Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by gils »

Jumat kemarin baru service 80rb KM ertiga lama di beres BSD... Total total semua 3,9jtan.. wajar apa gak ya? Udah sama kuras matic,ganti oli, tune up dll, service rem..

Itu bbrp item udah di kurangi sih, poles mesin, spooring balancing bbrp lagi lupa
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

sh00t wrote: Mon Sep 23, 2019 2:10
evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 1:49
Menurut saya wajar karena bengkel resmi ambil cuan terbesarnya dari biaya jasa
:mky_03:

Karena itu lah saya ngga pernah servis di bengkel resmi dari baru, di bengkel swasta asal kita tau kualitas pengerjaannya malah bisa jadi jauh lebih berhati-hati & rapi dibanding di bengkel resmi. Pengalaman saya sih gitu, bisa lebih hemat setengahnya atau bahkan lebih
Tapi kan kita ngejar garansinya om? Sedangkan kalo kita gak servis di beres garansi kita hangus. :big_cry:
Kebetulan saya garansi tetep jalan sih meskipun ngga pernah servis rutin di bengkel resmi.

Secara periodik perawatan berkala kelipatan 10rb km sih tetep ke bengkel resmi, tp saya bilang ngga usah ganti oli, ngga usah bersihin rem, ngga usah bersihin filter udara, dll. Praktis cuma cuci mobil aja sih, dan secara status kita udah melakukan perawatan berkala, ada stempel dari bengkel jg
:mky_01:

Di Honda&Toyota sih so far gitu, entah merek lain ya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

mr_mytplx wrote: Mon Sep 23, 2019 3:05
evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 1:49
Karena itu lah saya ngga pernah servis di bengkel resmi dari baru, di bengkel swasta asal kita tau kualitas pengerjaannya malah bisa jadi jauh lebih berhati-hati & rapi dibanding di bengkel resmi. Pengalaman saya sih gitu, bisa lebih hemat setengahnya atau bahkan lebih
Ane pernah ngalamin ganti fan belt di bengkel binaan ast*a biaya jasanya lebih mahal daripada di nasmoco. :big_dunno:

Ketauannya gara2 setelah ganti fanbelt check engine nyala, dia ganti macam2 scanner ga bisa ngebaca. akhirnya saya bawa ke nasmoco. Sekalian tanya2 ongkos ganti fanbelt di sana. Eh ternyata lebih murah di nasmoco jasanya.

Harga ast*a, kualitas pinggir jalan. :big_dunno:
Kalau saya bener2 bengkel swasta yang saya bs percaya sih, bukan bengkel2 seperti yg om maksud itu.
:mky_01: :mky_03:

Kalau pengalaman saya pernah ke nasmoco sih kecewa berat, masa nemuin bunyi2an aja ngga bisa. Terus saya bawa ke bengkel kaki2 langsung ketauan itu sumber bunyi drmn, padahal cuma baru diangkat pake lift aja
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
mj2005
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu Feb 02, 2017 12:37

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mj2005 »

Pengalaman saya di bengkel luaran yg terpercaya service 40K untuk HRV, ganti oli mesin pakai oli Honda Epro Gold, ganti oli CVT, engine cleaner dan ganti busi habis sekitar 1,6 jt.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1529
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by MSU »

beres sekarang pasti ada target revenue-nya...yg akhirnya membuat mereka gila2an jualan ke konsumen.
dulu mertua selalu servis ke beres, mobil kijang kapsul. tiap 5000km balik pasti ada oleh2 dalam kantong plastik, isi cleaner2 segala macam
terakhir di sekitar odo 170rb-an km dr knalpot rada berasap, yg saya tebak adalah sil klep.
dibawa ke beres, dikasi solusi turun mesin.
sejak itu udh ga pernah mampir ke beres lg
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by sh00t »

evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 4:26
sh00t wrote: Mon Sep 23, 2019 2:10
evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 1:49
Menurut saya wajar karena bengkel resmi ambil cuan terbesarnya dari biaya jasa
:mky_03:

Karena itu lah saya ngga pernah servis di bengkel resmi dari baru, di bengkel swasta asal kita tau kualitas pengerjaannya malah bisa jadi jauh lebih berhati-hati & rapi dibanding di bengkel resmi. Pengalaman saya sih gitu, bisa lebih hemat setengahnya atau bahkan lebih
Tapi kan kita ngejar garansinya om? Sedangkan kalo kita gak servis di beres garansi kita hangus. :big_cry:
Kebetulan saya garansi tetep jalan sih meskipun ngga pernah servis rutin di bengkel resmi.

Secara periodik perawatan berkala kelipatan 10rb km sih tetep ke bengkel resmi, tp saya bilang ngga usah ganti oli, ngga usah bersihin rem, ngga usah bersihin filter udara, dll. Praktis cuma cuci mobil aja sih, dan secara status kita udah melakukan perawatan berkala, ada stempel dari bengkel jg
:mky_01:

Di Honda&Toyota sih so far gitu, entah merek lain ya.
Kemaren ini saya barusan servis 1.000 km di bengkel Hyundai. Trus saya tanya kalo misalnya servis 10.000 km bawa oli sendiri bisa gak? Jawabnya, pake oli sendiri garansi hangus. :big_cry:
ericksip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
Daily Vehicle: X3 BMW

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ericksip »

sandal wrote: Sat Sep 21, 2019 3:09 Beberapa hari yang lalu Brio 1.3 AT 2014 mbak ane servis 40k ke salah satu BeRes Honda

Dan berikut harga servis awal sebelum ada yg dicancel

Part:
- HAO 0W-20 4liter + Filter Oli : 650rb (jadi harga oli 1 ilter = 150rb + filter oli 50rb)
- Oli Transmisi ATF DW1 : 450rb (entah brp liter kok tiba2 langsung 450rb jebret)
- Filter Udara : 150rb
- Pembersih rem : 150rb
- Engine Cleaner : 250rb
TOTAL PART = 1.650.000

Jasa
- Ganti Oli Mesin + Filter oli = 110rb
- Ganti/Kuras Oli Transmisi = 55rb
- Tune Up + OH Throttle Body = 900rb
- Service Injektor = 750rb
- Rem 4 roda = 450rb
TOTAL JASA = 2.265.000

GRAND TOTAL = 3.915.000


Akhirnya beberapa ada yang dicancel seperti tuneup, service injektor, rem 4 roda, pembersih rem dan engine cleaner :frm_bang_head:
kadang kita juga harus mencoba berpikir dari pihak beres
bisa aja mereka mau kasih hasil memuaskan tenaga mesin yang improve setelah diservis tapi disisi pemilik mereka tidak perlu itu dan mereka hanya mau ganti oli aja

ada juga yg tahan sama bunyi2an dan steer yg getar2 tapi ada yang ga mau dan beres selalu SOP nya bunyi dan getar hilang dan gampangnya ganti 1 assy
untuk org yg peduli kenyamanan ada duit dan ga ada waktu mereka ga masalah bayar di beres
yg ga terlalu peduli kenyamanan mungkin mereka hanya mau ganti part yg benar2 udah rusak

mentality 3rd world countries memang barang sampai rusak baru ganti
namun di developed countries mereka ganti barang saat kondisi 70-80% worn

jadi perlu dibedakan dan bisa keluar dari pikiran lingkungan yang membuat kotak kita tetap disana
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by martinnn »

Kalo bengkel franchise kyk bos gmana ?
:big_biglaugh:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by singachu »

evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 4:26
Kebetulan saya garansi tetep jalan sih meskipun ngga pernah servis rutin di bengkel resmi.

Secara periodik perawatan berkala kelipatan 10rb km sih tetep ke bengkel resmi, tp saya bilang ngga usah ganti oli, ngga usah bersihin rem, ngga usah bersihin filter udara, dll. Praktis cuma cuci mobil aja sih, dan secara status kita udah melakukan perawatan berkala, ada stempel dari bengkel jg
:mky_01:

Di Honda&Toyota sih so far gitu, entah merek lain ya.
Bukannya kalau ga ganti oli di BERES T bakalan hangus garansi ?

regards,
singachu
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

singachu wrote: Mon Sep 23, 2019 5:33
evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 4:26
Kebetulan saya garansi tetep jalan sih meskipun ngga pernah servis rutin di bengkel resmi.

Secara periodik perawatan berkala kelipatan 10rb km sih tetep ke bengkel resmi, tp saya bilang ngga usah ganti oli, ngga usah bersihin rem, ngga usah bersihin filter udara, dll. Praktis cuma cuci mobil aja sih, dan secara status kita udah melakukan perawatan berkala, ada stempel dari bengkel jg
:mky_01:

Di Honda&Toyota sih so far gitu, entah merek lain ya.
Bukannya kalau ga ganti oli di BERES T bakalan hangus garansi ?

regards,
singachu
Nope, saya ngga pernah ganti oli di bengkel resmi, selalu ganti oli di luar.

Garansi masih berlaku, mungkin kalau suatu saat ada kerusakan yg penyebabnya dr oli baru ngga dicover sih. Tp kalau garansi lainnya ngga ada masalah sih selama ini.

Malah Teknisi&Service advisor yang tiap kali pegang mobil saya bilang kok mobilnya lebih enak dari bawaan pabrik, suara mesin jg lebih halus. Ya saya bilang aja apa adanya sesuai perawatan saya, toh emang faktanya gitu
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kaleng »

martinnn wrote: Mon Sep 23, 2019 5:32 Kalo bengkel franchise kyk bos gmana ?
Sama penasaran juga untuk bengkel seperti BOS dan Mobeng yang mulai banyak. Reviewnya bagaimana dari yg pernah pakai jasa mereka?
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mr_mytplx »

evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 4:29

Kalau saya bener2 bengkel swasta yang saya bs percaya sih, bukan bengkel2 seperti yg om maksud itu.
:mky_01: :mky_03:

Kalau pengalaman saya pernah ke nasmoco sih kecewa berat, masa nemuin bunyi2an aja ngga bisa. Terus saya bawa ke bengkel kaki2 langsung ketauan itu sumber bunyi drmn, padahal cuma baru diangkat pake lift aja
:mky_01:
Maap om ane jadi curhat bengkel non beres, gara2 pernah kecewa berat dan merasa tertipu sama bengkel dengan embel2 binaan ast*a.

kl bengkel non beres yg terpecaya ane yakin pengerjaannya bisa lebih baik dari beres.

Sama om, ane di nasmoco juga suara kaki2 ga beres2. :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

mr_mytplx wrote: Mon Sep 23, 2019 7:53
evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 4:29

Kalau saya bener2 bengkel swasta yang saya bs percaya sih, bukan bengkel2 seperti yg om maksud itu.
:mky_01: :mky_03:

Kalau pengalaman saya pernah ke nasmoco sih kecewa berat, masa nemuin bunyi2an aja ngga bisa. Terus saya bawa ke bengkel kaki2 langsung ketauan itu sumber bunyi drmn, padahal cuma baru diangkat pake lift aja
:mky_01:
Maap om ane jadi curhat bengkel non beres, gara2 pernah kecewa berat dan merasa tertipu sama bengkel dengan embel2 binaan ast*a.

kl bengkel non beres yg terpecaya ane yakin pengerjaannya bisa lebih baik dari beres.

Sama om, ane di nasmoco juga suara kaki2 ga beres2. :mky_07:
beres isinya mekanik baru baru, yang senior pada hijrah ke bengkel swasta atau buka sendiri kecil-kecilan.

service manager dan SA kadang ngga dari orang lapangan jadi minim pengalaman dan kadang g*bl*knya setengah mampus, sampe heran ni orang nyogok berapa bisa jadi service manager ga ngerti apa apa. :mky_05:

muternya gitu terus. makanya beres skrg bagusnya cuma buat basic maintenance, skill problem solvingnya kalah jauh sama bengkel luar yang bonafit...

tp mungkin ya gitu cara beres dapet cuan cepet jualan obat-obat dan perawatan nggak penting... skrg service mobil modern kan nyaris ga perlu setting apa-apa. ganti oli, tune up dan servis rem bila perlu. problem solving masalah duitnya gede tapi pengerjaan lama sementara ditarget unit perhari... lebih gampang jual obat-obat ga jelas buat nutup target...

skrg ke beres murni buat syarat warranty aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Mon Sep 23, 2019 8:41
beres isinya mekanik baru baru, yang senior pada hijrah ke bengkel swasta atau buka sendiri kecil-kecilan.

service manager dan SA kadang ngga dari orang lapangan jadi minim pengalaman dan kadang g*bl*knya setengah mampus, sampe heran ni orang nyogok berapa bisa jadi service manager ga ngerti apa apa. :mky_05:

muternya gitu terus. makanya beres skrg bagusnya cuma buat basic maintenance, skill problem solvingnya kalah jauh sama bengkel luar yang bonafit...

tp mungkin ya gitu cara beres dapet cuan cepet jualan obat-obat dan perawatan nggak penting... skrg service mobil modern kan nyaris ga perlu setting apa-apa. ganti oli, tune up dan servis rem bila perlu. problem solving masalah duitnya gede tapi pengerjaan lama sementara ditarget unit perhari... lebih gampang jual obat-obat ga jelas buat nutup target...

skrg ke beres murni buat syarat warranty aja.
Basic maintenance jg menurut saya sih penanganannya jg kayak kurang manusiawi, ya meskipun itu mobil bukan manusia, cuma tetep aja sih perasaan saya yg punya aja ngga pernah perlakuin mobil kasar/jorok kayak gitu misalnya.

Contoh sepele, saya ngga pernah muter setir dalam kondisi diem, itu teknisi bengkel resmi muter setir kondisi diem, sampe bener2 mentok pula bunya mendesis pompa power steeringnya. Luar biasa
:big_dunno:

Kasarnya sih menurut saya para teknisi itu ngga ada rasa memiliki nya sama sekali, bahkan sampai SA nya sekalipun, bener2 kerja yang asal beres gt
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Rasuano »

Abis di email biaya servis berkala 70.000 km buat yaris:
TMO OW-20 4L 760.000
...
...
...
...
Liat no 1 udah males duluan
Ga scroll kebawah lagi
Gajadi servis ke beres :ngacir:
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by epevert »

Rasuano wrote:Abis di email biaya servis berkala 70.000 km buat yaris:
TMO OW-20 4L 760.000
...
...
...
...
Liat no 1 udah males duluan
Ga scroll kebawah lagi
Gajadi servis ke beres :ngacir:
Tadi persis baru serpis 10k lcgc di toyota..sama olinya
IMG_20190923_183632.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by thirdstar7 »

epevert wrote:
Rasuano wrote:Abis di email biaya servis berkala 70.000 km buat yaris:
TMO OW-20 4L 760.000
...
...
...
...
Liat no 1 udah males duluan
Ga scroll kebawah lagi
Gajadi servis ke beres :ngacir:
Tadi persis baru serpis 10k lcgc di toyota..sama olinya
IMG_20190923_183632.jpeg
Bussseettttt,
Itu mobilnya agya or calya om?
10k udah abis sejute.
Mending hindari ntu beres kalo serpis abis segitu om hahahah,
Ga toyota ga honda sama aja Servisnya ya,
Pengalaman dlu melihara lcgc nissan aja ga sampe segitunya
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1566
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by pengendiesel »

Masih mau bilang beres nissan mahal [emo-police]

Ngomongin nissan, denger2nya pabrik yang di purwakarta tutup

Harga oli tmo 0w20 160-180rb/liter. Oli ini memberikan efek yang sangat, sangat positif, yaitu ngeliat harga oli lainnya di bli2 jadi berasa murah semuanya
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by liemivan86 »

Iseng ah..

Minggu lalu baru servis Cortez 30rb km. Harga oli nya keren dibanding Toyota punya..
IMG_20190921_170657.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by coklatMetalik »

Kalo taun kmaren sih serpis di A2000 msh dapet free 1 liter oli.

Harga TMO 10W40 92rb per liter (mahall). Tp krn bayar 3 liter dpt 4 liter, jadi wajar harga akhirnya...

Skrg msh free 1 liter gk ya?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

ChZ wrote: Mon Sep 23, 2019 8:41
mr_mytplx wrote: Mon Sep 23, 2019 7:53
evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 4:29

Kalau saya bener2 bengkel swasta yang saya bs percaya sih, bukan bengkel2 seperti yg om maksud itu.
:mky_01: :mky_03:

Kalau pengalaman saya pernah ke nasmoco sih kecewa berat, masa nemuin bunyi2an aja ngga bisa. Terus saya bawa ke bengkel kaki2 langsung ketauan itu sumber bunyi drmn, padahal cuma baru diangkat pake lift aja
:mky_01:
Maap om ane jadi curhat bengkel non beres, gara2 pernah kecewa berat dan merasa tertipu sama bengkel dengan embel2 binaan ast*a.

kl bengkel non beres yg terpecaya ane yakin pengerjaannya bisa lebih baik dari beres.

Sama om, ane di nasmoco juga suara kaki2 ga beres2. :mky_07:
beres isinya mekanik baru baru, yang senior pada hijrah ke bengkel swasta atau buka sendiri kecil-kecilan.

service manager dan SA kadang ngga dari orang lapangan jadi minim pengalaman dan kadang g*bl*knya setengah mampus, sampe heran ni orang nyogok berapa bisa jadi service manager ga ngerti apa apa. :mky_05:

muternya gitu terus. makanya beres skrg bagusnya cuma buat basic maintenance, skill problem solvingnya kalah jauh sama bengkel luar yang bonafit...

tp mungkin ya gitu cara beres dapet cuan cepet jualan obat-obat dan perawatan nggak penting... skrg service mobil modern kan nyaris ga perlu setting apa-apa. ganti oli, tune up dan servis rem bila perlu. problem solving masalah duitnya gede tapi pengerjaan lama sementara ditarget unit perhari... lebih gampang jual obat-obat ga jelas buat nutup target...

skrg ke beres murni buat syarat warranty aja.
Honda B*B gimana ko soal service? oke ngga? PT dealer yg itu terkenal kyk robot soale hahah
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by g36 »

singachu wrote: Mon Sep 23, 2019 5:33
evanbngdor wrote: Mon Sep 23, 2019 4:26
Kebetulan saya garansi tetep jalan sih meskipun ngga pernah servis rutin di bengkel resmi.

Secara periodik perawatan berkala kelipatan 10rb km sih tetep ke bengkel resmi, tp saya bilang ngga usah ganti oli, ngga usah bersihin rem, ngga usah bersihin filter udara, dll. Praktis cuma cuci mobil aja sih, dan secara status kita udah melakukan perawatan berkala, ada stempel dari bengkel jg
:mky_01:

Di Honda&Toyota sih so far gitu, entah merek lain ya.
Bukannya kalau ga ganti oli di BERES T bakalan hangus garansi ?

regards,
singachu
Harusnya di sini ada semacam Magnuson-Moss Warranty Act ky di US.
Garansi tetap berlaku meskipun tidak servis di dealer selama perawatan bisa dibuktikan secara reasonable dan within spec dealer (mis: oli yg digunakan, pakai parts OEM, dsb)

Btw jadi inget servis di beres T (yg inisial N) minta jasa servis 80rb 1.4 jt.... rincian pekerjaan : kuras minyak rem, ganti oli CVT, ganti air filter, ganti oli.

WKWKWKWK males dong kerjaan gitu bayarnya berapa.

Auto bawa luar aja, cuma ganti oli yg di beres. Total jasa di luar: 200rb cuma buat flush rem, ganti kampas rem, dan bersihin rem..... sisanya gratis tis.

Tanya di beres T lain (sesama N) ganti oli matic jasa 150rb doang.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Mon Sep 23, 2019 8:41
beres isinya mekanik baru baru, yang senior pada hijrah ke bengkel swasta atau buka sendiri kecil-kecilan.

service manager dan SA kadang ngga dari orang lapangan jadi minim pengalaman dan kadang g*bl*knya setengah mampus, sampe heran ni orang nyogok berapa bisa jadi service manager ga ngerti apa apa. :mky_05:

muternya gitu terus. makanya beres skrg bagusnya cuma buat basic maintenance, skill problem solvingnya kalah jauh sama bengkel luar yang bonafit...

tp mungkin ya gitu cara beres dapet cuan cepet jualan obat-obat dan perawatan nggak penting... skrg service mobil modern kan nyaris ga perlu setting apa-apa. ganti oli, tune up dan servis rem bila perlu. problem solving masalah duitnya gede tapi pengerjaan lama sementara ditarget unit perhari... lebih gampang jual obat-obat ga jelas buat nutup target...

skrg ke beres murni buat syarat warranty aja.
Mekanik baru + magang. lengkap. :mky_07:
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Rasuano »

mr_mytplx wrote: Mon Sep 23, 2019 13:52
ChZ wrote: Mon Sep 23, 2019 8:41
beres isinya mekanik baru baru, yang senior pada hijrah ke bengkel swasta atau buka sendiri kecil-kecilan.

service manager dan SA kadang ngga dari orang lapangan jadi minim pengalaman dan kadang g*bl*knya setengah mampus, sampe heran ni orang nyogok berapa bisa jadi service manager ga ngerti apa apa. :mky_05:

muternya gitu terus. makanya beres skrg bagusnya cuma buat basic maintenance, skill problem solvingnya kalah jauh sama bengkel luar yang bonafit...

tp mungkin ya gitu cara beres dapet cuan cepet jualan obat-obat dan perawatan nggak penting... skrg service mobil modern kan nyaris ga perlu setting apa-apa. ganti oli, tune up dan servis rem bila perlu. problem solving masalah duitnya gede tapi pengerjaan lama sementara ditarget unit perhari... lebih gampang jual obat-obat ga jelas buat nutup target...

skrg ke beres murni buat syarat warranty aja.
Mekanik baru + magang. lengkap. :mky_07:
Kalo ada pekerjaan berat, auto ngumpul. Pdhl yg kerja mah cuma 2 orang.
Kaya waktu mobil saya dibongkar karna fuel gauge ngaco
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Suryaputra »

liemivan86 wrote: Mon Sep 23, 2019 12:22 Iseng ah..

Minggu lalu baru servis Cortez 30rb km. Harga oli nya keren dibanding Toyota punya.. IMG_20190921_170657.jpeg
mantap emang wuling.
Oli mesin konon pake Total 9000 yah ?

sy pernah pake yg 0w20-nya,
masih mantep sampai peride ganti oli di 7 bln / 5rb km :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri