Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed Feb 01, 2017 15:23
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Paling kuat ya fwd (coba liat kereta batu bara fwd apa rwd)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
- Location: pekanbaru
- Daily Vehicle: Livina Xgear
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
narik sama dorong ga ada bedanya omjivos wrote: Mon Apr 29, 2019 5:08 klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek
kita test buat suruh naik uphill..
mana yg bs merayap naik lbh tinggi?
yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip
klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Ya beda dong Om, yg satu ditarik yang satu didorongririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:03narik sama dorong ga ada bedanya omjivos wrote: Mon Apr 29, 2019 5:08 klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek
kita test buat suruh naik uphill..
mana yg bs merayap naik lbh tinggi?
yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip
klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".

Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Om belom pernah ngeliat kereta yang pas lg nanjak lokomotifnya ngedorong dr belakang ya?
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
- Location: pekanbaru
- Daily Vehicle: Livina Xgear
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu omevanbngdor wrote: Tue Nov 05, 2019 3:24Ya beda dong Om, yg satu ditarik yang satu didorongririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:03narik sama dorong ga ada bedanya omjivos wrote: Mon Apr 29, 2019 5:08 klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek
kita test buat suruh naik uphill..
mana yg bs merayap naik lbh tinggi?
yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip
klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".
![]()
Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Secara teori sih setuju. Hukum Fisika itu, selama massa, gaya gesek dan gravitasi sama ya pasti energi yang dibutuhkan ya sama.ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 4:00Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu omevanbngdor wrote: Tue Nov 05, 2019 3:24
Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
![]()
Tp coba itu dipraktekin dulu aja Om. Narik gerobak sama dorong gerobak pas jalanan nanjak terasa lebih mudah mana

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Saya biasa angkut pasir, bata, batu, tanah pake gerobak saat menanjak gak kuat dorong tangan saya, pasti saya tarik, kadang nariknya mundur lebih kuat (tanpa ancang2), nggak tahu ini hukum apa
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Kalo menurutkuevanbngdor wrote:Secara teori sih setuju. Hukum Fisika itu, selama massa, gaya gesek dan gravitasi sama ya pasti energi yang dibutuhkan ya sama.ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 4:00Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu omevanbngdor wrote: Tue Nov 05, 2019 3:24
Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
![]()
Tp coba itu dipraktekin dulu aja Om. Narik gerobak sama dorong gerobak pas jalanan nanjak terasa lebih mudah mana
Selama gaya gesek, grafitasi dan tenaga untuk narik/dorong sama
Maka pasti sama aja
Namun kalo pas nanjak, otomatis titik berat kendaraan pasti geser mundur
Roda paling deket dengan titik berat kendaraan akan menerima tekanan kendaraan paling besar
Jd otomatis tekanan roda depan berkurang
Dan tekanan roda belakang bertambah
Gaya gesek berbanding lurus ama tekanan
Semakin besar tekanan maka semakin gede gaya gesek
Jd kalo nanjak otomatis penggerak belakang lebih enak
Last edited by Bayuright on Tue Nov 05, 2019 4:22, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Widiw.. udah mulai pakai hukum alam nih..ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 4:00
Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu om
Baiklah..
Pengen tahu, point2 apa aja yg mempengaruhi gaya dorong keatas.. newbie ikutan nyimak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
ga bisa dibandingin
Rata2 torsi mesin mobil yang diperbandingkan tidak sama
lebar ban beda
ratio transmisi sama gir differensial beda
bobot beda
Ujung2 nya power transmit to the ground pasti beda (bahkan belum mempertimbangkan faktor pindahnya center of gravity)
sedangkan untuk masalah traction saat tanjakan semua detail diatas masuk itungan rumus.
susah dong bandingin apel sama jeruk
Rata2 torsi mesin mobil yang diperbandingkan tidak sama
lebar ban beda
ratio transmisi sama gir differensial beda
bobot beda
Ujung2 nya power transmit to the ground pasti beda (bahkan belum mempertimbangkan faktor pindahnya center of gravity)
sedangkan untuk masalah traction saat tanjakan semua detail diatas masuk itungan rumus.
susah dong bandingin apel sama jeruk

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
mungkin posisi seperti kaki, tangan, badan dan titik tumpuan juga berpengaruh pada kemudahan memindahkan beban.evanbngdor wrote: Tue Nov 05, 2019 4:08Secara teori sih setuju. Hukum Fisika itu, selama massa, gaya gesek dan gravitasi sama ya pasti energi yang dibutuhkan ya sama.ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 4:00Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu omevanbngdor wrote: Tue Nov 05, 2019 3:24
Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
![]()
Tp coba itu dipraktekin dulu aja Om. Narik gerobak sama dorong gerobak pas jalanan nanjak terasa lebih mudah mana
![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Nah ini penjelasan mengenai teori fisika nya sistematis&jelas hahaBayuright wrote: Tue Nov 05, 2019 4:22 Selama gaya gesek, grafitasi dan tenaga untuk narik/dorong sama
Maka pasti sama aja
Namun kalo pas nanjak, otomatis titik berat kendaraan pasti geser mundur
Roda paling deket dengan titik berat kendaraan akan menerima tekanan kendaraan paling besar
Jd otomatis tekanan roda depan berkurang
Dan tekanan roda belakang bertambah
Gaya gesek berbanding lurus ama tekanan
Semakin besar tekanan maka semakin gede gaya gesek
Jd kalo nanjak otomatis penggerak belakang lebih enak
Begitu pula sebaliknya, kalau nanjak mundur, titik berat pindah ke depan mobil. Otomatis daya tekanan roda belakang berkurang, yang bisa mengakibatkan traksi kurang
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Point utamanya nanjak FWD & RWD itu emang masalah traksi.. Sebesar apapun tenaga dan torsi yang mampu dihasilkan mesin, kalau ga ada traksi ke tanah ya percuma.. Prinsip yang sama juga berlaku di offroad walaupun pake 4x4, kalau ga ada traksi ya percuma tenaga mobil..
Seandainya bobot sama, memang gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan bakal sama, ga peduli didorong atau ditarik.. Masalahnya bisa gak menyalurkan gaya itu ke permukaan..
Kalo posisi nanjak, bobot kendaraan geser kebelakang, dan akan menekan suspensi belakang, sementara suspensi depan bobot berkurang jadi traksi juga berkurang..
Seandainya bobot sama, memang gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan bakal sama, ga peduli didorong atau ditarik.. Masalahnya bisa gak menyalurkan gaya itu ke permukaan..
Kalo posisi nanjak, bobot kendaraan geser kebelakang, dan akan menekan suspensi belakang, sementara suspensi depan bobot berkurang jadi traksi juga berkurang..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Selama masih ada aspal, ga bakal berasa beda kok Mau fwd atau rwd
Dlm kehidupan sehari2 saya yang tinggal di daerah perbukitan, mau pakai evalia, luxio, ertiga atau gnki sama sama bisa nanjak kok gada masalah
Saat jalur non aspal, pernah juga gnki saya selip saat nanjak gegara kehilangan momentum ditengah tanjakan. Padahal isi 4 org dewasa. Akhirnya mundur sampe dapat pijakan aspal..perlahan nanjak lagi..
Kalo udah jalur non aspal, ya lebih baik lihat kondisi jalannya dan sadar diri atas kemampuan nyetir & kemampuan mobilnya aja..dah ga jaman ngeributin fwd ga bisa nanjak, rwd lebih baik

Dlm kehidupan sehari2 saya yang tinggal di daerah perbukitan, mau pakai evalia, luxio, ertiga atau gnki sama sama bisa nanjak kok gada masalah
![Have A Nice day [emo-have-a-nice-day]](./images/smilies/2017-niceday.gif)

Saat jalur non aspal, pernah juga gnki saya selip saat nanjak gegara kehilangan momentum ditengah tanjakan. Padahal isi 4 org dewasa. Akhirnya mundur sampe dapat pijakan aspal..perlahan nanjak lagi..
Kalo udah jalur non aspal, ya lebih baik lihat kondisi jalannya dan sadar diri atas kemampuan nyetir & kemampuan mobilnya aja..dah ga jaman ngeributin fwd ga bisa nanjak, rwd lebih baik
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Kereta itu lokomotif di depan (single locomotive) karena antara gerbong itu ikatannya elastis.evanbngdor wrote:Om belom pernah ngeliat kereta yang pas lg nanjak lokomotifnya ngedorong dr belakang ya?
kalau loko ditaruh di belakang utk mendorong gerbong maka gerbongnya nanti bisa bengkok bengkok (susah lurus).
kalau diseret maka itu rencengan pasti lurus
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Memang sebagai pengguna kita mestinya memahami karakter tiap kendaraan yang dibawa.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Ini physics ya... dan sangat sederhana sebenernya. yang membuat kompleks adalah kondisinya di elevasi (ada sudut kemiringan).
waktu nanjak, titik berat akan otomatis pindah ke belakang gak peduli itu mobil FWD/RWD. Nah, masalah disini adalah : traksi.
Tidak peduli itu FWD atau RWD, kalo titik beratnya bergeser ya salah satu roda akan kehilangan grip. Sialnya disini FWD akan cenderung lebih selip karena roda penggerak di depan. Load mobil juga di belakang mau mobil penumpang sampe truk tronton juga sama muatannya di belakang. Makanya muncul mitos RWD lebih setrong.
Sebenernya bukan lebih setrong, karena desain mobil generik kalo ngomongin load itu lebih menguntungkan mobil RWD
ban belakang pasti dapet traksi tambahan di mobil RWD. dalam hal ini RWD juga untung karena dapat tekanan lebih dari gaya gravitasi.
yang terjadi juga sebaliknya di mobil RWD waktu mundur di tanjakan kok. Di toko saya mobil pikap itu susah naik ke halaman toko kalo gak pake ancang-ancang krn ada tanjakannya, padahal tanjakannya gak curam. Meski itu L300 yang bermesin diesel sekalipun.
Sementara beberapa sedan tua FWD mundur ke toko sangat gampang tanpa harus ancang-ancang. ya sekali lagi, dalam kondisi ini mobil FWD justru lebih diuntungkan waktu mundur. Traksinya lebih kuat ke ban depan. Gravitasinya juga otomatis menekan ke ban depan.
Nah tapi ya susah kita cari perbandingan yang apple to apple krn di indonesia tidak ada mobil dengan penggerak FWD-RWD yang speknya sama persis.
LMPV ? Avanza vs Ertiga/Livina/Xpander ? Gak bisa, power mungkin sama, bobot dan final gearnya beda. Kita makin susah ngomong lagi kalo final gear sudah dimasukkan. Krn rata-rata mobil SUV / MPV RWD memang final gearnya lebih didesain untuk medan berat. Jadi mau cari bandingan yang apple to apple ya susah.
Lha ane dulu pake avanza 3NR 4AT 1300cc skrg ganti xpander yang 1500cc, di tanjakan yang sama lebih kuat avanza memang, tapi waktu di tol liat RPM pas jalan konstan ya terang aja kuat avanza final gearnya begini... lebih ringan avanza sekitar 100kg lagi.
waktu nanjak, titik berat akan otomatis pindah ke belakang gak peduli itu mobil FWD/RWD. Nah, masalah disini adalah : traksi.
Tidak peduli itu FWD atau RWD, kalo titik beratnya bergeser ya salah satu roda akan kehilangan grip. Sialnya disini FWD akan cenderung lebih selip karena roda penggerak di depan. Load mobil juga di belakang mau mobil penumpang sampe truk tronton juga sama muatannya di belakang. Makanya muncul mitos RWD lebih setrong.
Sebenernya bukan lebih setrong, karena desain mobil generik kalo ngomongin load itu lebih menguntungkan mobil RWD

yang terjadi juga sebaliknya di mobil RWD waktu mundur di tanjakan kok. Di toko saya mobil pikap itu susah naik ke halaman toko kalo gak pake ancang-ancang krn ada tanjakannya, padahal tanjakannya gak curam. Meski itu L300 yang bermesin diesel sekalipun.
Sementara beberapa sedan tua FWD mundur ke toko sangat gampang tanpa harus ancang-ancang. ya sekali lagi, dalam kondisi ini mobil FWD justru lebih diuntungkan waktu mundur. Traksinya lebih kuat ke ban depan. Gravitasinya juga otomatis menekan ke ban depan.
Nah tapi ya susah kita cari perbandingan yang apple to apple krn di indonesia tidak ada mobil dengan penggerak FWD-RWD yang speknya sama persis.
LMPV ? Avanza vs Ertiga/Livina/Xpander ? Gak bisa, power mungkin sama, bobot dan final gearnya beda. Kita makin susah ngomong lagi kalo final gear sudah dimasukkan. Krn rata-rata mobil SUV / MPV RWD memang final gearnya lebih didesain untuk medan berat. Jadi mau cari bandingan yang apple to apple ya susah.
Lha ane dulu pake avanza 3NR 4AT 1300cc skrg ganti xpander yang 1500cc, di tanjakan yang sama lebih kuat avanza memang, tapi waktu di tol liat RPM pas jalan konstan ya terang aja kuat avanza final gearnya begini... lebih ringan avanza sekitar 100kg lagi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Saya mengerti, tentu saja seorang yang tidak menyukai sesuatu berbau Fisika dan tidak paham mengenai kendaraan bisa saja menanyakan hal seperti judul thread ini.
Tapi tentu saja pertanyaan tersebut tidak dapat menahan saya untuk sekedar tersenyum.
Mungkin orang mekanik kenal istilah Static Load, Dynamic Load, traction surface area,
Bandingkannya sebenarnya juga mudah, sekarang kan teknologi camera 360 dah canggih.
Coba aja nanjak pertama maju kemudian coba nanjak mundur, udah langsung ketahuan bedanya.
Apakah saya pernah mencoba? Yes
Pakai Avanza 1.3 RWD. Tanjakan ketempat parkir cuma 5 meter tapi cukup memberi gambaran, kalau saya parkir maju, sekali jadi. Begitu mundur, butuh ancang2 dan berkali2.
Tapi tentu saja pertanyaan tersebut tidak dapat menahan saya untuk sekedar tersenyum.

Mungkin orang mekanik kenal istilah Static Load, Dynamic Load, traction surface area,
Bandingkannya sebenarnya juga mudah, sekarang kan teknologi camera 360 dah canggih.
Coba aja nanjak pertama maju kemudian coba nanjak mundur, udah langsung ketahuan bedanya.
Apakah saya pernah mencoba? Yes
Pakai Avanza 1.3 RWD. Tanjakan ketempat parkir cuma 5 meter tapi cukup memberi gambaran, kalau saya parkir maju, sekali jadi. Begitu mundur, butuh ancang2 dan berkali2.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
ginting wrote: Fri Nov 15, 2019 12:18Kereta itu lokomotif di depan (single locomotive) karena antara gerbong itu ikatannya elastis.evanbngdor wrote:Om belom pernah ngeliat kereta yang pas lg nanjak lokomotifnya ngedorong dr belakang ya?
kalau loko ditaruh di belakang utk mendorong gerbong maka gerbongnya nanti bisa bengkok bengkok (susah lurus).
kalau diseret maka itu rencengan pasti lurus
ada saat tertentu loko di belakang untuk dorong. bahkan ada rangkaian yang pakai 2 loko jika gerbong sangat banyak, 1 di depan untuk narik, 1 di belakang mendorong.
ada juga rangkaian yang kedua lokonya di belakang mendorong.
masalah ikatan antar gerbong, jangan hawatir bang, roda kereta di bagian dalam itu ada penahan yang nempel ke "head"-nya rel bagian dalam. itu yang menahan rangkaian tetap di jalurnya dan nggak mungkin blengkak blengkok rencengannya.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Yes, intinya ada pada traksi roda ketika titik berat bergeser ke belakang sehingga memungkinkan rwd (seperti) lebih superior di tanjakan. Di jalan aspal? Sama saja, di jalan non aspal mungkin rwd lebih superior.
Pun fakta di lapangan yg mengatakan Avanza lebih superior di tanjakan aspal dibanding Ertiga/Xpander/Livina salah satunya didukung gear ratio AvXen yang kasar. Ibaratnya di tanjakan yang sama gigi 2 jalan 40, Avanza sudah mendekati torsi maks 4000an rpm, LMPV FWD paling baru menyentuh 3000rpm sehingga secara teori Avanza lebih bertorsi. Makanya bagi beberapa orang awam yg mengatakan AvXen bisa nanjak pakai gigi 2, yang lain harus 1 kemungkinan belum paham konsep gear ratio. Tapi begitu masuk tol, beda cerita, LMPV FWD lebih kalem sedangkan AvXen udah teriak2 macam JAV.
Pun fakta di lapangan yg mengatakan Avanza lebih superior di tanjakan aspal dibanding Ertiga/Xpander/Livina salah satunya didukung gear ratio AvXen yang kasar. Ibaratnya di tanjakan yang sama gigi 2 jalan 40, Avanza sudah mendekati torsi maks 4000an rpm, LMPV FWD paling baru menyentuh 3000rpm sehingga secara teori Avanza lebih bertorsi. Makanya bagi beberapa orang awam yg mengatakan AvXen bisa nanjak pakai gigi 2, yang lain harus 1 kemungkinan belum paham konsep gear ratio. Tapi begitu masuk tol, beda cerita, LMPV FWD lebih kalem sedangkan AvXen udah teriak2 macam JAV.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Mau di compare gmn pun, ujung2nya:
Torque on wheel + traction...
Torque on wheel + traction...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
truk kontainer g ada yg kalo nanjak trus kepalanya di belakang...
ya ga praktikal juga hahaha
ya ga praktikal juga hahaha
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Setuju, ujung-ujungnya traksi ban
Krna saya prnah coba sendiri, nanjak di jalan gravel pakai Innova Reborn diesel. Roda belakang selip, baik maju maupun mundur. Kemiringan kira2 45derajat
Krna saya prnah coba sendiri, nanjak di jalan gravel pakai Innova Reborn diesel. Roda belakang selip, baik maju maupun mundur. Kemiringan kira2 45derajat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Setuju banget ompaidjho wrote:Mau di compare gmn pun, ujung2nya:
Torque on wheel + traction...
Biar rwd kalo ban botak sama aja hehe...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Perbandingan fwd dan rwd ini sudah lama dan basi menurut saya, sama seperti halnya monokok dan ladder frame, semua ada kelebihan dan kekurangannya gak perlu di perdebatkan, umpama saja mana yg lebih menguntungkan orang tinggi atau pendek 
