Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Kira kira akan lebih cepat mana ya pembangunan perluasan SPKLU (Charging St) VS Upgrading kilang menuju BBM Euro V ?
Listrik =
- Tahun depan katanya PLN akan membangun 184 SPKLU (Charging Station)
https://m.republika.co.id/berita/q1ku3r ... ahun-depan
BBM Fossil :
- Hingga 2021 BBM Pertamina yg Euro 4 hanya Pertamax Turbo ? (mo bikin BBM Euro 4 aja susahhh bener )
https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... amax-turbo
PLN akan alokasikan 600 Mw utk SPKLU
http://listrikindonesia.com/600_mw_untu ... k_4746.htm
Pertamina akan masuk bisnis Batere EV
https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... ik-baterai
ANTAM akan masuk bisnis Batere
https://www.cnbcindonesia.com/market/20 ... si-baterai
INALUM akan masuk ke bisnis Batere ?
https://insight.kontan.co.id/news/inalu ... il-listrik
utk kasus spt Indonesia spt nya "lebih mudah" utk lompat menuju era Elektrifikasi (Hybrid & EV cars) daripada harus melewati era mobil ICE (motor bakar) Euro 5 / 6 yg butuh BBM khusus ?
Di sisi lain para produsen otomotif besar dunia saat ini pun sedang siap2 untuk Transformasi besar2 an menuju kendaraan Hybrid & EV
Konon Toyota di th 2025 akan elektrifikasi hampir semua modelnya yang dijual di negara maju, baik berupa Hybrid dan EV
Nissan pun akan menuju ke sana
https://www.motoring.com.au/toyota-hilu ... id-121251/
Bila melihat fenomena spt ini, maka para pemain Bengkel & Produk aftermarket sebaiknya mengantisipasi sejak sekarang thd perubahan besar yang akan terjadi tidak lama lagi
Bagaimana menurut rekan rekan SM ?
Listrik =
- Tahun depan katanya PLN akan membangun 184 SPKLU (Charging Station)
https://m.republika.co.id/berita/q1ku3r ... ahun-depan
BBM Fossil :
- Hingga 2021 BBM Pertamina yg Euro 4 hanya Pertamax Turbo ? (mo bikin BBM Euro 4 aja susahhh bener )
https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... amax-turbo
PLN akan alokasikan 600 Mw utk SPKLU
http://listrikindonesia.com/600_mw_untu ... k_4746.htm
Pertamina akan masuk bisnis Batere EV
https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... ik-baterai
ANTAM akan masuk bisnis Batere
https://www.cnbcindonesia.com/market/20 ... si-baterai
INALUM akan masuk ke bisnis Batere ?
https://insight.kontan.co.id/news/inalu ... il-listrik
utk kasus spt Indonesia spt nya "lebih mudah" utk lompat menuju era Elektrifikasi (Hybrid & EV cars) daripada harus melewati era mobil ICE (motor bakar) Euro 5 / 6 yg butuh BBM khusus ?
Di sisi lain para produsen otomotif besar dunia saat ini pun sedang siap2 untuk Transformasi besar2 an menuju kendaraan Hybrid & EV
Konon Toyota di th 2025 akan elektrifikasi hampir semua modelnya yang dijual di negara maju, baik berupa Hybrid dan EV
Nissan pun akan menuju ke sana
https://www.motoring.com.au/toyota-hilu ... id-121251/
Bila melihat fenomena spt ini, maka para pemain Bengkel & Produk aftermarket sebaiknya mengantisipasi sejak sekarang thd perubahan besar yang akan terjadi tidak lama lagi
Bagaimana menurut rekan rekan SM ?
Last edited by Turboman on Fri Nov 29, 2019 0:51, edited 5 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Kalau menurut pendapat pribadi, saya berharap pemerintah membangun perluasan SPKLU (Charging Station) dibandingkan upgrading kilang menuju BBM Euro V karena Indonesia yg sekarang pengimpor BBM dan cadangan minyak nya sudah ngak sebanyak dulu di jaman kita masih ekspor minyak mentah.
Saya juga berharap dengan banyaknya charging station memungkinkan ATPM Nissan memasukkan first Electric SUV Globalnya di Indonesia, di masa depan. Kabarnya
Nissan’s first electric SUV “almost as fast as GT-R”
https://www.motoring.com.au/nissans-fir ... -r-121256/
Gue pribadi pengen punya mobil Jaman now (Electric Vehicle) sejati di masa depan nanti.
Saya juga berharap dengan banyaknya charging station memungkinkan ATPM Nissan memasukkan first Electric SUV Globalnya di Indonesia, di masa depan. Kabarnya
Nissan’s first electric SUV “almost as fast as GT-R”
https://www.motoring.com.au/nissans-fir ... -r-121256/
Gue pribadi pengen punya mobil Jaman now (Electric Vehicle) sejati di masa depan nanti.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Menurut ane program B100 yg paling cepat terealisasi dibanding euro V ataupun EV. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Turboman wrote: Fri Nov 29, 2019 0:51
-
Bila melihat fenomena spt ini, maka para pemain Bengkel & Produk aftermarket sebaiknya mengantisipasi sejak sekarang thd perubahan besar yang akan terjadi tidak lama lagi
Bagaimana menurut rekan rekan SM ?
tinggal pasang plang di depan,
TERIMA SETRUM AKI DAN GULUNG DINAMO

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
kalau untuk diesel masih sulit migrasi ke full listrik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Bikin kilang euro 5 / 6 investasi besar sementara demand/ tren kebutuhan bbm cenderung turun di satu sisi pengadaan kilang butuh teknologi tinggi yg harus impor itu akan membebani neraca dagang
Tp klo bikin SPKLU akan meningkatkan konsumsi listrik, selaras dgn proyek pembangkit listrik 35000 MW lagian bahan baku baterai banyak kok disini
Tp klo bikin SPKLU akan meningkatkan konsumsi listrik, selaras dgn proyek pembangkit listrik 35000 MW lagian bahan baku baterai banyak kok disini
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
berarti waktunya jualan genset portable
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Bisnis masa depan, rental genset 50.000 Watt di jalan lintas nasional, buat mobil elektrik yg soak batre



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Rumah makan di jalan lintas bisa nambah lahan bisnis baru selain sewain toiletak4ng wrote: Fri Nov 29, 2019 8:47Bisnis masa depan, rental genset 50.000 Watt di jalan lintas nasional, buat mobil elektrik yg soak batremodalnya teteup pake solar goceng
bikin spanduk pinggir jalan "TERIMA CAS MOBIL HARGA NEGO PER JAM", sedia kopi rokok and mie selama ngecas
![]()
Mobil parkir sekalian ngecas
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Macam pilihan antara mobil berdinamo atau ber cc imut2 + turbo..
Good bye dehh enjin N/A ber cc moderate to gede
Good bye dehh enjin N/A ber cc moderate to gede
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
siapin derek gendong dengan tambahan fitur genset. sambil gendong sambil di cas.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Feb 26, 2018 9:11
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xenia2014
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Jangan lupa : Free Wifi nya Kaaanggg... Penting itu !!!ak4ng wrote: Fri Nov 29, 2019 8:47Bisnis masa depan, rental genset 50.000 Watt di jalan lintas nasional, buat mobil elektrik yg soak batremodalnya teteup pake solar goceng
bikin spanduk pinggir jalan "TERIMA CAS MOBIL HARGA NEGO PER JAM", sedia kopi rokok and mie selama ngecas
![]()
Sesuai hastag masa depan #postingwhilecharging dan #selfingwhilecharging
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Bengkel spesialis kaki2, body repair , audio n ac bakal tetep jalan spt biasa sepertinya. Bengkel restorasi mobil klasik jg. Bengkel umum yg harus mulai cari2 spesialisasi yg cocokmarmut wrote: Fri Nov 29, 2019 2:02Turboman wrote: Fri Nov 29, 2019 0:51
-
Bila melihat fenomena spt ini, maka para pemain Bengkel & Produk aftermarket sebaiknya mengantisipasi sejak sekarang thd perubahan besar yang akan terjadi tidak lama lagi
Bagaimana menurut rekan rekan SM ?
tinggal pasang plang di depan,
TERIMA SETRUM AKI DAN GULUNG DINAMO
![]()
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Di Indonesia, potensi pengembangan listrik jauh lebih potensial dibanding ikutan tren ICE dengan Euro 4 dst karena konsumsi besar, lifting minyak kecil, dan cadangan terbukti juga kecil sekali
TETAPI
Kesiapan pembangkitan daya listrik bagaimana? potensi listrik terbarukan kita luar biasa tapi balik lagi sekarang politik kebijakan terkait listrik bagaimana? moratorium pembangunan pembangkit listrik sudah dimana mana, pembangunan yang sudah jalan pun tidak sesuai target, belum bicara masalah transmisi, dan kesiapan infrastruktur instalasi pengisian baik di rumah maupun tempat lain yang masih tanda tanya (besar)
Jadi mungkin untuk jangka menengah di Indonesia yang realistis ya teknologi hibrid, itu sudah
TETAPI
Kesiapan pembangkitan daya listrik bagaimana? potensi listrik terbarukan kita luar biasa tapi balik lagi sekarang politik kebijakan terkait listrik bagaimana? moratorium pembangunan pembangkit listrik sudah dimana mana, pembangunan yang sudah jalan pun tidak sesuai target, belum bicara masalah transmisi, dan kesiapan infrastruktur instalasi pengisian baik di rumah maupun tempat lain yang masih tanda tanya (besar)
Jadi mungkin untuk jangka menengah di Indonesia yang realistis ya teknologi hibrid, itu sudah
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
- Location: Jkt
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Inilah kemajuan teknologi masa depan : power bank berjalanilhami wrote: Fri Nov 29, 2019 17:29 siapin derek gendong dengan tambahan fitur genset. sambil gendong sambil di cas.
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
kalau bengkel dan produsen knalpot sih pengennya mobil listrik nanti2 aja dulu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Saya jadi penasaran, lebih murah mana antara cas mobil ke listrik rumah (pln) vs pake genset...... Juga penasaran kalo di tol trans jawa and sumatra, mau ngecas dmn itu mobil? Apakah harus exit tol dl buat nyari sumber listrik or gmn
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
PLN kan lagi promo cas gratis di SPKLU sampe akhir taunak4ng wrote:Saya jadi penasaran, lebih murah mana antara cas mobil ke listrik rumah (pln) vs pake genset...... Juga penasaran kalo di tol trans jawa and sumatra, mau ngecas dmn itu mobil? Apakah harus exit tol dl buat nyari sumber listrik or gmn
soal perkembangan SPKLU kita liat aja nanti 2020 - 2021 si PLN beneran gak bisa bangun 180 an unit dan lokasi dimana aja
Kan skg pimpinan2 BUMN lagi dipasangin orang2 yg kompeten oleh Mr Adaro, mudah2 an aja semua membuahkan hasil
Yg pasti mmg di atas kertas bangun SPKLU masih lebih mudah terealisasi di Indo daripada upgrading BBM ke Euro 4 / beyond
akakakkakaka
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
yang pasti bakalan banyak video viral, org2 berantem rebutan antrian colokan listrik di SPKLU.
---
Indo mah hybrid duluan saja. kalau itu power grid dan road manner udah beres ya baru pure EV.
murah ke PLN. karena ini Indo, kalau lebih murah genset pasti banyak yang pake genset daripada langganan PLN.ak4ng wrote: Sat Nov 30, 2019 3:49 Saya jadi penasaran, lebih murah mana antara cas mobil ke listrik rumah (pln) vs pake genset...... Juga penasaran kalo di tol trans jawa and sumatra, mau ngecas dmn itu mobil? Apakah harus exit tol dl buat nyari sumber listrik or gmn
---
Indo mah hybrid duluan saja. kalau itu power grid dan road manner udah beres ya baru pure EV.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
saya sih pingin punya kayak Nissan Power e note itu, oomDOHC wrote:Macam pilihan antara mobil berdinamo atau ber cc imut2 + turbo..
Good bye dehh enjin N/A ber cc moderate to gede
mesin bensin hanya jd genset.
dan gak takut abis setrum
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Kl ane sehh aliran nya masi old skool om G.. demen nya ICE n/a..ginting wrote: Sat Nov 30, 2019 10:35saya sih pingin punya kayak Nissan Power e note itu, oomDOHC wrote:Macam pilihan antara mobil berdinamo atau ber cc imut2 + turbo..
Good bye dehh enjin N/A ber cc moderate to gede
mesin bensin hanya jd genset.
dan gak takut abis setrum
Makanya skrg rada illfeel liat ahond, masa kelas accord crv aj pake nya 1500 turbo, agak gmana gt liat nya , kaya beli mobilio dipakein turbo
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
* mungkin ngga um, battre nge drop model kek hp d charge full, bentar pake dah koit
*bentuk diskusi d forum" otomotif apakah bakal b'rubah jg ?
*bentuk diskusi d forum" otomotif apakah bakal b'rubah jg ?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
itu sih .ungkin saja oom.jivos wrote:* mungkin ngga um, battre nge drop model kek hp d charge full, bentar pake dah koit
*bentuk diskusi d forum" otomotif apakah bakal b'rubah jg ?
tp baterai mobil EV itu kan terdiri dr bbrp modul, jadi kalopun soak 1 biji semoga yg lain gak soak secara barengan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
DOHC wrote: Sat Nov 30, 2019 11:28
Kl ane sehh aliran nya masi old skool om G.. demen nya ICE n/a..
Makanya skrg rada illfeel liat ahond, masa kelas accord crv aj pake nya 1500 turbo, agak gmana gt liat nya , kaya beli mobilio dipakein turbo
walo 1.500 tapi kan kalahin mesin NA 2000-2500 CC om.....
klo bisa jangan aliran old skol...teknologi trs berkembang dan harus bisa mengikuti...
saya aja org old skol tapi aliran new model...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mobil rendah emisi Indonesia antara Listrik VS Euro V - ICE
Misal 1x ngecharge butuh 15 menit...butuh berapa charging port untuk menghindari antrean panjang, apalagi di jalan antar kota.
Ada 4 mobil aja di depan kita...1 jam udah abis
Imho butuh jembatan dulu macam nissan e-note power sebelum ke full ev, di lapangan lebih siap.
Ada 4 mobil aja di depan kita...1 jam udah abis

Imho butuh jembatan dulu macam nissan e-note power sebelum ke full ev, di lapangan lebih siap.