Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mohon info untuk tes TBN di trakindo, metode nya apa yang dipakai?
ASTM D2896 or ASTM D4793?
Sharing saja, Om.
ASTM D2896 umumnya digunakan untuk VOA.
ASTM D4739 umumnya digunakan untuk UOA.
Jadi pertanyaan di atas jawabannya tergantung, VOA atau UOA?
Saya cuma compare om
Dpt info unil opal certifed jaso dh-1 tapi tbn di 9,4
Padahal syarat jaso dh-1 tbn>10, pake astm d-4793(voa)
Gatau yg di pake unil opal untuk state tbn 9,4 itu standar apa.
Normalnya hasil tbn astm d-4739 lebih rendah dari astm d-2896.
Jaso dh-1 standar untuk diesel jepang untuk region sulfur >500 ppm, mestinya valid untuk macam fortuner sampe truk sedang kelas hino di indo
Saya juga bingung ada seller di BL nampilin voa delvac mx dari trakindo, tbn di 10,2 (apa tes pake d-4793 untuk voa?)
Padahal secara spec sheet delvac mx tbn 12 (astm d2896)
Saya pribadi lebih condong ke d2896 yah..
Trakindo setahu saya utk test TBN memang pake ASTM 4793
Kalo mau std yg lain coba aja om survey lab lain spt
- Petrolab
- Sucofindo
Mohon info untuk tes TBN di trakindo, metode nya apa yang dipakai?
ASTM D2896 or ASTM D4793?
Sharing saja, Om.
ASTM D2896 umumnya digunakan untuk VOA.
ASTM D4739 umumnya digunakan untuk UOA.
Jadi pertanyaan di atas jawabannya tergantung, VOA atau UOA?
Saya cuma compare om
Dpt info unil opal certifed jaso dh-1 tapi tbn di 9,4
Padahal syarat jaso dh-1 tbn>10, pake astm d-4793(voa)
Gatau yg di pake unil opal untuk state tbn 9,4 itu standar apa.
Normalnya hasil tbn astm d-4739 lebih rendah dari astm d-2896.
Jaso dh-1 standar untuk diesel jepang untuk region sulfur >500 ppm, mestinya valid untuk macam fortuner sampe truk sedang kelas hino di indo
Saya juga bingung ada seller di BL nampilin voa delvac mx dari trakindo, tbn di 10,2 (apa tes pake d-4793 untuk voa?)
Padahal secara spec sheet delvac mx tbn 12 (astm d2896)
Saya pribadi lebih condong ke d2896 yah..
Sharing saja, Om.
ASTM D2896 umumnya digunakan untuk VOA.
ASTM D4739 umumnya digunakan untuk UOA.
Jadi pertanyaan di atas jawabannya tergantung, VOA atau UOA?
Saya cuma compare om
Dpt info unil opal certifed jaso dh-1 tapi tbn di 9,4
Padahal syarat jaso dh-1 tbn>10, pake astm d-4793(voa)
Gatau yg di pake unil opal untuk state tbn 9,4 itu standar apa.
Normalnya hasil tbn astm d-4739 lebih rendah dari astm d-2896.
Jaso dh-1 standar untuk diesel jepang untuk region sulfur >500 ppm, mestinya valid untuk macam fortuner sampe truk sedang kelas hino di indo
Saya juga bingung ada seller di BL nampilin voa delvac mx dari trakindo, tbn di 10,2 (apa tes pake d-4793 untuk voa?)
Padahal secara spec sheet delvac mx tbn 12 (astm d2896)
Saya pribadi lebih condong ke d2896 yah..
Saya pernah browsing macem2, ada produk medos 700 yang tbn nya 11, 9,6 , dari om 9,3
Kalo tbn nya 9,4 dengan metode astm d-2896 pastinya ga certified jaso dh-1.
Masalahnya saya udah email unil opal di indo minta spec sheet nggak dibales
Mungkin ada sesepuh SM yang punya spec sheetnya?
Saya cuma compare om
Dpt info unil opal certifed jaso dh-1 tapi tbn di 9,4
Padahal syarat jaso dh-1 tbn>10, pake astm d-4793(voa)
Gatau yg di pake unil opal untuk state tbn 9,4 itu standar apa.
Normalnya hasil tbn astm d-4739 lebih rendah dari astm d-2896.
Jaso dh-1 standar untuk diesel jepang untuk region sulfur >500 ppm, mestinya valid untuk macam fortuner sampe truk sedang kelas hino di indo
Saya juga bingung ada seller di BL nampilin voa delvac mx dari trakindo, tbn di 10,2 (apa tes pake d-4793 untuk voa?)
Padahal secara spec sheet delvac mx tbn 12 (astm d2896)
Saya pribadi lebih condong ke d2896 yah..
Saya pernah browsing macem2, ada produk medos 700 yang tbn nya 11, 9,6 , dari om 9,3
Kalo tbn nya 9,4 dengan metode astm d-2896 pastinya ga certified jaso dh-1.
Masalahnya saya udah email unil opal di indo minta spec sheet nggak dibales
Mungkin ada sesepuh SM yang punya spec sheetnya?
nizamuddinaulia wrote: Thu Sep 12, 2019 15:47
Saya cuma compare om
Dpt info unil opal certifed jaso dh-1 tapi tbn di 9,4
Padahal syarat jaso dh-1 tbn>10, pake astm d-4793(voa)
Gatau yg di pake unil opal untuk state tbn 9,4 itu standar apa.
Normalnya hasil tbn astm d-4739 lebih rendah dari astm d-2896.
Jaso dh-1 standar untuk diesel jepang untuk region sulfur >500 ppm, mestinya valid untuk macam fortuner sampe truk sedang kelas hino di indo
Saya juga bingung ada seller di BL nampilin voa delvac mx dari trakindo, tbn di 10,2 (apa tes pake d-4793 untuk voa?)
Padahal secara spec sheet delvac mx tbn 12 (astm d2896)
Saya pribadi lebih condong ke d2896 yah..
Saya pernah browsing macem2, ada produk medos 700 yang tbn nya 11, 9,6 , dari om 9,3
Kalo tbn nya 9,4 dengan metode astm d-2896 pastinya ga certified jaso dh-1.
Masalahnya saya udah email unil opal di indo minta spec sheet nggak dibales [emoji23]
Mungkin ada sesepuh SM yang punya spec sheetnya?
si PTT 15W40 angka TBN nya 10 lebih dikit dan meet JASO DH-1
Halo om turboman,mau tanya oli yg cocok buat santa Fe Diesel 2013 apa ya, selama ini pakai delvac 1 5w-40 bahan bakar selalu dex,pengen coba ganti oli merek lain yg lebih bagus, thanks
Hasbi wrote:Halo om turboman,mau tanya oli yg cocok buat santa Fe Diesel 2013 apa ya, selama ini pakai delvac 1 5w-40 bahan bakar selalu dex,pengen coba ganti oli merek lain yg lebih bagus, thanks
di buku manual nya minta ACEA brp ?
mau lebih enteng drpd 5W40 tapi tetap di zona 40 weight =
Sore suhu2 dsni, maaf nubie mau tanya brg kali ada yg mau ngsh masukan.
Klo servis 1000km itu kan free, dan mnrt manual book cm cek2 aja ya.
Yg mau sya tnyain lbh baik ganti oli mesin + filter oli dan oli gardan sklian ga klo mobil bru 1000km om?
Kendaraan sya ANPS 2019
Satu lg om, brg kali ada merk oli buat mesin sm gardan jg blh lah ksh masukany suhu.
Terimakasih sblmnya
Hasbi wrote:Halo om turboman,mau tanya oli yg cocok buat santa Fe Diesel 2013 apa ya, selama ini pakai delvac 1 5w-40 bahan bakar selalu dex,pengen coba ganti oli merek lain yg lebih bagus, thanks
di buku manual nya minta ACEA brp ?
mau lebih enteng drpd 5W40 tapi tetap di zona 40 weight =
use 0W40 spt M1 - 0W40 (pastikan ASLI )
or any kind 0W40 yg meet MB 229.5 / ACEA B4
Kalau d manual sih ACEA C3 sama ACEA B4 bisa 5w-30 or 5W-40
Bagusnya pakai apa ya om turboman,kalau beli online yg recommended,pasti ORI dmna ya? Nuwun
Hasbi wrote:Halo om turboman,mau tanya oli yg cocok buat santa Fe Diesel 2013 apa ya, selama ini pakai delvac 1 5w-40 bahan bakar selalu dex,pengen coba ganti oli merek lain yg lebih bagus, thanks
di buku manual nya minta ACEA brp ?
mau lebih enteng drpd 5W40 tapi tetap di zona 40 weight =
use 0W40 spt M1 - 0W40 (pastikan ASLI )
or any kind 0W40 yg meet MB 229.5 / ACEA B4
Kalau d manual sih ACEA C3 sama ACEA B4 bisa 5w-30 or 5W-40
Bagusnya pakai apa ya om turboman,kalau beli online yg recommended,pasti ORI dmna ya? Nuwun
ACEA C3 buat di negara Euro 5 yg sulphur 10 ppm
Kalo bisa 5W30 bisa pakai AMSOIL MAX DUTY 5W30 kalo mau paling bagus
Halo om Turbo,,mau nanya oli yang cocok utk ipah KD yg kilometer udh 260rb an cocok pke oli ptt 5w40 CI4 atau yg 10w40 CJ4 extra long drain?atau dengan umur mesin segtu harus yg 15w40 om?mohon pencerahannya,,btw ipah tahun 2004 dan skrg lagi pke aisin 15w40 semi sintetik
emkaumam wrote: Thu Sep 19, 2019 17:44
Sore suhu2 dsni, maaf nubie mau tanya brg kali ada yg mau ngsh masukan.
Klo servis 1000km itu kan free, dan mnrt manual book cm cek2 aja ya.
Yg mau sya tnyain lbh baik ganti oli mesin + filter oli dan oli gardan sklian ga klo mobil bru 1000km om?
Kendaraan sya ANPS 2019
Satu lg om, brg kali ada merk oli buat mesin sm gardan jg blh lah ksh masukany suhu.
Terimakasih sblmnya
Kalau saya pribadi sih ganti oli mesin&gardan nya waktu 1000 km, karena oli yang ada di mesin meskipun baru jalan 1000km, tp oli itu udah mengendap berapa lama dari dirakit sampe dengan skg ini. Bisa terlihat kondisinya waktu oli itu dikeluarin dr mesin.
Selain itu oli gardan diganti supaya gram2 yang ada jg ikut kebuang.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Agusdwi wrote:Halo om Turbo,,mau nanya oli yang cocok utk ipah KD yg kilometer udh 260rb an cocok pke oli ptt 5w40 CI4 atau yg 10w40 CJ4 extra long drain?atau dengan umur mesin segtu harus yg 15w40 om?mohon pencerahannya,,btw ipah tahun 2004 [emoji16] dan skrg lagi pke aisin 15w40 semi sintetik
Boleh coba 10W40
10W40 HDEO pilihan banyak si
Sh R5E - SnD
Q8 T800 - Dunia Oli
ya PTT Ext Long D 10W40 sih kelasnya di atas 2 itu
evanbngdor wrote:
Om Turbo, kalau Delvac1 5w-40 sama PTT 5w-40 lebih worth it mana ya untuk mesin light tune pemakaian mostly high RPM dan pake biosol?
ya ini beda level budget aja
Delvac1 is still Delvac1.......heheheh
PTT 5W40 Commonrail sbg alternative yg lebih terjangkau
selisih harga jauh kan.....Delvac1 yg "aman" harga 145 - 150 rb / L and up di Trusted seller
Yg saya coba saat baru si PTT 5W40 ini sih suara mesin alus & tarikan enak utk kelas 5W40.......di saya olinya belom ada 1000 km sih
Iya selisihnya bisa 40rb/liter lebih sih ya. Dikali 7 liter selisihnya bisa 280rb
Skg sih saya lg pake unil opal. Masih ada stock delvac, cuma pengen cari alternatif lain aja kedepannya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
emkaumam wrote: Thu Sep 19, 2019 17:44
Sore suhu2 dsni, maaf nubie mau tanya brg kali ada yg mau ngsh masukan.
Klo servis 1000km itu kan free, dan mnrt manual book cm cek2 aja ya.
Yg mau sya tnyain lbh baik ganti oli mesin + filter oli dan oli gardan sklian ga klo mobil bru 1000km om?
Kendaraan sya ANPS 2019
Satu lg om, brg kali ada merk oli buat mesin sm gardan jg blh lah ksh masukany suhu.
Terimakasih sblmnya
Kalau saya pribadi sih ganti oli mesin&gardan nya waktu 1000 km, karena oli yang ada di mesin meskipun baru jalan 1000km, tp oli itu udah mengendap berapa lama dari dirakit sampe dengan skg ini. Bisa terlihat kondisinya waktu oli itu dikeluarin dr mesin.
Selain itu oli gardan diganti supaya gram2 yang ada jg ikut kebuang.
Jadi oli mesin sm gardan dikuras hbis ya om?
Untuk oli mesin bagusny pke mineral dlu atau fullsyn lgsg ya?
Vislositas brpa om?
evanbngdor wrote: Fri Sep 20, 2019 2:29
Kalau saya pribadi sih ganti oli mesin&gardan nya waktu 1000 km, karena oli yang ada di mesin meskipun baru jalan 1000km, tp oli itu udah mengendap berapa lama dari dirakit sampe dengan skg ini. Bisa terlihat kondisinya waktu oli itu dikeluarin dr mesin.
Selain itu oli gardan diganti supaya gram2 yang ada jg ikut kebuang.
Jadi oli mesin sm gardan dikuras hbis ya om?
Untuk oli mesin bagusny pke mineral dlu atau fullsyn lgsg ya?
Vislositas brpa om?
Kalau saya langsung ganti semua pake full syn dan sesuai spesifikasi yang diminta.
Tp mungkin suhu-suhu lain di sini bisa kasih opsi yang beda
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote:
Om Turbo, kalau Delvac1 5w-40 sama PTT 5w-40 lebih worth it mana ya untuk mesin light tune pemakaian mostly high RPM dan pake biosol?
ya ini beda level budget aja
Delvac1 is still Delvac1.......heheheh
PTT 5W40 Commonrail sbg alternative yg lebih terjangkau
selisih harga jauh kan.....Delvac1 yg "aman" harga 145 - 150 rb / L and up di Trusted seller
Yg saya coba saat baru si PTT 5W40 ini sih suara mesin alus & tarikan enak utk kelas 5W40.......di saya olinya belom ada 1000 km sih
Ptt 5w40 enakan mana sama amsoil turbo truck 5w40 om?
Amsoil Heavy Duty 5W40 saya gak pernah coba
yg saya pernah coba Amsoil DEO 5W40 (Sign series).....itu tarikan agak berat walau suara mesin alus
Ams Heavy Duty 5W40 sih gak pernah dengar komplain yah, seems so far OK
Turboman wrote: Tue Mar 25, 2014 2:30
Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus berdasarkan pengamatan ogut selama bertahun2
Utk mesin Diesel yg minta oil 40 weight alias buntut 40 :
Kategori 5W40 :
1. Mobil Delvac1 or Mobil1 Turbo Diesel truck - 5W40
2. Mobil1 - 0W40 - European Formula
Kategori 10w40 :
Q8 T800 - 10w40
Utk mesin Diesel yg minta oil 30 weight alias buntut 30 :
Amsoil Series 3000 HDD - 5W30
*Bukan seles oli merek manapun*
Om Turbo, kalau Fortuner VNT kmrn dipakaikan oli Mobil 1 Super atau Mobil Super gitu deh tapi yg 15w/40 gmn? Kmrn pas bilang ganti oli, orangnya langsung gantiin pake oli itu.
Apa 15w/40 nggak bagus utk turbo diesel yg sudah common rail? Perlu ane ganti lagi nggak ini om turbo?