Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Jadi sesudah 2021 konsumen Indonesia harusnya udah bisa menikmati BioDiesel Hydrogenated alias Renewable / Green Diesel (RD - Renewable Diesel)
https://industri.bisnis.com/read/201811 ... mulai-2021
https://www.dunia-energi.com/pemerintah ... ulai-2021/
Mengapa RD ?
Karena proses Hidrogenasi minyak tanaman (Sawit / jelantah dll) akan menghasilkan BBM yg struktur molekulnya Sangat Mirrp dgn Solar minyak bumi, bahkan =
- Lebih homogen
- CN di atas 70
- Bebas kontaminasi
- Nilai kalor mendekati solar minyak bumi
- Tetap mengalir di suhu -10 C (ISO-PARRAFIN)
- Tidak mudah rusak dalam tangki storage (krn tidak ada molekul oksigen nya)
Dengan RD ini pencampuran dgn Solar MiBum bisa sampai 50% dan semakin tinggi kandungan RD maka kualitas solar campur RD tsb akan semakin tinggi.
Pada proses produksi RD ada tahapan membuang senyawa Oksigen berupa air & CO2, utk menghasilkan BBM murni senyawa 3C17H36
Berbeda dgn BioDiesel "Jadoel" (Trans Ester - FAME) yg kita "kita nikmati" saat ini dimana ada atom Oksigen pada rantai hidrokarbon nya, adanya molekul oksigen ini membuat BBM mudah teroksidasi / mengoksidasi dan adanya air karena pada proses produksi ada tahapan pencucian BioDiesel dgn air utk menghilangkan methanol...maka itu FAME jadi cepat "busuk"....
Terbalik dgn Green Diesel dimana justru ada tahapan penghilangan air (H20) pada tengah2 proses produksi.
Green Diesel = ISO-PARRAFFIN (jenis Paraffin yg cloud point sampai suhu minus 10 - 14 C)
Parraffin biasa digunakan utk = Pengawet Jenazah
Maka itu dgn BioDiesel jadoel harusnya setop sampai B20 saja, dan nanti dgn RD bisa Gassss sampai RD-50 atau bahkan RD-60 / 70
Salam Gasssss
https://industri.bisnis.com/read/201811 ... mulai-2021
https://www.dunia-energi.com/pemerintah ... ulai-2021/
Mengapa RD ?
Karena proses Hidrogenasi minyak tanaman (Sawit / jelantah dll) akan menghasilkan BBM yg struktur molekulnya Sangat Mirrp dgn Solar minyak bumi, bahkan =
- Lebih homogen
- CN di atas 70
- Bebas kontaminasi
- Nilai kalor mendekati solar minyak bumi
- Tetap mengalir di suhu -10 C (ISO-PARRAFIN)
- Tidak mudah rusak dalam tangki storage (krn tidak ada molekul oksigen nya)
Dengan RD ini pencampuran dgn Solar MiBum bisa sampai 50% dan semakin tinggi kandungan RD maka kualitas solar campur RD tsb akan semakin tinggi.
Pada proses produksi RD ada tahapan membuang senyawa Oksigen berupa air & CO2, utk menghasilkan BBM murni senyawa 3C17H36
Berbeda dgn BioDiesel "Jadoel" (Trans Ester - FAME) yg kita "kita nikmati" saat ini dimana ada atom Oksigen pada rantai hidrokarbon nya, adanya molekul oksigen ini membuat BBM mudah teroksidasi / mengoksidasi dan adanya air karena pada proses produksi ada tahapan pencucian BioDiesel dgn air utk menghilangkan methanol...maka itu FAME jadi cepat "busuk"....
Terbalik dgn Green Diesel dimana justru ada tahapan penghilangan air (H20) pada tengah2 proses produksi.
Green Diesel = ISO-PARRAFFIN (jenis Paraffin yg cloud point sampai suhu minus 10 - 14 C)
Parraffin biasa digunakan utk = Pengawet Jenazah
Maka itu dgn BioDiesel jadoel harusnya setop sampai B20 saja, dan nanti dgn RD bisa Gassss sampai RD-50 atau bahkan RD-60 / 70
Salam Gasssss
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Turboman on Sat Dec 07, 2019 5:31, edited 3 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Warnanya bening banget om Turbo.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Feb 18, 2018 11:25
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Kalau nggak salah sudah ada SPBU yg pasang spanduk B30
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Nice. Semoga harganya jg "tidak jauh di atas" diesel2 LUX sekarang.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Jan 31, 2017 7:46
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Semoga cepat direalisasikan mudah-mudahan bisa jauh mengurangi defisit neraca perdagangan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Wed May 03, 2017 6:33
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Jazz
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Wew mantep, semoga aja bakal cocok buat mesin mobil/truk CRD jaman now macem buatan hyundai serta pabrikan Eropa
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Semoga cepat. B30 sudah membuat mobil bengek 
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia

harus tun ulang...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Pake dex aja dulu om..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Om turbo mohon pencerahannya klo utk dex itu ada kandungan bio atau pure mineral base ya..Turboman wrote: Sat Dec 07, 2019 5:31 Jadi sesudah 2021 konsumen Indonesia harusnya udah bisa menikmati BioDiesel Hydrogenated alias Renewable / Green Diesel (RD - Renewable Diesel)
https://industri.bisnis.com/read/201811 ... mulai-2021
https://www.dunia-energi.com/pemerintah ... ulai-2021/
Mengapa RD ?
Karena proses Hidrogenasi minyak tanaman (Sawit / jelantah dll) akan menghasilkan BBM yg struktur molekulnya Sangat Mirrp dgn Solar minyak bumi, bahkan =
- Lebih homogen
- CN di atas 70
- Bebas kontaminasi
- Nilai kalor mendekati solar minyak bumi
- Tetap mengalir di suhu -10 C (ISO-PARRAFIN)
- Tidak mudah rusak dalam tangki storage (krn tidak ada molekul oksigen nya)
Dengan RD ini pencampuran dgn Solar MiBum bisa sampai 50% dan semakin tinggi kandungan RD maka kualitas solar campur RD tsb akan semakin tinggi.
Pada proses produksi RD ada tahapan membuang senyawa Oksigen berupa air & CO2, utk menghasilkan BBM murni senyawa 3C17H36
Berbeda dgn BioDiesel "Jadoel" (Trans Ester - FAME) yg kita "kita nikmati" saat ini dimana ada atom Oksigen pada rantai hidrokarbon nya, adanya molekul oksigen ini membuat BBM mudah teroksidasi / mengoksidasi dan adanya air karena pada proses produksi ada tahapan pencucian BioDiesel dgn air utk menghilangkan methanol...maka itu FAME jadi cepat "busuk"....
Terbalik dgn Green Diesel dimana justru ada tahapan penghilangan air (H20) pada tengah2 proses produksi.
Green Diesel = ISO-PARRAFFIN (jenis Paraffin yg cloud point sampai suhu minus 10 - 14 C)
Parraffin biasa digunakan utk = Pengawet Jenazah
Maka itu dgn BioDiesel jadoel harusnya setop sampai B20 saja, dan nanti dgn RD bisa Gassss sampai RD-50 atau bahkan RD-60 / 70
Salam Gasssssimages%20-%202019-12-05T063737.273.jpegimages%20-%202019-12-05T064858.853.jpeg
kemudian klo RD fuel ini jadi diproduksi dan dipasarkan maka apakah speknya diatas dex ata setara B30 keatas yaa..
makasih atas pencerahan utk nubie ini hehe...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
DEX konon B0jazzretro7 wrote:Om turbo mohon pencerahannya klo utk dex itu ada kandungan bio atau pure mineral base ya..Turboman wrote: Sat Dec 07, 2019 5:31 Jadi sesudah 2021 konsumen Indonesia harusnya udah bisa menikmati BioDiesel Hydrogenated alias Renewable / Green Diesel (RD - Renewable Diesel)
https://industri.bisnis.com/read/201811 ... mulai-2021
https://www.dunia-energi.com/pemerintah ... ulai-2021/
Mengapa RD ?
Karena proses Hidrogenasi minyak tanaman (Sawit / jelantah dll) akan menghasilkan BBM yg struktur molekulnya Sangat Mirrp dgn Solar minyak bumi, bahkan =
- Lebih homogen
- CN di atas 70
- Bebas kontaminasi
- Nilai kalor mendekati solar minyak bumi
- Tetap mengalir di suhu -10 C (ISO-PARRAFIN)
- Tidak mudah rusak dalam tangki storage (krn tidak ada molekul oksigen nya)
Dengan RD ini pencampuran dgn Solar MiBum bisa sampai 50% dan semakin tinggi kandungan RD maka kualitas solar campur RD tsb akan semakin tinggi.
Pada proses produksi RD ada tahapan membuang senyawa Oksigen berupa air & CO2, utk menghasilkan BBM murni senyawa 3C17H36
Berbeda dgn BioDiesel "Jadoel" (Trans Ester - FAME) yg kita "kita nikmati" saat ini dimana ada atom Oksigen pada rantai hidrokarbon nya, adanya molekul oksigen ini membuat BBM mudah teroksidasi / mengoksidasi dan adanya air karena pada proses produksi ada tahapan pencucian BioDiesel dgn air utk menghilangkan methanol...maka itu FAME jadi cepat "busuk"....
Terbalik dgn Green Diesel dimana justru ada tahapan penghilangan air (H20) pada tengah2 proses produksi.
Green Diesel = ISO-PARRAFFIN (jenis Paraffin yg cloud point sampai suhu minus 10 - 14 C)
Parraffin biasa digunakan utk = Pengawet Jenazah
Maka itu dgn BioDiesel jadoel harusnya setop sampai B20 saja, dan nanti dgn RD bisa Gassss sampai RD-50 atau bahkan RD-60 / 70
Salam Gasssssimages%20-%202019-12-05T063737.273.jpegimages%20-%202019-12-05T064858.853.jpeg
kemudian klo RD fuel ini jadi diproduksi dan dipasarkan maka apakah speknya diatas dex ata setara B30 keatas yaa..
makasih atas pencerahan utk nubie ini hehe...
RD Diesel scr aspek teknikal sih saat ini kasta paling tinggi.......homogen dan CN 70 up......yakin tuh kalo pake RD 100 mah suara mesin alus jauh dan getaran juga lebih alus
cuman kalo utk mesin Diesel produksi saat ini tetap harus dicampur dgn Solar MiBum karena
- Nilai Kalor sedikit di bawah solar MiBum
- Tidak ada aromatik, padahal seal2 / selang karet butuh aromatik supaya awet
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Sipp om atas pencerahannya berarti secara retail harganya diatas dex ya..atau nantinya dex diganti dgn RD diesel ini ya..Turboman wrote: Sun Dec 15, 2019 12:59DEX konon B0jazzretro7 wrote:Om turbo mohon pencerahannya klo utk dex itu ada kandungan bio atau pure mineral base ya..Turboman wrote: Sat Dec 07, 2019 5:31 Jadi sesudah 2021 konsumen Indonesia harusnya udah bisa menikmati BioDiesel Hydrogenated alias Renewable / Green Diesel (RD - Renewable Diesel)
https://industri.bisnis.com/read/201811 ... mulai-2021
https://www.dunia-energi.com/pemerintah ... ulai-2021/
Mengapa RD ?
Karena proses Hidrogenasi minyak tanaman (Sawit / jelantah dll) akan menghasilkan BBM yg struktur molekulnya Sangat Mirrp dgn Solar minyak bumi, bahkan =
- Lebih homogen
- CN di atas 70
- Bebas kontaminasi
- Nilai kalor mendekati solar minyak bumi
- Tetap mengalir di suhu -10 C (ISO-PARRAFIN)
- Tidak mudah rusak dalam tangki storage (krn tidak ada molekul oksigen nya)
Dengan RD ini pencampuran dgn Solar MiBum bisa sampai 50% dan semakin tinggi kandungan RD maka kualitas solar campur RD tsb akan semakin tinggi.
Pada proses produksi RD ada tahapan membuang senyawa Oksigen berupa air & CO2, utk menghasilkan BBM murni senyawa 3C17H36
Berbeda dgn BioDiesel "Jadoel" (Trans Ester - FAME) yg kita "kita nikmati" saat ini dimana ada atom Oksigen pada rantai hidrokarbon nya, adanya molekul oksigen ini membuat BBM mudah teroksidasi / mengoksidasi dan adanya air karena pada proses produksi ada tahapan pencucian BioDiesel dgn air utk menghilangkan methanol...maka itu FAME jadi cepat "busuk"....
Terbalik dgn Green Diesel dimana justru ada tahapan penghilangan air (H20) pada tengah2 proses produksi.
Green Diesel = ISO-PARRAFFIN (jenis Paraffin yg cloud point sampai suhu minus 10 - 14 C)
Parraffin biasa digunakan utk = Pengawet Jenazah
Maka itu dgn BioDiesel jadoel harusnya setop sampai B20 saja, dan nanti dgn RD bisa Gassss sampai RD-50 atau bahkan RD-60 / 70
Salam Gasssssimages%20-%202019-12-05T063737.273.jpegimages%20-%202019-12-05T064858.853.jpeg
kemudian klo RD fuel ini jadi diproduksi dan dipasarkan maka apakah speknya diatas dex ata setara B30 keatas yaa..
makasih atas pencerahan utk nubie ini hehe...
RD Diesel scr aspek teknikal sih saat ini kasta paling tinggi.......homogen dan CN 70 up......yakin tuh kalo pake RD 100 mah suara mesin alus jauh dan getaran juga lebih alus
cuman kalo utk mesin Diesel produksi saat ini tetap harus dicampur dgn Solar MiBum karena
- Nilai Kalor sedikit di bawah solar MiBum
- Tidak ada aromatik, padahal seal2 / selang karet butuh aromatik supaya awet
lalu apa bedanya dgn biosolar ya klo diliat yg B100 aja dah bening gt om..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Nah soal harga ini ya gak tahujazzretro7 wrote:Sipp om atas pencerahannya berarti secara retail harganya diatas dex ya..atau nantinya dex diganti dgn RD diesel ini ya..Turboman wrote: Sun Dec 15, 2019 12:59DEX konon B0jazzretro7 wrote: Om turbo mohon pencerahannya klo utk dex itu ada kandungan bio atau pure mineral base ya..
kemudian klo RD fuel ini jadi diproduksi dan dipasarkan maka apakah speknya diatas dex ata setara B30 keatas yaa..
makasih atas pencerahan utk nubie ini hehe...
RD Diesel scr aspek teknikal sih saat ini kasta paling tinggi.......homogen dan CN 70 up......yakin tuh kalo pake RD 100 mah suara mesin alus jauh dan getaran juga lebih alus
cuman kalo utk mesin Diesel produksi saat ini tetap harus dicampur dgn Solar MiBum karena
- Nilai Kalor sedikit di bawah solar MiBum
- Tidak ada aromatik, padahal seal2 / selang karet butuh aromatik supaya awet
lalu apa bedanya dgn biosolar ya klo diliat yg B100 aja dah bening gt om..
Kalo kata APROBI konon harga ke ekonomian Rp 14.000 / L, itu kalo pake bahan baku minyak sawit fresh
makanya tetap butuh subsidi dr Pemr
Kalo di luar negeri RD udah pake bahan baku minyak limbah spt Jelantah / lemak ikan (limbah) dan minyak2 / lemak limbah lainnya, itu menghasilkan R Jet Fuel juga
RD warna bening spt air, kan karena komposisi kimianya ISO PARAFFIN......minyak Paraffin dari MiBum juga bening kan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
bening kek air ya..apa mungkin RD ini di blending dgn dex utk ngejar harga.. atau kalaupun dijual RD ini jadi smacam Pertadex Plus x ya..Turboman wrote: Mon Dec 16, 2019 3:48Nah soal harga ini ya gak tahujazzretro7 wrote:Sipp om atas pencerahannya berarti secara retail harganya diatas dex ya..atau nantinya dex diganti dgn RD diesel ini ya..Turboman wrote: Sun Dec 15, 2019 12:59 DEX konon B0
RD Diesel scr aspek teknikal sih saat ini kasta paling tinggi.......homogen dan CN 70 up......yakin tuh kalo pake RD 100 mah suara mesin alus jauh dan getaran juga lebih alus
cuman kalo utk mesin Diesel produksi saat ini tetap harus dicampur dgn Solar MiBum karena
- Nilai Kalor sedikit di bawah solar MiBum
- Tidak ada aromatik, padahal seal2 / selang karet butuh aromatik supaya awet
lalu apa bedanya dgn biosolar ya klo diliat yg B100 aja dah bening gt om..
Kalo kata APROBI konon harga ke ekonomian Rp 14.000 / L, itu kalo pake bahan baku minyak sawit fresh
makanya tetap butuh subsidi dr Pemr
Kalo di luar negeri RD udah pake bahan baku minyak limbah spt Jelantah / lemak ikan (limbah) dan minyak2 / lemak limbah lainnya, itu menghasilkan R Jet Fuel juga
RD warna bening spt air, kan karena komposisi kimianya ISO PARAFFIN......minyak Paraffin dari MiBum juga bening kan
images%20-%202019-12-05T064858.853.jpeg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Maybe lebih cocok di blending dgn solar goceng 50:50, secara CN (45+70) /2 dapetnya 57,5. Secara harga (5450+ 14000) /2 dapetnya 9725 alias seharga HSD industri
wah lebih murah dari dexlite ya 



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Sun Aug 04, 2019 3:13
- Location: Bogor
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
bisa jg tuh jd replacementnya dexlite ya.. klo blending dex Cn jd (53+70)/2 =61.5 harga jadi (11700+14000)/2 =12850 hehe..cocok lah jd dex plus klo pure RD nanti namanya jd Dex racing ya..wkwkw...ak4ng wrote: Tue Dec 17, 2019 10:43 Maybe lebih cocok di blending dgn solar goceng 50:50, secara CN (45+70) /2 dapetnya 57,5. Secara harga (5450+ 14000) /2 dapetnya 9725 alias seharga HSD industri![]()
wah lebih murah dari dexlite ya
![]()
![Me Too [emo-me-too]](./images/smilies/2017-metoo.gif)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Kalo liat spec nya Green Diesel memang bikin penaaaran yah buat coba
Distillate point yg setara / lebih rendah dari solar Miny Bum means saat dibakar dia akan terbakar sempurna.....
Distillate point yg setara / lebih rendah dari solar Miny Bum means saat dibakar dia akan terbakar sempurna.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
sebetulnya solar B30 kayak sekarang ini juga sepertinya kualitas ok jg ya
perasaan di mobil saya lari ttp enak & start pagi gampang aja (diesel jadul)
ok jg ni langkahnya pemerintah..
perasaan di mobil saya lari ttp enak & start pagi gampang aja (diesel jadul)
ok jg ni langkahnya pemerintah..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Lemot & lebih boros drpd B20
hasil test saya dari bbrp SPBU
hasil test saya dari bbrp SPBU
MSU wrote:sebetulnya solar B30 kayak sekarang ini juga sepertinya kualitas ok jg ya
perasaan di mobil saya lari ttp enak & start pagi gampang aja (diesel jadul)
ok jg ni langkahnya pemerintah..
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Progress Hydrotreated BioDiesel dgn CN 70 di Indonesia
Udah test jalan ya si Green Diesel
oleh si Pert
oleh si Pert
* Bukan ajakan Beli *