Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by Winz »

ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 0:50 menurut teman2, dengan dibatasinya solar bio max 20 liter sekali beli,apakah akan ngaruh ke RV mobil diesel ?

apalah penjualan diesel akan seret ke depannya ?

atau kalau lebih extreeme, kalau dilarang isi bio, apakah masih minat org beli diesel ?
atau akan geser ke bensin, khususnya LMPV ?
Gak juga, memang mobil 500jt rata2 minum 11rb++

Biar pun pilih yang lain juga layak'nya minum pertaBo

Paling masuk akal hapus sekalian subsidi utk mobil pribadi

Orang bisa beli mobil sudah masuk golongan menengah atas jg
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by ChZ »

ginting wrote:menurut teman2, dengan dibatasinya solar bio max 20 liter sekali beli,apakah akan ngaruh ke RV mobil diesel ?

apalah penjualan diesel akan seret ke depannya ?

atau kalau lebih extreeme, kalau dilarang isi bio, apakah masih minat org beli diesel ?
atau akan geser ke bensin, khususnya LMPV ?
Pasti ada pengaruhnya. Krn rata2 penduduk +62 beli diesel ya demi bisa ngisi bbm murah. Klo sekedar dibatasi mungkin ga signifikan krn bisa diakali.

Klo dilarang samsek nah....

Kalo jujur ngisi dex semua si sebenernya rawat diesel 500jt up ga murah2 amat jg... Uda ngalamin pake santafe 6 bulan ya ga murah2 amat...

Ga irit2 amat juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by evanbngdor »

ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 0:50 menurut teman2, dengan dibatasinya solar bio max 20 liter sekali beli,apakah akan ngaruh ke RV mobil diesel ?

apalah penjualan diesel akan seret ke depannya ?

atau kalau lebih extreeme, kalau dilarang isi bio, apakah masih minat org beli diesel ?
atau akan geser ke bensin, khususnya LMPV ?
Pengaruhnya pasti ada tp seberapa besarnya belom ketauan sih, karena ya memang banyak fleet/pribadi yang mau keluar duit lebih banyak buat beli mobil versi diesel nya dengan tujuan ya nanti bisa ketutup dari biaya operasional nya yg murah.

Tp beda hal nya kalau orang beli diesel emang buat hobby sih.

Saya pribadi juga bakal mikir berkali-kali untuk membandingkan nanti nya misal beli ANKI, untuk jangka panjang lebih hemat pakai yg bensin dengan kondisi pake pertalite atau diesel pake dexlite misalnya. Ini tanpa mempertimbangkan kenikmatan berkendara dll, hanya ke biaya operasional.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by tesna »

ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 0:50 menurut teman2, dengan dibatasinya solar bio max 20 liter sekali beli,apakah akan ngaruh ke RV mobil diesel ?

apalah penjualan diesel akan seret ke depannya ?

atau kalau lebih extreeme, kalau dilarang isi bio, apakah masih minat org beli diesel ?
atau akan geser ke bensin, khususnya LMPV ?
20 liter sehari mah masih banyak banget itu, malah seharusnya subsidi dihapus aja buat kendaraan pribadi.

20 liter anggep aja kemungkinan terburuk mobil diesel pribadi itu 1:10 udah bisa jalan 200km. Cuman taxol aja yang jalan sebanyak itu gue rasa, jarang user biasa sehari 200km.

Contoh masukan:

ANKI bensin, asumsi konsumsi dalkot jkt 1:8, rupiah/km nya itu IDR 1,231.25 pakai pertamax 9850/liter
ANKI diesel, asumsi konsumsi dalkot jkt 1:10, rupiah/km nya itu IDR 1,170.00 pakai dex 11,700/liter

masih lebih murah sedikit diesel kan? tapi dengan benefit torsi besar :D. Buat perjalanan luar kota harusnya sih diesel lebih murah banyak daripada bensin :)

kalau dibandingkan sama LMPV ya tentu sudah beda kelas, lebih hemat LMPV bensin dibanding ANKI diesel.... kalau di Indonesia solar busuk udah ga ada, mungkin juga LMPV diesel juga masuk sini....
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by casabalancas »

ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 0:50 menurut teman2, dengan dibatasinya solar bio max 20 liter sekali beli,apakah akan ngaruh ke RV mobil diesel ?

apalah penjualan diesel akan seret ke depannya ?

atau kalau lebih extreeme, kalau dilarang isi bio, apakah masih minat org beli diesel ?
atau akan geser ke bensin, khususnya LMPV ?
Maaf Om, definisi yang ditetapkan pemerintah untuk mobil pribadi apa ya Om ?

sebenarnya kalau untuk mobil pribadi plat hitam dengan asumsi mesin diesel kecil <2000cc seperti Suzuki Ertiga, Chevy Spin dan Renault Duster efisiensinya sudah sangat baik sih Om, dengan 20 liter solar bisa menempuh sekitar 300 km, bahkan mungkin lebih. Kalau untuk diesel >2000cc kan mobilnya biasanya sudah harganya stengah Milyar, masa berat beli 20 liter solar subsidi, sisanya nambah solar non subsidi :mky_01:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1498
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by MSU »

tesna wrote: Mon Sep 16, 2019 2:32
ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 0:50 menurut teman2, dengan dibatasinya solar bio max 20 liter sekali beli,apakah akan ngaruh ke RV mobil diesel ?

apalah penjualan diesel akan seret ke depannya ?

atau kalau lebih extreeme, kalau dilarang isi bio, apakah masih minat org beli diesel ?
atau akan geser ke bensin, khususnya LMPV ?
20 liter sehari mah masih banyak banget itu, malah seharusnya subsidi dihapus aja buat kendaraan pribadi.

20 liter anggep aja kemungkinan terburuk mobil diesel pribadi itu 1:10 udah bisa jalan 200km. Cuman taxol aja yang jalan sebanyak itu gue rasa, jarang user biasa sehari 200km.

Contoh masukan:

ANKI bensin, asumsi konsumsi dalkot jkt 1:8, rupiah/km nya itu IDR 1,231.25 pakai pertamax 9850/liter
ANKI diesel, asumsi konsumsi dalkot jkt 1:10, rupiah/km nya itu IDR 1,170.00 pakai dex 11,700/liter

masih lebih murah sedikit diesel kan? tapi dengan benefit torsi besar :D. Buat perjalanan luar kota harusnya sih diesel lebih murah banyak daripada bensin :)

kalau dibandingkan sama LMPV ya tentu sudah beda kelas, lebih hemat LMPV bensin dibanding ANKI diesel.... kalau di Indonesia solar busuk udah ga ada, mungkin juga LMPV diesel juga masuk sini....
ini ngitung pake dex...mestinya dexlite udh cukup bagus..
apalagi kalo konsumsi solar bisa 1:15-an..mending diesel..problemnya dexlite ga banyak spbu yg punya
utrid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Thu Jan 31, 2019 7:15

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by utrid »

Turboman wrote: Sun Sep 15, 2019 4:14 Wacana Pembatasan pembelian BioSolar 5150

dengar2 dari SPBU akan diberlakukan dalam waktu dekat, ada yg bilang per 1 Oktober ?

1. Mobil Pribadi = 20 L

2. Truk 3/4 = 40 L

3. Truk besar & bus = 60 L

Mungkin rekan2 ada dengar info lain ?
Beberapa tahun lalu pembelian premium pernah dibatasi juga, tapi cuma bertahan sebentar saja.
Dan beberapa wacana lainnya yg mau diterapkan, mulai pemasangan RFID sampai diameter lubang masuk BBM dimobil mau dibedakan antara mobil pribadi dan komersil. Hasilnya tidak (belum) ada yg direalisir.

Nah, apakah aturan yg ini nasibnya seperti diatas, mari dilihat sama2x
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by ChZ »

utrid wrote: Mon Sep 16, 2019 3:32
Beberapa tahun lalu pembelian premium pernah dibatasi juga, tapi cuma bertahan sebentar saja.
Dan beberapa wacana lainnya yg mau diterapkan, mulai pemasangan RFID sampai diameter lubang masuk BBM dimobil mau dibedakan antara mobil pribadi dan komersil. Hasilnya tidak (belum) ada yg direalisir.

Nah, apakah aturan yg ini nasibnya seperti diatas, mari dilihat sama2x
Premium sekarang gak usah dibatasin jg udah dibatasin secara nggak langsung. Gak semua spbu sedia premium skr.

aturan pembatasan gini IMHO akan sangat sulit ngontrol di lapangan, sangat tidak efektif dan barely menyentuh akar permasalahannya.

Gak bisa kalo cuma dari pemerintah. ATPM mobil macem toyota dan mitsu yg jual kendaraan pribadi 500juta diesel jg harus mau main "kasar", gak nurunin spek demi biosolar, tetep kekeuh masukin spek EURO-berapapun di luar tanpa sunat-sunatan komponen yang memungkinkan minum biosolar. Jadi dari ATPM sendiri harus tegas : wajib nonsubsidi (minimal dexlite) atau warranty void.

masalahnya mau nggak ? dan ini akan sangat berisiko di angka penjualan, paling enggak dampaknya pasti signifikan, mungkin bisa lebih dari 50%. belum lagi mesinnya SUV mereka yang sama persis dengan mobil dcab tambang, akan lebih cost effective kalo mereka jual dengan spek persis mobil tambang.

ini cukup efektif kok, terbukti di BMW, Suzuki, dan Hyundai/KIA yang penjualan mobil dieselnya nya nyaris tiarap :mky_07: BMW/Mercedes aja ogah-ogahan masukin sekarang :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
dualock
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Apr 19, 2017 8:33
Daily Vehicle: toyota

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by dualock »

Daripada dibatasin dinaikin aja harganya.
Untuk fasilitas subsidi bisa menggunakan fasilitas Link Aja (cashbank).
Lebih mudah utk pengawasan dan tepat sasaran.
GO BUMN
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1398
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by iwing »

pemerintah harus tegas terhadap pabrikan jepang. jika mobil nya minum bbm yang tidak di rekomendasikan, dampaknya seperti mobil2 eropa. memang masih ada celah karena mekanik (non beres) disini sangat kreatif tapi minimal buat org2 yang 'beres minded' terhadap mobil nya, gak mau mobilnya diutak atik oleh mekanik non beres

edit tambahan
itu corong dispenser sama lubang bbm mobil dibedakan aja antara bbm subsidi dan yang tidak, minimal agak repot jika mau isi bbm
Last edited by iwing on Mon Sep 16, 2019 4:24, edited 1 time in total.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by lemonadelovers »

Kalau sebelumnya mobil dinas pemerintah supaya ga minum bbm subsidi dikasih stiker : MOBIL INI TIDAK MENGGUNAKAN BBM BERSUBSIDI

Sebaiknya sekarang dibalik, yg boleh isi bbm bersubsidi hanya boleh mobil yg berstiker khusus dan kalau perlu ada QR code. Cth:
MOBIL INI MENGGUNAKAN BBM BERSUBSIDI

Ukurannya dibikin sama aja
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by Penikmat_Kopi »

Gue pakenya selalu dex nih. Karena kebetulan yg diesel ini jarang dipake. Jadi ya gak banyak keluar duit buat dex.

Kalo menurut gue, kenapa repot mikirin orang mau pake solar goceng atau enggak. Biarin ajalah. Nggak usah berasumsi negara dirugikan. Kalau negara rugi gara-gara mobil pribadi pake solar goceng kan pasti sudah dilarang atau stop produksinya.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by coklatMetalik »

Sy malah mikirin bbrp mobil yg konon bisa rusak jika diisi solar mahal. Land cruiser lama misalnya, bbrp kali denger cerita jebol gara2 diisi solar mahal

CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by pradit_d »

Di bali udah langka nih solar bbrp hari belakangan, kmen sodara akhirnya isi dexlite di inopah
:big_peace:
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by carl »

Kalo mau dibatasin sih harusnya solar dijual di beberapa SPBU aja kayak premium. Sekarang premium saya sendiri uda jarang banget liat ada.. entah di dom saya skg Surabaya Timur ataupun Tangerang...
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by jivos »

ChZ wrote: Mon Sep 16, 2019 3:52
Premium sekarang gak usah dibatasin jg udah dibatasin secara nggak langsung. Gak semua spbu sedia premium skr.

aturan pembatasan gini IMHO akan sangat sulit ngontrol di lapangan, sangat tidak efektif dan barely menyentuh akar permasalahannya.

Gak bisa kalo cuma dari pemerintah. ATPM mobil macem toyota dan mitsu yg jual kendaraan pribadi 500juta diesel jg harus mau main "kasar", gak nurunin spek demi biosolar, tetep kekeuh masukin spek EURO-berapapun di luar tanpa sunat-sunatan komponen yang memungkinkan minum biosolar. Jadi dari ATPM sendiri harus tegas : wajib nonsubsidi (minimal dexlite) atau warranty void.

masalahnya mau nggak ? dan ini akan sangat berisiko di angka penjualan, paling enggak dampaknya pasti signifikan, mungkin bisa lebih dari 50%. belum lagi mesinnya SUV mereka yang sama persis dengan mobil dcab tambang, akan lebih cost effective kalo mereka jual dengan spek persis mobil tambang.

ini cukup efektif kok, terbukti di BMW, Suzuki, dan Hyundai/KIA yang penjualan mobil dieselnya nya nyaris tiarap :mky_07: BMW/Mercedes aja ogah-ogahan masukin sekarang :mky_07:
iwing wrote: Mon Sep 16, 2019 4:10 pemerintah harus tegas terhadap pabrikan jepang. jika mobil nya minum bbm yang tidak di rekomendasikan, dampaknya seperti mobil2 eropa. memang masih ada celah karena mekanik (non beres) disini sangat kreatif tapi minimal buat org2 yang 'beres minded' terhadap mobil nya, gak mau mobilnya diutak atik oleh mekanik non beres
+1
opsi yg d rasa plg efektif m'jawab rengekan pemerintah b'kenaan mslah budget subsidi jebol/tdk tepat,....dsb, dmn solbus mrk anggap blm tepat waktu dhilangkan (m'nimbang keperluan logistik) adlh...

govt m'wajibkan atpm sec tegas m'cantumkan rekomendasi jenis ron bbm pd prodnya, waranty void dluar rekomendasi yg dsarankan.


*yg t'jadi skrg govt nya serba ambigu..
- di 1 sisi ngerengek krn subsidi jebol dll ...
- di sisi lain ngikik senyum" bareng atpm d dieng test road B30 dg sumringah claim "aman digunakan" n bs saving subsidi sekian T dr konversi mixed sawitnya yg d banned diluaran, mungkin hal yg sama akan d lakukan pd saat b50 nanti d terapkan.

antara miris n geli ngeliatnya...
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by boschdot »

masa iya sih, klo di surabaya kok masih belum kelihatan yaaa spanduk nyaa...
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by Winz »

pradit_d wrote: Mon Sep 16, 2019 5:51 Di bali udah langka nih solar bbrp hari belakangan, kmen sodara akhirnya isi dexlite di inopah
Yang punya usaha jadi keteteran sekarang

Malah gerak Roda Ekonomi yang jadi tumbal'nya

Padahal BBM subsidi kan dsubsidi buat gerakin ekonomi
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by ginting »

casabalancas wrote: Mon Sep 16, 2019 2:56
ginting wrote: Mon Sep 16, 2019 0:50 menurut teman2, dengan dibatasinya solar bio max 20 liter sekali beli,apakah akan ngaruh ke RV mobil diesel ?

apalah penjualan diesel akan seret ke depannya ?

atau kalau lebih extreeme, kalau dilarang isi bio, apakah masih minat org beli diesel ?
atau akan geser ke bensin, khususnya LMPV ?
Maaf Om, definisi yang ditetapkan pemerintah untuk mobil pribadi apa ya Om ?

sebenarnya kalau untuk mobil pribadi plat hitam dengan asumsi mesin diesel kecil <2000cc seperti Suzuki Ertiga, Chevy Spin dan Renault Duster efisiensinya sudah sangat baik sih Om, dengan 20 liter solar bisa menempuh sekitar 300 km, bahkan mungkin lebih. Kalau untuk diesel >2000cc kan mobilnya biasanya sudah harganya stengah Milyar, masa berat beli 20 liter solar subsidi, sisanya nambah solar non subsidi :mky_01:
Kayaknya sih dari warna plat (yg paling gampang ditandai).

Btw, sy skrg ini seringnya sih mix antara Dex dan Bio, tujuannya supaya (agak) murah per liternya tp risiko lendir dari biosolar agak berkurang.
Secara pemakaian mungkin saya in average sih 500-700 km per bulan *)




*) kecuali kalau ada roadtrip, pasti odo melonjak tinggi. kalau hari hari biasa cuma main sekitar Jakarta, Bekasi, BSD, Pamulang, Ciputat, Bintaro.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by ChZ »

jivos wrote: Mon Sep 16, 2019 5:57
+1
opsi yg d rasa plg efektif m'jawab rengekan pemerintah b'kenaan mslah budget subsidi jebol/tdk tepat,....dsb, dmn solbus mrk anggap blm tepat waktu dhilangkan (m'nimbang keperluan logistik) adlh...

govt m'wajibkan atpm sec tegas m'cantumkan rekomendasi jenis ron bbm pd prodnya, waranty void dluar rekomendasi yg dsarankan.


*yg t'jadi skrg govt nya serba ambigu..
- di 1 sisi ngerengek krn subsidi jebol dll ...
- di sisi lain ngikik senyum" bareng atpm d dieng test road B30 dg sumringah claim "aman digunakan" n bs saving subsidi sekian T dr konversi mixed sawitnya yg d banned diluaran, mungkin hal yg sama akan d lakukan pd saat b50 nanti d terapkan.

antara miris n geli ngeliatnya...
ho oh... byk yang lupa masalah solbus ini nggak cuma perkara subsidi salah sasaran dan ujungnya fokusnya pasti ke pemerintah... padahal pihak atpm jg turut andil krn permisif dan terus-terusan "memanjakan" konsumen dengan mesin diesel downspec yang dipaksakan minum solar busuk...

selama atpm tidak melarang dan tidak void warranty user akan punya mindset "oh atpm tidak melarang kok jadi ya duit duit aing ngapain situ ribut gua ngisi apa?" lebih parah dimari mah bahas beginian dianggep nyinyir...

cm masalahnya emang mbl mewah identik dengan mesin bensin performa tinggi... makanya bensin bisa keluar pertabo... sedangkan mbl diesel emang identik mbl pekerja. jd demand untuk dex / low sulphur diesel emang mungkin gak sebesar bensin oktan tinggi...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by IGedeAmat »

"bisa minum solbus gak... ?"

pertanyaan wajib di tiap thread konsultasi pembelian mobil diesel
(lepas dari berapapun harga belinya)

:mky_03:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by Winz »

ChZ wrote: Mon Sep 16, 2019 8:44
jivos wrote: Mon Sep 16, 2019 5:57
+1
opsi yg d rasa plg efektif m'jawab rengekan pemerintah b'kenaan mslah budget subsidi jebol/tdk tepat,....dsb, dmn solbus mrk anggap blm tepat waktu dhilangkan (m'nimbang keperluan logistik) adlh...

govt m'wajibkan atpm sec tegas m'cantumkan rekomendasi jenis ron bbm pd prodnya, waranty void dluar rekomendasi yg dsarankan.


*yg t'jadi skrg govt nya serba ambigu..
- di 1 sisi ngerengek krn subsidi jebol dll ...
- di sisi lain ngikik senyum" bareng atpm d dieng test road B30 dg sumringah claim "aman digunakan" n bs saving subsidi sekian T dr konversi mixed sawitnya yg d banned diluaran, mungkin hal yg sama akan d lakukan pd saat b50 nanti d terapkan.

antara miris n geli ngeliatnya...
ho oh... byk yang lupa masalah solbus ini nggak cuma perkara subsidi salah sasaran dan ujungnya fokusnya pasti ke pemerintah... padahal pihak atpm jg turut andil krn permisif dan terus-terusan "memanjakan" konsumen dengan mesin diesel downspec yang dipaksakan minum solar busuk...

selama atpm tidak melarang dan tidak void warranty user akan punya mindset "oh atpm tidak melarang kok jadi ya duit duit aing ngapain situ ribut gua ngisi apa?" lebih parah dimari mah bahas beginian dianggep nyinyir...

cm masalahnya emang mbl mewah identik dengan mesin bensin performa tinggi... makanya bensin bisa keluar pertabo... sedangkan mbl diesel emang identik mbl pekerja. jd demand untuk dex / low sulphur diesel emang mungkin gak sebesar bensin oktan tinggi...
Di daerah saya malah enggak ada PertaBo, Dex gampang dicari

Di dekat rumah aja ada 2 SPBU jualan pertaDex, jadi gampang isi

Pengisian Dex ada aja yg isi juga, sering dipantau sama Petugas'nya
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by epevert »

ChZ wrote:
jivos wrote: Mon Sep 16, 2019 5:57
+1
opsi yg d rasa plg efektif m'jawab rengekan pemerintah b'kenaan mslah budget subsidi jebol/tdk tepat,....dsb, dmn solbus mrk anggap blm tepat waktu dhilangkan (m'nimbang keperluan logistik) adlh...

govt m'wajibkan atpm sec tegas m'cantumkan rekomendasi jenis ron bbm pd prodnya, waranty void dluar rekomendasi yg dsarankan.


*yg t'jadi skrg govt nya serba ambigu..
- di 1 sisi ngerengek krn subsidi jebol dll ...
- di sisi lain ngikik senyum" bareng atpm d dieng test road B30 dg sumringah claim "aman digunakan" n bs saving subsidi sekian T dr konversi mixed sawitnya yg d banned diluaran, mungkin hal yg sama akan d lakukan pd saat b50 nanti d terapkan.

antara miris n geli ngeliatnya...
ho oh... byk yang lupa masalah solbus ini nggak cuma perkara subsidi salah sasaran dan ujungnya fokusnya pasti ke pemerintah... padahal pihak atpm jg turut andil krn permisif dan terus-terusan "memanjakan" konsumen dengan mesin diesel downspec yang dipaksakan minum solar busuk...

selama atpm tidak melarang dan tidak void warranty user akan punya mindset "oh atpm tidak melarang kok jadi ya duit duit aing ngapain situ ribut gua ngisi apa?" lebih parah dimari mah bahas beginian dianggep nyinyir...

cm masalahnya emang mbl mewah identik dengan mesin bensin performa tinggi... makanya bensin bisa keluar pertabo... sedangkan mbl diesel emang identik mbl pekerja. jd demand untuk dex / low sulphur diesel emang mungkin gak sebesar bensin oktan tinggi...
Jangan jauh2 om kita bahas atpm..pemerintah...lah SM aja yg forum otomotif banyak bertebaran thread diskusi ttg penggunaan solbus ini, berikut racunnya utk akalin ini itu.....hehehhehe

Ibaratnya komunitas jantung sehat tp membernya perokok akut smua...
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by satria120s »

Artinya Teori Konsumsi Keynes (yang menyebutkan tingkat konsumsi berbanding lurus dengan pendapatan) ga berlaku terkait solar di Indonesia, soalnya makin tinggi pendapatan malah tetap belinya Bio Solar..

Klo soal pembatasan sih useless lah.. masyarakat indonesia yang sungguh kreatif ini akan menemukan cara utk mengakali pembatasan tsb.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Wacana pembatasan pembelian solar 5150

Post by Tampanman »

Lcgc yang wajib pakai pertamax aja sampai sekarang santai2 aja pakai premium dan pertalite tanpa ada penindakan...