Splash Matic 2014: Owning Experience
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36
Splash Matic 2014: Owning Experience
Hanya berbagi pengalaman orang awam. Mobil lama saya karko thn 2001, sebetulnya masih layak pakai apalagi hanya untuk ke kantor atau bepergian di dlm kota. Tapi namanya juga manusia ketika tabungan ada sktr 60 juta ingin juga ganti mobil yang lebih nyaman. Mengingat rumah hanya di RSS dengan tempat mobil terbatas pilihan nya hanya city car. Juga krn harus tukar tambah jadi beli mobilnya ke showroom mobkas. Ada 3 kandidat Yaris 2006 harga 95 juta, x over 2011 105 jt dan splash 2014 95 juta semuanya matic. Krn biasa naik karko maka nyoba Yaris terasa nyaman walaupun suara ban masih terdengar. Tarikan di putaran bawah sangat bagus rasanya lebih dari cukup untuk ukuran saya. Sayangnya interiornya kurang terawat dan ketika saya bawa ke bengkel, kata mekanik ada suara logam beradu di mesin jadi ya dicoret dari pilihan.
Lanjut ke x over 2011, rasanya lebih nyaman dan kedap dari Yaris. Hanya setir terasa lebih berat. Walau sedikit over budget tapi rasanya masih bisa diusahakan. Ajak istri tengok dan tes drive, nggak suka modelnya. Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri. Tdk senyaman Yaris apalagi SX4, tapi krn istri suka ya dibeli saja. Satu bulan dipakai AC tdk dingin di bawa ke beres, evaporator bocor inden evaporator dr JKT 2 Minggu. Harga evaporator splash yang facelift 3 jt sedangkan tipe lama 2 jt. Krn katanya tipe lama bisa dipakai, pilih yg tipe lama. Service AC sekalian service rutin sesuai jadwal. Seminggu dipakai pas hari Minggu mobil overheat dan radiator pecah. Krn beres resmi tutup ke bengkel rumahan, ganti bagian atas radiator biaya total hanya 900 rb.
Kejadian ini kira2 2 minggu sblm lebaran. Ingin mudik ke Solo tapi tkt pswt mahal, jadi ingin coba Pekanbaru -Solo pakai Splash. Mobil saya bawa ke beres kata nya akibat overheat mobil hrs turun mesin dan siapkan dana 12 juta. Krn waktu sdh mepet dan kata beres kebocoran kompresi kecil jadi masih memungkinkan untuk dibawa mudik asal coolant rajin di cek dan ditambah jika kurang ya dicoba saja.
H-9 berangkat dari Pekanbaru jam 3 pagi. Saya, istri dan 1 orang anak. Ini pengalaman pertama saya nyetir jarak jauh. Alhamdulillah perjalan lancar sampai Jambi jam 13.00, krn puasa ya jalan terus. Tantangan muncul di lintas Jambi Palembang. Kondisi jalan sangat parah, beberapa kali mobil masuk lubang tapi ya bgmn lagi. Jam 20.00 masuk Betung lalulintas macet krn ada kecelakaan. Untung lokasi macet dekat hotel jadi malam itu menginap di Betung.
Keesokan harinya jam 5 pagi kami berangkat, kondisi jalan setelah Palembang sedikit lebih baik. Habis sholat Jum'at di Pematang Panggang Lampung, kebetulan pintu tol Pematang Panggang Bakahueni dibuka. Masuk tol, baru istri berani nyetir, tapi mengingat kondisi mesin saya batasi kec maksimum 100 km/jam. Dapat ditebak jalan ya kec maks terus kadang tak terasa sd 120 km/ jam. Sampai Bakahueni sekitar jam 17.00, masuk kapal sampai merak jam 20.00. Sempat salah jalan jalan di tol lingkar luar Jakarta. Masuk tol Cikampek jam 23.00 macet, jalan merayap, istirahat di rest area sambil makan sahur dan sholat subuh. Jam 7 pagi baru keluar dari pintu tol Cikampek. Selanjutnya lancar sampai Solo jam 4 sore.
Biaya tol + kapal sekitar 1 jt ditambah biaya pertalite utk jalan 1900 km sekitar 900 ribu + 2 liter coolant. Jauh lebih murah dibanding tiket pesawat saat itu yang 2,5 juta per orang. Dan ternyata asyik juga touring antar pulau walau hanya pakai city car. Kalau di jalan tol tdk ada masalah, tapi di jalan lintas Sumatera yang naik turun terasa tenaga nya pas-pasan terutama kalau mau nyalip di tanjakan. Sampai Solo mesin dibongkar ternyata hanya perpak silinder kop nya saja yang perlu ganti + 1 shockbreaker kiri depan diganti dengan shock bekas total biaya kurang dari 1 jt.
Lanjut ke x over 2011, rasanya lebih nyaman dan kedap dari Yaris. Hanya setir terasa lebih berat. Walau sedikit over budget tapi rasanya masih bisa diusahakan. Ajak istri tengok dan tes drive, nggak suka modelnya. Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri. Tdk senyaman Yaris apalagi SX4, tapi krn istri suka ya dibeli saja. Satu bulan dipakai AC tdk dingin di bawa ke beres, evaporator bocor inden evaporator dr JKT 2 Minggu. Harga evaporator splash yang facelift 3 jt sedangkan tipe lama 2 jt. Krn katanya tipe lama bisa dipakai, pilih yg tipe lama. Service AC sekalian service rutin sesuai jadwal. Seminggu dipakai pas hari Minggu mobil overheat dan radiator pecah. Krn beres resmi tutup ke bengkel rumahan, ganti bagian atas radiator biaya total hanya 900 rb.
Kejadian ini kira2 2 minggu sblm lebaran. Ingin mudik ke Solo tapi tkt pswt mahal, jadi ingin coba Pekanbaru -Solo pakai Splash. Mobil saya bawa ke beres kata nya akibat overheat mobil hrs turun mesin dan siapkan dana 12 juta. Krn waktu sdh mepet dan kata beres kebocoran kompresi kecil jadi masih memungkinkan untuk dibawa mudik asal coolant rajin di cek dan ditambah jika kurang ya dicoba saja.
H-9 berangkat dari Pekanbaru jam 3 pagi. Saya, istri dan 1 orang anak. Ini pengalaman pertama saya nyetir jarak jauh. Alhamdulillah perjalan lancar sampai Jambi jam 13.00, krn puasa ya jalan terus. Tantangan muncul di lintas Jambi Palembang. Kondisi jalan sangat parah, beberapa kali mobil masuk lubang tapi ya bgmn lagi. Jam 20.00 masuk Betung lalulintas macet krn ada kecelakaan. Untung lokasi macet dekat hotel jadi malam itu menginap di Betung.
Keesokan harinya jam 5 pagi kami berangkat, kondisi jalan setelah Palembang sedikit lebih baik. Habis sholat Jum'at di Pematang Panggang Lampung, kebetulan pintu tol Pematang Panggang Bakahueni dibuka. Masuk tol, baru istri berani nyetir, tapi mengingat kondisi mesin saya batasi kec maksimum 100 km/jam. Dapat ditebak jalan ya kec maks terus kadang tak terasa sd 120 km/ jam. Sampai Bakahueni sekitar jam 17.00, masuk kapal sampai merak jam 20.00. Sempat salah jalan jalan di tol lingkar luar Jakarta. Masuk tol Cikampek jam 23.00 macet, jalan merayap, istirahat di rest area sambil makan sahur dan sholat subuh. Jam 7 pagi baru keluar dari pintu tol Cikampek. Selanjutnya lancar sampai Solo jam 4 sore.
Biaya tol + kapal sekitar 1 jt ditambah biaya pertalite utk jalan 1900 km sekitar 900 ribu + 2 liter coolant. Jauh lebih murah dibanding tiket pesawat saat itu yang 2,5 juta per orang. Dan ternyata asyik juga touring antar pulau walau hanya pakai city car. Kalau di jalan tol tdk ada masalah, tapi di jalan lintas Sumatera yang naik turun terasa tenaga nya pas-pasan terutama kalau mau nyalip di tanjakan. Sampai Solo mesin dibongkar ternyata hanya perpak silinder kop nya saja yang perlu ganti + 1 shockbreaker kiri depan diganti dengan shock bekas total biaya kurang dari 1 jt.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Review mobil sekaligus laporan road trip...


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Jul 31, 2017 23:46
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: public transportation
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
mantap om,,sharing nya
syukur2 klo ada foto2 pas perjalanan mudik kemarin, akan lebih menarik
syukur2 klo ada foto2 pas perjalanan mudik kemarin, akan lebih menarik
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
mobil enak, beberapa kali sewa kalo di bali, murmer dan irit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Nice om, saya pernah nyetir splash punya ortu (MT) dan sewa waktu jalan2 di bali (AT). Impresi nya:
+ Mobil kecil enak klo lewat jalan kecil2
+ tarikan awal (speed kurleb 0-10 km/jam) galak banget, baik yg AT dan MT kadang jd serasa mental2, lebih dari speed itu ya lemot lagi, wkwk
- Pilar A segede gaban, bikin blind spot besar, klo nikung di jalan yg cuma 2 jalur bolak balik kepala jadi harus ikut maju2 dan sering klo motor keluar gang dari arah kanan ngga kelihatan ketutup pilar jahanam itu
+ Mobil kecil enak klo lewat jalan kecil2
+ tarikan awal (speed kurleb 0-10 km/jam) galak banget, baik yg AT dan MT kadang jd serasa mental2, lebih dari speed itu ya lemot lagi, wkwk
- Pilar A segede gaban, bikin blind spot besar, klo nikung di jalan yg cuma 2 jalur bolak balik kepala jadi harus ikut maju2 dan sering klo motor keluar gang dari arah kanan ngga kelihatan ketutup pilar jahanam itu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Sama, saya juga nyetir splash tapi manual di bali. Tampangnya otentik bgt, impresinya mirip kalo liat fiat 500.
Tenaga cukup lah, dan deket kosan lama ada yg dandanin ala stance, masuk bgt euy.
Tenaga cukup lah, dan deket kosan lama ada yg dandanin ala stance, masuk bgt euy.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Saya penasaran, BERES mana itu yg main kasih harga gara2 overheat terus harus turun mesin sampai 12jt? Splash loh.. seturun2ny mesin ga sampai belasan juta.
Saran, jangan ke beres itu lagi om.
Saran, jangan ke beres itu lagi om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
ini sampe saya baca lagi ceritanya, mobil tahun 2014 kilometer 40 ribu + service record? tapi bisa problem radiator segitunya? mungkin 140 ribu kali ya?Ronodigdoyo wrote: Fri Oct 18, 2019 8:59 Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Oct 19, 2016 6:59
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Saya juga berpendapat gitu, saya punya splash tahun 2011 kilometer 98 rb belum pernah ganti evaporator dan radiator jebol.kunaskun wrote: Sat Oct 19, 2019 6:15ini sampe saya baca lagi ceritanya, mobil tahun 2014 kilometer 40 ribu + service record? tapi bisa problem radiator segitunya? mungkin 140 ribu kali ya?Ronodigdoyo wrote: Fri Oct 18, 2019 8:59 Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri.
Pengalaman saya cuman ganti dryer, magnet clutch sama 2x kipas radiator lemah, tapi ya ga sampe jebol gitu radiatornya
Udah parah berarti masa 40 rb
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Ya itu saya juga heran, padahal kalau lihat kondisi over all ya kaya mobil baru. Sebelum beli saya bawa ke beres dan service record mobil tersebut sesuai dengan data yang ada di bengkelikehikeh wrote:Saya juga berpendapat gitu, saya punya splash tahun 2011 kilometer 98 rb belum pernah ganti evaporator dan radiator jebol.kunaskun wrote: Sat Oct 19, 2019 6:15ini sampe saya baca lagi ceritanya, mobil tahun 2014 kilometer 40 ribu + service record? tapi bisa problem radiator segitunya? mungkin 140 ribu kali ya?Ronodigdoyo wrote: Fri Oct 18, 2019 8:59 Coba splash matic 2014, sebetulnya sy tdk terlalu suka modelnya tapi karena tahun relatif baru dan baru jalan 40 rb km dan servis recordnya ada maka jadi coba tes drive bareng istri.
Pengalaman saya cuman ganti dryer, magnet clutch sama 2x kipas radiator lemah, tapi ya ga sampe jebol gitu radiatornya
Udah parah berarti masa 40 rb
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Iya, sdh ketemu bengkel lain yang harganya lebih terjangkau.PRBS wrote:Saya penasaran, BERES mana itu yg main kasih harga gara2 overheat terus harus turun mesin sampai 12jt? Splash loh.. seturun2ny mesin ga sampai belasan juta.
Saran, jangan ke beres itu lagi om.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
splash saya dulu 2013 AT, ac ngga dingin cuma bawa ke beres suzuki untuk cuci ac, bayar jasa sekitar 225k, langsung maknyus adem lagi... waktu angkut seken juga di kilometer 33k...
pake sampai sekitar 59k hanya ganti accu dan ban...
pake sampai sekitar 59k hanya ganti accu dan ban...
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Salah satu alasan saya pilih splash krn sebelumnya pakai karko lama, pakai selama 4 tahun km sd 170 rb, rasanya tdk ada masalah yang berarti. Tapi ya namanya produk massal dan juga tdk tahu gaya pemakai sebelumnya...impactful wrote:splash saya dulu 2013 AT, ac ngga dingin cuma bawa ke beres suzuki untuk cuci ac, bayar jasa sekitar 225k, langsung maknyus adem lagi... waktu angkut seken juga di kilometer 33k...
pake sampai sekitar 59k hanya ganti accu dan ban...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Buset mobil baru radiator udah jebol
Pernah diganti coolant selain suzuki kah sama pemilik sebelumnya?
Apa jangan2 cuma diisi air biasa ama pemilik sebelumnya??
Soalnya sering liat mobkas2 tahun baru radiator pake air biasa
Pernah diganti coolant selain suzuki kah sama pemilik sebelumnya?
Apa jangan2 cuma diisi air biasa ama pemilik sebelumnya??

Soalnya sering liat mobkas2 tahun baru radiator pake air biasa

-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Jan 28, 2017 23:36
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Masih pakai coolant, pas jebol saya juga tdk cek keadaan radiator...Krn setelah beli langsung service ke beres. Saya pikir setelah service di beres ya percaya saja. Rasanya mobil overheat sekitar seminggu sd 2 minggu setelah service di beres.Jambangan wrote:Buset mobil baru radiator udah jebol
Pernah diganti coolant selain suzuki kah sama pemilik sebelumnya?
Apa jangan2 cuma diisi air biasa ama pemilik sebelumnya??![]()
Soalnya sering liat mobkas2 tahun baru radiator pake air biasa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Ini br namanya review, real life review dgn segala gertak sambal beres
Serta medan jalan lintas sumatera - jawa, kurang panjang nih seru bgt baca nya hahahahah
Serta medan jalan lintas sumatera - jawa, kurang panjang nih seru bgt baca nya hahahahah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
antik juga bisa sampe segitunya. sulitnya radiator ya karena ga terlihat kan. memang idealnya kalau mobil bekas, ganti semua fluida dan oli untuk jaga2. mungkin yang pake sebelumnya pernah dan sering isi air radiator dengan sembarang air bukan minimal air aki tutup biru.Ronodigdoyo wrote: Sun Oct 20, 2019 3:25Masih pakai coolant, pas jebol saya juga tdk cek keadaan radiator...Krn setelah beli langsung service ke beres. Saya pikir setelah service di beres ya percaya saja. Rasanya mobil overheat sekitar seminggu sd 2 minggu setelah service di beres.Jambangan wrote:Buset mobil baru radiator udah jebol
Pernah diganti coolant selain suzuki kah sama pemilik sebelumnya?
Apa jangan2 cuma diisi air biasa ama pemilik sebelumnya??![]()
Soalnya sering liat mobkas2 tahun baru radiator pake air biasa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Nice review om, splash emg mobil yg lumayan bagus speknya, walaupun bentuknya bukan selera semua orang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
- Location: pekanbaru
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Pekanbaru posisi mana om? Ane baru ambil splash at 2014 juga...siapa tau bisa kopdar dan share pengalaman miara splash
just sijinem user
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
mungkin dapet yg bad product. sulit dipercaya km 40rb service record udah jebol jebol seperti itu, kecuali owner sebelumnya ngawur.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
Miara seekor di rumah splash AT 2013 baru skitar 4 bulanan, buat mobilitas nyokap. Hampir ambil ignis baru tp pertimbangan krn cm dipake kota kota dan ngga dipake workhorse harian jadi ngambil Splash seken aja.
Mobil yang lucu mesinnya suaranya dahsyat... Kalo idle kenceng bgt. Gas gas awalnya galak bikin kaget kalo gak biasa. Yg ane gak suka mgkn user lain ada yg merasa ngga yah, pedal remnya ketinggian jd kaki cepet pegel kalo kelamaan stop n go.
Cm enaknya kalo cari parkir ngga pusing. Badan kecil tapi kabin gede.
Mobil yang lucu mesinnya suaranya dahsyat... Kalo idle kenceng bgt. Gas gas awalnya galak bikin kaget kalo gak biasa. Yg ane gak suka mgkn user lain ada yg merasa ngga yah, pedal remnya ketinggian jd kaki cepet pegel kalo kelamaan stop n go.
Cm enaknya kalo cari parkir ngga pusing. Badan kecil tapi kabin gede.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
dulu waktu TD, kerasa. bukan cuma pedal rem, tapi semua pedalnya sih menurut ane.ChZ wrote: Tue Feb 25, 2020 10:08 Miara seekor di rumah splash AT 2013 baru skitar 4 bulanan, buat mobilitas nyokap. Hampir ambil ignis baru tp pertimbangan krn cm dipake kota kota dan ngga dipake workhorse harian jadi ngambil Splash seken aja.
Mobil yang lucu mesinnya suaranya dahsyat... Kalo idle kenceng bgt. Gas gas awalnya galak bikin kaget kalo gak biasa. Yg ane gak suka mgkn user lain ada yg merasa ngga yah, pedal remnya ketinggian jd kaki cepet pegel kalo kelamaan stop n go.
Cm enaknya kalo cari parkir ngga pusing. Badan kecil tapi kabin gede.
pernah browsing di klub forum sebelah, ada yg mengeluhkan hal sama. solusinya diberi ganjal evamat beberapa lapis di lantai.
hal yg sama ane terasa juga di KWR...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jan 28, 2015 16:21
Re: Splash Matic 2014: Owning Experience
sempet miara splash MT 2010 dari tahun 2015~2018 dari km 57rb sampe dijual di 80rb
ga ada masalah berarti apalagi apa itu overheat kayanya om kebagian yang ga kerawat aja itu curiganya
ga ada masalah berarti apalagi apa itu overheat kayanya om kebagian yang ga kerawat aja itu curiganya