Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
judulnya khan pembatasan pembelian solbus subsidi.
kenapa dibatasi?
krn adanya proyeksi over konsumsi dr solar subsidi sekitar 0.8-1.4% dr total target kuota bbm subsidi sbesar 14.5jt kilo liter d akhir 2019.
kenapa bisa over konsumsi bbm subsidi?
isi sendiri deh....
kenapa dibatasi?
krn adanya proyeksi over konsumsi dr solar subsidi sekitar 0.8-1.4% dr total target kuota bbm subsidi sbesar 14.5jt kilo liter d akhir 2019.
kenapa bisa over konsumsi bbm subsidi?
isi sendiri deh....
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Baru kmrn dari daerah kalimantan, kisul disel perusahaan uda byk yg antri beli, kt supir buat cari duit pak, modif tanki jd 80-90l, antri bisol tiap hari, timbun sampe dapet 1-2 ton, jual deh ke pengusaha tambang, seminggu cuan bersih 3-4jt pasti ditangan.
Jadi kenapa bisa jebol? Hmmm...
Jadi kenapa bisa jebol? Hmmm...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
- Location: BTH-CGK
- Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Smoga ga busuk biosolar nya di tangki penyimpanan 1 Ton...klo busuk, bau nya beuhhhhhhhh...blm lg mesin jdi ga enaknyotsaeba wrote: Tue Sep 17, 2019 6:01 Baru kmrn dari daerah kalimantan, kisul disel perusahaan uda byk yg antri beli, kt supir buat cari duit pak, modif tanki jd 80-90l, antri bisol tiap hari, timbun sampe dapet 1-2 ton, jual deh ke pengusaha tambang, seminggu cuan bersih 3-4jt pasti ditangan.
Jadi kenapa bisa jebol? Hmmm...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
- Location: jakarta
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
seharusnya sih dilarang aj sekalian, ga usah pakai dibatasi segala.
wong pemerintah ga konsisten, berharap udara bersih tp bbm msh kelas EURO MINUS.
contohnya ya di jakarta, pemdanya fokus ke pengurangan kendaraan lewat ganjil genap dan yg disasar kendaraan roda 4, padahal yg nyumbang emisi ya di kualitas bbm kita.
wong pemerintah ga konsisten, berharap udara bersih tp bbm msh kelas EURO MINUS.
contohnya ya di jakarta, pemdanya fokus ke pengurangan kendaraan lewat ganjil genap dan yg disasar kendaraan roda 4, padahal yg nyumbang emisi ya di kualitas bbm kita.
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
di negara maju mobil2 diesel tua rata-rata udah berakhir di scrapyard, atau ada modifikasinya barangkali fuelpump atau apanya... trucknya aja udah canggih. iya kalo mesin diesel tua emang perlu sulphur buat pelumasan. diesel di negara2 maju untuk mobil pribadi juga baru ngetrend belakangan.tesna wrote: Tue Sep 17, 2019 4:19
kasian ya di negara2 maju yang cuman ada solar lux doang... mobil2 tua pada rontok dong ya. denger2 sih mobil diesel jadul itu butuh sulfur sebagai pelumas injector dan pompa nya.
Ya justru itu makanya di awal ane bilang... satu sisi ATPM harus tegas melarang tapi masalahnya engine di mobil2 itu juga dipake di dcab tambang yang notabene solarnya pasti jelek juga. Jadi ATPM sendiri juga dilema, krn lebih costly bikin 2 mesin dengan spek berbeda. blom resiko sales pasti drop.Zaxis wrote: Tue Sep 17, 2019 4:03
Kok pertamina ngetes b30 pake mobil fortuner pajero dan terra ya
Knp ga tes pake L300 atau panther?
Kan jd konyol org sini tereak2 mobil 500jt ga bole isi tp pertamina nya malah ngetes sendiri
Wkwkwkwk
Selama ini pom juga dijatahin supply nya
Cuma 10 ton per hari biosolar
2 jenis mesin beda spek emisi pasti beda... injector nya... settingan ecu nya... exhaust nya... cost inventory dan produksi nambah... sy rasa hanya mobil diesel yg dcab based yang emang di "modifikasi" oleh ATPM supaya bisa minum biosolar. bwt saya atpm mungkin alasannya juga lebih ke cost...
Beda dgn mobil macem santafe, sorento, ertiga, 320d/520d yang masuk kategori "mewah" pokoknya.
yang ane sebutkan ya salah satu influencer otomotif yang malah mempromosikan mobilnya bisa minum biosolar dengan alat B*Q padahal bener-bener dilarang sama ATPMnya...
ya bgitulah om makanya saya sempet lama ga nongol. ternyata sekarang juga sama aja.Turboman wrote: Tue Sep 17, 2019 5:06 Dear all
lebih baik kita akhiri diskusi soal memilih beli BBM subsidi & non subsidi, karena biasanya gak akan ada ujungnya & bisa mengarah ke debat kusir
Mari kita kembali soal pengamatan pembatasan solar subsidi sesuai trit
Trims all
Diskusi topik bagus ujungnya debat kusir selalu membenarkan pilihannya. udah ane duga bakal begini lagi ujungnya.
padahal ya udah sih mo ngisi apa emang piilhan masing-masing, yang dibahas disini kan gimana pendapat kita mengenai kebijakan pemerintah...
ane dl pernah kok ngisi premium tp kl dibilang premium busuk dan membebani subsidi biasa aja... wong memang kenyataannya itu...
Last edited by ChZ on Tue Sep 17, 2019 8:38, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
klu kualitas membaik nanti susah dunk bisnis downpipe,tutup egr, aditip2 biosol...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
klo dibatasi cmn 20 liter per hari sih ga ada masalah sebenernya yaa... secara 20 liter tuh mgkn bisa untuk lebih dari sehari pemakaian mobil untuk rute dalam kota yaa.... 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
https://www.msn.com/id-id/ekonomi/bisni ... vp-AAHql5z
ahem demo... akhirnya tetep boleh isi full tapi plat nomer tetep di track. padahal ya kalau di daerah2 ya.. 2012 dulu pernah dinas di kota kecil di sulawesi, itu yang namanya spbu ngantrinya POL!!!! cuman buka 1/2 hari apa pagi doang gitu, jatah hariannay cepet banget abis.
Tapi, di seberang SPBU resmi pertamina, banyak banget perta mini bermunculan dengan harga wow. Ini baru mafia kecil, pasti ada juga mafia gede yang nyomot jatah bbm subsidi buat dijual ke perusahaan2 di harga solar industri non subsidi. Coba bayangin brapa banyak keuntungan yang didapat. EASY MONEY! ngapain kerja kalau bisa nimbun bbm subsidi
Ini lah bener2 namanya subsidi salah sasaran.
Gue sih ga setuju lah adanya bbm subsidi, pasti rentan penyelewengan kayak gini.. supir truck/angkutan umum atau nelayan bisa berubah profesi jadi penimbun bbm subsidi
Kalau mau subsidi bbm tetep ada, harus bener2 di kontrol, untuk mengurangi resiko mafia2 kecil dan besar. Sekarang kan udah jaman modern, bisa lah di track itu mana yang sering bolbal spbu atau nyomot dari mobil tanker wkwkwk. Belinya pake kartu khusus kek ato apalah yang bisa meminimalisir penyelewengan.
Kalau subsidi bbm ga ada lagi, ga ada lagi deh itu mafia2 bbm
biar aja dialihkan jadi subsidi pendidikan kek, subsidi kesehatan kek, transportasi umum kek.
Tapi yah walau gimana pun, bisa dimulai dari diri sendiri
ahem demo... akhirnya tetep boleh isi full tapi plat nomer tetep di track. padahal ya kalau di daerah2 ya.. 2012 dulu pernah dinas di kota kecil di sulawesi, itu yang namanya spbu ngantrinya POL!!!! cuman buka 1/2 hari apa pagi doang gitu, jatah hariannay cepet banget abis.
Tapi, di seberang SPBU resmi pertamina, banyak banget perta mini bermunculan dengan harga wow. Ini baru mafia kecil, pasti ada juga mafia gede yang nyomot jatah bbm subsidi buat dijual ke perusahaan2 di harga solar industri non subsidi. Coba bayangin brapa banyak keuntungan yang didapat. EASY MONEY! ngapain kerja kalau bisa nimbun bbm subsidi

Gue sih ga setuju lah adanya bbm subsidi, pasti rentan penyelewengan kayak gini.. supir truck/angkutan umum atau nelayan bisa berubah profesi jadi penimbun bbm subsidi

Kalau subsidi bbm ga ada lagi, ga ada lagi deh itu mafia2 bbm

Tapi yah walau gimana pun, bisa dimulai dari diri sendiri

W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
- Location: jakarta
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Kalaupun nanti terealisasi wacananya, efek buat ngurangin subsidi APBN jg menurut saya ga bakalan maksimal.
1. 20 liter itu jumlah yg cukup byk lho.
2. kalau kendaraan antri di SPBU lain sehabis ngisi itu gimana? mau bikin oline? sudah siapkah kita? situs mypertamina aj msh suka down dan sulit diakses!
3. solar biasa mau dibatasi, brarti dexlite dan dex hrs diperbanyak. Saat ini ga semua spbu jual dex, apalagi kalo ke luar jabodetabek atau bahkan luar pulau jawa.
Sy lebih mendukung solar biasa dan premium dihapus, pemerintah fokus ke bbm yang berkualitas dan sebisa mungkin pemerintah melalui pertamina menekan cost produksinya.
Kalaupun akhirnya disubsidi, menurut sy pemerintah lebih baik mensubsidi bbm berkualitas drpd subsidi bbm "racun".
1. 20 liter itu jumlah yg cukup byk lho.
2. kalau kendaraan antri di SPBU lain sehabis ngisi itu gimana? mau bikin oline? sudah siapkah kita? situs mypertamina aj msh suka down dan sulit diakses!
3. solar biasa mau dibatasi, brarti dexlite dan dex hrs diperbanyak. Saat ini ga semua spbu jual dex, apalagi kalo ke luar jabodetabek atau bahkan luar pulau jawa.
Sy lebih mendukung solar biasa dan premium dihapus, pemerintah fokus ke bbm yang berkualitas dan sebisa mungkin pemerintah melalui pertamina menekan cost produksinya.
Kalaupun akhirnya disubsidi, menurut sy pemerintah lebih baik mensubsidi bbm berkualitas drpd subsidi bbm "racun".
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
tidak masalah pembatasan 20 liter.
- mempercepat pelayanan
- yang belakangan beli kemungkinan tetap kebagian
- habis ya besok beli lagi
- cukup untuk sebagian besar kendaraan
- tangki modif curang gigit jari
- mempercepat pelayanan
- yang belakangan beli kemungkinan tetap kebagian
- habis ya besok beli lagi
- cukup untuk sebagian besar kendaraan
- tangki modif curang gigit jari
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Dibatasi malah sering kosong sekarangilhami wrote: Tue Sep 17, 2019 12:46 tidak masalah pembatasan 20 liter.
- mempercepat pelayanan
- yang belakangan beli kemungkinan tetap kebagian
- habis ya besok beli lagi
- cukup untuk sebagian besar kendaraan
- tangki modif curang gigit jari
Gara2 sudah kelebihan beban buat subsidi
Macam sudah terjadi baru bingung cari solusi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Tukang sumur bor juga mesinnya pakai solar. kasihan mereka ngga bisa cepat selesai kerjanya, Mereka harus beli solar pakai jerigen, yang mungkin sogok pegawai dulu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Kayak usul saya di post sebelumnya yg boleh isi bbm bersubsidi hanya kendaraan berstiker “mobil ini menggunakan bbm bersubsidi”Boeds wrote: Tue Sep 17, 2019 14:23 http://detik.id/VrRZlC
Menarik ini... mungkin bisa diterapkan di sini
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Tidak perlu heran solar kita kurang, yang main aja masih orang2 petral.. sebagian malah lagi duduk manis di kursi DPR RI sambil pamer mobil mewah di instagram..
Penilaian saya, mungkin kebutuhan solar utk industri tambang & kapal2 tongkang makin banyak.. tapi jatah impor segitu2 aja.. yaudahlah pertamina harus berkorban.. yg penting industri jalan, partai dapat pemasukan..
Penilaian saya, mungkin kebutuhan solar utk industri tambang & kapal2 tongkang makin banyak.. tapi jatah impor segitu2 aja.. yaudahlah pertamina harus berkorban.. yg penting industri jalan, partai dapat pemasukan..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Menurut nubie sih daripada batasin isi biosolar, mending dexlite diturunin deh harganya jadi mepet2 biosolar kaya premium en pertalite. Jadi orang scr ga langsung bakal lari ke dexlite krn lebi gmpg dicari & lebi bagus buat mesin.
Salah 1 faktor orang pada isi biosolar meski mblnya udah gopektiau up kan gara2 harga yg beda 2x lipat antara solar lux en biosolar (nubie sendiri termasuk salah 1 orang di kategori ini)
Salah 1 faktor orang pada isi biosolar meski mblnya udah gopektiau up kan gara2 harga yg beda 2x lipat antara solar lux en biosolar (nubie sendiri termasuk salah 1 orang di kategori ini)
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Lebih baik lagi dicat permanen di body mobillemonadelovers wrote: Tue Sep 17, 2019 14:40Kayak usul saya di post sebelumnya yg boleh isi bbm bersubsidi hanya kendaraan berstiker “mobil ini menggunakan bbm bersubsidi”Boeds wrote: Tue Sep 17, 2019 14:23 http://detik.id/VrRZlC
Menarik ini... mungkin bisa diterapkan di sini
Klo cuma sticker gampang cabut pasang'nya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
saya setuju banget dengan ini, drpd susah2 membatasi solar subsidi mending pertamina putar otak gimana bisa menurunkan harga jual DEX sehingga gap harga dengan solar subsidi tidak terlalu jauh... secara otomatis pemakaian solar subsidi akan berkurang, sebagai contoh: saya dulu pemakai premium di mobil crv lama saya tp setelah ada pertalite yg notabene selisih harga ga terlalu jauh otomotis yg ada di pikiran saya saat itu "ngapain beli yg jelas2 diruang bakar bikin kotor, mending sedikit lebih mahal tp ruang bakar jd sedikit lebih bersih"...ricz wrote: Tue Sep 17, 2019 18:56 Menurut nubie sih daripada batasin isi biosolar, mending dexlite diturunin deh harganya jadi mepet2 biosolar kaya premium en pertalite. Jadi orang scr ga langsung bakal lari ke dexlite krn lebi gmpg dicari & lebi bagus buat mesin.
Salah 1 faktor orang pada isi biosolar meski mblnya udah gopektiau up kan gara2 harga yg beda 2x lipat antara solar lux en biosolar (nubie sendiri termasuk salah 1 orang di kategori ini)

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Semalem isi bisol di spbu langganan, nanya2 ktnya pembatasan dimulai awal oktober.
Yah asal ga ada pembatasan stok sih gpp lah 2hr sekali isi 20l.
Yah asal ga ada pembatasan stok sih gpp lah 2hr sekali isi 20l.
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
ini juga yang jadi big question mark di kepala ane.boschdot wrote: Wed Sep 18, 2019 1:58saya setuju banget dengan ini, drpd susah2 membatasi solar subsidi mending pertamina putar otak gimana bisa menurunkan harga jual DEX sehingga gap harga dengan solar subsidi tidak terlalu jauh... secara otomatis pemakaian solar subsidi akan berkurang, sebagai contoh: saya dulu pemakai premium di mobil crv lama saya tp setelah ada pertalite yg notabene selisih harga ga terlalu jauh otomotis yg ada di pikiran saya saat itu "ngapain beli yg jelas2 diruang bakar bikin kotor, mending sedikit lebih mahal tp ruang bakar jd sedikit lebih bersih"...ricz wrote: Tue Sep 17, 2019 18:56 Menurut nubie sih daripada batasin isi biosolar, mending dexlite diturunin deh harganya jadi mepet2 biosolar kaya premium en pertalite. Jadi orang scr ga langsung bakal lari ke dexlite krn lebi gmpg dicari & lebi bagus buat mesin.
Salah 1 faktor orang pada isi biosolar meski mblnya udah gopektiau up kan gara2 harga yg beda 2x lipat antara solar lux en biosolar (nubie sendiri termasuk salah 1 orang di kategori ini)
![]()
kenapa nggak di kota-kota besar mulai dibatasi biosolar dan dialihkan ke dexlite dengan harga mungkin selisih 1000/lt... jadi orang pelan-pelan beralih ke dexlite. toh yang pake SUV SUV 500juta up kan kebanyakan dipake di kota... paling enggak pasti berkurang cukup signifikan kalo akses ke biosolar di kota dikurangin dan harga dibuat mepet. Selisih 1000/lt buat kota-kota doang si ya gak bakal terlalu pengaruh. anggap tangki 70 liter solar 5150 dexlite katakan 6500 selisih 1350/lt... kota-kota ngisi paling banter seminggu dua minggu sekali...
biosolar di jalanan yang sering dilalui truck... daerah industri... jalur luar kota... yang notabene adalah remote area / jauh dari keramaian kota (dan macet karena ngantri sama truck). mo ngisi biosolar ya monggo macet-macetan sama truck ke daerah tersebut.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
di daerah saya si, cara ini dipake untuk Premium. sempet ada heboh dikit, bensin ga ada katanya, padahal premium yg ga ada di kota. adanya di SPBU kecil2 di pinggiran, di jalan2 non arteri. sisanya ya minimal Pertalite. sekarang ya karna harga bensin stabil jadi ga ada ribut2 apalah.ChZ wrote: Wed Sep 18, 2019 5:05 ini juga yang jadi big question mark di kepala ane.
kenapa nggak di kota-kota besar mulai dibatasi biosolar dan dialihkan ke dexlite dengan harga mungkin selisih 1000/lt... jadi orang pelan-pelan beralih ke dexlite. toh yang pake SUV SUV 500juta up kan kebanyakan dipake di kota... paling enggak pasti berkurang cukup signifikan kalo akses ke biosolar di kota dikurangin dan harga dibuat mepet. Selisih 1000/lt buat kota-kota doang si ya gak bakal terlalu pengaruh. anggap tangki 70 liter solar 5150 dexlite katakan 6500 selisih 1350/lt... kota-kota ngisi paling banter seminggu dua minggu sekali...
biosolar di jalanan yang sering dilalui truck... daerah industri... jalur luar kota... yang notabene adalah remote area / jauh dari keramaian kota (dan macet karena ngantri sama truck). mo ngisi biosolar ya monggo macet-macetan sama truck ke daerah tersebut.
mestinya si Dexlite bisa gini juga ya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Jelek ah, ntar jd kyk truk lintas sumatraWinz wrote: Wed Sep 18, 2019 1:31Lebih baik lagi dicat permanen di body mobillemonadelovers wrote: Tue Sep 17, 2019 14:40Kayak usul saya di post sebelumnya yg boleh isi bbm bersubsidi hanya kendaraan berstiker “mobil ini menggunakan bbm bersubsidi”Boeds wrote: Tue Sep 17, 2019 14:23 http://detik.id/VrRZlC
Menarik ini... mungkin bisa diterapkan di sini
Klo cuma sticker gampang cabut pasang'nya

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Sebenarnya kalo kita perhatikan, dalam kasus premium, bukan harga pertalite nya yang diturunkan mendekati premium, tapi harga premium yang naik drastis tahun 2014 yang buat harga nya mendekati pertalite, jadi pelan2 pasar berpindah. Jadi memang seharusnya harga solar nya yang dinaikkan mendekati harga dexlite, sambil dexlite kalo bisa ya diturunkan sedikit.kunaskun wrote:di daerah saya si, cara ini dipake untuk Premium. sempet ada heboh dikit, bensin ga ada katanya, padahal premium yg ga ada di kota. adanya di SPBU kecil2 di pinggiran, di jalan2 non arteri. sisanya ya minimal Pertalite. sekarang ya karna harga bensin stabil jadi ga ada ribut2 apalah.ChZ wrote: Wed Sep 18, 2019 5:05 ini juga yang jadi big question mark di kepala ane.
kenapa nggak di kota-kota besar mulai dibatasi biosolar dan dialihkan ke dexlite dengan harga mungkin selisih 1000/lt... jadi orang pelan-pelan beralih ke dexlite. toh yang pake SUV SUV 500juta up kan kebanyakan dipake di kota... paling enggak pasti berkurang cukup signifikan kalo akses ke biosolar di kota dikurangin dan harga dibuat mepet. Selisih 1000/lt buat kota-kota doang si ya gak bakal terlalu pengaruh. anggap tangki 70 liter solar 5150 dexlite katakan 6500 selisih 1350/lt... kota-kota ngisi paling banter seminggu dua minggu sekali...
biosolar di jalanan yang sering dilalui truck... daerah industri... jalur luar kota... yang notabene adalah remote area / jauh dari keramaian kota (dan macet karena ngantri sama truck). mo ngisi biosolar ya monggo macet-macetan sama truck ke daerah tersebut.
mestinya si Dexlite bisa gini juga ya.
Yang saya heran, justru dulu Seingat saya pemerintah mencanangkan subsidi fixed untuk solar, kalo tidak salah jumlah nya 1000. Jadi kalo harga minyak dunia naik, solar juga ikut naik, tapi ya masih di subsidi 1000/liter. Entah kenapa koq seiring berjalannya waktu, malah jadi fixed price, yang berujung subsidi membengkak lagi.
Sebagai gambaran, saat ini saya beli solar industri di kisaran 9000-10000 per liter, jadi harga solar tanpa subsidi seharusnya ada di kisaran itu juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
disini kalau antri solar, bukan antri sambil mesin nyala...sambil mesin dimatikan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150
Memang sengaja dibikin jelekcoklatMetalik wrote: Wed Sep 18, 2019 5:11Jelek ah, ntar jd kyk truk lintas sumatraWinz wrote: Wed Sep 18, 2019 1:31Lebih baik lagi dicat permanen di body mobillemonadelovers wrote: Tue Sep 17, 2019 14:40
Kayak usul saya di post sebelumnya yg boleh isi bbm bersubsidi hanya kendaraan berstiker “mobil ini menggunakan bbm bersubsidi”
Klo cuma sticker gampang cabut pasang'nya![]()
Klo enggak gitu gak kasih efek jera