Ada om turbo , sdh cabut modul egr d bawah setir. Dan sumbat selang servo egr dgn gotri. Beda dgn panther selang servo egr d traga cuma 1.
Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
liat di teddy rev jakarta ada di tune
hadil dynonya juga lumayan
hadil dynonya juga lumayan
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Nih kalo mau coba oli 15W40 yang ada kandungan PAO nya alias 1 Decene Homo Homo
API CJ-4
Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (1 gallon)
https://tokopedia.link/o08WqoDrC0
di toko PT PAPASARI Rp340.000
API CJ-4
Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (1 gallon)
https://tokopedia.link/o08WqoDrC0
di toko PT PAPASARI Rp340.000
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Ini mobil barang ada yg tune juga ya ??matra wrote: Tue Oct 08, 2019 11:21 liat di teddy rev jakarta ada di tune
hadil dynonya juga lumayan

85.000 per liter ya om turbo.. lebih ok dari cat deo dong ini.. boleh campur cat deo kan om biar agak ringan hehe..Turboman wrote: Tue Oct 08, 2019 13:09 Nih kalo mau coba oli 15W40 yang ada kandungan PAO nya alias 1 Decene Homo Homo
API CJ-4
Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (1 gallon)
https://tokopedia.link/o08WqoDrC0
di toko PT PAPASARI Rp340.000
bisa skalian pesen 5w40 nya buat stok

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
15W40 campur beda merek gpp sih selama base oil keduanya dari lingkungan Grup 2 / Grup 3 / PAO / ada campuran Ester......saling bercampur sempurnaGivrun wrote:Ini mobil barang ada yg tune juga ya ??matra wrote: Tue Oct 08, 2019 11:21 liat di teddy rev jakarta ada di tune
hadil dynonya juga lumayan![]()
85.000 per liter ya om turbo.. lebih ok dari cat deo dong ini.. boleh campur cat deo kan om biar agak ringan hehe..Turboman wrote: Tue Oct 08, 2019 13:09 Nih kalo mau coba oli 15W40 yang ada kandungan PAO nya alias 1 Decene Homo Homo
API CJ-4
Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (1 gallon)
https://tokopedia.link/o08WqoDrC0
di toko PT PAPASARI Rp340.000
bisa skalian pesen 5w40 nya buat stok
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
CC mah dibiarkan std aja, apalagi kalau dipakai harian, bukan drag race saja. udah saatnya harus sadar dengan lingkungan / polusi udara. Bener2 langsung berasa koq efek nya, asep nya jadi bau tajem dan pedih di mata (at least ini di ANKI gue). Saya sempat lepas CC seminggu, seminggu kemudian pasang lagi CC nya
)

W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Cat Conv di Diesel idealnya pake yg 200 CPI / less
kalo pake yg 400 CPI jadi cepat mampet oleh jelaga
bisa sih dibersihkan tapi jadi sgt merepotkan
harusnya ada yg jual Katalik 100 - 150 CPI baru mantap.......walau gak se efektip yg 400 CPI tapi drpd gak ada
CPI = Cell per inch sq
kalo pake yg 400 CPI jadi cepat mampet oleh jelaga
bisa sih dibersihkan tapi jadi sgt merepotkan
harusnya ada yg jual Katalik 100 - 150 CPI baru mantap.......walau gak se efektip yg 400 CPI tapi drpd gak ada
CPI = Cell per inch sq
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Asap pembakaran Diesel fuel lewat Katalik tercium asam krn terbentuk H2SO4tesna wrote:CC mah dibiarkan std aja, apalagi kalau dipakai harian, bukan drag race saja. udah saatnya harus sadar dengan lingkungan / polusi udara. Bener2 langsung berasa koq efek nya, asep nya jadi bau tajem dan pedih di mata (at least ini di ANKI gue). Saya sempat lepas CC seminggu, seminggu kemudian pasang lagi CC nya)
utk kondisi solar Indo, umur katalik di Desel gak akan panjang kok, krn noble metals di Katalik begitu kena senyawa sulphur, lama2 akan rusak
kalo dah rusak ya CC jadi gak ada fungsinya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
nyimak dedengkot pada bersabda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
temen ada yang punya pajero sport tahun 2009, dari beli baru sampai kira2 2014 pakai solbus. Terus tobat dan pakai 100% dex dari 2014 sampai sekarang. Bau asep nya masih ngga tajem & ngga pedih di mata. Ini berarti masih oke kan ya harusnya CC nya? beda banget sama ANKI 2018 saya ketika pakai front pipe plong (non CC).
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
test pake solar sulphur tinggitesna wrote:temen ada yang punya pajero sport tahun 2009, dari beli baru sampai kira2 2014 pakai solbus. Terus tobat dan pakai 100% dex dari 2014 sampai sekarang. Bau asep nya masih ngga tajem & ngga pedih di mata. Ini berarti masih oke kan ya harusnya CC nya? beda banget sama ANKI 2018 saya ketika pakai front pipe plong (non CC).
kalo muncul aroma bau asam = fungsi Katalik masih normal
Kalo udah gak bau asam......ya udah deh
wkwkkwkwkwkkwkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Om Givrun, kalo dicompare antara traga dan l300 gimana , plus minusnya apa saja? Terutama dalam hal profit perusahaan karena kalo mobil niaga kita pasti bicara profitablilitasnya, yang sudah mencakup daya angkut, running cost, reliability, dll, dll.Givrun wrote: Sun Aug 25, 2019 14:58
Ada om turbo , sdh cabut modul egr d bawah setir. Dan sumbat selang servo egr dgn gotri. Beda dgn panther selang servo egr d traga cuma 1.
Apakah dengan harga yang lebih mahal, traga lebih worth daripada the living legend l300?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
First of all harga OTR d tempat ane Sama om kedua nya , baca2 daerah lain mahalan traga 20 juta an.
Disini si elsapek yg imho sdh "overprice" malah d tambah lebih overprice. Kalau gak cepet sadar sih bisa kegusur traga.
Daya angkut dalam hal luas bak/ box utk yg sya pake menang traga yg brarti dia lebih muat banyak barang.. kalau ukuran tonase jatuh nya sya liat sama om. D tmpat ane belum ada yg brani muat 4 ton

traga lebih irit jauh, Perawatan sih sama2 aja kayak piara diesel lain, kalau ane traga greasing kudu rutin aja sih karna biaya parts kaki2 yg belum jelas. tenaga menang L300 power to weight ratio nya ngaruh om, tapi akan effortles traga utk rute panjang di bantu turbo nya. perbandingan harga spare part blom bsa bicara bnyk, karna unit baru lewat 10.000 km tapi basically it's a phanter om.
nah kalau daya tahan, ini yg sya yakin lebih baik traga.
sdh bnyk miara L300. elsapek skrg Gak sebadak dlu..
Minus nya L300
*AKI harus sering Cek ..karna peletakan nya dekat sma mesin jadi gampang nguap beda sama traga yg letak nya sdh kaya truk beda sendiri. Kalau supir nya malas cek akan bikin keluar dana ekstra per tahun nya buat aki.
*air radiator harus sering cek, L300 baru spek radiator nya ganti, malah mengecil.. pakai almu bukan tembaga lagi. L300 sekarang sering banget overheat , solusi kbanyakan yg dsni , Kipas visco d paten, thermostat cabut.
minus nya Traga
*spion belum model tangkai , ini sya buatkan pesan d karoseri
*Penempatan aki d belakang seperti truck rentan kena curi. D bikinkan pengaman buat pasang gembok juga d karoseri.
*pasang bumper besi pengaman harus lepas bemper depan. Ini belum d kerjain karna gak senang dgn tampilan nya
*shock depan imho trlalu rendah dan lembut, mungkin krna ini kta nya pakai punya DMAX, bemper jadi sering nyium tanah kalau ktemu lubang jadi ane ganjel support shock nya pakai konveyor yg tebal , potong sesuai support shock, tebal konveyor nya skitar 1,5cm, ane juga ganti ban depan pakai ban bias 700-14 d banding standarnya radial 195/80/R14. tinggi tambah 2 cm (body lift 1cm) lebar berkurang 2 cm ( stabilitas berkurang tapi setir jadi lebih enteng) sidewall tambah tebal total 1cm(lebih tahan beban). jadi dgn kombinasi itu .. body lift skitar 2,5 cm.
owh iya Belakang tambah 1 per indospring coltdies PS 125 karna toko belum ready saat itu utk traga, skrg sih udh ada, Trus d tambah potongan kecil panjang 30 cm an buat ninggiin karna sekel gak nemu yg cocok. Total nambah tinggi 6 cm kosongan.
2 ban depan ane simpan buat nanti gantikan ban belakang saat mulai gundul.
Sorry kalau kepanjangan om. overall kembali lagi ke keperluannya om, Kalau perlu muatan banyak dan jarak tempuh jauh (tonase masih d bawah 2,5 ton .. lebih profit traga) dgn muatan dan irit nya. L300 akan menang tenaga utk rute pendek, jalan berbatu, tanjakan terjal dan karna rute yang gini akan kerja keras brarti sparepart assy kudu gampang di cari d pelosok.
penilaian ane subjectif ya om, kayak anak kecil yg udh sering mainan lama trus dapet mainan baru yg kliatan nya wow segala nya.

by the way kedua nya lagi promo DP murah .. karna kdua merk sales nya ada chat ane awal bulan ini. jadi nyesel ambil kecepetan

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
CC masih ane biarkan mau tak bobok syg euy ,Turboman wrote: Wed Oct 09, 2019 4:28Asap pembakaran Diesel fuel lewat Katalik tercium asam krn terbentuk H2SO4tesna wrote:CC mah dibiarkan std aja, apalagi kalau dipakai harian, bukan drag race saja. udah saatnya harus sadar dengan lingkungan / polusi udara. Bener2 langsung berasa koq efek nya, asep nya jadi bau tajem dan pedih di mata (at least ini di ANKI gue). Saya sempat lepas CC seminggu, seminggu kemudian pasang lagi CC nya)
utk kondisi solar Indo, umur katalik di Desel gak akan panjang kok, krn noble metals di Katalik begitu kena senyawa sulphur, lama2 akan rusak
kalo dah rusak ya CC jadi gak ada fungsinya
ada kejadian waktu tanya2 mekanik isuzu dia jawab CC biarkan saja gpp, trus ane bilang panther sering mampet tuh CC nya (ngetest doang), ane tanya cara rawat biar gak mampet gimana, doi jawab biar gak mampet bawa sebulan sekali k lapangan trus geber2. Nah lo jawaban nya kok gitu, masak tiap bulan ane suruh supir n smua unit ngumpul d lapangan buat geber2 , lapangan penuh supir n unit lagi geber2 an dong , d liat orang kan lucu.. dari jawaban itu sih ane mikir kudu d lepas CC nya.
karna d tempat ane blom ada yg bsa bikin DP , liat DP panther model CC nya beda trus lekukan juga beda. Jadi Gak yakin kalau beli online bsa masuk.
next akan coba soal tanya2 DP d komunitas TRAGA
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya
Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya
Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Klo sosialisasi nya ini bukan untuk bos/pt saja om. Supir truk juga diceramahin. Terutama yang angkut materialan.nizamuddinaulia wrote:Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya
Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk [emoji23]
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Kenyataan Engkel saja bawa muatan 5 ton. Dan roda 6.paling sedikit 8 ton.bahkan sampai 15 ton-an. Bersih
Siapa sih yang salah? Dishub ladang korup? Bos tamak demi efisiensi.Supir bosan hidup bangga bawa muatan overload.tapi ngangkat ringan ga dapat duit

Tapi yg jelas pabrikan mobil senyum karena harga mobil niaga rata2 naik terus sampai cost operasional buat rakyat kecil terlalu berat. Kredit ooh kredit.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Saya setuju, hidup serba sempit kalo ga overload, supir selalu disalahin padahal bkn kemauan sendiri.bm9792ct wrote: Wed Oct 09, 2019 14:03Klo sosialisasi nya ini bukan untuk bos/pt saja om. Supir truk juga diceramahin. Terutama yang angkut materialan.nizamuddinaulia wrote:Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya
Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk [emoji23]
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Kenyataan Engkel saja bawa muatan 5 ton. Dan roda 6.paling sedikit 8 ton.bahkan sampai 15 ton-an. Bersih
Siapa sih yang salah? Dishub ladang korup? Bos tamak demi efisiensi.Supir bosan hidup bangga bawa muatan overload.tapi ngangkat ringan ga dapat duit
Tapi yg jelas pabrikan mobil senyum karena harga mobil niaga rata2 naik terus sampai cost operasional buat rakyat kecil terlalu berat. Kredit ooh kredit.
Aye dan tim dulu pernah presentasi ke kemenhubdat dan pernah ditanyai pendapat ttg overload
Dari pendapat kami ya bahaya. Itu kalo offroad mah gpp kalo sesuai spek. Nah ini di jalan apa ga banyak mati orang kalo kendaraannya malfungsi.
Kalo dari pendapat mereka ya pusing, anggaran perbaikan jalan jebol terus dan kecelakaan tinggi.
Makanya skrg arah kiblatnya dishub ke Safety concern mulai tinggi
Kalo mau untung pakek truk yang lightweight high performance (macem truk eropa dari mercy sampe kamaz), yang konsumsi bahan bakarnya 1:4 padahal 13000 cc
Saya pernah bawa kontener pakek truk 13L waktu di tes track, matic, nginjek pedal gasnya bikin senyum
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
senyum lah om, torsi nya bikin nagih hahahahanizamuddinaulia wrote: Wed Oct 09, 2019 14:43Saya setuju, hidup serba sempit kalo ga overload, supir selalu disalahin padahal bkn kemauan sendiri.bm9792ct wrote: Wed Oct 09, 2019 14:03Klo sosialisasi nya ini bukan untuk bos/pt saja om. Supir truk juga diceramahin. Terutama yang angkut materialan.nizamuddinaulia wrote:Sekedar info:
Dari uji KIR
Penentuan Jumlah berat yang diizinkan di kendaraan niaga itu dari spek load axle nya (liat load disumbu terberatnya
Penentuan JBI berdasarkan kelas jalannya
Contoh: dyna/dutro 4 ban
JBB : 5200 kg
JBI: 4600 kg
Rangka+body+supir: 2500 kg
Muatan yang diizinkan (legal) 2100 kg
Muatan yang bisa di bawa sesuai spek truk: 2700 kg
Ada selisih 600 kg, belom sama safety factor si truk [emoji23]
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
Kenyataan Engkel saja bawa muatan 5 ton. Dan roda 6.paling sedikit 8 ton.bahkan sampai 15 ton-an. Bersih
Siapa sih yang salah? Dishub ladang korup? Bos tamak demi efisiensi.Supir bosan hidup bangga bawa muatan overload.tapi ngangkat ringan ga dapat duit
Tapi yg jelas pabrikan mobil senyum karena harga mobil niaga rata2 naik terus sampai cost operasional buat rakyat kecil terlalu berat. Kredit ooh kredit.
Aye dan tim dulu pernah presentasi ke kemenhubdat dan pernah ditanyai pendapat ttg overload
Dari pendapat kami ya bahaya. Itu kalo offroad mah gpp kalo sesuai spek. Nah ini di jalan apa ga banyak mati orang kalo kendaraannya malfungsi.
Kalo dari pendapat mereka ya pusing, anggaran perbaikan jalan jebol terus dan kecelakaan tinggi.
Makanya skrg arah kiblatnya dishub ke Safety concern mulai tinggi
Kalo mau untung pakek truk yang lightweight high performance (macem truk eropa dari mercy sampe kamaz), yang konsumsi bahan bakarnya 1:4 padahal 13000 cc
Saya pernah bawa kontener pakek truk 13L waktu di tes track, matic, nginjek pedal gasnya bikin senyum![]()
kliyengan pas bayar servis nya kwkwkw
Sekarang lagi hype bus premium, rupa2 juga tipe owner nya ada yg suka rekomendasi pabrikan (inisial livery kuda) ada juga yg wus wus wus pokoknya harus wus wus
ini yg bikin kliyengan hahahaha
anyway buat traga, suspensi depan subtitusi nya pake apa ya? ntah cuma perasaan atau emang rada bunyi2 bagian depan (baru 4 bulan jalan, rute trans jawa)
penuturan supir sih enak bawa ini ketimbang l300 apalagi kalo di isi dex, muatan sih ga berat paling mentok 2 ton lah
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Nah yg ini ane nemu agak aneh om, dlu ane cma cari tau merk2 rekomended.. stelah usaha mulai nuntut jadi mulai belajar sma spesifikasi item.nizamuddinaulia wrote: Wed Oct 09, 2019 13:25
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
kbanyakan nya bilang gini.
bias lebih tahan dari radial buat angkutan
load index tinggi lebih tahan dari load index rendah buat angkutan
BAN BIAS GT super 700-14 PR8
tidak mencantumkan load index tapi ada keterangan max load d web nya. Yaitu 785/750 kg
VS
RADIAL GT Maxmiller PRO 185R14C 8PR load index 102/100 = 850/800 kg
nah 2 ban satu merk ini lebih awet dan tahan versi bias walaupun load index nya lebih kecil. Penggunaan ke 4 roda.
BAN BIAS M/T
LT GT Traction Pro 700-14 PR 8 max load 750/700 kg
VS
RADIAL M/T
Delium Terra Ranger 27x8.5 PR 6 max load 690/650 kg
dua ban pacul beda merk ini, lebih awet dan tahan versi radial dengan load index lebih kecil dan ply rating lebih sedikit. Penggunaan hnya roda belakang
Jadi ane lebih percaya dengan meteran ane daripada itu tulisan2. Yg lebih tebel yg lebih ok ..
Owh iya ban bawaan traga adalh GT maxmiler pro 195/R14C 8PR 106/104 max load 950/900 kg .. yg ukuran ini bru kali ini nemu dn coba. Lebih lebar 2 cm tapi lebih pendek 3cm Biasa nya pakai ukuran 185/R14c. Ya ini Ane skalian coba depan pakai 700-14 belakang pakai 195R14C ini.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Kalo referensi saya:Givrun wrote: Wed Oct 09, 2019 15:39Nah yg ini ane nemu agak aneh om, dlu ane cma cari tau merk2 rekomended.. stelah usaha mulai nuntut jadi mulai belajar sma spesifikasi item.nizamuddinaulia wrote: Wed Oct 09, 2019 13:25
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
kbanyakan nya bilang gini.
bias lebih tahan dari radial buat angkutan
load index tinggi lebih tahan dari load index rendah buat angkutan
BAN BIAS GT super 700-14 PR8
tidak mencantumkan load index tapi ada keterangan max load d web nya. Yaitu 785/750 kg
VS
RADIAL GT Maxmiller PRO 185R14C 8PR load index 102/100 = 850/800 kg
nah 2 ban satu merk ini lebih awet dan tahan versi bias walaupun load index nya lebih kecil. Penggunaan ke 4 roda.
BAN BIAS M/T
LT GT Traction Pro 700-14 PR 8 max load 750/700 kg
VS
RADIAL M/T
Delium Terra Ranger 27x8.5 PR 6 max load 690/650 kg
dua ban pacul beda merk ini, lebih awet dan tahan versi radial dengan load index lebih kecil dan ply rating lebih sedikit. Penggunaan hnya roda belakang
Owh iya ban bawaan traga adalh GT maxmiler pro 195/R14C 8PR 106/104 max load 950/900 kg .. yg ukuran ini bru kali ini nemu dn coba. Biasa nya pakai ukuran 185/R14c.
Kalo jalan aspal radial no problem, yang lemah sidewallnya
Kalo jalan kanan kiri batu ambil bias, kalo mixed use ambil bias aja dan cenderung murah jg
Cari yang load index nya gede, kayaknya udah pas yang bawaan.
Saya kalo beli ban buat truk cari yang load index nya gede(spek jelas), traksi masa bodoh toh kalo bawa berat traksi pindah ke belakang
Yang penting jgn jengkang ke belakang aja, minimal load 30% di axle depan buat jaga steering
195R14 8pr kan mayan ga bakal meleduk cm bawa 2 ton mah, kalo box sama pickup mah paling max 2 ton
Setau ane suspensi standar biasanya bisa tahan+20% dari keadaan speknya
Nambah suspensi/per ga akan nambah load nya, kan yang nahan bearing rodanya.
Kalo 106/104 berarti 950 kg kecepatan sedang,900 kg kecepatan sesuai speed rating (misal 100km/h)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Info nya pakai DMAX om . prnah servis beres ? D klaim saja om..batumakam wrote: Wed Oct 09, 2019 15:06
anyway buat traga, suspensi depan subtitusi nya pake apa ya? ntah cuma perasaan atau emang rada bunyi2 bagian depan (baru 4 bulan jalan, rute trans jawa)
penuturan supir sih enak bawa ini ketimbang l300 apalagi kalo di isi dex, muatan sih ga berat paling mentok 2 ton lah
Per standar belakang nya udh jadi lurus om kalau muatan full.. jadi tambah 1 lapis.. depan sih gak d apa2in. D tinggiin doang. Muatan 2,4 ton belum box nya om.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Ane jg udah compare om ban bias dgn radial. Pakai di l300.usaha ane toko bangunan. Setelah 2unit dibandingkan.Givrun wrote:Nah yg ini ane nemu agak aneh om, dlu ane cma cari tau merk2 rekomended.. stelah usaha mulai nuntut jadi mulai belajar sma spesifikasi item.nizamuddinaulia wrote: Wed Oct 09, 2019 13:25
Untuk maksimalkan beban:
1. liat load index dari ban nya, sesuaikan sama load axle nya.
Misal 120/118L
Biasanya load index ban lebih gede or sama dengan axle nya. Kan ngeri juga bawa muatan tp ban nya ga sanggup nerima. Yang ada meledug tuh ban
2. Semakin cepat kendaraan kemampuan load index ban bawa barang akan berkurang. Sebaliknya jika jalan pelan akan menambah kemampuan load index (up to 60km/hr)
3. Pake grease yang heavy duty buat kingpin (kalo ada) and spider
4. Kalo overload yang pertama kena pasti bearing axle nya. Yang paling agak rentan axle depan
kbanyakan nya bilang gini.
bias lebih tahan dari radial buat angkutan
load index tinggi lebih tahan dari load index rendah buat angkutan
BAN BIAS GT super 700-14 PR8
tidak mencantumkan load index tapi ada keterangan max load d web nya. Yaitu 785/750 kg
VS
RADIAL GT Maxmiller PRO 185R14C 8PR load index 102/100 = 850/800 kg
nah 2 ban satu merk ini lebih awet dan tahan versi bias walaupun load index nya lebih kecil. Penggunaan ke 4 roda.
BAN BIAS M/T
LT GT Traction Pro 700-14 PR 8 max load 750/700 kg
VS
RADIAL M/T
Delium Terra Ranger 27x8.5 PR 6 max load 690/650 kg
dua ban pacul beda merk ini, lebih awet dan tahan versi radial dengan load index lebih kecil dan ply rating lebih sedikit. Penggunaan hnya roda belakang
Jadi ane lebih percaya dengan meteran ane daripada itu tulisan2. Yg lebih tebel yg lebih ok ..
Owh iya ban bawaan traga adalh GT maxmiler pro 195/R14C 8PR 106/104 max load 950/900 kg .. yg ukuran ini bru kali ini nemu dn coba. Lebih lebar 2 cm tapi lebih pendek 3cm Biasa nya pakai ukuran 185/R14c. Ya ini Ane skalian coba depan pakai 700-14 belakang pakai 195R14C ini.
Yg bias buat muatan overload lebih ok. Karena lapisan kawat di dinding dan tapak ban. Jadinya harga lebih mahal yang bias. Tapi ampun borosnya ga sampai 6 bulan. Kadang 3 bulan bisa gundul.
Klo radial awet karena tapak ban lebar dan distribusi berat merata dilapisan ban. Awet 6bln-1tahun.harga murah krn dinding ban minim kawat.
Minusnya dinding ban lemah rawan sobek.muat 2 ton ban udah amblas.
Klo bias pasti cepat gundul tengah ban karena cenderung lonjong dengan build kawat tapak&dinding.
Tekanan angin 65-70psi
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Btw traga dah dobel filter solarnya kah?Givrun wrote: Wed Oct 09, 2019 16:03Info nya pakai DMAX om . prnah servis beres ? D klaim saja om..batumakam wrote: Wed Oct 09, 2019 15:06
anyway buat traga, suspensi depan subtitusi nya pake apa ya? ntah cuma perasaan atau emang rada bunyi2 bagian depan (baru 4 bulan jalan, rute trans jawa)
penuturan supir sih enak bawa ini ketimbang l300 apalagi kalo di isi dex, muatan sih ga berat paling mentok 2 ton lahPer standar belakang nya udh jadi lurus om kalau muatan full.. jadi tambah 1 lapis.. depan sih gak d apa2in. D tinggiin doang. Muatan 2,4 ton belum box nya om.
Mahal gak sparepart nya? Contoh yg fast moving
Kalo dyna/dutro/canter mah bisa tuker2an filsol nya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
Tapi ya bang givrun ini cmn pengalaman saya aja. Buat mix ban depan katanya om pake bias didepan. Dan radial dibelakang begitu kan.
Buat saya sih lebih enak kebalikannya. Bawa beban 2.5 ton tetap lebih enak bias. Bantingannya enak. Dipolisi tidur/jalan lubang lebih nyaman aja.
Klo radial enaknya buat 1ton kebawah. Duh pernah ngebawa 2ton lebih pake 185 radial klo jalan nyungsep/berlubang rasanya sampai amblas ke velg. Hati rasanya ga tenang takut ban sobek/pecah.
Klo ban bias jarang problem. Sampai keliatan kawatnya masih aman kata supirnya @@"
Minusnya cmn 1 aja. Lebih boros tapak. Kalau truk mah sering ngakalin pake vulkanisiran
Buat saya sih lebih enak kebalikannya. Bawa beban 2.5 ton tetap lebih enak bias. Bantingannya enak. Dipolisi tidur/jalan lubang lebih nyaman aja.
Klo radial enaknya buat 1ton kebawah. Duh pernah ngebawa 2ton lebih pake 185 radial klo jalan nyungsep/berlubang rasanya sampai amblas ke velg. Hati rasanya ga tenang takut ban sobek/pecah.
Klo ban bias jarang problem. Sampai keliatan kawatnya masih aman kata supirnya @@"
Minusnya cmn 1 aja. Lebih boros tapak. Kalau truk mah sering ngakalin pake vulkanisiran
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa
filsol nya cmn 1 om, ane tambah filter bawah pakai punya hino lohan model spin on kertas 30 micron. Filter atas bisa tuker NMR 71/ Panther/ isuzuBorneonizamuddinaulia wrote: Wed Oct 09, 2019 16:11
Btw traga dah dobel filter solarnya kah?
Mahal gak sparepart nya? Contoh yg fast moving
Kalo dyna/dutro/canter mah bisa tuker2an filsol nya
Ini apa gak salah ya om ?bm9792ct wrote: Wed Oct 09, 2019 16:09
Ane jg udah compare ban bias dgn radial. Pakai di l300.usaha ane toko bangunan. Setelah 2unit dibandingkan.
Yg bias buat muatan overload lebih ok. Karena lapisan kawat di dinding dan tapak ban. Jadinya harga lebih mahal yang bias. Tapi ampun borosnya ga sampai 6 bulan. Kadang 3 bulan bisa gundul.
Klo radial awet karena tapak ban lebar dan distribusi berat merata dilapisan ban. Awet 6bln-1tahun.harga murah krn dinding ban minim kawat.
Minusnya dinding ban lemah rawan sobek.muat 2 ton ban udah amblas.
Klo bias pasti cepat gundul tengah ban karena cenderung lonjong dengan build kawat tapak&dinding.
Tekanan angin 65-70psi
ban bias konstruksi nya serat benang NYLON dsusun menyilang harga ban lebih MURAH
ban radial konstruksi nya KAWAT , harga ban lebih MAHAL
ane pakai kombinasi ini dan terbukti lebih awet sih om.
Karna ban belakang radial lebih tahan panas , radial tapak nya lebih lebar jadi distribusi beban lebih baik tapak ban lebih awet, dinding ban radial yg empuk ini itu keuntungan nya sih menurut ane om.. jadi kalau ban bias dia terlalu kaku jadi kayak loncat2, radial dia bisa ngikut saat kontur jalan atau saat nikung.
CMIIW