B : "Lu gila ? lu siap ganti ini ganti itu ganti bla bla bla ? Itu mobil rewel banget loh, DSGnya ringkih banget gampang rusakkkk !!"
Hal kaya gitu udah sering banget saya baca disaat ada yg nanya lagi nyari 2nd mobil VW. Padahal yang bilang gampang rusak dkk aja belom tentu pernah punya mobilnya

Coba saya tanya ya, emang kalau kita beli mobil merk lain yang umurnya udah 5 taun, emangnya ga ada yang perlu diganti ? Saya rasa too good to be true ya beli mobil bekas 5thn++ tampa ada masalah apa apa kedepannya.
Sharing pengalaman aja dulu saya pake PS Dakar 4d56 3 taun saluran fuel pump nya rembes benerinya 16juta, disaat yang bersamaan saya benerin ri Rev Engineering ada Fortuner D4D yang kena hal serupa, cuma benerinya lebi murah 12jt aja. Bisa croscheck ke ko Teddy ya. CX 5 2015 koko ipar saya juga brp kali bolak balik bengkel karena kelistrikannya rusak sama steering racknya kena, VRZ 2016 mertua juga bolak balik bengkel mulu soal Rem sampe uda eneg, terakhir AC nya mati total ga ada hawa dingin. Dakar 4n15 saya juga problem AC ga dingin pas baru 2 taun. Itu semua pengalaman sendiri ya, bukan katanya katanya.
In fact VW emang ada beberapa komponen yang lemah, rusaknya ga bisa ditebak walau udah dirawat ( pastinya lebih minim ya kalau dirawat ). Contohnya waterpump, ABS Module, nanti saya akan cerita sedikit soal ini. Kalau item seperti Mechatronic, flywheel mungkin bisa ada aja yang defect, tapi ada juga yang belum rusak" mecha nya sampe 100rb km (kita ngomongin DSG DQ200 DRY ya, kalo DQ250 sangat minim problem).
Sebelum lanjut bisa pantau thread saya dulu :
Review 3 Bulan : viewtopic.php?f=19&t=27326&hilit=2017+v ... n+scirocco
All About DSG : viewtopic.php?f=4&t=27461&hilit=all+about+dsg

Oke kita lanjut Review mobil saya : VW Scirocco 1.4 TSI produksi Desember 2017, dipakai bulan Mei 2018.
MODS :
Stage 2 McChipDKR
Stage 2+ DSG TVS Engineering
GFB DV+
Downpipe Wuzzi
Open air Filter NEUSPEED
BUSI NGK BKR7EIX
Eibach Pro Kit
Transcal Real Leather interior re trim
Driving Experience dan maintenance
So far buat Driving experience masi sharp kaya pas baru ya, belum ada perbedaan apa apa (bisa diliat di review diatas). Rattle, dan noise apapun belum muncul sampai saat ini



Problems
NAH, Baru 1 problem yang di dapet di KM 19.300 waterpump saya ada masalah. Saya coba tanya ke beberapa orang hasilnya ya emang itu VW lemah waterpump nya karena dia bahanya plastik dan ga ada hubunganya sama naik stage, tapi kayanya punya saya lumayan apes di 19rb km udah kena (katanya mungkin kena genangan air?). Soalnya saya survey biasanya di 50k km kena, bahkan ada yang 70k km baru kena



Aftersales
Selama ini saya selalu service di VW PIK, saya bilang servicenya sih memuaskan ya. Respon cepat, mekanik dan SA juga paham kalo ditanya". Pernah claim ganti aki di bulan ke 15 proses cepet langsung di cover warranty, cuma agak lama karena dia sekalian cek sirkuit kelistrikan katanya pake di test drive segala, sekitar 2 jam kira".
Yang paling bikin seneng sih waktu diganti waterpump kemarin mobil saya harus nginep 1 hari, dan coba tebak ? 1 hari sebelum saya masuk bengkel, saya coba request mobil pengganti karena emang saya agak sibuk mesti meeting di alam sutra sorenya dan langsung dikasih mobil pengganti VW POLO 2012



Mungkin sekian ya review dan pengalaman saya setelah pakai VW Scirocco 1.4 TSI dari baru sampai sekarang, mungkin kalau ada yang mau ditanyakan bisa comment dibawah atau DM di IG. Karena saya agak jarang buka SM karena agak sibuk.

BONUS :
0-100 KM TEST
Saya pernah test pakai dalkot jakarta kemarin pas jalanan sepi banget, seharian saya fokus zen driving dan ini hasilnya :
TOP SPEED baru dapet 232km/h Gear 6
