Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4602
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Pboyz97 »

Buat harian ANKI Diesel aja, irit BBM sm enak buat lewatin jalan jelek + bantingannya udh jauh lebih empuk daripada innova gen sblmnya. Kalo gak masalah sm gengsi supir, voxy jg pilihan yg oke, tinggal TD keduanya sm sesuain dengan kebutuhan dan kata hatinya om TS
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

Pboyz97 wrote: Sat Nov 16, 2019 18:08 Buat harian ANKI Diesel aja, irit BBM sm enak buat lewatin jalan jelek + bantingannya udh jauh lebih empuk daripada innova gen sblmnya. Kalo gak masalah sm gengsi supir, voxy jg pilihan yg oke, tinggal TD keduanya sm sesuain dengan kebutuhan dan kata hatinya om TS
Haha iya om. saya mau td ajak anak istri dulu ni. Kalau ikutin kemauan supir (saya) udah tetep di anps 2016 kemarin. Gengsi dapet, macho banget modelnya, nyaman dapet (buat supir), irit dapet, fitur safety lengkap. :mky_07:
matra wrote: Sat Nov 16, 2019 5:55 innova sama2 ngayun suspensinya,karena struktur chasisnya
kalau anps 2016 mau di buat kurang ngayun haruns ganti shockbreaker yang bagusan
Nah ini, memang harus TD, takutnya nanti kalau ambil anki, trus sama sama ngayun, mending anps sekalian ganti shock aja.
andyez86 wrote: Sat Nov 16, 2019 4:23 ANKI 2GD isi solar aja gpp.....sesekali tambahin aditif lah.....tp liat kondisi solar akhir2 koq sptnya kurang bagus saya mix ama pertadex sih....perbandingan 3:1 ato 2:1 tergantung kondisi.....dompet kwkwkwkwkkw........
Sepertinya saya antara dex lite atau dex. Haha maklum pengguna awam. ga hobi otomotif, jadi jarang perawatan.
Nugrohonug wrote: Sat Nov 16, 2019 0:53 ANKI diesel biaya oprasionalnya murah om kalo pakai biosolar tapi kalo pakai dex ya sama aja, 2GD getaran dan suaranya halus walaupun gak sehalus diesel korea.

Kalo rute om dalkot dan keluar kota yg jalannya gak offroad sih beli voxy aja om


Tetangga sebelah rumah sy awalnya beli venturer diesel trus 2 bln kemudian dia beli voxy karna lebih nyaman, rute tetangga sy dalkot doang.
paparay wrote: Fri Nov 15, 2019 22:29 Kemarin dapet case serupa, awalnya bingung voxy dan ipah.
Tapi setelah duduk di bangku tengah voxy jadi mantap untuk tidak ambil. Buat saya dan istri, ergonomi kursi tengah kurang cocok buat duduk lama.
nah loh, baru kali ini saya ada yg denger enakan duduk di anki dibanding voxy.
Omnibus wrote: Sat Nov 16, 2019 7:54
hrv sempit sih engga tp rasanya lebih lebar innova. cuma yg musti dilihat itu row 2 hrv busa joknya tipis ga enak dipake duduk lama2 apalagi suspensi lbh firm drpd innova. kl urusan penumpang innova lebih nyaman.

bensin hrv 1:9 dulu kan, saya kebayang rutenya gimana yg sering dilewatin, setara sm dulu serena c26 saya 1:6an paling irit 1:7. Sy ga tau voxy tp secara konfigurasi sih mendekati c26 jd asumsi kondisi dalkot stop n go pasti lbh boros dan lemot voxy drpd innova (cvt bensin vs geared at diesel).

Test drive aja innova n voxy. Kl hrv sementara coret lah, udah pernah punya juga kan. Kl saya krn alasan konsumsi bbm dan kenyamanan akan pilihnya innova.
Ho oh, hrv udah dicoret ni. kemarin istri udah kasih sp1 untuk ga ambil hrv. Hahaha, emang si interior juga lebih mewahan anki dibanding hrv. driver juga kursinya lebih empuk.

Nah bener tuh, tapi setau saya c27 lebih irit dari c26. dan voxy lebih irit dari c27. Mungkin macewt2an voxy bisa di 1:8. masih acceptable kalau bisa di 1:8 sehari2.
ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 2:42
hmmm efek biosolar? krn seingat ane ANPS kok ga seberat itu yah, apa batch yang CKD beda. soalnya kata mbah bebonk setelan ECU dakar CKD beda ma CBU :e-think: dulu pengalaman gini di Grandis juga yang 2005 bawahnya berat mampus, yang 2008 enteng sampe bisa spin spin

Ngomongin mobil roti tawar si dari pengalaman orang yang pake pada gak jarang yang setir sendiri.

pengalaman ane bawa juga nggak se-heboh itu. bbrp kali bawa (Serena C24, Alphard gen 2, Vellfire gen 3, Elgrand E52 V6) nyetirnya lumayan friendly untuk dibawa sendiri. Justru saya ngerasa lebih secure bawa roti tawar daripada ladderframe SUV.

Badan boxy justru lebih gampang ngepasinnya pas parkir karena gak banyak lekukan. Perasaan saya bawa CRV dan bawa Alphard lebih gampang bawa Alphard buat ngepasin bodinya pas parkir... moncongnya pendek dan belakangnya kotak aja gitu. Voxy seharusnya lebih gampang, Serena juga gampang banget. Saya pas bawa C24 malah ke desa-desa masuk ke rumah penduduk yang sempit. Gak susah.

cuma kebanyakan orang beratnya di image : pake roti tawar masa setir sendiri, atau kadang udah terintimidasi dulu liat mundur kacanya jauh bener. :mky_07: pdhl pake roti tawar kadang malah dikasi VIP parking space krn dianggep mobil mewah.
Ga om. selalu minum shell diesel yang anps nya. Ngurut 0-20 km nya berat. tapi di atas itu udah enak.

Haha harusnya si voxy lebih gampang, ukuran ga lebih besar dari anki saya liat2. tapi emang lebih panjang dr hrv. Haha, iya si kaya kemarin bawa almaz vs anps aja perlakuan tukang parkir juga beda.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 2:42
ibrahimlubis wrote: Fri Nov 15, 2019 6:01
nambahin aja, kaki2 mobil boxy ini bener2 gak bisa diprediksi.. even cbu jepang atau ckd.. saya pengalaman alphard cbu selama 6 tahun garage queen cuma jalan 30.000 km saja, tetap ada rattle di steering rack, dan sliding door.. temen punya freed, biante, sienta, rata2 masih ada rattle di sliding door..

voxy ini bener2 menggoda.. dengan harganya, dia dah pasti disenangi anak2 dan ibu.. sunroof, seatnya, material oke warna gelap, kabin flat anak2 bisa kesana-kesini.. dimensi juga masih oke, dia ramping, dan gak terlalu panjang..

kalau bener2 gak mau mikirin kaki2, steering rack, rattle sliding door.. dan worry gak mau ke bengkel 2-3 hari, atau mungkin istilahnya ganti oli dan isi ke spbu saja.. saran untuk ts mending anki saja.. mungkin bisa pertimbangkan yg venturer kalau mau fiturnya full..
taun lalu saya ngetes Vellfire 2018 gen 3 punya seorang member SM sini KM 2.000 juga keluhannya sama : rattle. masalahnya rattle di mobil harga semilyar itu lebih susah ditolerir daripada mobil harga 300 juta :mky_07: pemiliknya sampe misuh-misuh, baru kali ini orang punya mobil 1M malah dikata-katain :mky_07:
timbermaniac123 wrote: Fri Nov 15, 2019 7:21

Mungkin kali ya, tapi emang tarikan bawah anps berat mampus. Bawa almaz yang terkenal lemot aja feelnya jauh entengan almaz.

Memang si sebenernya paling ideal multi fungsi itu ya anki. kebetulan anak lagi bertumbuh dewasa, udah mulai masuk sekolah, jadi kepikiran manjain anak ama istri ambil mpv roti tawar. kalau ada 2 mobil si, saya udah pasti ambil voxy ga perlu pusing. tapi kalau cuma 1 mobil, masih mencari cerita pengalaman enaknya bawa mobil roti tawar sehari2. Hahaha
hmmm efek biosolar? krn seingat ane ANPS kok ga seberat itu yah, apa batch yang CKD beda. soalnya kata mbah bebonk setelan ECU dakar CKD beda ma CBU :e-think: dulu pengalaman gini di Grandis juga yang 2005 bawahnya berat mampus, yang 2008 enteng sampe bisa spin spin

Ngomongin mobil roti tawar si dari pengalaman orang yang pake pada gak jarang yang setir sendiri.

pengalaman ane bawa juga nggak se-heboh itu. bbrp kali bawa (Serena C24, Alphard gen 2, Vellfire gen 3, Elgrand E52 V6) nyetirnya lumayan friendly untuk dibawa sendiri. Justru saya ngerasa lebih secure bawa roti tawar daripada ladderframe SUV.

Badan boxy justru lebih gampang ngepasinnya pas parkir karena gak banyak lekukan. Perasaan saya bawa CRV dan bawa Alphard lebih gampang bawa Alphard buat ngepasin bodinya pas parkir... moncongnya pendek dan belakangnya kotak aja gitu. Voxy seharusnya lebih gampang, Serena juga gampang banget. Saya pas bawa C24 malah ke desa-desa masuk ke rumah penduduk yang sempit. Gak susah.

cuma kebanyakan orang beratnya di image : pake roti tawar masa setir sendiri, atau kadang udah terintimidasi dulu liat mundur kacanya jauh bener. :mky_07: pdhl pake roti tawar kadang malah dikasi VIP parking space krn dianggep mobil mewah.
Kayaknya yang versi ecu cbu dan ckd beda ada benarnya om. Saya tes drive anps 2016 unit td lumayan enteng bawahnya, datang unit 2018 akhir anps ultimate waduh bawahnya ngempos om beda sama unit td, anps dah diremap baru agak mendingan.
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by gwsecretc »

Saran untuk ts
1. Hrv menang di lincah om, untuk kenyamanan terutama bagi keluarga saya rasa kurang om, bantingan keras, belum lagi bonus suspensi berisik.
2. Anki diesel, saya pernah punya, nyaman om, cocok untuk harian dan keluarga. Suspensi ngayun, yah emang ngayun sih, tapi ga separah anps ataupun anf om.
3. Voxy, kayaknya paling nyaman ini deh om. Tapi kalo diajak nguli kayaknya lebih robust anki om kalau diliat dari basis mobilnya
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by FU27 »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 2:42
-Cut-


pengalaman ane bawa juga nggak se-heboh itu. bbrp kali bawa (Serena C24, Alphard gen 2, Vellfire gen 3, Elgrand E52 V6) nyetirnya lumayan friendly untuk dibawa sendiri. Justru saya ngerasa lebih secure bawa roti tawar daripada ladderframe SUV.

Badan boxy justru lebih gampang ngepasinnya pas parkir karena gak banyak lekukan. Perasaan saya bawa CRV dan bawa Alphard lebih gampang bawa Alphard buat ngepasin bodinya pas parkir... moncongnya pendek dan belakangnya kotak aja gitu. Voxy seharusnya lebih gampang, Serena juga gampang banget. Saya pas bawa C24 malah ke desa-desa masuk ke rumah penduduk yang sempit. Gak susah.

cuma kebanyakan orang beratnya di image : pake roti tawar masa setir sendiri, atau kadang udah terintimidasi dulu liat mundur kacanya jauh bener. :mky_07: pdhl pake roti tawar kadang malah dikasi VIP parking space krn dianggep mobil mewah.
Setuju. Saya 6 tahun pakai granmax, buat manuver di jalan sempit lebih PD pakai granmax daripada brio. Bodynya lempeng aja sampe belakang. Gampang ngepasinnya. Kepala masuk, sampe belakang pasti aman.

Masalah sliding door rattle, itu biasanya gara2 setelannya ada yang kendor. Klo setelannya pas, selama pengunci masih bagus, ga akan rattle.
Memberbaruapril19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Memberbaruapril19 »

Coba deh hyundai kona... Pasti bakal ketagihan nyetirnya
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Koddy »

Mobil buat keluarga dan dipake 95% buat dalam kota, jelas ambil Voxy lah
Dah enak itu buat family.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Sun Nov 17, 2019 4:01
Ga om. selalu minum shell diesel yang anps nya. Ngurut 0-20 km nya berat. tapi di atas itu udah enak.

Haha harusnya si voxy lebih gampang, ukuran ga lebih besar dari anki saya liat2. tapi emang lebih panjang dr hrv. Haha, iya si kaya kemarin bawa almaz vs anps aja perlakuan tukang parkir juga beda.
hmmm shell diesel si masih di bawah dex ya itu paling setara dexlite kualitasnya. mungkin emang setelan ECU.
gwsecretc wrote: Sun Nov 17, 2019 5:52
Kayaknya yang versi ecu cbu dan ckd beda ada benarnya om. Saya tes drive anps 2016 unit td lumayan enteng bawahnya, datang unit 2018 akhir anps ultimate waduh bawahnya ngempos om beda sama unit td, anps dah diremap baru agak mendingan.
hoo bener berarti kata mbah bebonk output mesinnya yang CKD emang dikurangin. mitsu sering gini kayaknya xpander 2019 saya juga rasanya beda ma yang 2017 awal, klo kata mbah bebonk ecu nya beda jg.
FU27 wrote: Sun Nov 17, 2019 6:11 Setuju. Saya 6 tahun pakai granmax, buat manuver di jalan sempit lebih PD pakai granmax daripada brio. Bodynya lempeng aja sampe belakang. Gampang ngepasinnya. Kepala masuk, sampe belakang pasti aman.

Masalah sliding door rattle, itu biasanya gara2 setelannya ada yang kendor. Klo setelannya pas, selama pengunci masih bagus, ga akan rattle.
iya orang udah takut duluan kadang liat badannya mobil gini besar pdhl bawanya enak enak aja :mky_07:

dulu pernah bawa L300 minibus karoserian isi 14 orang non PS mundur ya kacanya keliatan jauh tapi modal liat spion masukin dan ngelurusin juga gampang. saya malah ngerasa pake mobil kotak panjang parkir lurus itu lebih gampang drpd citycar.

jadi gak heran kenapa supir bus ama truk kalo ambil ancang-ancang itu pede banget nyalip ampe mepet pun dijabanin :mky_07: lah sekujur badan kotak lempeng aja gak ada lekuk lekuknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Mon Nov 18, 2019 3:29
FU27 wrote: Sun Nov 17, 2019 6:11 Setuju. Saya 6 tahun pakai granmax, buat manuver di jalan sempit lebih PD pakai granmax daripada brio. Bodynya lempeng aja sampe belakang. Gampang ngepasinnya. Kepala masuk, sampe belakang pasti aman.

Masalah sliding door rattle, itu biasanya gara2 setelannya ada yang kendor. Klo setelannya pas, selama pengunci masih bagus, ga akan rattle.
iya orang udah takut duluan kadang liat badannya mobil gini besar pdhl bawanya enak enak aja :mky_07:

dulu pernah bawa L300 minibus karoserian isi 14 orang non PS mundur ya kacanya keliatan jauh tapi modal liat spion masukin dan ngelurusin juga gampang. saya malah ngerasa pake mobil kotak panjang parkir lurus itu lebih gampang drpd citycar.

jadi gak heran kenapa supir bus ama truk kalo ambil ancang-ancang itu pede banget nyalip ampe mepet pun dijabanin :mky_07: lah sekujur badan kotak lempeng aja gak ada lekuk lekuknya.
BTW Itu lokasi spion kiri L300 yg nongol ke depan ternyata juga membantu ya. Bisa jd patokan buat mepetin depan mobil kalo lg parkir.

Posisi spion gitu juga aman mau penumpang kaki nya naik dashboard jg ngga akan nutupin
:wkkk:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
paparay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Jul 07, 2017 3:35

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by paparay »

pilotgaruda wrote: Sat Nov 16, 2019 0:52 ipahnya gimana oom? ambil yg desel/bensin? memuaskan? boleh di share ceritanya
Ambil diesel dan tidak menyesal.
Untuk suspensi, innova diesel memang lebih ngayun daripada bensin. Daaaan.... istri mabuk pada perjalanan pertama keluar kota :big_comfort:
Pulang trip, langsung ganti shock absorber depan belakang pake Amada dan masalah selesai.
Kecepatan jelajah biasanya di 100-120 kpj, kadang di 140an kalo lagi bosen, dan anak istri masih tidur pules di jok paling belakang :mky_08:
paparay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Jul 07, 2017 3:35

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by paparay »

timbermaniac123 wrote: Sun Nov 17, 2019 4:01
nah loh, baru kali ini saya ada yg denger enakan duduk di anki dibanding voxy.
Ya itu Oom, awalnya juga sangsi dengan komentar iatri sampai akhirnya ngerasain duduk di kursi tengah voxy untuk trip singkat sekitar 45 menitan di dalam kota. Rasanya seperti ukuran kursinya lebih kecil dari yang seharusnya.
Oom coba saja deh duduk agak lamaan, kalo ternyata enak berarti kursinya cocok dengan badan Oom.
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

sapi12 wrote: Fri Nov 15, 2019 6:59 Klo sy menyoroti soal rattle saja yaa...
Klo pake voxy harus siap rattle, terutama dr dashboard. Voxy temen baru 5000 km udah rattle. anki g sy smp 40 rb km blum rattle 😬
Dashboard kiri saya juga rattle setelah pake +/- 3 bulan :frm_bang_head:
sapi12
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sat Aug 24, 2019 9:49
Location: Jawa
Daily Vehicle: Rush

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by sapi12 »

paparay wrote: Mon Nov 18, 2019 14:27
Ambil diesel dan tidak menyesal.
Untuk suspensi, innova diesel memang lebih ngayun daripada bensin. Daaaan.... istri mabuk pada perjalanan pertama keluar kota :big_comfort:
Pulang trip, langsung ganti shock absorber depan belakang pake Amada dan masalah selesai.
Kecepatan jelajah biasanya di 100-120 kpj, kadang di 140an kalo lagi bosen, dan anak istri masih tidur pules di jok paling belakang :mky_08:
Amada yg mana om? Yg extreme warna putih itu atau yang mana?
Iriawans wrote: Tue Nov 19, 2019 0:19
Dashboard kiri saya juga rattle setelah pake +/- 3 bulan :frm_bang_head:
Gapapa om.. kakaknya aja juga rattle kok hihihi
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Frenzyking »

Xpander Ultimate, bannya diganti Ban Michelin Primacy tambahin peredam full body bila perlu. Lebih murah mobilnya lebih irit PKBnya dan biaya maintenisnya karna mesin 1.5 NA 😁
paparay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Jul 07, 2017 3:35

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by paparay »

sapi12 wrote: Tue Nov 19, 2019 2:51
Amada yg mana om? Yg extreme warna putih itu atau yang mana?
Warna putih
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ChZ »

paparay wrote: Mon Nov 18, 2019 15:10
timbermaniac123 wrote: Sun Nov 17, 2019 4:01
nah loh, baru kali ini saya ada yg denger enakan duduk di anki dibanding voxy.
Ya itu Oom, awalnya juga sangsi dengan komentar iatri sampai akhirnya ngerasain duduk di kursi tengah voxy untuk trip singkat sekitar 45 menitan di dalam kota. Rasanya seperti ukuran kursinya lebih kecil dari yang seharusnya.
Oom coba saja deh duduk agak lamaan, kalo ternyata enak berarti kursinya cocok dengan badan Oom.
saya juga ngerasain pertama duduk di kursi tengah voxy kok rasanya kursinya kecil sekali... :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Tue Nov 19, 2019 4:03
saya juga ngerasain pertama duduk di kursi tengah voxy kok rasanya kursinya kecil sekali... :mky_05:
Iya emang kecil kok. Buat postur ogut 180cm/95kg sih masih terasa lebih lega captain seat nya Venturer.

Pernah juga coba duduk di serena C27 sih juga berasa agak kecil itu captain seat nya. Cuma masih agak menopang badan dibanding voxy kalo ngga salah inget
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15654
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Tue Nov 19, 2019 4:39
ChZ wrote: Tue Nov 19, 2019 4:03
saya juga ngerasain pertama duduk di kursi tengah voxy kok rasanya kursinya kecil sekali... :mky_05:
Iya emang kecil kok. Buat postur ogut 180cm/95kg sih masih terasa lebih lega captain seat nya Venturer.

Pernah juga coba duduk di serena C27 sih juga berasa agak kecil itu captain seat nya. Cuma masih agak menopang badan dibanding voxy kalo ngga salah inget
terutama armrestnya itu cuma separo tangan ane rasanya :mky_07: ane pikir ini roti tawar kok imut bener armrestnya :mky_07: beda ama mazda8 yang armrestnya segede bogem
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

sapi12 wrote: Tue Nov 19, 2019 2:51
paparay wrote: Mon Nov 18, 2019 14:27
Ambil diesel dan tidak menyesal.
Untuk suspensi, innova diesel memang lebih ngayun daripada bensin. Daaaan.... istri mabuk pada perjalanan pertama keluar kota :big_comfort:
Pulang trip, langsung ganti shock absorber depan belakang pake Amada dan masalah selesai.
Kecepatan jelajah biasanya di 100-120 kpj, kadang di 140an kalo lagi bosen, dan anak istri masih tidur pules di jok paling belakang :mky_08:
Amada yg mana om? Yg extreme warna putih itu atau yang mana?
Iriawans wrote: Tue Nov 19, 2019 0:19
Dashboard kiri saya juga rattle setelah pake +/- 3 bulan :frm_bang_head:
Gapapa om.. kakaknya aja juga rattle kok hihihi
:mky_07: :mky_07:
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by dizco »

ANKI & ANPS saja

Urusan ngayun & limbung bisa upgrade kaki kaki
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by arsaerescool »

Iriawans wrote: Tue Nov 19, 2019 0:19
sapi12 wrote: Fri Nov 15, 2019 6:59 Klo sy menyoroti soal rattle saja yaa...
Klo pake voxy harus siap rattle, terutama dr dashboard. Voxy temen baru 5000 km udah rattle. anki g sy smp 40 rb km blum rattle 😬
Dashboard kiri saya juga rattle setelah pake +/- 3 bulan :frm_bang_head:
Om voxy nya bunyi ngga sliding door sebelah kiri ?
semacam kletek - kletek gitu
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

arsaerescool wrote: Wed Nov 20, 2019 12:34
Iriawans wrote: Tue Nov 19, 2019 0:19
sapi12 wrote: Fri Nov 15, 2019 6:59 Klo sy menyoroti soal rattle saja yaa...
Klo pake voxy harus siap rattle, terutama dr dashboard. Voxy temen baru 5000 km udah rattle. anki g sy smp 40 rb km blum rattle 😬
Dashboard kiri saya juga rattle setelah pake +/- 3 bulan :frm_bang_head:
Om voxy nya bunyi ngga sliding door sebelah kiri ?
semacam kletek - kletek gitu
Iya Om, kadang suka bunyi kalo pas lwt jalan kriting. Kalo di tol sih gak bunyi, Yg lbh ganggu rattle dashboard kiri, di tol aja bunyi :frm_bang_head:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Omnibus »

maklum mobil roti tawar kan monocoque n wheelbase nya panjang. apalagi yg narrow body torsion moment (twist) nya besar banyak komponen yg agak geser2 jd bunyi deh. bayangin belok patah sambil roda depan sebelah naik gundukan, paling parah keplintirnya.

yg sy tau serena c24 didalam ada pegangan tangan yg panjang dr tengah ke belakang itu utk improve torsional rigidity.
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

Omnibus wrote: Wed Nov 20, 2019 18:38 maklum mobil roti tawar kan monocoque n wheelbase nya panjang. apalagi yg narrow body torsion moment (twist) nya besar banyak komponen yg agak geser2 jd bunyi deh. bayangin belok patah sambil roda depan sebelah naik gundukan, paling parah keplintirnya.

yg sy tau serena c24 didalam ada pegangan tangan yg panjang dr tengah ke belakang itu utk improve torsional rigidity.
Tks infonya Om.

Voxy menurut saya suspensinya cukup keras kalo duduk ditengah, ditambah body monocoque kalo lewat jalan rusak suka gak tega denger suara dari kolong :e-doh:

Disisi lain ada perubahan positif buat saya sejak pake mobil boxy, kaki kanan jadi lebih sopan dan lebih sabar di jalan. Beda banget dibanding waktu pake Innova D4D AT, gaya nyetirnya kayak metromini hehehe :mky_01:

Diluar kekurangannya masih banyak kelebihannya dan secara overall puas; enak buat dibawa nyetir cruising, model keren, fitur safety lengkap, irit dan yg penting istri dan anak2 happy naik Voxy. :frm_tumbright:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Omnibus »

Iriawans wrote: Wed Nov 20, 2019 23:23
Tks infonya Om.

Voxy menurut saya suspensinya cukup keras kalo duduk ditengah, ditambah body monocoque kalo lewat jalan rusak suka gak tega denger suara dari kolong :e-doh:

Disisi lain ada perubahan positif buat saya sejak pake mobil boxy, kaki kanan jadi lebih sopan dan lebih sabar di jalan. Beda banget dibanding waktu pake Innova D4D AT, gaya nyetirnya kayak metromini hehehe :mky_01:

Diluar kekurangannya masih banyak kelebihannya dan secara overall puas; enak buat dibawa nyetir cruising, model keren, fitur safety lengkap, irit dan yg penting istri dan anak2 happy naik Voxy. :frm_tumbright:
iya memang beda rasanya dibanding mpv ladder ada plus minusnya ya

jd ceritanya waktu itu sy lg ke aston marina di ancol. pake c26. lobby nya itu naik dan sambil belok. kl yg pernah pasti tau deh, itu ditinggiin mungkin spy ga kebanjiran. saya pelan bgt trus bodi mobil mulai keluar suara tek tek tek.... terakhir sroott dan berenti. apa itu, pas keluar ban belakang kiri udah ngesrot ke atas rumah roda... wkwkwkwk. akhirnya sy mundur lagi suruh org2 naiknya dibawah aja deh.

yah nyetir roti tawar hrs jgn kaya aborijin kl bodi ga mau bunyi2.