About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
saya juga tipe pengguna sealant di selang radiator...cukup tipis2 aja
hanya untuk memastikan aja...so far sampe sekarang ga ada masalah..
di air radiator juga ga pernah ada sisa sealant masuk ke air radiator
hanya untuk memastikan aja...so far sampe sekarang ga ada masalah..
di air radiator juga ga pernah ada sisa sealant masuk ke air radiator
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
DOHC wrote: Tue Dec 03, 2019 5:07 Mbah, nanya donk
Ane sering liat montir2 suka kasi sealant ke selang radiator pas masang, bahkan sekelas bengkel yg ckup terkenal d jalan panjang sana aj ad yg kaya gt, kira2 efek negatif nya apa ya ?
D hrv ane selang atf warmer perna rembes coolant, padahal selang masi lembek dan ckup baru, ane pakein sealant tipis2 banget d ujung selang nya doank, ampe ari ini ud 2 taon ga perna bocor lg..
Satu lg, pakein grease d selang radiator gt gapapa yah mbah, ntar bkin getas ga ?
masalah sealant di selang radiator, sudah dijawab sama om @adityabp diatas.
kalo saya pribadi, jijik banget liat ada sealant melejit diantara selang radiator. udah ketauan lah dari kalangan mana yang hobi kaya gini....
rembes ATF warmer yang di radiator? musti diliat dulu karena bisa jadi dari radiatornya yang retak.
grease di selang radiator, hanya diaplikasikan apabila kondisi selang dan pipa sudah cukup berumur dan permukaannya tidak rata (misal ada timbunan kerak atau permukaan pipa ada korosi).
kalau selang karet dan pipa masih bagus permukaannya dan kondisi relatif baru, nggak perlu grease.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
kebiasaan kuno. kalau saya si sebel aja liatnya, kesannya kotor kaya tambal sulam. kalau saya pernah ngobrol dengan mekanik beres, pake sealant di pipa karet sebenernya karena itu pipa karet udah melar = ga nempel sempurna lagi ketika dipasang = mestinya pipa tersebut diganti tapi dengan feeling meter (dipencet2 masih empuk) maka dianggap ga perlu, nah biar murah dan ga repot dikasih benda murmer yaitu sealant, juga karena ngirit ga mau ganti klem yang sesuai, karena kadang memang harga klem bisa lebih mahal dari pipa karet tsb.DOHC wrote: Tue Dec 03, 2019 5:07 Mbah, nanya donk
Ane sering liat montir2 suka kasi sealant ke selang radiator pas masang, bahkan sekelas bengkel yg ckup terkenal d jalan panjang sana aj ad yg kaya gt, kira2 efek negatif nya apa ya ?
D hrv ane selang atf warmer perna rembes coolant, padahal selang masi lembek dan ckup baru, ane pakein sealant tipis2 banget d ujung selang nya doank, ampe ari ini ud 2 taon ga perna bocor lg..
Satu lg, pakein grease d selang radiator gt gapapa yah mbah, ntar bkin getas ga ?
soal pake grease malah baru tahu, karena biasanya saya perhatikan ada mekanik yg dibasahi dengan air saja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Kebiasaan pake sealant di radiator = kalo klemnya krg kenceng atau pipa/permukaan fitting dah gak sempurna.
Sealant Toyota saya belon pernah pakai, kalo mmg ganti di beres ya silakan pakai saja, garansinya penuh kalo dia ngerjain dan juga pake materialnya beres.
Saya tetep minta tinggal 24 jam dulu baru isi oli. Pokoknya matingnya sempurna dulu. Kalo dia tetep rembes ya claim ke mereka.
Sealant Toyota saya belon pernah pakai, kalo mmg ganti di beres ya silakan pakai saja, garansinya penuh kalo dia ngerjain dan juga pake materialnya beres.
Saya tetep minta tinggal 24 jam dulu baru isi oli. Pokoknya matingnya sempurna dulu. Kalo dia tetep rembes ya claim ke mereka.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Justru yg d radiator gapapa mbah, yg rembes bocor malah yg selang masuk ke rumah atf warmer nya (dr aluminium)..marmut wrote: Tue Dec 03, 2019 5:27DOHC wrote: Tue Dec 03, 2019 5:07 Mbah, nanya donk
D hrv ane selang atf warmer perna rembes coolant, padahal selang masi lembek dan ckup baru, ane pakein sealant tipis2 banget d ujung selang nya doank, ampe ari ini ud 2 taon ga perna bocor lg..
Satu lg, pakein grease d selang radiator gt gapapa yah mbah, ntar bkin getas ga ?
rembes ATF warmer yang di radiator? musti diliat dulu karena bisa jadi dari radiatornya yang retak.
Kayanya selang bawaan kependekan atau kualitas nya kueang bagus, soalnya pas ane copotin, kaya rada melar gt mulut selang nya, makanya jd rembes
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Tukang radiator langganan sy jg suka pake sealant pas pasang selang. Ga tau tipe apa sih tapi kalo ga salah merk dextone warna item
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
@mbah marmut
ane post dsini mbah, ora ngerti ngepost gambar via pm
selang nya yg ane tandain lingkaran merah, ntuh kliatan di ujung selang nya ad merah2 bekas lem sealant
ane post dsini mbah, ora ngerti ngepost gambar via pm
selang nya yg ane tandain lingkaran merah, ntuh kliatan di ujung selang nya ad merah2 bekas lem sealant
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
@DOHC,
coba posisi klemnya diputer 90° atau 180°, kalo masih rembes juga, potong ujung selangnya kira-kira 1 sentian trus oles grease tipis sebelum dipasang.
coba posisi klemnya diputer 90° atau 180°, kalo masih rembes juga, potong ujung selangnya kira-kira 1 sentian trus oles grease tipis sebelum dipasang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Saya blm pernah oles grease, takutnya malah makan karetnya. Kalo masih rembes setelah diputer/dipotong, bisa coba dikasih sealant ujungnya setelah dilap/dikeringkan permukaamya. Bisa juga permukaan metalnya dikasih teflon tape juga supaya jadi lbh besar ujung yg dililit selang.
Ini kalau klemnya juga sdh dikencengin lagi ya, mungkin selangnya rada melar.
Saya jg pernag nanganin selang kayak gini buat power steering... beres setelah pake sealant dikit dan dikeringkan 24 jam.
Ini kalau klemnya juga sdh dikencengin lagi ya, mungkin selangnya rada melar.
Saya jg pernag nanganin selang kayak gini buat power steering... beres setelah pake sealant dikit dan dikeringkan 24 jam.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
dulu pernah ada BMW cust waterpump-nya bocor...pas install yang baru saya juga liat montirnya ngoles grease (kayaknya ke komponen karet wp itu)
rada heran jg sih tp berhubung bukan mobil sndr jg sy diem aja
kl sy blm akan nyoba ngoles grease ke selang karet..takut ada kenapa2 ama selangnya (misal melar)
rada heran jg sih tp berhubung bukan mobil sndr jg sy diem aja
kl sy blm akan nyoba ngoles grease ke selang karet..takut ada kenapa2 ama selangnya (misal melar)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Oles grease ke karet biasanya buat supaya melar dikit. Tapi mestinya dia pake sealant dikit di permukaan/mating waterpumpnya drpd grease. Komponen karet di perairan biasanya gak tahan oli.
Saya beberapa waktu yg lalu jg pasang waterpump di BMW tuir.
Saya beberapa waktu yg lalu jg pasang waterpump di BMW tuir.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Kalo yg saya tanya2 dari toko spareparts sih udah 2 toko saranin loctite sih om, tp pengen tau juga info dari temen2 di SMnimoo wrote: Mon Dec 02, 2019 16:16 Montir langganan sih biasa pake loctite buat seal selang2 radiator sama mesin juga. Tapi ga tau ya kalo buat karter oli
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Pokoke cari sealant yg high temp dan gak pliable/flexible.
Permatex Grey dan Black juga beda spec. Loctite saya gak terlalu tau. Victor Reinz - montir BMW/Mercy yg pake.
Beda orang beda info.
Permatex Grey dan Black juga beda spec. Loctite saya gak terlalu tau. Victor Reinz - montir BMW/Mercy yg pake.
Beda orang beda info.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Saya juga pernah dlu ganti packing tutup klep (seal cover valve), spareparts-nya sih saya beli sendiri di toko spareparts toyota atrium senen, lalu saya bawa ke bengkel umum. Yang saya perhatikan sih, montir-nya ngasih sealant di packing klep-nya. Sampai sekarang aman, ngga ada bocor2 lagi. Saya lihat kerja montir cukup bagus sih, cuma agak kurang ramah orangnya, diajak diskusi jg ga enak jadi males mau ke bengkel itu lagi.Jambangan wrote: Mon Dec 02, 2019 21:36 Wah diskusi menarik nih
Sorry agak oot
Oktober kemaren ganti paking tutup klep di auto2000
Ga sampe 1000 KM rembes lagi walaupun dikit
Kira2 salah masang, kualitas pakingnya jelek atau ga dikasih sealant pas masang ya??
Paking emang bukan beli di auto2000 sih tapi beli toko sparepart toyota bisa jadi KW sih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Sealant-nya juga ORI toyota om? dlu di kerjain di bengkel mana om klo boleh tau? pengerjaan-nya apakah mobil di tinggal seharian?evanbngdor wrote: Tue Dec 03, 2019 2:23 Great Corolla saya waktu itu ganti karter sih yg asli toyota. Itung2 ya biaya bongkar pasangnya udah berapa, jd ya sekalian aja.
Udah hampir 5 tahun kayaknya, masih aman jaya sih, ngga ada gejala rembes.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Iya om takutnya gitu, udh pake yg oem mahal2, malah tetep bocor gara2 salah pemasangan. Siap om thx infonyaOmnibus wrote: Mon Dec 02, 2019 16:40 yg nyebelin kl udah beli yg oem tp msh bocor.... bukan ga mungkin sebab 2005 innova sy di campaign krn front cover timing chain rembes (factory defect)
loctite nya ada kodenya kan, gugel aja spec nya utk kegunaan apa dan tahan brp temperature nya.
permatex n threebond jg terkenal sih
cuma ada kondisi dimana tetap gasket biasa dipakai dan rtv sealant dipakai di sudut2 tertentu aja .... mungkin kondisi ini yg sealant asli lbh bisa bersenyawa dgn bahan gasket krn sdh di r&d
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Iya om coba nanti saya browsing2 lagi. Wah itu sih enk bgt punya montir yg mau repot nunggu 1 hari. Kalo bengkel2 umum sama beberapa toko spareparts/montir di sentra onderdil pada blgnya ga perlu didiemin 1 hari. Saya sih pengennya pake loctite atau threebone seperti yg disarankan rekan2 disini, cuma klo saya bawa barang sendiri takutnya klo rembes lagi repot komplainnya.MSU wrote: Tue Dec 03, 2019 3:11Mesti browsing dl om...loctite tipe apa.devin96 wrote: Mon Dec 02, 2019 16:12Kalo merk loctite sendiri yg harga 70 rb an gimana om kualitasnya? Jasa pengerjaan di bengkel umum sekitar 300 an om td udh sempet tanya. Itu juga blm termasuk sealant-nya. Bengkelnya stok merk xtra seal ya klo ga salah td, katanya itu cukup bagus ketahanan terhadap panas. Apa mungkin om tau merk tsb? harganya mirip2 loctiteMSU wrote: Mon Dec 02, 2019 6:56 kalo harga beda jauh gini, menurut saya beda bisa jadi karena beda spek
misal kl biasa pake threeb*** kode 1104, tp Toyota genuine pake-nya threeb*** 12xx
secara aktual di lapangan pake yg 1104 aja ga mslh..tp OE mau-nya pake 12xx (yg tahan suhu lebih tinggi)
rasa-nya kalo jasa pekerjaannya ga mahal bisa percaya pake yg 1104 (pls cek ke bengkel2 umum), tp kalo jasa-nya aja udh mahal maka pake sealant ori aja
Yg banyak di market setau sy merk threeb*** 1104..mekanik sy biasa pake merk itu..
Cm abis dipasang ama dia didiemin 1 hari, baru besoknya diisi oli & dinyalain..
Kl merk xtra seal mohon maap blm pernah dengar / lihat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Siap om thx infonya, skrg jd makin yakin klo sealant pake threebond atau ga loctite aja.iwing wrote: Tue Dec 03, 2019 3:30 seperti kata om exflowly diatas, aplikasi sealant itu sebisa mungkin 24 jam. umum nya ya 2 itu, threebond sama loctite. dulu pernah aplikasi di selang radiator kijang jadul pake threebond dan aman
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Wah serem juga ya montir sop en draiv bsa sampe bikin slek baut carter oli, untung mereka tanggung jawab ya om. Ohh jadi 1 hari yaa, itu juga udh termasuk bubut. Dulu abis berapa om? Ada rincian pekerjaannya kah di invoice-nya seperti jasa bongkar pasang carter oli sama harga sealant oem?andyez86 wrote: Tue Dec 03, 2019 3:45jd gni om....ceritanya baut carter dbkin slek sama toko sop en draiv.....tp dia tgg jwb kerusakan itu,kita diarahkan untuk lgs bawa ke bengkel resmi,nanti biaya dia yg tanggung....malah ga boleh dibawa ke bgkel umum...devin96 wrote: Mon Dec 02, 2019 15:57Siap om makasih infonya, btw dlu pas om bongkar carter oli veloz-nya pengerjaannya berapa lama ya om? harus ditinggal kah untuk nunggu sealant kering?andyez86 wrote: Mon Dec 02, 2019 4:31 dulu pernah kejadian kudu bongkar carter oli avanza veloz...tp di dealer toyota sih....emg lmyan mahal itu sealant nya...klo misalkan ragu2 sama yg ada di toko luar ya beli yg di dealer aja om....ga mgkin palsu jg sih brgnya...drpd kerja 2x nanti bocor lg klo ternyata kualitas sealant nya beda..
pengerjaan di BeRes solo sih 1hr ya...dia buka dlu carternya....terus dibawa ke tukang bubut,mrka ga kerjain sndri soalnya klo yg berat2 bgni.......sore udah bs diambil sih mblnya...
Atau semua tagihan langsung diserahkan ke bengkel sop en draiv?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Sealant apa nya Om? Waktu itu saya di bengkel swasta biasa Om. Mobil ditinggal 2 malem biar hasil maksimal.devin96 wrote: Wed Dec 04, 2019 7:44Sealant-nya juga ORI toyota om? dlu di kerjain di bengkel mana om klo boleh tau? pengerjaan-nya apakah mobil di tinggal seharian?evanbngdor wrote: Tue Dec 03, 2019 2:23 Great Corolla saya waktu itu ganti karter sih yg asli toyota. Itung2 ya biaya bongkar pasangnya udah berapa, jd ya sekalian aja.
Udah hampir 5 tahun kayaknya, masih aman jaya sih, ngga ada gejala rembes.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
selang nya ga bsa dipotong lg mbah, itu ahond bener2 pelit ngasi selang, mepet banget panjang nya.. jangan2 itu jg penyebab nya selang nya bsa melar ujung nya padahal baru beberapa taonmarmut wrote: Tue Dec 03, 2019 14:11 @DOHC,
coba posisi klemnya diputer 90° atau 180°, kalo masih rembes juga, potong ujung selangnya kira-kira 1 sentian trus oles grease tipis sebelum dipasang.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
sebetulnya bak carter/oil pan itu kan bautnya banyak dan yg betul pasangnya hrs di torque wrench semua sesuai spek biar rata tekanannya.
masalahnya bautnya itu kecil dan torque speknya jg kecil, tergantung jenis mobil tp bisa jd dibawah 15 Nm; yg mana kl bengkel biasa jarang ada yg punya torque wrench range kecil. sebelumnya hrs bersih mating surface nya dan hrs fully cured jg 24 jam. Hrs penyabar dan penyayang yg ngerjainnya wkwkwk
masalahnya bautnya itu kecil dan torque speknya jg kecil, tergantung jenis mobil tp bisa jd dibawah 15 Nm; yg mana kl bengkel biasa jarang ada yg punya torque wrench range kecil. sebelumnya hrs bersih mating surface nya dan hrs fully cured jg 24 jam. Hrs penyabar dan penyayang yg ngerjainnya wkwkwk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
Nah tuh semua suhu sdh bersabda. Gimana, malah jadi pengen ngebengkel sendiri gak?
Wkwkwkwkwk
Enaknya ngebengkel sendiri - hasil bener2x sesuai prosedur yg kita terapkan. Enaknya punya montir panggilan kepercayaan (dan punya alat bengkel basic) - bisa bongkar di rumah dan hasil sesuai pengawasan/input kita dan montir.
Wkwkwkwkwk
Enaknya ngebengkel sendiri - hasil bener2x sesuai prosedur yg kita terapkan. Enaknya punya montir panggilan kepercayaan (dan punya alat bengkel basic) - bisa bongkar di rumah dan hasil sesuai pengawasan/input kita dan montir.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
btw, ane perna ganti seal timing cover ama jadi nge sealant carter oli ipah ane sendiri, pake pematex yg merah.. sblom nya di kerik ampe bersih pake cutter, bersihin, lalu pakein lem gasket nya tipis.. ud jalan ampir 5 taonan lebih untunglah blom bcor..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: About Sealant untuk Carter Oli Mesin
devin96 wrote: Wed Dec 04, 2019 8:12Wah serem juga ya montir sop en draiv bsa sampe bikin slek baut carter oli, untung mereka tanggung jawab ya om. Ohh jadi 1 hari yaa, itu juga udh termasuk bubut. Dulu abis berapa om? Ada rincian pekerjaannya kah di invoice-nya seperti jasa bongkar pasang carter oli sama harga sealant oem?andyez86 wrote: Tue Dec 03, 2019 3:45jd gni om....ceritanya baut carter dbkin slek sama toko sop en draiv.....tp dia tgg jwb kerusakan itu,kita diarahkan untuk lgs bawa ke bengkel resmi,nanti biaya dia yg tanggung....malah ga boleh dibawa ke bgkel umum...devin96 wrote: Mon Dec 02, 2019 15:57
Siap om makasih infonya, btw dlu pas om bongkar carter oli veloz-nya pengerjaannya berapa lama ya om? harus ditinggal kah untuk nunggu sealant kering?
pengerjaan di BeRes solo sih 1hr ya...dia buka dlu carternya....terus dibawa ke tukang bubut,mrka ga kerjain sndri soalnya klo yg berat2 bgni.......sore udah bs diambil sih mblnya...
Atau semua tagihan langsung diserahkan ke bengkel sop en draiv?
ya jadi pas ganti oli di bengkel itu mekanik koq agk lama kerjain nya....makanik baru sih...ya saya ga curiga apa2...lgs pulang...bsk paginya ada tetesan oli lmyan banyak di kolong mbl....bawa ke bengkel itu lg..trs diselidiki trnya mmg slek dan dia takut mau ngmng....akhrnya mmg management tanggung jawab sih....
pengerjaan di nasmoko pagi2 mbl masuk.....trs turun carter,sama mrka dibawa ke bengkel bubut luar dealer....bersihin,kasi sealant,ditunggu kering,trs pasang deh......jd baut nya digedein dari std nya.....klo ga salah sktr 600 ato 700rb om....mahal sealant nya drpd ongkos bongkar pasang wkkwkwkkw......tagihan saya bayar dlu trs nota dibawa ke bengkel sop en draiv buat di ganti duit sama dia