Knalpot ber-air saat pagi, kenapa ya !?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
Knalpot ber-air saat pagi, kenapa ya !?
gua barusan ke tukang knalpot karena udah gak tahan suara mobil gua yg kayak metromini ........ sember .... rrrrrrrrrbb bb bb b ....rrrrrrr !
lucunya .... tukang knalpot langsung memfonis : " neh mobil jarang dipake ya pak !?", dan langsung gua iyakan karena memang demikian.
Si tukang bilang jika mobil jarang dipakai malah bikin knalpot cepat jebol, terutama tabung2nya ( muffler & silencer). penyebabnya adalah karena adanya air yg ngendon di muffler, trus bereaksi dg dinding muffler hingga terjadi karat.
Laen halnya jika mobil sering dipake, air yg ada di muffler akan beruap karena panas dan terdorong keluar, paling tidak ..... proses pengkaratan agak tertunda.
Pertanyaan gua, logikanya gimana ya hingga ada air yg ngendon di muffler ? kondensasi udara di dalam knalpot saat malam hari ? tapi koq bisa cukup banyak ? coba deh di geber saat pagi hari ! ..... pasti akan netes banyak dari ujung knalpot !
lucunya .... tukang knalpot langsung memfonis : " neh mobil jarang dipake ya pak !?", dan langsung gua iyakan karena memang demikian.
Si tukang bilang jika mobil jarang dipakai malah bikin knalpot cepat jebol, terutama tabung2nya ( muffler & silencer). penyebabnya adalah karena adanya air yg ngendon di muffler, trus bereaksi dg dinding muffler hingga terjadi karat.
Laen halnya jika mobil sering dipake, air yg ada di muffler akan beruap karena panas dan terdorong keluar, paling tidak ..... proses pengkaratan agak tertunda.
Pertanyaan gua, logikanya gimana ya hingga ada air yg ngendon di muffler ? kondensasi udara di dalam knalpot saat malam hari ? tapi koq bisa cukup banyak ? coba deh di geber saat pagi hari ! ..... pasti akan netes banyak dari ujung knalpot !
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Dec 19, 2003 17:25
setau gua,justru proses pembakaran yang baik itu menghasilkan air.
bensin itu dibakar dengan oksigen kan?persamaannnya :
CxHy(bensin) + O2 + N2 ---> CO2 + CO + NOx + HC + H2O(air)
ini alasan mengapa ada air di knalpot.memang air bakal paling banyak pas pagi hari,ga tau juga sih kenapa
tapi kalo menurut gua gara-gara suhu udara yang dingin pada pagi hari jadinya H2O yang keluar bukan berupa uap tapi cair.
tapi yang aneh seharusnya airnya ga ngendon di muffler sih.
bingung juga kenapa,tapi bener juga bung hery_jul,buang dulu airnya dengan cara manasin mesin dulu.
bensin itu dibakar dengan oksigen kan?persamaannnya :
CxHy(bensin) + O2 + N2 ---> CO2 + CO + NOx + HC + H2O(air)
ini alasan mengapa ada air di knalpot.memang air bakal paling banyak pas pagi hari,ga tau juga sih kenapa

tapi yang aneh seharusnya airnya ga ngendon di muffler sih.
bingung juga kenapa,tapi bener juga bung hery_jul,buang dulu airnya dengan cara manasin mesin dulu.
BLUE RX-KING 2003
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Fri May 02, 2003 7:01
- Location: pangkalan taxi
Re: Knalpot ber-air saat pagi, kenapa ya !?
sepertinya permasalahannya di sini deh :chihuahua wrote:tapi yang aneh seharusnya airnya ga ngendon di muffler sih.
katanya nih .. *mamie bukan pakarnya sih* .. kalo mobil abis dipanasin di pagi hari lalu dipake kan uap airnya itu lama2 hilang (mungkin karna panas ?) tapi kalo cuma dipanasin lalu mesin dimatiin lagi maka uap air tsb akan ngendon di muffler. CMIIWboplang wrote:tukang knalpot langsung memfonis : " neh mobil jarang dipake ya pak !?", dan langsung gua iyakan karena memang demikian.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
gua setuju bahwa air ( H2O ) adalah part of hasil pembakaran, tapi saat pembakaran kan gak akan kelihatan, karena disamping jumlahnya gak significant dan bentuknya juga berupa gas.
gua dah coba begini : sekarang mobil rutin dipake ngantor, pas pulang malam hari & parkir digarasi, begitu mati'in mesin ....... ujung knalpot langsung gua sumpal pake plastik, pokoknya rapet dech ! ..... begitu pagi hari dan dipanasi sebelum rolling ........ asap putih ( asap uap air lho ! .... bukan asap oli yg ikut terbakar ) plus air yg menetes keluar dari ujung knalpot ! ...... nah lho !?
gua pikir, air yg ngendon didalam knalpot berasal dari hasil pendinginan uap air yg ada di udara luar yg tersedot saat proses pendinginan logam knalpot, dan mencair trus ngendon di muffler ...... ternyata ........... !?
gua setuju ngasih oli ke dalam muffler periodically, tapi pertanyaan gua bukan itu ...... but .... napa ada air yg cukup banyak dipagi hari !?
lagian ...... yg bisa dikasi oli cuman yg diujung, trus mufller yg di tengah ( ato apalah namanya .... ) gimana !? .... mobil mesti ditunggingin 45 derajat !? ..... wah ..... susah !
gua dah coba begini : sekarang mobil rutin dipake ngantor, pas pulang malam hari & parkir digarasi, begitu mati'in mesin ....... ujung knalpot langsung gua sumpal pake plastik, pokoknya rapet dech ! ..... begitu pagi hari dan dipanasi sebelum rolling ........ asap putih ( asap uap air lho ! .... bukan asap oli yg ikut terbakar ) plus air yg menetes keluar dari ujung knalpot ! ...... nah lho !?
gua pikir, air yg ngendon didalam knalpot berasal dari hasil pendinginan uap air yg ada di udara luar yg tersedot saat proses pendinginan logam knalpot, dan mencair trus ngendon di muffler ...... ternyata ........... !?
gua setuju ngasih oli ke dalam muffler periodically, tapi pertanyaan gua bukan itu ...... but .... napa ada air yg cukup banyak dipagi hari !?
lagian ...... yg bisa dikasi oli cuman yg diujung, trus mufller yg di tengah ( ato apalah namanya .... ) gimana !? .... mobil mesti ditunggingin 45 derajat !? ..... wah ..... susah !
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
pada mobil2 tertentu yg mufflernya jauh dari ujung knalpot emang susah , tapi kalo sedan yg mufflernya dibelakang dan dekat ujung knalpot relatif mudah karena pake semprotan oli biasa ,cuma walaupun bisa kayaknya cara2 ini kurang direkomendasikan karena bisa bikin knalpot ngebul dan mengganggu pengendara dibelakang,kalo motor sih ada lubang kecil untuk buang air dari knalpot jadi oli yg disemprotkan kalo berlebih juga akan keluar dari sini sehingga asap tidak terlalu pekat ,untuk saya sendiri sih tetep nyemprotin oli tapi dikit2 aja biar ga ngebul....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
satu lagi pengalaman gua, muffler yg barusan jebol adalah bikinan local bermerk ( standard adi knalpot ), dan memang bahannya bagus .... galvanized plat, tapi sebenarnya mufller hand made bikinan tukang knalpot pinggir jalan ( yg jadi penggantinya ) juga gak kalah tangguh !, bahannya ? ..... dari plat galvanize ex-drum bahan kimia ! ..... qualitas galvanizenya lebih bagus, dan bahannya lebih tebal ! dan harganya cuman pek go ( 150 rebu ), bandingin dg harga knalpot local ternama yg paling murah sekitar sa pek go ( 350 rebu ) ...... itu harga 2 taon yg lalu ! tau deh sekarang !?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Btw.. gue tadi jalan2 ke Standar Adi Kenalpot..tadi sih gue sekalian liat2 Header buat mobil gue , cuman dia bilang gue gak ada headernya., tapi.. huih Bagus2 header, Tabung2 nya.. banyakan buatan Kansai.. ,cuman gue akuin lekukanya bagus2.. top ..
CUMAN!!!!
Bangke.. gue kan bawa Kenalpot sendiri , gue cuman mao minta dipasang doang.. ,
di Tempat gue biasa pasang kenalpot.. paling kena antara 30-50 ribu lah.. ongkos pasang 1 tabung doang.. di Standar Adi Knalpot Harganya Gak manusiawi.. dia minta Rp175.000 !!!
Bangke... Alasan katanya pake las listrik segala.. , langsung ajah gue cabut.. pasang di tempat gue biasa cuman kena 40.000 ,
saran gue Mendingan kalo mo Beli header, Tabung sih di sana.. cuman beli ajah.. kalo pasang sih gue bilang di tempat laen deh..
CUMAN!!!!
Bangke.. gue kan bawa Kenalpot sendiri , gue cuman mao minta dipasang doang.. ,
di Tempat gue biasa pasang kenalpot.. paling kena antara 30-50 ribu lah.. ongkos pasang 1 tabung doang.. di Standar Adi Knalpot Harganya Gak manusiawi.. dia minta Rp175.000 !!!
Bangke... Alasan katanya pake las listrik segala.. , langsung ajah gue cabut.. pasang di tempat gue biasa cuman kena 40.000 ,
saran gue Mendingan kalo mo Beli header, Tabung sih di sana.. cuman beli ajah.. kalo pasang sih gue bilang di tempat laen deh..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
dah dibilang ..... beli tabung disono juga mahal, dan belum tentu tahan lama, cuman menang visual aja .... dilihatnya bagus, tapi gak awet, kecuali kalo bahannyar stainless steel.
ya jelas kalo ngelas disono mahal, soalnya bukan sembarang las listrik ... tapi las argon/las dingin, electrodenya berupa gulungan dan ngelasnya pakai gas argon untuk mengcover permukaan las, gas argon mahal man ..... makanya ngelasnya juga mahal
ya jelas kalo ngelas disono mahal, soalnya bukan sembarang las listrik ... tapi las argon/las dingin, electrodenya berupa gulungan dan ngelasnya pakai gas argon untuk mengcover permukaan las, gas argon mahal man ..... makanya ngelasnya juga mahal
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren