Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Sudah siapkah pelumas2 mesin Diesel menghadapi era B30 ?
B30 akan diterapkan th 2020
Kadar BioDiesel yg makin tinggi akan membuat degradasi oli mesin makin cepat
Pelumas yang dibekali dengan additive package yang memenuhi standard ACEA tertentu akan lebih mampu menghadapi efek negatip yg ditimbulkan BioDiesel
Berikut daftarnya =
ACEA 2008 utk std ACEA E4 / 6 / 7 / 9 memuat klausul test dengan menggunakan BioDiesel B 05
ACEA 2012 utk std ACEA B & E series memuat klausul test =
- Adanya Oksidasi yg disebabkan BioDiesel - GF C Lu 43 A 11
- Efek dari BioDiesel thd kebersihan Piston & Ring Piston - CEC L-104
ACEA 2016 utk std ACEA B & E series :
- BioDiesel Oxidation Test - CEC L-109
- Efek BIO dari penggunaan BioDiesel - CEC L 104 - 16
Maka dalam memilih pelumas mesin Diesel di era B20 & B30 ada baiknya utk melihat std ACEA nya berdasarkan tahun rilis std ACEA nya.
Sumber =
Web Infineum
Web Lubrizol
Salam sharing
B30 akan diterapkan th 2020
Kadar BioDiesel yg makin tinggi akan membuat degradasi oli mesin makin cepat
Pelumas yang dibekali dengan additive package yang memenuhi standard ACEA tertentu akan lebih mampu menghadapi efek negatip yg ditimbulkan BioDiesel
Berikut daftarnya =
ACEA 2008 utk std ACEA E4 / 6 / 7 / 9 memuat klausul test dengan menggunakan BioDiesel B 05
ACEA 2012 utk std ACEA B & E series memuat klausul test =
- Adanya Oksidasi yg disebabkan BioDiesel - GF C Lu 43 A 11
- Efek dari BioDiesel thd kebersihan Piston & Ring Piston - CEC L-104
ACEA 2016 utk std ACEA B & E series :
- BioDiesel Oxidation Test - CEC L-109
- Efek BIO dari penggunaan BioDiesel - CEC L 104 - 16
Maka dalam memilih pelumas mesin Diesel di era B20 & B30 ada baiknya utk melihat std ACEA nya berdasarkan tahun rilis std ACEA nya.
Sumber =
Web Infineum
Web Lubrizol
Salam sharing
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
- Location: Serang
- Daily Vehicle: GUN165R
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
#dudukmanis
"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Kesimpulannya apa om turbo? Gak ngerti banyak istilah asingnya.
Apalah kudu pake oli dengan spek ACEA tertentu?
Atau interval ganti oli diperpendek?
Sekarang ane pake ptt extra long drain di vnt. Apakah masih bisa tetap dipake sampe 10k km setelah pemberlakuan b30?
Apalah kudu pake oli dengan spek ACEA tertentu?
Atau interval ganti oli diperpendek?
Sekarang ane pake ptt extra long drain di vnt. Apakah masih bisa tetap dipake sampe 10k km setelah pemberlakuan b30?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
si Xtra Long Drain kalo gak salah ACEA E series nya th 2012pengendiesel wrote:Kesimpulannya apa om turbo? Gak ngerti banyak istilah asingnya.
Apalah kudu pake oli dengan spek ACEA tertentu?
Atau interval ganti oli diperpendek?
Sekarang ane pake ptt extra long drain di vnt. Apakah masih bisa tetap dipake sampe 10k km setelah pemberlakuan b30?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Kalau oli diesel dari keluarga amsoil std ACEA nya tahun brpa om turbo? Terutama seri max duty 5W-30 (DHD) dan turbo truck 5W-40 (ADO). Kebetulan ane lagi pakai ini..Turboman wrote: Tue Aug 20, 2019 12:50 Sudah siapkah pelumas2 mesin Diesel menghadapi era B30 ?
B30 akan diterapkan th 2020
Kadar BioDiesel yg makin tinggi akan membuat degradasi oli mesin makin cepat
Pelumas yang dibekali dengan additive package yang memenuhi standard ACEA tertentu akan lebih mampu menghadapi efek negatip yg ditimbulkan BioDiesel
Berikut daftarnya =
ACEA 2008 utk std ACEA E4 / 6 / 7 / 9 memuat klausul test dengan menggunakan BioDiesel B 05
ACEA 2012 utk std ACEA B & E series memuat klausul test =
- Adanya Oksidasi yg disebabkan BioDiesel - GF C Lu 43 A 11
- Efek dari BioDiesel thd kebersihan Piston & Ring Piston - CEC L-104
ACEA 2016 utk std ACEA B & E series :
- BioDiesel Oxidation Test - CEC L-109
- Efek BIO dari penggunaan BioDiesel - CEC L 104 - 16
Maka dalam memilih pelumas mesin Diesel di era B20 & B30 ada baiknya utk melihat std ACEA nya berdasarkan tahun rilis std ACEA nya.
Sumber =
Web Infineum
Web Lubrizol
Salam sharing
images%20-%202019-08-20T190951.192.jpeg
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Coba e mail aja ke pihak AmsoilEliteguard wrote:Kalau oli diesel dari keluarga amsoil std ACEA nya tahun brpa om turbo? Terutama seri max duty 5W-30 (DHD) dan turbo truck 5W-40 (ADO). Kebetulan ane lagi pakai ini..Turboman wrote: Tue Aug 20, 2019 12:50 Sudah siapkah pelumas2 mesin Diesel menghadapi era B30 ?
B30 akan diterapkan th 2020
Kadar BioDiesel yg makin tinggi akan membuat degradasi oli mesin makin cepat
Pelumas yang dibekali dengan additive package yang memenuhi standard ACEA tertentu akan lebih mampu menghadapi efek negatip yg ditimbulkan BioDiesel
Berikut daftarnya =
ACEA 2008 utk std ACEA E4 / 6 / 7 / 9 memuat klausul test dengan menggunakan BioDiesel B 05
ACEA 2012 utk std ACEA B & E series memuat klausul test =
- Adanya Oksidasi yg disebabkan BioDiesel - GF C Lu 43 A 11
- Efek dari BioDiesel thd kebersihan Piston & Ring Piston - CEC L-104
ACEA 2016 utk std ACEA B & E series :
- BioDiesel Oxidation Test - CEC L-109
- Efek BIO dari penggunaan BioDiesel - CEC L 104 - 16
Maka dalam memilih pelumas mesin Diesel di era B20 & B30 ada baiknya utk melihat std ACEA nya berdasarkan tahun rilis std ACEA nya.
Sumber =
Web Infineum
Web Lubrizol
Salam sharing
images%20-%202019-08-20T190951.192.jpeg
Juga si leaflet pdf nya kan ada keterangan mengenai Drain interval when using BioDiesel, kalo mau long drain banget disarankan utk test lab oli nya
IMHO =
Kalo utk 10 - 15 rb km / 12 bulan sih gak masalah lah
Filter oli ganti di 10 rb km
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
sayaa siappp ajaaa....
yg penting harga goceng n oli 5-30 harga cepek eceng kalo ada...
I
ENJOY
EMEN
COOL CALM CONFIDENT
..............
...

yg penting harga goceng n oli 5-30 harga cepek eceng kalo ada...
I
ENJOY
EMEN
COOL CALM CONFIDENT
..............
...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Wed Dec 12, 2018 3:19
- Location: Garut
- Daily Vehicle: LC VX 80
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Om turbo, kalo kenaikan persentase bio ini selain acea yg perlu dicek di PDS nya apa aja ya?
Soalnya setau saya kandungan bio ini berbanding lurus dengan kandungan sulfur..
Soalnya setau saya kandungan bio ini berbanding lurus dengan kandungan sulfur..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
TBN dan SAPSudeste wrote:Om turbo, kalo kenaikan persentase bio ini selain acea yg perlu dicek di PDS nya apa aja ya?
Soalnya setau saya kandungan bio ini berbanding lurus dengan kandungan sulfur..
basic nya 2 itu
wkwkwkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Aug 27, 2019 12:58
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Bicycle
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
BioDiesel vs Sulphur content?
Itu yang diesel kotor, pure murni hasil destilasi crue oil saja bisa 5000 ppm, makanya pada ngebul hitam dan bau.
BioDiesel sulphurnya rendah, tergantung si bio di ambil dari mana. Golongan biji-bijian termasuk tinggi, bisa sampai 1500 ppm. Kalau yang dari sawit seperti yang kita pakai di NKRI (Negara Konfederasi Republik Indonesia) hanya 9.7 ppm, rendah sekali.
Lagian, ada proses untuk remove si sulphur tadi kok, asal mau. Kalau ga mau, ya jadinya diesel (solar di negara +62 namanya) kotor itu.
https://biodieseleducation.org/Literatu ... _in_Se.pdf
Nambahin Om TurboMan, ACEA yang baru (2016) baru saja di update 29 Aug 2018, kalau ada yang mau baca-baca sendir, bisa di lihat di:
https://www.acea.be/news/article/acea-o ... 018-update
Itu yang diesel kotor, pure murni hasil destilasi crue oil saja bisa 5000 ppm, makanya pada ngebul hitam dan bau.
BioDiesel sulphurnya rendah, tergantung si bio di ambil dari mana. Golongan biji-bijian termasuk tinggi, bisa sampai 1500 ppm. Kalau yang dari sawit seperti yang kita pakai di NKRI (Negara Konfederasi Republik Indonesia) hanya 9.7 ppm, rendah sekali.
Lagian, ada proses untuk remove si sulphur tadi kok, asal mau. Kalau ga mau, ya jadinya diesel (solar di negara +62 namanya) kotor itu.
https://biodieseleducation.org/Literatu ... _in_Se.pdf
Nambahin Om TurboMan, ACEA yang baru (2016) baru saja di update 29 Aug 2018, kalau ada yang mau baca-baca sendir, bisa di lihat di:
https://www.acea.be/news/article/acea-o ... 018-update
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
BioSolar B20 kadar sulphur 400 - 600 ppmEACV wrote:BioDiesel vs Sulphur content?
Itu yang diesel kotor, pure murni hasil destilasi crue oil saja bisa 5000 ppm, makanya pada ngebul hitam dan bau.
BioDiesel sulphurnya rendah, tergantung si bio di ambil dari mana. Golongan biji-bijian termasuk tinggi, bisa sampai 1500 ppm. Kalau yang dari sawit seperti yang kita pakai di NKRI (Negara Konfederasi Republik Indonesia) hanya 9.7 ppm, rendah sekali.
Lagian, ada proses untuk remove si sulphur tadi kok, asal mau. Kalau ga mau, ya jadinya diesel (solar di negara +62 namanya) kotor itu.
https://biodieseleducation.org/Literatu ... _in_Se.pdf
Nambahin Om TurboMan, ACEA yang baru (2016) baru saja di update 29 Aug 2018, kalau ada yang mau baca-baca sendir, bisa di lihat di:
https://www.acea.be/news/article/acea-o ... 018-update
saya 2X test
kawan sekali test
Ada trit nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
- Location: kota Surabaya
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
apakah beda wilayah SPBU nya beda kadar sulfur nya om turbo??Turboman wrote: Tue Aug 27, 2019 16:41BioSolar B20 kadar sulphur 400 - 600 ppmEACV wrote:BioDiesel vs Sulphur content?
Itu yang diesel kotor, pure murni hasil destilasi crue oil saja bisa 5000 ppm, makanya pada ngebul hitam dan bau.
BioDiesel sulphurnya rendah, tergantung si bio di ambil dari mana. Golongan biji-bijian termasuk tinggi, bisa sampai 1500 ppm. Kalau yang dari sawit seperti yang kita pakai di NKRI (Negara Konfederasi Republik Indonesia) hanya 9.7 ppm, rendah sekali.
Lagian, ada proses untuk remove si sulphur tadi kok, asal mau. Kalau ga mau, ya jadinya diesel (solar di negara +62 namanya) kotor itu.
https://biodieseleducation.org/Literatu ... _in_Se.pdf
Nambahin Om TurboMan, ACEA yang baru (2016) baru saja di update 29 Aug 2018, kalau ada yang mau baca-baca sendir, bisa di lihat di:
https://www.acea.be/news/article/acea-o ... 018-update
saya 2X test
kawan sekali test
Ada trit nya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sat Feb 25, 2017 22:01
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman..
)
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
full artikel disini:The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
haha itu kan berita "iklan"ndro wrote:B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman..)
full artikel disini:The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
ada test lab VOA / UOA nya ?Jailanijailani wrote:Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
https://www.deltalube.com/757-sae40/Turboman wrote: Fri Sep 06, 2019 14:42ada test lab VOA / UOA nya ?Jailanijailani wrote:Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Menurut standar acea tes biodiesel itu yang berpengaruh banget di oxidation sama soot (jelaga)
Oxidation biodiesel ngerusak viscosity oli, misal sae 40 viscosity jadi naik setelah puluhan jam pemakaian, sludge prevention berkurang
Ada penelitian bagus tes di vw 1.9 GDI monggo di cek
https://www.google.com/url?sa=t&source= ... VNFnLKedQ2
Kemaren ganti filter solar atas bawah truk toyodai cukup bersih filternya, filter usia 20000 km kotorannya ga banyak. Kirain juga bakal jellying ternyata nggak.
B30 sih bagus yah.. cuma hampir semua truck manufacturer saranin drain interval di potong mungkin untuk antisipasi sifat oxidation biodiesel
Oxidation biodiesel ngerusak viscosity oli, misal sae 40 viscosity jadi naik setelah puluhan jam pemakaian, sludge prevention berkurang
Ada penelitian bagus tes di vw 1.9 GDI monggo di cek
https://www.google.com/url?sa=t&source= ... VNFnLKedQ2
Kemaren ganti filter solar atas bawah truk toyodai cukup bersih filternya, filter usia 20000 km kotorannya ga banyak. Kirain juga bakal jellying ternyata nggak.
B30 sih bagus yah.. cuma hampir semua truck manufacturer saranin drain interval di potong mungkin untuk antisipasi sifat oxidation biodiesel
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
oli
hard to believe
coba test ulang di Trakindo, test viskositas V100 & V40 aja
oli SAE 40 lurus punya VI 158 ????Jailanijailani wrote:https://www.deltalube.com/757-sae40/Turboman wrote: Fri Sep 06, 2019 14:42ada test lab VOA / UOA nya ?Jailanijailani wrote:Untuk olie deltalube 737 yg bisa digunakan untuk mesin bensin dan diesel secara longdrain apakah masih mampu mengikuti perkembangan penggunaan b30 ?
hard to believe
coba test ulang di Trakindo, test viskositas V100 & V40 aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Hidup solar gocengndro wrote: Fri Sep 06, 2019 8:55 B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman..)
full artikel disini:The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe




-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Berarti jika pakai biosolar, kendaraan harus diisi oli yg paling encer dong, semakin encer semakin baik. 0W-20 punya Redline/Liqui Moly itu boleh gak ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Teori dari mana ini ???Andhyka wrote:Berarti jika pakai biosolar, kendaraan harus diisi oli yg paling encer dong, semakin encer semakin baik. 0W-20 punya Redline/Liqui Moly itu boleh gak ya?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Pemerintah aja ngetes isi biosolar ke mobil pribadi
Ampe 40 rb km
Jadi yah emg target market nya kan mobil pribadi
Ampe 40 rb km
Jadi yah emg target market nya kan mobil pribadi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
Kalau dex tetep nggak kena kebijakan ini kan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Era BioSolar B30 & kesiapan oli mesin Diesel pada era B30
hiduppppp....serba goceng.......ak4ng wrote: Fri Sep 06, 2019 18:30Hidup solar gocengndro wrote: Fri Sep 06, 2019 8:55 B30 udeh dicoba di 3 mobil diesel & katanya 'aman' (semoga beneran aman..)
full artikel disini:The country, which is the No. 1 producer of palm, sent a fleet of cars including Toyota Motor Corp.’s Fortuner, Mitsubishi Motors Corp.’s Pajero Sport and Nissan Motor Co.’s Terra on a road test on Java island. After driving for 42,000 kilometers (26,000 miles) over two months, the vehicles were fine with no major engine problems, according to the Energy and Mineral Resources Ministry.
https://www.bloomberg.com/news/articles ... found-safe![]()
![]()
![]()
![]()



