
JUSTRU jika masy Global terus menggunakan kendaraan dgn motor bakar, ber emisi CO2, maka Global warming akan makin parah.....cuaca akan makin kacau
Memang peralihan transportasi jalan raya ke EV juga gak akan menyetop semua emisi CO2 krn pesawat terbang / kapal laut / alat berat tetap gunakan propulsi ICE........tapi setidaknya udah membantu mengurangi emisi CO2 scr signifikan
saya percaya ke depannya SUV EV dgn wading depth 700 - 800 mm akan makin banyak
kalo di negara2 yg sering banjir tentu pembuatan SPKLU bisa direncanakan di ketinggian 2 meter dari Ground misal
2. di sisi lain banyak negara yg rentan bencana krn anomali cuaca yg sudah terjadi & berlangsung terus.......membuat penggunaan EV cars jadi riskan (negara2 yg sering banjir)
masih perlu banyak development utk EV cars yg dijual di negara yg rawan banjir & sbg user juga tetap perlu punya ICE cars konvensional (non ECU) utk back up saat bencana