Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Slowslowglow wrote: Wed Jan 01, 2020 14:13
Done cabut aki...
Pr nya bsk apa aja nih.IMG-20200101-WA0054.jpeg
AN ertiga ya om kl liat engine bay nya? Pake towing ke suzuki aja om (mesin nggak boleh nyala pokoknya). Cek dipstick oli mesin sama atf dulu aja om step plg awal sih.
Menurut sy takutnya air masuk ke carter oli mesin sama oli maticnya (mungkin bs kena ke coolant nya) malah amsiong nanti. Langsung kuras oli mesin, oli atf, coolant, sama rem nya om.
Betul om.
Pakai cairan oli apa aja yg.. sementara bawaan beres aja dulu ya..
erwinign wrote:
Slowslowglow wrote: Wed Jan 01, 2020 14:13
Done cabut aki...
Pr nya bsk apa aja nih.IMG-20200101-WA0054.jpeg
AN ertiga ya om kl liat engine bay nya? Pake towing ke suzuki aja om (mesin nggak boleh nyala pokoknya). Cek dipstick oli mesin sama atf dulu aja om step plg awal sih.
Menurut sy takutnya air masuk ke carter oli mesin sama oli maticnya (mungkin bs kena ke coolant nya) malah amsiong nanti. Langsung kuras oli mesin, oli atf, coolant, sama rem nya om.
Slowslowglow wrote: Wed Jan 01, 2020 16:54
Betul om.
Pakai cairan oli apa aja yg.. sementara bawaan beres aja dulu ya..
erwinign wrote:
Slowslowglow wrote: Wed Jan 01, 2020 14:13
Done cabut aki...
Pr nya bsk apa aja nih.IMG-20200101-WA0054.jpeg
AN ertiga ya om kl liat engine bay nya? Pake towing ke suzuki aja om (mesin nggak boleh nyala pokoknya). Cek dipstick oli mesin sama atf dulu aja om step plg awal sih.
Menurut sy takutnya air masuk ke carter oli mesin sama oli maticnya (mungkin bs kena ke coolant nya) malah amsiong nanti. Langsung kuras oli mesin, oli atf, coolant, sama rem nya om.
Cb ditanya dl om bengkel resmi yg biasa didatengin boleh bw oli sendiri apa enggak (dinego sapa tau bs).
Cm kl situasi begini sih pake beres punya dulu om krn oli2nya pasti ready. Sblm itu lihat buku panduan dl om terutama unt API oli mesin sama spek ATF nya kalo ertiga. Oli std suzuki keluaran baru SGO 0w20 API SM, kl misalnya di buku panduan bs API SM nggak masalah.
Nah ini yang penting om, unt oli maticnya ertiga. Speknya AW1 (di buku panduan ketulis itu seinget sy, dan di tutup dipstick ATF jg ketulis AW1 krn gearbox nya sm ertiga lama msh sama. Ttp cek buku panduan dl takut sy salah). Hati2 aja jangan sampe salah spek om, biasa sama beres suzuki dicekokin ATF 3317 (botol biru). Kl di buku panduan confirmed AW1, SGO ATF AW1 ciri2nya botol putih tutup merah, ada gambar dashboard ertiga lama.
Rencana sih mau pakai oli stock yg ada di rmh Unyil 0w20,
untuk oli matic blm ada ya penggantinya selain sgo Aw1 ?
Kuras butuh brp liter ya..
Ada stock Total MVLV apa bisa dipakai?
erwinign wrote:
Slowslowglow wrote: Wed Jan 01, 2020 16:54
Betul om.
Pakai cairan oli apa aja yg.. sementara bawaan beres aja dulu ya..
erwinign wrote:
AN ertiga ya om kl liat engine bay nya? Pake towing ke suzuki aja om (mesin nggak boleh nyala pokoknya). Cek dipstick oli mesin sama atf dulu aja om step plg awal sih.
Menurut sy takutnya air masuk ke carter oli mesin sama oli maticnya (mungkin bs kena ke coolant nya) malah amsiong nanti. Langsung kuras oli mesin, oli atf, coolant, sama rem nya om.
Cb ditanya dl om bengkel resmi yg biasa didatengin boleh bw oli sendiri apa enggak (dinego sapa tau bs).
Cm kl situasi begini sih pake beres punya dulu om krn oli2nya pasti ready. Sblm itu lihat buku panduan dl om terutama unt API oli mesin sama spek ATF nya kalo ertiga. Oli std suzuki keluaran baru SGO 0w20 API SM, kl misalnya di buku panduan bs API SM nggak masalah.
Nah ini yang penting om, unt oli maticnya ertiga. Speknya AW1 (di buku panduan ketulis itu seinget sy, dan di tutup dipstick ATF jg ketulis AW1 krn gearbox nya sm ertiga lama msh sama. Ttp cek buku panduan dl takut sy salah). Hati2 aja jangan sampe salah spek om, biasa sama beres suzuki dicekokin ATF 3317 (botol biru). Kl di buku panduan confirmed AW1, SGO ATF AW1 ciri2nya botol putih tutup merah, ada gambar dashboard ertiga lama.
baru kemarin liat ada x5 baru ngejogrog di tengah jalan sptnya abis ngelewatin banjir..klo mobil banyak electricalnya mending jangan nerobos maximal nerobos mungkin setengah ban. kalo misalnya lebih dari itu mending jangan drpd rusak ecu dkk lebih repot lagi
Slowslowglow wrote: Thu Jan 02, 2020 0:54
Rencana sih mau pakai oli stock yg ada di rmh Unyil 0w20,
untuk oli matic blm ada ya penggantinya selain sgo Aw1 ?
Kuras butuh brp liter ya..
Ada stock Total MVLV apa bisa dipakai?
erwinign wrote:
Slowslowglow wrote: Wed Jan 01, 2020 16:54
Betul om.
Pakai cairan oli apa aja yg.. sementara bawaan beres aja dulu ya..
Cb ditanya dl om bengkel resmi yg biasa didatengin boleh bw oli sendiri apa enggak (dinego sapa tau bs).
Cm kl situasi begini sih pake beres punya dulu om krn oli2nya pasti ready. Sblm itu lihat buku panduan dl om terutama unt API oli mesin sama spek ATF nya kalo ertiga. Oli std suzuki keluaran baru SGO 0w20 API SM, kl misalnya di buku panduan bs API SM nggak masalah.
Nah ini yang penting om, unt oli maticnya ertiga. Speknya AW1 (di buku panduan ketulis itu seinget sy, dan di tutup dipstick ATF jg ketulis AW1 krn gearbox nya sm ertiga lama msh sama. Ttp cek buku panduan dl takut sy salah). Hati2 aja jangan sampe salah spek om, biasa sama beres suzuki dicekokin ATF 3317 (botol biru). Kl di buku panduan confirmed AW1, SGO ATF AW1 ciri2nya botol putih tutup merah, ada gambar dashboard ertiga lama.
Oh kl ada unyil sih bengkel nya dilobi aja om, suka ngeyel biasa mereka dan alesan nya soal garansi hangus. Kl atf bs ke q8 unitrans jk om, itu comply ke AW1.
Tp ada jg ptt automat LV1 itu bs AW1 cuman sbnrnya oli ini buat trans 6 speed. Lha tergantung om, MVLV nya ketulis comply ke AW1 nggak, dan spek atf jangan ditawar om nanti dengung2 ngga enak pasti selama dipake.
Sy th lalu kuras atf di ertiga lama, metode manual habis 5lt om (sesuai kapasitas di buku panduan/servis, ada di halaman plg belakang)
Abis nguras air yg masi genang di ruang kaki
Ternyata kedap.. haha
Trus liat dipstick oli mesin, so far ga ada warna susu/bening dkk
Gelap oli
Alhamdulillah
Tp headlamp depan kemasukan air.. kebetulan sy SE, headlampnya led semua
Aman ga ya? Atau ud pasti rusak?
sangudara wrote: Thu Jan 02, 2020 5:21
Abis nguras air yg masi genang di ruang kaki
Ternyata kedap.. haha
Trus liat dipstick oli mesin, so far ga ada warna susu/bening dkk
Gelap oli
Alhamdulillah
Tp headlamp depan kemasukan air.. kebetulan sy SE, headlampnya led semua
Aman ga ya? Atau ud pasti rusak?
sangudara wrote: Thu Jan 02, 2020 5:21
Abis nguras air yg masi genang di ruang kaki
Ternyata kedap.. haha
Trus liat dipstick oli mesin, so far ga ada warna susu/bening dkk
Gelap oli
Alhamdulillah
Tp headlamp depan kemasukan air.. kebetulan sy SE, headlampnya led semua
Aman ga ya? Atau ud pasti rusak?
sangudara wrote: Thu Jan 02, 2020 5:21
Abis nguras air yg masi genang di ruang kaki
Ternyata kedap.. haha
Trus liat dipstick oli mesin, so far ga ada warna susu/bening dkk
Gelap oli
Alhamdulillah
Tp headlamp depan kemasukan air.. kebetulan sy SE, headlampnya led semua
Aman ga ya? Atau ud pasti rusak?
sangudara wrote: Thu Jan 02, 2020 6:14
Siap om
Td emg bkn towing honda sih
Drtd nelpon honda experience ud 20mnt ga direspon
Kalo liat situasinya seh wajar aja om,
korban banjirnya banyak bangets.....
malah jangan2 operator, sopir derek ama mekaniknya juga jadi korban banjir juga...
sangudara wrote: Thu Jan 02, 2020 5:21
Abis nguras air yg masi genang di ruang kaki
Ternyata kedap.. haha
Trus liat dipstick oli mesin, so far ga ada warna susu/bening dkk
Gelap oli
Alhamdulillah
Tp headlamp depan kemasukan air.. kebetulan sy SE, headlampnya led semua
Aman ga ya? Atau ud pasti rusak?
atau ada solusi lain ane ingat dulu waktu HRV adik nyangkut di rumah gegara modul staternya error : dibongkar unit rem parkirnya ama teknisi beres nya.
sangudara wrote: Thu Jan 02, 2020 5:21
Abis nguras air yg masi genang di ruang kaki
Ternyata kedap.. haha
Trus liat dipstick oli mesin, so far ga ada warna susu/bening dkk
Gelap oli
Alhamdulillah
Tp headlamp depan kemasukan air.. kebetulan sy SE, headlampnya led semua
Aman ga ya? Atau ud pasti rusak?
atau ada solusi lain ane ingat dulu waktu HRV adik nyangkut di rumah gegara modul staternya error : dibongkar unit rem parkirnya ama teknisi beres nya.
Err.. klo buat sy kayaknya bakal susah dia mau masuk garasi sy..
Lg kotor bgt.. haha
saran aja meski agak ribet .... kl sy akan cabut sementara semua sekring (kalau perlu relay juga) KECUALI yg berhubungan dgn EPB. dgn begitu pas aki dicolok akan meminimalisir potensi kerusakan, krn elektronik bisa korslet ketika dlm keadaan basah diberi tegangan (energized).
Abis nelpon honda experience
Katanya hari ini dan besok penuh towing nya
Kalo misalnya mo di-tow, akan dtelpon dulu
Nah, kan ditanya apa ke empat roda bisa gerak, sy bilang ga bs
Jadi dia bakal ngirim teknisi dulu sebelum di-tow
Waktu sy tanya apakah dereknya ada alat yg buat masukin roda2 kecil ke bwh ban, dia gelagapan.. dia jelasin dr awal lg kalo towingnya nanti cm dtg sama seorang supir dan pastikan mobilnya bisa “netral” dan ke-empat roda bs gerak
Yah susah sih emg jelasin soal epb ini
———————-
Apakah nunda 2 hari ke bengkel bakal bikin mobil bekas banjir ini kenapa2?
Omnibus wrote: Thu Jan 02, 2020 7:42
saran aja meski agak ribet .... kl sy akan cabut sementara semua sekring (kalau perlu relay juga) KECUALI yg berhubungan dgn EPB. dgn begitu pas aki dicolok akan meminimalisir potensi kerusakan, krn elektronik bisa korslet ketika dlm keadaan basah diberi tegangan (energized).
Wah
Thank you om sarannya..
Nanti saya cb sampein ke teknisinya
Omnibus wrote: Thu Jan 02, 2020 7:42
saran aja meski agak ribet .... kl sy akan cabut sementara semua sekring (kalau perlu relay juga) KECUALI yg berhubungan dgn EPB. dgn begitu pas aki dicolok akan meminimalisir potensi kerusakan, krn elektronik bisa korslet ketika dlm keadaan basah diberi tegangan (energized).
Wah
Thank you om sarannya..
Nanti saya cb sampein ke teknisinya
sama2 ... semoga lancar ya. nanti kl sdh dibersih2in di bengkel dan dikeringin semua baru bisa dipasang2in lg sekringnya sembari check2 fungsi semua.
kalau menurut om kelamaan nunggu bengkel, coba beresin sendiri dulu aja om
dulu mobil tetangga saya kena banjir doi beresin sendiri, copot jok sama copot karpet dasar trus ganti karpet dasar baru minta tolong dibantu sama tentangga. joknya dikeringin 2-3 hari. sekalian kabel2nya dibawah jok juga dikeringin+dibersihin pake contact cleaner, interior divacuum semua
setelah semuanya bener2 kering mobil distarter dan masih sehat walafiat sampe sekarang. btw mobilnya innova 2008.
Slowslowglow wrote: Wed Jan 01, 2020 14:13
Done cabut aki...
Pr nya bsk apa aja nih.IMG-20200101-WA0054.jpeg
dah kerendam sampai 1/2 blok mesin itu, mudah2an lokasi ECU di atas yg bagian batas kena air.
lebih safety, pas reda. lsg towing ke bengkel utk di keringkan, bersihkan, cek dan di ganti semua cairan.
masbensin wrote: Thu Jan 02, 2020 9:12
Kalo posisi transmisi di P trus ditarik pake winch gitu aman ga ya? Mercy sama BMW ga ada shift lock release nya nih
tergantung permukaan lantainya apa .... kalo ngesot diatas aspal sm ban kan gesekannya lumayan gede beda sama cuma di keramik garasi apalagi kl sambil basah
paling bener lepasin propeler shaft tp kl ga memungkinkan improvisasi aja om .... misalnya dibawah ban belakang letakkan plastik bening yg biasa buat ngecor (beli di matrial) trus dibasahi atau kasih minyak goreng biar licin
kalo ngga, sarungin roda belakang pakai plastik kresek sampah yg gede trus lumuri minyak goreng. ya intinya supaya ngesotnya ga ngerusak locking pawl di transmisi aja sih
masbensin wrote: Thu Jan 02, 2020 9:12
Kalo posisi transmisi di P trus ditarik pake winch gitu aman ga ya? Mercy sama BMW ga ada shift lock release nya nih
tergantung permukaan lantainya apa .... kalo ngesot diatas aspal sm ban kan gesekannya lumayan gede beda sama cuma di keramik garasi apalagi kl sambil basah
paling bener lepasin propeler shaft tp kl ga memungkinkan improvisasi aja om .... misalnya dibawah ban belakang letakkan plastik bening yg biasa buat ngecor (beli di matrial) trus dibasahi atau kasih minyak goreng biar licin
kalo ngga, sarungin roda belakang pakai plastik kresek sampah yg gede trus lumuri minyak goreng. ya intinya supaya ngesotnya ga ngerusak locking pawl di transmisi aja sih
hmm..
Sepertinya itu applicable jg buat saya
Cukup roda blkg aja
Haha
marr wrote: Thu Jan 02, 2020 8:18
kalau menurut om kelamaan nunggu bengkel, coba beresin sendiri dulu aja om
dulu mobil tetangga saya kena banjir doi beresin sendiri, copot jok sama copot karpet dasar trus ganti karpet dasar baru minta tolong dibantu sama tentangga. joknya dikeringin 2-3 hari. sekalian kabel2nya dibawah jok juga dikeringin+dibersihin pake contact cleaner, interior divacuum semua
setelah semuanya bener2 kering mobil distarter dan masih sehat walafiat sampe sekarang. btw mobilnya innova 2008.
kayaknya bakal repot bgt itu om.. sy di garasi bakal susah ngluarin jok2 itu
Omnibus wrote: Thu Jan 02, 2020 8:03
sama2 ... semoga lancar ya. nanti kl sdh dibersih2in di bengkel dan dikeringin semua baru bisa dipasang2in lg sekringnya sembari check2 fungsi semua.
amiinn
Liat BeRes nya lah nanti.. SOP nya bener atau engga
Lmyn bikin deg2an
masbensin wrote: Thu Jan 02, 2020 9:12
Kalo posisi transmisi di P trus ditarik pake winch gitu aman ga ya? Mercy sama BMW ga ada shift lock release nya nih
tergantung permukaan lantainya apa .... kalo ngesot diatas aspal sm ban kan gesekannya lumayan gede beda sama cuma di keramik garasi apalagi kl sambil basah
paling bener lepasin propeler shaft tp kl ga memungkinkan improvisasi aja om .... misalnya dibawah ban belakang letakkan plastik bening yg biasa buat ngecor (beli di matrial) trus dibasahi atau kasih minyak goreng biar licin
kalo ngga, sarungin roda belakang pakai plastik kresek sampah yg gede trus lumuri minyak goreng. ya intinya supaya ngesotnya ga ngerusak locking pawl di transmisi aja sih
Tadi telp BeRes nya, kalo BMW didongkrak dulu, dibawah transmisi ada shift lock nya, tinggal di geser secara manual maka posisi transmisi bisa Netral.
Yang sulit itu Mercy kalo tuas transmisinya yg di setir ga bisa diperlakukan kayak gitu. Ban belakang mesti di dongkrak, dikasih slider baru ditarik ke mobil towing.