Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Hallo,
Terkadang di jalan kita sempat menggelindingkan mobil atau kata lain posisi transmisi di N. Misalkan contoh kasus
=============================
* Sudah mendekati lampu merah
* Sudah mendekati rumah / tujuan
=============================
Apakah hal ini diperbolehkan apabila kita lihat dari sisi mesin ataupun hal lain di mobil yang digunakan BUKAN dari sisi keamanan mengemudi.
Jika mungkin ada alasan tertentu mengapa boleh atau tidak boleh, bisa dijelaskan di posting...
Terima kasih.
Terkadang di jalan kita sempat menggelindingkan mobil atau kata lain posisi transmisi di N. Misalkan contoh kasus
=============================
* Sudah mendekati lampu merah
* Sudah mendekati rumah / tujuan
=============================
Apakah hal ini diperbolehkan apabila kita lihat dari sisi mesin ataupun hal lain di mobil yang digunakan BUKAN dari sisi keamanan mengemudi.
Jika mungkin ada alasan tertentu mengapa boleh atau tidak boleh, bisa dijelaskan di posting...
Terima kasih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
ga boleh, berbahaya. detailnya https://www.popularmechanics.com/cars/h ... l-economy/
ga lebih irit bbm, juga bahaya buat safety
ga lebih irit bbm, juga bahaya buat safety
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
boleh dan tidak tergantung dari sisi mana melihatnya.
jika dari sisi mekanis tidak berbahaya dan tidak merusak karena gearbox tidak mendapat beban / ngelos. mesin hanya idle jadi tidak ada beban juga.
tapi dari sisi safety jelas bahaya.
jika dari sisi mekanis tidak berbahaya dan tidak merusak karena gearbox tidak mendapat beban / ngelos. mesin hanya idle jadi tidak ada beban juga.
tapi dari sisi safety jelas bahaya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Kurang tahu detailnya tapi ada yg suka ngmg seperti di bawah ini:
Mungkin butuh pencerahan dari mbah2 disini.....fter running downhill without your transmission in gear, you put it back into gear. By dropping it into gear at speed, you are putting a lot of stress onto your transmission as it is forced to bring the torque converter and engine up to speed quickly. Transmissions are only made to withstand so much torque before they fail. Even if you don't exceed this theoretical maximum, you are still dropping a great deal of torque back through the transmission. This has an accumulating effect. Noted race car driver/designer, Carrol Smith, wrote a book called Engineer to Win. Chapter seven is entitled, "Metal Fatigue - or Why Things Break". It reads: "... under repeated (cyclic as opposed to continuous) stress, the capacity of a metal to withstand stress gradually diminishes and, in most cases, cannot be restored. Metals which are subjected to fluctuating loads can and do break after a finite number of load cycles (or, more accurately, stress cycles) in which the loads applied and the resultant stresses imposed are always below the ultimate strength of the metal. This type of failure is termed 'fatigue failure'." He states at lower stress levels, things can be made to last indefinitely, but when you start putting those higher loads on the parts, they will break sooner. It is not linear in nature, either, the higher loads you force upon it, the sooner it will happen. By dropping it back into gear from neutral, you are putting these "higher stress levels" through the hard parts of your transmission, introducing the stress that would not otherwise be there.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Kalau menurut saya penjelasan nya masuk akal om. Tapi kalau untuk transmisi manual mungkin bisa diminimalisir dengan rev matching ya.josomba wrote: Tue Oct 15, 2019 4:34 Kurang tahu detailnya tapi ada yg suka ngmg seperti di bawah ini:
Mungkin butuh pencerahan dari mbah2 disini.....fter running downhill without your transmission in gear, you put it back into gear. By dropping it into gear at speed, you are putting a lot of stress onto your transmission as it is forced to bring the torque converter and engine up to speed quickly. Transmissions are only made to withstand so much torque before they fail. Even if you don't exceed this theoretical maximum, you are still dropping a great deal of torque back through the transmission. This has an accumulating effect. Noted race car driver/designer, Carrol Smith, wrote a book called Engineer to Win. Chapter seven is entitled, "Metal Fatigue - or Why Things Break". It reads: "... under repeated (cyclic as opposed to continuous) stress, the capacity of a metal to withstand stress gradually diminishes and, in most cases, cannot be restored. Metals which are subjected to fluctuating loads can and do break after a finite number of load cycles (or, more accurately, stress cycles) in which the loads applied and the resultant stresses imposed are always below the ultimate strength of the metal. This type of failure is termed 'fatigue failure'." He states at lower stress levels, things can be made to last indefinitely, but when you start putting those higher loads on the parts, they will break sooner. It is not linear in nature, either, the higher loads you force upon it, the sooner it will happen. By dropping it back into gear from neutral, you are putting these "higher stress levels" through the hard parts of your transmission, introducing the stress that would not otherwise be there.
Kalau pengalaman saya biasa pakai matic suka masuk netral kalo lagi macet merayap di jalanan agak menurun. Karena kalo dibiarin in gear, ngerem nya jadi harus lbh dalem karena harus nahan load mesin juga. Tapi saat mau jalan lagi, pasti saya pindahin ke D pas mobil brenti total. Karena pernah pas jalan merayap lgsg masukin ke D lgsg jedug. Tp mgkn kl speed nya pas harusnya ga jedug.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
+1, persis banget sama saya. Selain kondisi di atas, saya gak pernah di N saat mobil jalan, lebih ke alasan traksi sama engine brake.W42d wrote: Tue Oct 15, 2019 5:16
Kalau menurut saya penjelasan nya masuk akal om. Tapi kalau untuk transmisi manual mungkin bisa diminimalisir dengan rev matching ya.
Kalau pengalaman saya biasa pakai matic suka masuk netral kalo lagi macet merayap di jalanan agak menurun. Karena kalo dibiarin in gear, ngerem nya jadi harus lbh dalem karena harus nahan load mesin juga. Tapi saat mau jalan lagi, pasti saya pindahin ke D pas mobil brenti total. Karena pernah pas jalan merayap lgsg masukin ke D lgsg jedug. Tp mgkn kl speed nya pas harusnya ga jedug.
Tapi kalo stop n go di turunan, gak enak banget masuk D. Pas berhenti ngeremnya kudu kuat, pas jalan juga langsung kenceng

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
saya pakai manual dan selama ini gak ada masalah jika sesuai pertanyaan diatas. bahkan jika turunan agak panjang tapi macet (misal dari batu ke malang), sering di N
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Klo lagi bawa mobil manual, dan macet di turunan, pasti N. Tapi klo turunannya curam dan speed di atas 20kpj ga berani N.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1839
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
manual sih boleh aja...jeleknya memang ga ada engine brake..balik ke skill & analisa driver
kalo matik saya ga kepingin pindah2in pas lagi jalan..krn menurut saya make matik mesti lebih apik
kalo matik saya ga kepingin pindah2in pas lagi jalan..krn menurut saya make matik mesti lebih apik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
IMHO,
Kalo matik sebaiknya dihindari jalan di posisi N krn akan mengakibatkan tekanan ATF berlebih (tdk terkontrol).
Kalo manual, kalo cuma gelinding pelan (<10 kpj) saya rasa masih aman. Kalo lebih cepat, kayaknya yg bakalan kena duluan gigi pinion di diferensial krn gigi mahkota yg lebih besar memutar gigi pinion yg jauh lebih kecil.
Kalo matik sebaiknya dihindari jalan di posisi N krn akan mengakibatkan tekanan ATF berlebih (tdk terkontrol).
Kalo manual, kalo cuma gelinding pelan (<10 kpj) saya rasa masih aman. Kalo lebih cepat, kayaknya yg bakalan kena duluan gigi pinion di diferensial krn gigi mahkota yg lebih besar memutar gigi pinion yg jauh lebih kecil.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
15 thn an pake mbl manual sedapat mungkin kl nyetir injek kopling pol kl udah nggak accel atau ga cruising, apakah sama aja dengan posisi N?
Yang jelas dengan glide via injek kopling full selama mungkin dan sesering mungkin, bbm jauhh lebih hemat.
Plat kopling jd cepet abis? Rata2 saya ganti plat itu 100k km. Transmisi jg ga pernah ada masalah seumur2 pake mobil.
Jadi ga ngerti gunanya dan cara pake engine brake, krn mau speed berapapun kl deselerasi pasti injek kopling.
Yang jelas dengan glide via injek kopling full selama mungkin dan sesering mungkin, bbm jauhh lebih hemat.
Plat kopling jd cepet abis? Rata2 saya ganti plat itu 100k km. Transmisi jg ga pernah ada masalah seumur2 pake mobil.
Jadi ga ngerti gunanya dan cara pake engine brake, krn mau speed berapapun kl deselerasi pasti injek kopling.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Kondisi menetralkan pada saat jalan sering saya gunakan pada saat mendekati lampu merah. Kalo lampu masih merah dan bakal berhenti, saya biarin netral. Tapi kalo belum sempet berhenti udah jalan, langsung saya pindahin ke gigi sesuao dengan kecepatan. Selama menerapkan kaya gitu sih belum ada keluhan apa2.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
- Daily Vehicle: X3 BMW
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
boleh selama kondisi situasinya sesuai deskripsi diatast0mc4t wrote: Tue Oct 15, 2019 3:15 Hallo,
Terkadang di jalan kita sempat menggelindingkan mobil atau kata lain posisi transmisi di N. Misalkan contoh kasus
=============================
* Sudah mendekati lampu merah
* Sudah mendekati rumah / tujuan
=============================
Apakah hal ini diperbolehkan apabila kita lihat dari sisi mesin ataupun hal lain di mobil yang digunakan BUKAN dari sisi keamanan mengemudi.
Jika mungkin ada alasan tertentu mengapa boleh atau tidak boleh, bisa dijelaskan di posting...
Terima kasih.
mobil sedang berjalan dan di posisikan ke N untuk berhenti di lampu merah
mobil harus berhenti total sebelum di rubah dari N ke D kembali
tidak ada masalah tekanan pada atf dan lain2
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Setujuh, hal ini juga dibenarkan oleh teknisi beres dan bengkel umum spesialis matik.ericksip wrote: Tue Oct 15, 2019 12:51boleh selama kondisi situasinya sesuai deskripsi diatast0mc4t wrote: Tue Oct 15, 2019 3:15 Hallo,
Terkadang di jalan kita sempat menggelindingkan mobil atau kata lain posisi transmisi di N. Misalkan contoh kasus
=============================
* Sudah mendekati lampu merah
* Sudah mendekati rumah / tujuan
=============================
Apakah hal ini diperbolehkan apabila kita lihat dari sisi mesin ataupun hal lain di mobil yang digunakan BUKAN dari sisi keamanan mengemudi.
Jika mungkin ada alasan tertentu mengapa boleh atau tidak boleh, bisa dijelaskan di posting...
Terima kasih.
mobil sedang berjalan dan di posisikan ke N untuk berhenti di lampu merah
mobil harus berhenti total sebelum di rubah dari N ke D kembali
tidak ada masalah tekanan pada atf dan lain2
Cuman balik lagi, klo dr segi keamanan, baiknya tetap di D.
Apalagi ketika jalan turunan, pakai low gear & jangan pernah switch ke N

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
klo untuk matic, saya pernah diberitahu, sebelum memindahkan antara N dan D dan P kondisi mobil harus benar2 berhenti. penjelasan nya kurang pahamt0mc4t wrote: Tue Oct 15, 2019 3:15 Hallo,
Terkadang di jalan kita sempat menggelindingkan mobil atau kata lain posisi transmisi di N. Misalkan contoh kasus
=============================
* Sudah mendekati lampu merah
* Sudah mendekati rumah / tujuan
=============================
Apakah hal ini diperbolehkan apabila kita lihat dari sisi mesin ataupun hal lain di mobil yang digunakan BUKAN dari sisi keamanan mengemudi.
Jika mungkin ada alasan tertentu mengapa boleh atau tidak boleh, bisa dijelaskan di posting...
Terima kasih.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Untuk matic wajib hukumnya harus posisi berhenti untuk pindah ke D dari N
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Untuk mobil matik, pertanyaan ini sebenarnya sama dan sebangun dgn pertanyaan yg satu lagi :
Ketika mobil matik diderek, kenapa roda penggeraknya (depan kalo FWD, belakang kalo RWD) HARUS diangkat?
Ketika mobil matik diderek, kenapa roda penggeraknya (depan kalo FWD, belakang kalo RWD) HARUS diangkat?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Bukankah perbedaan D dan N hanya pada mekanisme lockup torque converter?
Sedangkan posisi gear ditentukan dr speed sensor yg kemudian d eksekusi oleh body valve?
Jd klo posisi D sambil berjalan misal 40km/h gradual turun speed, posisi TC tidak lockup dan posisi gear berpindah 3-2-1 sesuai kecepatan? Tp tidak terasa krna TC ga lockup
Sedangkan posisi gear ditentukan dr speed sensor yg kemudian d eksekusi oleh body valve?
Jd klo posisi D sambil berjalan misal 40km/h gradual turun speed, posisi TC tidak lockup dan posisi gear berpindah 3-2-1 sesuai kecepatan? Tp tidak terasa krna TC ga lockup
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Kalau sedemikian bahaya atau krusial perpindahan dari D ke N & juga sebaliknya pada saat mobil lagi jalan, maka produsen mobil harusnya akan bikin safety factor (lock) seperti saat akan ke P baik berupa switch (tombol), gate type ataupun sensor speed di kecepatan berapa sudah boleh release, jadi perpindahan antara D ke N & sebaliknya tidak bisa seketika. Kalau ini yang terjadi maka akan menambah ribet pengoperasian transmisi.
Menurut ane sih selama RPM idle di 700/800-an gak masalah pindah dari D ke N ataupun sebaliknya dari N ke D saat speed 20-an kpj (atau lebih). Intinya pindah2 dari D ke N atau N ke D jangan sambil injak gas.
Logikanya saat dari diam di N lalu masuk D kondisi mesin juga lagi idle di 700/800-an RPM... selama gak di gas sih harusnya aman yah... CMIIW.
Idealnya memang pindah N saat sudah berhenti total atau masuk D dari kondisi berhenti total atau ada sensor speed yang automatic lock & release transmisi di kecepatan tertentu, misal lagi 100 kpj tidak akan bisa release ke N, tapi di 20 kpj sudah bisa.
Suhu2 lain mungkin bisa kasih masukan karena ini juga yang bikin ane masih bingung, kadang supaya kerja rem tidak terlalu berat ane juga sudah release transmisi ke N saat kecepatan 10-20 kpj supaya mobil lebih cepat berhentinya, kalau masih di D injak rem harus lebih dalam terutama untuk mobil2 bertorsi besar (diesel) atau mobil2 yang kalau lagi merayap di D transmisinya ada sedikit vibrasi kalau nahan di D saat kondisi diam jadi better release dulu sebelum sampai berhenti total.
Menurut ane sih selama RPM idle di 700/800-an gak masalah pindah dari D ke N ataupun sebaliknya dari N ke D saat speed 20-an kpj (atau lebih). Intinya pindah2 dari D ke N atau N ke D jangan sambil injak gas.
Logikanya saat dari diam di N lalu masuk D kondisi mesin juga lagi idle di 700/800-an RPM... selama gak di gas sih harusnya aman yah... CMIIW.
Idealnya memang pindah N saat sudah berhenti total atau masuk D dari kondisi berhenti total atau ada sensor speed yang automatic lock & release transmisi di kecepatan tertentu, misal lagi 100 kpj tidak akan bisa release ke N, tapi di 20 kpj sudah bisa.
Suhu2 lain mungkin bisa kasih masukan karena ini juga yang bikin ane masih bingung, kadang supaya kerja rem tidak terlalu berat ane juga sudah release transmisi ke N saat kecepatan 10-20 kpj supaya mobil lebih cepat berhentinya, kalau masih di D injak rem harus lebih dalam terutama untuk mobil2 bertorsi besar (diesel) atau mobil2 yang kalau lagi merayap di D transmisinya ada sedikit vibrasi kalau nahan di D saat kondisi diam jadi better release dulu sebelum sampai berhenti total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Kalo menurut saya sih, kalo dari D ke N waktu jalan melambat di lampu merah, misalnya, masih ok sih.benzz89 wrote:Kalau sedemikian bahaya atau krusial perpindahan dari D ke N & juga sebaliknya pada saat mobil lagi jalan, maka produsen mobil harusnya akan bikin safety factor (lock) seperti saat akan ke P baik berupa switch (tombol), gate type ataupun sensor speed di kecepatan berapa sudah boleh release, jadi perpindahan antara D ke N & sebaliknya tidak bisa seketika. Kalau ini yang terjadi maka akan menambah ribet pengoperasian transmisi.
Menurut ane sih selama RPM idle di 700/800-an gak masalah pindah dari D ke N ataupun sebaliknya dari N ke D saat speed 20-an kpj (atau lebih). Intinya pindah2 dari D ke N atau N ke D jangan sambil injak gas.
Logikanya saat dari diam di N lalu masuk D kondisi mesin juga lagi idle di 700/800-an RPM... selama gak di gas sih harusnya aman yah... CMIIW.
Idealnya memang pindah N saat sudah berhenti total atau masuk D dari kondisi berhenti total atau ada sensor speed yang automatic lock & release transmisi di kecepatan tertentu, misal lagi 100 kpj tidak akan bisa release ke N, tapi di 20 kpj sudah bisa.
Suhu2 lain mungkin bisa kasih masukan karena ini juga yang bikin ane masih bingung, kadang supaya kerja rem tidak terlalu berat ane juga sudah release transmisi ke N saat kecepatan 10-20 kpj supaya mobil lebih cepat berhentinya, kalau masih di D injak rem harus lebih dalam terutama untuk mobil2 bertorsi besar (diesel) atau mobil2 yang kalau lagi merayap di D transmisinya ada sedikit vibrasi kalau nahan di D saat kondisi diam jadi better release dulu sebelum sampai berhenti total.
Tapi kalo N ke D posisi jalan, sebaiknya jangan, kalo tidak terpaksa (lagi enak jalan, tuas transmisi ditendang anak ke N misalnya), karena poros output dari transmisi masih berputar, dan putaran nya tidak sinkron dengan putaran mesin. Memang ada torque converter yang bisa me reduksi perbedaan ini, tapi tetap akan ada hentakan2 di torque converter nya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Kalo saya sih
Mobil AT:
1. N saat mau berhenti pas decelerate (Sampe rumah atau lampu merah) sudah di <20km/h
2. N saat turunan macet. Soalnya kalo di D saat turunan macet itu rem kerja extra, terlebih untuk mobil yurop (pernah coba di BMW), biasanya besar banget tenaganya saat di "D" pas mobil berhenti. dijamin nginjek rem nya sekuat tenaga.
NB:
1. Pernah coba di BMW, kalo N>D kan harus injek rem, namun kalo jalan >25km/h bisa langsung ke N>D.
2. Please jangan di N saat turunan lancar, bahaya banget om rem bisa cepet blong (Faded/overheat). Masukin di low gear aja atau L, pernah coba di CVT (Honda) masukin di L, kirain ga akan ada engine brake, tapi lumayan banget lho engine brakenya, ke Hold di 30-40km/h turunan puncak..
Mobil MT:
1. N hanya saat turunan macet.
2. N saat decelerate mau lampu merah / Sampe rumah "Tanpa injek kopling" untuk maximize engine brake. Gear akan bisa di "N" kan saat mesin mendekati RPM Idle in any gear.
Mobil AT:
1. N saat mau berhenti pas decelerate (Sampe rumah atau lampu merah) sudah di <20km/h
2. N saat turunan macet. Soalnya kalo di D saat turunan macet itu rem kerja extra, terlebih untuk mobil yurop (pernah coba di BMW), biasanya besar banget tenaganya saat di "D" pas mobil berhenti. dijamin nginjek rem nya sekuat tenaga.
NB:
1. Pernah coba di BMW, kalo N>D kan harus injek rem, namun kalo jalan >25km/h bisa langsung ke N>D.
2. Please jangan di N saat turunan lancar, bahaya banget om rem bisa cepet blong (Faded/overheat). Masukin di low gear aja atau L, pernah coba di CVT (Honda) masukin di L, kirain ga akan ada engine brake, tapi lumayan banget lho engine brakenya, ke Hold di 30-40km/h turunan puncak..
Mobil MT:
1. N hanya saat turunan macet.
2. N saat decelerate mau lampu merah / Sampe rumah "Tanpa injek kopling" untuk maximize engine brake. Gear akan bisa di "N" kan saat mesin mendekati RPM Idle in any gear.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Karena ada banyak teori dan pendapat yang mengatakan boleh / ngga boleh, saya lebih milih menghindari, cari aman aja, toh ngga ada rugi nya juga tetep masuk gear saat mobil jalan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
Lha, si om gimana? Justru kalo persneling di Netral, malah gak ada engine-brake.osbertc0ol wrote: Wed Oct 16, 2019 8:05 ...
Mobil MT:
1. N hanya saat turunan macet.
2. N saat decelerate mau lampu merah / Sampe rumah "Tanpa injek kopling" untuk maximize engine brake. Gear akan bisa di "N" kan saat mesin mendekati RPM Idle in any gear.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Fri Apr 22, 2016 0:15
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Kijang Innova
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
biasanya ke n kalo lg macet pake manual, buat hindarin mesti injek kopling dsb biar gak pegel. kalo matic, pernah coba dari n ke d pas jalan malah jedug kenceng
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sat Jun 21, 2008 3:37
Re: Mobil jalan di posisi N, boleh atau tidak?
https://carfromjapan.com/article/drivin ... ssion-car/
Kalo menurut pemahaman saya dan artikel ini,untuk mobil matic ngak boleh meluncur dalam kondisi N. Pompa olie transmisi nya tidak bekerja kalo dalam posisi N.
Kalo menurut pemahaman saya dan artikel ini,untuk mobil matic ngak boleh meluncur dalam kondisi N. Pompa olie transmisi nya tidak bekerja kalo dalam posisi N.