Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ipOi78 wrote:Om turbo mo nanya lagi nih kebetulan dalam waktu dekat mo ganti oli utk santafe dm diesel km pas tembus 100rb..
1. Dr km 60rb rutin pake amsoil maxduty 5w30, ganti oli plus filter setiap 10 -12rb km, so far cukup puas pake si max duty, akselarasi enteng dan penguapan sangat minim sekali..minusnya mesin agak kasar aja pas cold start and mahal .. Nah di km 100rb nanti ane rencana mo coba ganti merk nih om ke ptt 5w40 / schaefer 5w40 kira2 mana yg lbh cocok om utk interval 10rb km ? Oh ya spek manual book b4.. Apa cukup dgn ptt 10w30 agar lbh hemat ?
2. Sempat servis ac di doktermobil deket rumah dan ditawarkan cara ganti oli dengan mesin "cuci darah" dengan benefit biaa mengeluarkan sisa oli seluruhnya dr mesin mobil sampai ke oil pump.. Oli boleh bawa sendiri nanti kena charge biaya mesin aja.. Menurut om turboman cara seperti ini apakah *aman" dan berguna ga utk ganti oli mobil krn saya liat mereka menggunakan engine flush jg
Mohob pecerahannya, thx
loh udah cocok pake MaxDuty 5W30 knp mau pindah ke merek lain ?
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
Ini hasil lengkap pengujian oli 5W-30 yang dilakukan oleh youtuber Project Farm:
Overall Score:
Project Farm - Oil Scorecard.png
Antiwear:
Project Farm - AntiWear.png
Detergent & Dispersant:
Project Farm - Detergent-Dispersants.png
TBN:
Project Farm - TBN.png
Schaeffer's Supreme 5W-30 cuma ada diurutan 6.
Saking kuatnya kualitas 6 oli peringkat atas, 10 oli lainnya mencapai point di bawah nilai rata-rata.
Artinya hanya 37,5% yang di atas rata-rata & selebihnya 62,5% di bawah rata-rata dari 16 oli yang diuji.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra wrote:top 10-nya kelas bintang 5.
that's why klo ada yg flush-sale untuk oli Top 10 tsb / kasih harga di kisaran <150rb seliter, sikat langsung
Yoi
kalo baca2 BITOG juga konsumen di US banyak yg "discount hunter" juga
sama2 oli kelas Premium leh mana aja yg lagi diskon gede ya sikat
1. Innova bensin 2005 MT, kilometer sudah 130 ribu. Selama ini pakai TMO di BeRes. Awal bulan ini habis ganti paking head. Oli apa yang cocok?
2. Kijang kapsul diesel 2002 MT, kilometer sudah 440 ribu. Tiap service selalu ganti semua filter. Oli apa yang cocok?
3. PTT Performa 5W30 dengan Adnoc Voyager Gold 5W30, bagus mana om?
1. Innova bensin 2005 MT, kilometer sudah 130 ribu. Selama ini pakai TMO di BeRes. Awal bulan ini habis ganti paking head. Oli apa yang cocok?
2. Kijang kapsul diesel 2002 MT, kilometer sudah 440 ribu. Tiap service selalu ganti semua filter. Oli apa yang cocok?
3. PTT Performa 5W30 dengan Adnoc Voyager Gold 5W30, bagus mana om?
Matur nuwun om.
1. Use 5W30 / 10W30 API SN
2 10W40 / 15W40 API CH-4 / CI-4
Saya lagi test PTT 15W40 CH4 di 2L mayan sih, tarikan mayan oke lah utk kelas 15W40, suara mesin alus & harga murah banget
ipOi78 wrote:Om turbo mo nanya lagi nih kebetulan dalam waktu dekat mo ganti oli utk santafe dm diesel km pas tembus 100rb..
1. Dr km 60rb rutin pake amsoil maxduty 5w30, ganti oli plus filter setiap 10 -12rb km, so far cukup puas pake si max duty, akselarasi enteng dan penguapan sangat minim sekali..minusnya mesin agak kasar aja pas cold start and mahal .. Nah di km 100rb nanti ane rencana mo coba ganti merk nih om ke ptt 5w40 / schaefer 5w40 kira2 mana yg lbh cocok om utk interval 10rb km ? Oh ya spek manual book b4.. Apa cukup dgn ptt 10w30 agar lbh hemat ?
2. Sempat servis ac di doktermobil deket rumah dan ditawarkan cara ganti oli dengan mesin "cuci darah" dengan benefit biaa mengeluarkan sisa oli seluruhnya dr mesin mobil sampai ke oil pump.. Oli boleh bawa sendiri nanti kena charge biaya mesin aja.. Menurut om turboman cara seperti ini apakah *aman" dan berguna ga utk ganti oli mobil krn saya liat mereka menggunakan engine flush jg
Mohob pecerahannya, thx
loh udah cocok pake MaxDuty 5W30 knp mau pindah ke merek lain ?
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?
asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km
Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja
udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
ipOi78 wrote:
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?
asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km
Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja
udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
kayak gini" ini nih, yg bikin sy pribadi masih galau mau coba ams tipe bintang 5, biar dikata diskon besar2an juga.
krn klo dah naik kelas, susah turun biasanya
hahah
salah 1 cara kalo mau turun kasta =
Oli Keraton hajar sampe 15.000 km / lebih or sampe kerasa gak enak
asal Fil oli ganti di 10.000 km / durasi gak lebih dr 12 bulan
udah itu ganti oli walau turun kasta, oli baru terasa enak
1. Innova bensin 2005 MT, kilometer sudah 130 ribu. Selama ini pakai TMO di BeRes. Awal bulan ini habis ganti paking head. Oli apa yang cocok?
2. Kijang kapsul diesel 2002 MT, kilometer sudah 440 ribu. Tiap service selalu ganti semua filter. Oli apa yang cocok?
3. PTT Performa 5W30 dengan Adnoc Voyager Gold 5W30, bagus mana om?
Matur nuwun om.
1. Use 5W30 / 10W30 API SN
2 10W40 / 15W40 API CH-4 / CI-4
Saya lagi test PTT 15W40 CH4 di 2L mayan sih, tarikan mayan oke lah utk kelas 15W40, suara mesin alus & harga murah banget
3. Wah nda paham, dicoba aja
Nomor 2 baru mau cobain M1 Delvac MX om.
Nomor 3 sudah saya lihat datasheet dari kedua produk, Adnoc lebih lengkap sertifikasi/standarnya walaupun sama2 sudah ACEA A5/B5. Pengaruhnya apa om?
Turboman wrote: Tue Oct 29, 2019 16:32
loh udah cocok pake MaxDuty 5W30 knp mau pindah ke merek lain ?
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?
asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km
Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja
udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
Hahaha... Siaaap om turbo jd ane tetep setia ama dah ama si max duty 5w30 aman yah pake 15rb km? Normally 10rb km sekitar 6 bln lebih dapet.. 15rb dalam setahun pasti dapet... Emang sy perhatikan pas km 8-9rb mobil masih enak tambah enteng dan irit malah saya berasanya santi sy std aja blm remap dll, cuman ganti dp aja biar agak plong an tarikan bawahnya..
And satu lagi nih om turbo.. Ganti oli "cuci darah" ala dokt*rmobil recomend ga om?
ipOi78 wrote:
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?
asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km
Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja
udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
Hahaha... Siaaap om turbo jd ane tetep setia ama dah ama si max duty 5w30 aman yah pake 15rb km? Normally 10rb km sekitar 6 bln lebih dapet.. 15rb dalam setahun pasti dapet... Emang sy perhatikan pas km 8-9rb mobil masih enak tambah enteng dan irit malah saya berasanya santi sy std aja blm remap dll, cuman ganti dp aja biar agak plong an tarikan bawahnya..
And satu lagi nih om turbo.. Ganti oli "cuci darah" ala dokt*rmobil recomend ga om?
Ganti oli cukup flush dgn tuang oli 10W30 murah saat oli lama tinggal netes2
Saat nanti mobil2 EV merajalela, mungkin kita gak akan dengar lagi oli API SN / SP etc
Nanti kita akan terbiasa dgn Standard Gear oil spt mesin2 industri
Khusus utk EV cars yg performa gila2, idealnya pakai Gear Oil berbahan PAO - P Alpha Olef / Poly Alkene Glycol ....ini gak bisa ditawar lagi harusnya, karena Gear Box 1 speed nya akan sgt panas & idealnya juga ada Gear oil Cooler
Mungkin nantinya yg akan turut bermain di pasar =
- KLUBER
- ANDEROL
- LE
dll
selain dr persh3 minyak raksasa yg kita kenal (Mobil dgn SHC Gear oil dll)
Konon TESLA menggunakqn oli ATF DEXRON 6 utk Gearbox nya, yg mana sebetulnya bisa kita subsitusi dgn Gear Oil ISO 32 - Full Syn
Nantinya kita akan terbiasa mendengar std
- FZG rating
- Micro Cincinnati
- SIEMENS FLENDER
- ISO
keterangan "Anti Micropitting " dll
dll
Salam masa depan
917EicyZkjL._SY445_.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Tenang..
EV sekelas tesla udah mikirin cooling systemnya untuk mendinginkan:
- Batre
- ECU
- Computer unit
- Charger - DC converter
- Differential & reduction gear oil (ada oil filternya)
- dsb
Rumit dan keren,
jd coolant ini berperan penting sekali untuk mendinginkan system EV ketika dipush sampai ke max
yg penting gear oilnya sesuai std pabrik, bebas sludge, anti feeeze, dan pada dasarnya hrs bisa untuk heat exchanger + fatigue & wear protection dgn baik ketika digeber sampai max speed.
& panasnya gak akan sepanas oli mesin kan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lha sama saja. oli untuk melumasi mesin (ice) dan grease untuk gear2 (ev). btw oli bisa menempuh jarak hingga 10 ribu km. kalo grease2 ini bisa gak ya jarak segitu..??
iwing wrote:lha sama saja. oli untuk melumasi mesin (ice) dan grease untuk gear2 (ev). btw oli bisa menempuh jarak hingga 10 ribu km. kalo grease2 ini bisa gak ya jarak segitu..??
Bukan oli mesin, tapi Gear oil utl single speed reduction Gear nya
Suryaputra wrote:Tenang..
EV sekelas tesla udah mikirin cooling systemnya untuk mendinginkan:
- Batre
- ECU
- Computer unit
- Charger - DC converter
- Differential & reduction gear oil (ada oil filternya)
- dsb
Rumit dan keren,
jd coolant ini berperan penting sekali untuk mendinginkan system EV ketika dipush sampai ke max
yg penting gear oilnya sesuai std pabrik, bebas sludge, anti feeeze, dan pada dasarnya hrs bisa untuk heat exchanger + fatigue & wear protection dgn baik ketika digeber sampai max speed.
& panasnya gak akan sepanas oli mesin kan.
Kalo saya pribadi punya Tesla ya saya masukkin Gear Oil Full Synth dgn kekentalan yg sesuai
saya belajar dr mesin2 industri yg gak sediiit minta Gear Oil Full Synth dan sifatnya mandatory