ChZ wrote: Fri Nov 22, 2019 3:45
PRBS wrote: Fri Nov 22, 2019 0:38
zzzprince wrote: Thu Nov 21, 2019 15:19
Izin tanya nih.. kalau dari kemarin saya baca isinya pada mbahas barang klenik.. ini saya nemu ada produk exhaust yg sering ikut kejuaraan, claimnya seperti lampiran berikut.. kira2 apa masuk akal ya kalo dari sudut pandang suhu2 disini, thanksScreenshot_20191121-221803_Instagram.jpeg
ORD bukan si? Kalau ORD emang narik sih hasilnya.. ono rego ono rupo yoo tapi (agak mahal).. pernah ganti full exhaust di blazer, napasnya panjang.. kalo jadi irit? Nggak juga, soalnya jadi hobi ngegas..
Sayangnya bahasa marketingnya malah bikin calon buyer curiga (ngibul).. padahal cukup tampilin foto2 mobil yg dipake buat ISSOM dkk, udah cukup meyakinkan kok..
ane dulu juga pakai di civic FB downpipe reson sampai ke muffler. total iya abis 4 jutaan dan itu masih pake las mengelas potang potong knalpot artinya tidak bolt-on / tinggal bongkar pasang baut.
iritnya lumayan lah dalem kota bisa 1:9-10 pake civic FB. tenaga juga asik, kalo pasang full gini top end nya dapet banget. sayangnya agak gak sreg dengan claim "bisa customized sesuai kebutuhan" lah ane kaga ditanya kebutuhan apa cm ditanya mobilnya apa...
dan dugaan ane mufflernya Civic FB 1.8 dan 2.0 disamain, makanya dipake di 1.8 top end powernya dapet, tp bawahnya agak ngempos. ya di toll enak sih nariknya kenceng, cuma di dalem kota jd agak males wkwkwkwk.
begitu dijual balik std sisain reson ama downpipe jadi jauh membaik dan lebih irit.
cm ane jujur agak kurang sreg dengan etika marketing dan cs nya sih... ya jualan barang bagus tapi etika jualannya agak kurang.
Kalau saya pakai motor 250cc 2cyl pengen ganti knalpot tujuannya bukan supaya naikkan tenaga atau tambah irit, tapi cuma biar motor lain dengar aja, karena saya tetap suka knalpot standar, kadang ngeri juga, pernah saya jalan agak kencang dikit pas lengang, tiba-tiba ada motor di depan pindah jalur karena mungkin ga tahu kalau saya sedikit agak kencang. Karena kalau jalan lebar, angin kencang, suara motor 250cc pun kalau pakai knalpot standar memang nyaris ga kedengaran motor lain.
Bicara modif, Kalau dulu waktu kuliah saya pernah pakai barang aneh2 juga, tapi dimotor bebek dan harganya murah dan ternyata ga ngasih efek apapun. Sampai akhirnya saya akrab sama temen sekelas saya yang bisa tune up beneran.
Hal pertama yang dirubah itu noken As dan rasio kompresi, part yang lain bahkan knalpot masih standard.
Dari ubahan noken dan kompresi ini tenaga beneran naik dari topspeed buat motor bebek yang susah dapat 110 kpj bisa ke 120 dengan mudahnya bahkan ketika dipakai boncengan. Tapi konsumsi bbm tambah boros dari 1:55 jadi 1:45,
Lalu naik step yang agak serius naikin bore, ganti CDI racing baru terakhir ganti knalpot yang sedikit lebih besar pipanya tapi suara masih seperti motor standar. Dengan penggantian itu, topspeed naik jadi 130 dengan konsumsi BBM yang masih mirip sekitar 1:43-45.
Dari situ saya belajar bahwa namanya naikin power ya umumnya naikin FC apalagi kalau digeber sampai top end. Lalu pakai motor 150cc standar, kalau bawanya kalem bisa dapat 1:47 paling irit, kalau digeber 1:38.
Artinya cara paling ampuh supaya irit bbm ya mengubah gaya berkendara. Bos saya saksinya, pakai Avanza isi 200rb kalau saya yang bawa bisa 5 hari kerja, kalau dibawa sama drivernya hanya 4 hari, 1 hari PP sekitar 80km.