Berikut sedikit pengalaman saya dengan unit New Rush dan beberapa cabang Auto2000 di Surabaya.
Di bulan November 2018, saya membeli unit New Rush A/T TRD dengan dibantu salah satu Member SM disini sebagai rekan Marketingnya. Pembelian smooth tidak ada masalah dan harga cukup kompetitif. Unit dikirim dengan cepat sesuai jadwal dan mendapat nomor plat yang cukup cantik juga, meskipun tidak memilih..

Masalah "bunyi2an" mulai muncul di sekitar akhir bulan January dengan posisi odo sekitar 2500-3000 sebagai berikut :
1. Nguk2 di saat pagi hari ketika melewati polisi tidur pada body bawah mobil.
2. Klutuk2 apabila melewati polisi tidur yang cukup tinggi pada body bawah mobil.
3. Klitik2 apabila melewati jalan berpaving yang kurang rata pada ban belakang.
4. Kletek2 pada setir apabila melewati jalan tidak rata.
Pada saat itu saya menghubungi A2K Cabang Surabaya - Kertajaya untuk meminta bantuan cek kondisi suara2 pada mobil saya, kebetulan saya ada kenal dengan Pak John (Thank You Pak...) selaku staff disana yang telah membantu SMers pada saat melakukan beberapa review mobil Toyota dalam hal peminjaman unit. Setelah coba diperbaiki, unit langsung saya bawa pulang di hari yang sama. Akan tetapi ternyata hasil masih belum optimal.. bunyi2an point pertama, masih terdengar di pagi hari beserta bunyi2an di point lainnya.
Awal February, saya dikejutkan dengan suara yang cukup kencang di bagian gagang transmisi diikuti getaran cukup keras di gagang transmisi (bunyi2an ke-5). Pada saat itu saya sedang menggunakan unit dalam keadaan kecepatan normal (40-60Km/jam) di dalam kota. Esok hari tepatnya 08February saya kembali menghubungi A2K Kertajaya untuk membantu cek kembali unit saya. Untuk pengecekan kali ini, unit ahkhirnya saya tinggal di A2K, karena memang dibutuhkan waktu beberapa hari untuk melakukan pengecekan dan juga untuk bunyi2an point pertama, hanya muncul di pagi hari. Unit menginap sekitar 3 hari di A2K, dan pada saat saya ambil untuk permasalahan bunyi ke-1 dan ke-5 dapat teratasi dengan baik. Solusi yang dilakukan A2K adalah
- Dilakukan pelumasan ulang di seluruh bagian "sendi2" mobil di bagian bawah.
- Relokasi posisi beberapa part di bagian transmisi di dalam kabin
Sayangnya untuk bunyi2an ke 2 hingga ke 4, belum sempat teratasi dengan baik karena unit harus saya gunakan sehingga unit saya tarik dari A2K Kertajaya. Karena memang fokus saya pada waktu itu adalah masalah pada getaran kuat di gagang transmisi di dalam kabin.
Singkat cerita, pada awal bulan September ini unit kembali saya masukkan di A2K di cabang A.Yani Surabaya. Unit saya masukkan untuk kembali bantu menyelesaikan permasalahan bunyi ke-2 hingga ke-4 di atas. Seperti yang lalu, unit saya tinggal di A2K untuk bantu pengecekan selama beberapa hari. Tepat 3 hari kemudian saya dihubungi oleh SA A.Yani menginformasikan bahwa unit telah selesai diperbaiki. Solusi yang dilakukan A2K pada saat ini adalah
- Pengencangan mur baut dan penambahan peredam di bagian fender depan
- Penyetelan ulang Yoke setir
- Pembersihan pada bagian2 rem di setiap ban
Setelah saya test, bunyi ke-2 dan ke-3 sudah jauh berkurang akan tetapi masih tetap ada. Sedangkan bunyi pada setir menjadi berubah menjadi seperti di luar kabin asal suara. Kembali unit saya masukkan ke A2K A.Yani dan akhirnya bunyi2an dapat sukses diatasi... Solusi yang dilakukan A2K pada saat ini adalah
- Penyetealn ulang kembali Yoke setir
- Melakukan reposisi part2 rem di ban belakang
- Melakukan reposisi kabel hand rem
Tepat pada tanggal 09 September 2019 dan pada odo 9999, akhirnya unit mobil Rush saya bisa terbebas dari suara2 yang tidak normal. Semoga tidak kambuh lagi...

Melalui sedikit cerita saya ini, apabila ditanya apakah saya menyesal membeli Toyota? Yaaa, jelas... pada awalnya saya menjadi cukup kesal, unit baru akan tetapi banyak sekali suara2nya... seperti paduan suara

Karena saya salut dengan layanan dari Toyota khususnya dalam hal ini A2K dimana dengan sabar dan ramah membantu menangani masalah2 saya.. Saya selalu disambut dengan ramah meskipun beberapa kali datang dan selalu membawa masalah. Menurut saya, suatu produk tidak ada yang PASTI 100% Perfect... tapi yang terpenting adalah Jaminan dan Layanan yang diberikan oleh produk tersebut. TOP UNTUK A2K...
Terima kasih secara khusus untuk
1. Pak T (Jakarta)
2. Pak John (A2K Kertajaya)
3. Pak Decky SA (A2K Kertajaya)
4. Pak Slamet SA (A2K A.Yani)
5. Pak Budi Mechanic (A2K A.Yani)
6. Pak Hassan Mechanic (A2K A.Yani)
7. Pak Dimas Mechanic (A2K A.Yani)
Semoga sedikit pengalaman saya ini bisa berkenan di rekan2 SM semua.
Sekian, terima kasih.