Menunggu CRV FL tahun 2020
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Honda sm toyota sama2 gede global market sharenya bro. Mazda mah kecil market sharenya dibandingin mereka.
Outlander PHEV dijual harga 1.2 M karena masih ikut aturan pajak lama yg diskriminatif sama mobil PHEV yg punya 2 mesin + AWD. X-trail Hybrid jg ngalamin nasib yg sama karena kena aturan pajak lama jd jatuhnya selisih banyak sama dgn mobil mesin ICE biasa.
Makanya itu perpres kendaraan listrik jadi pegangan ATPM untuk invest produksi BEV di indonesia karena akan banyak insentif pajak yg diterima. Aturannya belum resmi berjalan karena masih digodok peraturan kementrian terkait. Kalau sudah berjalan diharapkan mobil ramah listrik akan lbh murah harganya. Otomatis outlander PHEV dan kawan2 akan turun harga kl aturannya sudah resmi berjalan. Targetnya 2021 berlaku resmi.
Penghalang utama mobil listrik gak bs laku di indonesia itu karena harga super mahal dan fasilitas infrastruktur chargingnya yg belum tersedia. Asal 2 ini bisa diberesin, era mobil hybrid / PHEV / EV akan mulai berjalan di indonesia juga.
Outlander PHEV dijual harga 1.2 M karena masih ikut aturan pajak lama yg diskriminatif sama mobil PHEV yg punya 2 mesin + AWD. X-trail Hybrid jg ngalamin nasib yg sama karena kena aturan pajak lama jd jatuhnya selisih banyak sama dgn mobil mesin ICE biasa.
Makanya itu perpres kendaraan listrik jadi pegangan ATPM untuk invest produksi BEV di indonesia karena akan banyak insentif pajak yg diterima. Aturannya belum resmi berjalan karena masih digodok peraturan kementrian terkait. Kalau sudah berjalan diharapkan mobil ramah listrik akan lbh murah harganya. Otomatis outlander PHEV dan kawan2 akan turun harga kl aturannya sudah resmi berjalan. Targetnya 2021 berlaku resmi.
Penghalang utama mobil listrik gak bs laku di indonesia itu karena harga super mahal dan fasilitas infrastruktur chargingnya yg belum tersedia. Asal 2 ini bisa diberesin, era mobil hybrid / PHEV / EV akan mulai berjalan di indonesia juga.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
global marketshare ? honda bahkan masih dibawah nissan hyunkia GM dan Ford...mobilover wrote: Thu Sep 19, 2019 8:11 Honda sm toyota sama2 gede global market sharenya bro. Mazda mah kecil market sharenya dibandingin mereka.
Outlander PHEV dijual harga 1.2 M karena masih ikut aturan pajak lama yg diskriminatif sama mobil PHEV yg punya 2 mesin + AWD. X-trail Hybrid jg ngalamin nasib yg sama karena kena aturan pajak lama jd jatuhnya selisih banyak sama dgn mobil mesin ICE biasa.
Makanya itu perpres kendaraan listrik jadi pegangan ATPM untuk invest produksi BEV di indonesia karena akan banyak insentif pajak yg diterima. Aturannya belum resmi berjalan karena masih digodok peraturan kementrian terkait. Kalau sudah berjalan diharapkan mobil ramah listrik akan lbh murah harganya. Otomatis outlander PHEV dan kawan2 akan turun harga kl aturannya sudah resmi berjalan. Targetnya 2021 berlaku resmi.
Penghalang utama mobil listrik gak bs laku di indonesia itu karena harga super mahal dan fasilitas infrastruktur chargingnya yg belum tersedia. Asal 2 ini bisa diberesin, era mobil hybrid / PHEV / EV akan mulai berjalan di indonesia juga.
https://www.manufacturingglobal.com/top ... rers-world
Toyota punya daihatsu lexus hino dkk... honda cm punya acura... size perusahaan jauh gedean toyota. klo toyota group marketshare nya mirip ahond ya uda gulung tiker...
ya makanya, klo ngomong honda ketinggalan, dlu udah ada hybrid koq mereka... cm kan terhalang regulasi aja... CRZ sampe akhir 2018 masih ada d.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Yang jelas harus ada perbaikan dari komplen2 kemarin itu. Kalo setelah fl masih ada masalah kaya yang kemarin ya sama aja, ngapain nunggu lama2 berharap ada perubahan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Gak salah tuh Honda capitalnya setara Mazda? Jauhhhh bro, malah deketan ke Toyota daripada ke Mazda. Bisa bikin model khusus region seperti Brio/Mobilio/BR-V/City di ASEAN, atau Amaze di India, atau Pilot/Passport/Ridgeline di Amerika itu indikator bahwa capital mereka udah besar. Mazda itu mungkin setara Mitsubishi sebelum merger Nissan.ChZ wrote: Thu Sep 19, 2019 7:57jejepangan hybrid yang getol masukin cuma toyota. C-HR dan Camry.herry_chen wrote: Thu Sep 19, 2019 7:51tambah 1 om. CHR udah ada hynrid juga heemobilover wrote:
Haha iya makanya bro. Camry, corolla udah ad hybridnya. Honda sama accord dan CRV masih adem ayem pakai mesin turbo. Kl statement media sih mereka masih pelajari aturan perpres kendaraan listrik yg baru ditandatanganin sama pak Jokowi bulan lalu. Yah harapannya semoga Honda jg agresif launching produk EV juga jgn ketinggalan kereta sm toyota dan mitsubishi.
Xtrail sekali masukin hybrid ya keok karena mahal. ya wajar gak dimasukin. Mitsubishi apaan ? PHEV nya 1,2 miliar... ora masuk blas. oh ya ngomong2 honda dulu pernah masukin hybrid kok civic FD sama CRZ.
Mazda yang sering dipuja puji dimarih malah cuma 1 jenis mesin bensin aja. jd mazda ketinggalan gituh?
Honda itu secara company paling 11-12 sama Mazda capital nya. Otomatis orientasinya lbh ke barang yang "marketable" ketimbang jual hybrid hybrid an... masukin lineup "kurang laku" di +62 itu agak berisiko. Wajar yang berani cuma toyota, kapitalisasi marketnya lebih gede ketimbang honda maupun mazda.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Yah salah paham lagi kan, ya udah diralat d. Istilah market cap mungkin kurang pas. Iya secara keuangan / capital jelas lebih daripada mazda jelas, tapi gak segede toyota juga. Kita ngomong toyota disini itu TOYOTA GROUP ya bukan toyota sendiri. Krn kalo mau murni cuma ngitung TOYOTA beneran, mobil terlaris di Indonesia itu daihatsu bukan toyota.Astargea wrote:Gak salah tuh Honda capitalnya setara Mazda? Jauhhhh bro, malah deketan ke Toyota daripada ke Mazda. Bisa bikin model khusus region seperti Brio/Mobilio/BR-V/City di ASEAN, atau Amaze di India, atau Pilot/Passport/Ridgeline di Amerika itu indikator bahwa capital mereka udah besar. Mazda itu mungkin setara Mitsubishi sebelum merger Nissan.ChZ wrote: Thu Sep 19, 2019 7:57jejepangan hybrid yang getol masukin cuma toyota. C-HR dan Camry.
Xtrail sekali masukin hybrid ya keok karena mahal. ya wajar gak dimasukin. Mitsubishi apaan ? PHEV nya 1,2 miliar... ora masuk blas. oh ya ngomong2 honda dulu pernah masukin hybrid kok civic FD sama CRZ.
Mazda yang sering dipuja puji dimarih malah cuma 1 jenis mesin bensin aja. jd mazda ketinggalan gituh?
Honda itu secara company paling 11-12 sama Mazda capital nya. Otomatis orientasinya lbh ke barang yang "marketable" ketimbang jual hybrid hybrid an... masukin lineup "kurang laku" di +62 itu agak berisiko. Wajar yang berani cuma toyota, kapitalisasi marketnya lebih gede ketimbang honda maupun mazda.
Yang mau ane emphasize disini, Honda itu bukan merek gede, solo player macem mazda dan suzuki. Size company nya ga sebesar renault nissan, VW, atau toyota group. Bahkan keuangan mereka sering struggle dan project NSX baru saja itu molor karena keuangannya struggle.
Kita mikir honda itu no 2 setelah Toyota kan patokannya indonesia, di negara selain Indonesia sebenernya persaingan Toyota-honda cuma terjadi di US.
Kalo pernah ke jepang coba liat honda jarang banget. Paling banyak itu toyota kedua nissan.
Ya itu yang bikin mereka walo kecil tapi survive, productnya diverse dengan pembagian platform yang sangat hemat... Mereka jago baca market.
Globally Honda itu cuma punya platform mobil kecil (jazz brio dkk, jazz dan brio itu partnya banyak yang sama) dan mobil ukuran medium (Civic CRV Accord Odyssey), dcab ridgeline dan suv pilot pun hanya US, keicar khusus jepang. Ya tambah NSX.
Pabrikan seperti Honda dan Suzuki itu unik, merk solo player tapi produknya sangat diverse sesuai kebutuhan market tapi bisa lahir dari platform global. Makanya mereka bertahan di tengah gempuran pesaing yg notabene merk gede.
Dan sayangnya di indonesia sendiri, ane dengar bisik2 dari temen yang kerja di H, HPM sendiri sedang struggle.
Produk andalannya murni ngandalin Brio dan HRV. CRV kalah moncer dari Fortuner, Lmpv/Lsuv kalah pamor dari pesaing. Harus cari cara buat naikin market lg. Otomatis ya fokus mereka pasti benerin lini produk bawah2 dl. Sambil pelan pelan ngikutin kabar soal regulasi pemerintah.
CRV saat ini statusnya CKD, dan barangkali kalo regulasi sudah diketok palu, bukan gak mungkin mereka berani invest pabrik batre. Tapi untuk waktu dekat mungkin terlalu riskan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Awal tahun 2020 bakal tambah nangis itu BR-VChZ wrote: Thu Sep 19, 2019 15:54Yah salah paham lagi kan, ya udah diralat d. Istilah market cap mungkin kurang pas. Iya secara keuangan / capital jelas lebih daripada mazda jelas, tapi gak segede toyota juga. Kita ngomong toyota disini itu TOYOTA GROUP ya bukan toyota sendiri. Krn kalo mau murni cuma ngitung TOYOTA beneran, mobil terlaris di Indonesia itu daihatsu bukan toyota.Astargea wrote:Gak salah tuh Honda capitalnya setara Mazda? Jauhhhh bro, malah deketan ke Toyota daripada ke Mazda. Bisa bikin model khusus region seperti Brio/Mobilio/BR-V/City di ASEAN, atau Amaze di India, atau Pilot/Passport/Ridgeline di Amerika itu indikator bahwa capital mereka udah besar. Mazda itu mungkin setara Mitsubishi sebelum merger Nissan.ChZ wrote: Thu Sep 19, 2019 7:57
jejepangan hybrid yang getol masukin cuma toyota. C-HR dan Camry.
Xtrail sekali masukin hybrid ya keok karena mahal. ya wajar gak dimasukin. Mitsubishi apaan ? PHEV nya 1,2 miliar... ora masuk blas. oh ya ngomong2 honda dulu pernah masukin hybrid kok civic FD sama CRZ.
Mazda yang sering dipuja puji dimarih malah cuma 1 jenis mesin bensin aja. jd mazda ketinggalan gituh?
Honda itu secara company paling 11-12 sama Mazda capital nya. Otomatis orientasinya lbh ke barang yang "marketable" ketimbang jual hybrid hybrid an... masukin lineup "kurang laku" di +62 itu agak berisiko. Wajar yang berani cuma toyota, kapitalisasi marketnya lebih gede ketimbang honda maupun mazda.
Yang mau ane emphasize disini, Honda itu bukan merek gede, solo player macem mazda dan suzuki. Size company nya ga sebesar renault nissan, VW, atau toyota group. Bahkan keuangan mereka sering struggle dan project NSX baru saja itu molor karena keuangannya struggle.
Kita mikir honda itu no 2 setelah Toyota kan patokannya indonesia, di negara selain Indonesia sebenernya persaingan Toyota-honda cuma terjadi di US.
Kalo pernah ke jepang coba liat honda jarang banget. Paling banyak itu toyota kedua nissan.
Ya itu yang bikin mereka walo kecil tapi survive, productnya diverse dengan pembagian platform yang sangat hemat... Mereka jago baca market.
Globally Honda itu cuma punya platform mobil kecil (jazz brio dkk, jazz dan brio itu partnya banyak yang sama) dan mobil ukuran medium (Civic CRV Accord Odyssey), dcab ridgeline dan suv pilot pun hanya US, keicar khusus jepang. Ya tambah NSX.
Pabrikan seperti Honda dan Suzuki itu unik, merk solo player tapi produknya sangat diverse sesuai kebutuhan market tapi bisa lahir dari platform global. Makanya mereka bertahan di tengah gempuran pesaing yg notabene merk gede.
Dan sayangnya di indonesia sendiri, ane dengar bisik2 dari temen yang kerja di H, HPM sendiri sedang struggle.
Produk andalannya murni ngandalin Brio dan HRV. CRV kalah moncer dari Fortuner, Lmpv/Lsuv kalah pamor dari pesaing. Harus cari cara buat naikin market lg. Otomatis ya fokus mereka pasti benerin lini produk bawah2 dl. Sambil pelan pelan ngikutin kabar soal regulasi pemerintah.
CRV saat ini statusnya CKD, dan barangkali kalo regulasi sudah diketok palu, bukan gak mungkin mereka berani invest pabrik batre. Tapi untuk waktu dekat mungkin terlalu riskan.
Rumor'nya Triple Diamond dan Sijuki siap meramaikan LSUV
Walaupun basic'nya tetap dari LMPV'nya, toh merk lain jg begitu
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
oooh soal nasib BR-V sih .... hehehehe.... gak kaget.Winz wrote: Fri Sep 20, 2019 6:31
Awal tahun 2020 bakal tambah nangis itu BR-V
Rumor'nya Triple Diamond dan Sijuki siap meramaikan LSUV
Walaupun basic'nya tetap dari LMPV'nya, toh merk lain jg begitu
saya dapet info terpercaya yang sudah menyatakan nasibnya ke depan bakal gimana.
makanya saya bilang HPM lagi struggling. retail sales merek H juga nasibnya lumayan mengenaskan. mungkin gak se-ngenes NMI, tapi iya emang turun retail nya. by a far margin. ntahlah moga para executives dai nippon yang baru ini bisa bikin gebrakan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Bisa jadi pertarungan sengit LSUV tahun depanChZ wrote: Fri Sep 20, 2019 7:24oooh soal nasib BR-V sih .... hehehehe.... gak kaget.Winz wrote: Fri Sep 20, 2019 6:31
Awal tahun 2020 bakal tambah nangis itu BR-V
Rumor'nya Triple Diamond dan Sijuki siap meramaikan LSUV
Walaupun basic'nya tetap dari LMPV'nya, toh merk lain jg begitu
saya dapet info terpercaya yang sudah menyatakan nasibnya ke depan bakal gimana.
makanya saya bilang HPM lagi struggling. retail sales merek H juga nasibnya lumayan mengenaskan.
Bikin pasar konsumen HR-V coba lirik2 ke LSUV juga
Apalagi klo ada yang benar2 niat bikin CUV 300jt awal
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
masalahnya honda belum unveil strategi global apa lagi untuk developing countries. Kemarin GIIAS atau IIMS gak pajang apa-apa kan?Winz wrote: Fri Sep 20, 2019 7:30
Bisa jadi pertarungan sengit LSUV tahun depan
Bikin pasar konsumen HR-V coba lirik2 ke LSUV juga
Apalagi klo ada yang benar2 niat bikin CUV 300jt awal
All new Brio sih masih survive, HR-V sih selama blm ada rival yang bener-bener kuat ya masih bertahan. CR-V udah bagus survive di tengah gempuran SUV peminum solar 500 juta-an. Rivalnya udah pasrah, malah rival yang satu "pindah aliran" main SUV 500juta peminum solar juga.
Taun depan Mobilio menurut life cycle seharusnya sudah full model change (Ertiga 6 taun, Mobilio mungkin lebih ke Ertiga, Avanza jangan disebut life cyclenya emang gak wajar). Tapi blm ada rumor. Yah palingan kalo emang ada produk baru ya itu All New Mobilio.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Apa ada kemungkinan next gen nya mobilio pake platform sendiri? Atau tetep pake platform nya Brio? Mengingat saat ini Brio masih dengan platform yang sama dan baru aja semi major change.ChZ wrote: Fri Sep 20, 2019 7:48
masalahnya honda belum unveil strategi global apa lagi untuk developing countries. Kemarin GIIAS atau IIMS gak pajang apa-apa kan?
All new Brio sih masih survive, HR-V sih selama blm ada rival yang bener-bener kuat ya masih bertahan. CR-V udah bagus survive di tengah gempuran SUV peminum solar 500 juta-an. Rivalnya udah pasrah, malah rival yang satu "pindah aliran" main SUV 500juta peminum solar juga.
Taun depan Mobilio menurut life cycle seharusnya sudah full model change (Ertiga 6 taun, Mobilio mungkin lebih ke Ertiga, Avanza jangan disebut life cyclenya emang gak wajar). Tapi blm ada rumor. Yah palingan kalo emang ada produk baru ya itu All New Mobilio.
Tipikal honda juga sharing platform ke banyak line up kan soalnya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Ngomong2 soal Honda, Om Jonfis sekarang kemana ya... ?
beneran pindah merk sebelah.. ?
beneran pindah merk sebelah.. ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Sebagai user crv turbo, fitur2 seperti yang udah ada sekarang aja saya nerima2 aja, yang penting next FL itu peningkatan BQ dan kekedapan udah seneng deh
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Pasti tetep pake platform brio. Paling upgrade tampang dan fitur aja kalopun model baru. Mesin dan transmisi juga pasti tetep, itu selling point nya sampe sekarang. Blom ada yang ngalahin 120ps nya L15 series untuk kelas 1.5 NA.evanbngdor wrote:Apa ada kemungkinan next gen nya mobilio pake platform sendiri? Atau tetep pake platform nya Brio? Mengingat saat ini Brio masih dengan platform yang sama dan baru aja semi major change.ChZ wrote: Fri Sep 20, 2019 7:48
masalahnya honda belum unveil strategi global apa lagi untuk developing countries. Kemarin GIIAS atau IIMS gak pajang apa-apa kan?
All new Brio sih masih survive, HR-V sih selama blm ada rival yang bener-bener kuat ya masih bertahan. CR-V udah bagus survive di tengah gempuran SUV peminum solar 500 juta-an. Rivalnya udah pasrah, malah rival yang satu "pindah aliran" main SUV 500juta peminum solar juga.
Taun depan Mobilio menurut life cycle seharusnya sudah full model change (Ertiga 6 taun, Mobilio mungkin lebih ke Ertiga, Avanza jangan disebut life cyclenya emang gak wajar). Tapi blm ada rumor. Yah palingan kalo emang ada produk baru ya itu All New Mobilio.
Tipikal honda juga sharing platform ke banyak line up kan soalnya.
Iya yg penting peningkatan audio build dan kekedapan sebenernya value nya pasti bagus. Wong mobil ini harganya 50jt lebih murah dari saingannya...kingpower wrote:Sebagai user crv turbo, fitur2 seperti yang udah ada sekarang aja saya nerima2 aja, yang penting next FL itu peningkatan BQ dan kekedapan udah seneng deh
Nambah fitur malah nanti jd kemahalan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Dari honda ke honda ga bosen um?kingpower wrote:Sebagai user crv turbo, fitur2 seperti yang udah ada sekarang aja saya nerima2 aja, yang penting next FL itu peningkatan BQ dan kekedapan udah seneng deh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Iya om terutama NVH. Soalnya dirumah juga ada cx5, kalo dibandingin tuh beda banget, terutama dari kekedapannya. Berasa jomplang hahaChZ wrote: Fri Sep 20, 2019 9:51 Iya yg penting peningkatan audio build dan kekedapan sebenernya value nya pasti bagus. Wong mobil ini harganya 50jt lebih murah dari saingannya...
Nambah fitur malah nanti jd kemahalan...
Ohh saya sih ga ada rencana beli crv facelift om haha. Cuma harapan in general aja ada peningkatan BQ dan concern masalah NVH di honda. Penyakit honda yang belum sembuh2.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 283
- Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2012 CRV RE1
Re: Menunggu CRV FL tahun 2020
Moga2 BQnya diimprove deh, temen sy punya CR-V Turbo tuasnya patah dan smpe gabisa jalan walau ada program recall sih sama road noisenya yaampunnnn. Sy punya CR-V 2012 gila road noisenya
. Sayang aja gitu, CR-V Turbo enak sebenernya apalagi duduk belakang, tapi sayang ada BQ sama ada road noisenya. 

