Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Dear all
Biasa oli mesin yg digunakan utk fleet Bus & Truk itu umumnya apa yah
SAE 40 ?
SAE 15W40 API CF-4 ?
SAE 15W40 API CI-4 ?
Biasa oli mesin yg digunakan utk fleet Bus & Truk itu umumnya apa yah
SAE 40 ?
SAE 15W40 API CF-4 ?
SAE 15W40 API CI-4 ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Coba kasih input om turbo, perusahaan Wa jasa angkutan alat berat / heavy equipment. Fleet ada sekitar 25 unit all Japs,
- Mits Fuso FV SG series (Japan CBU) import 2010
- New Hino FM260JW 2016-2017
Semua pakai Meditran SX plus SAE 15W-40 API CI-4 baru keluar sekitar 2 tahun klo ga salah.
(Dulu sampai 2015 pakai yg SX biasa API CH-4)
Sampai saat ini sih cukup oke, engine halus, pelumasan ke turbo intercooler jg baik, sampai saat ini yg unit bekas jepang plus disiksa disini hampir 8 tahun belum pernah turun mesin atau kena komponen turbo.
Dengar dengar PO Bus AKAP executive yg armada Mercy, Scania, Volvo juga sudah pakai yg SX+ ini karena sdh full approved dari manufaktur mesin mesin tsb.
Mau coba merk lain ga berani soalnya ini truk beban dan untuk keperluan produktif, jadi terlalu beresiko. Dulu unit Hino baru 3 bulan jalan pernah jebol mesin tanjakan sitinjau padang, engine total loss, claim warranty ke pabrikan setelah engine dicek dan oli di dlm mesin dibawa ke lab diverifikasi kondisi oli dan merk jenis oli , claim diapprove. Ganti 1 set engine block J08E utuh. Kawan pernah kejadian yg sama pas trial oli baru dr europe, distributor resmi, ditolak claimnya. Si pabrikan oli mau cover tapi cuma setengah, ya sudah kapoklah.

- Mits Fuso FV SG series (Japan CBU) import 2010
- New Hino FM260JW 2016-2017
Semua pakai Meditran SX plus SAE 15W-40 API CI-4 baru keluar sekitar 2 tahun klo ga salah.
(Dulu sampai 2015 pakai yg SX biasa API CH-4)
Sampai saat ini sih cukup oke, engine halus, pelumasan ke turbo intercooler jg baik, sampai saat ini yg unit bekas jepang plus disiksa disini hampir 8 tahun belum pernah turun mesin atau kena komponen turbo.
Dengar dengar PO Bus AKAP executive yg armada Mercy, Scania, Volvo juga sudah pakai yg SX+ ini karena sdh full approved dari manufaktur mesin mesin tsb.
Mau coba merk lain ga berani soalnya ini truk beban dan untuk keperluan produktif, jadi terlalu beresiko. Dulu unit Hino baru 3 bulan jalan pernah jebol mesin tanjakan sitinjau padang, engine total loss, claim warranty ke pabrikan setelah engine dicek dan oli di dlm mesin dibawa ke lab diverifikasi kondisi oli dan merk jenis oli , claim diapprove. Ganti 1 set engine block J08E utuh. Kawan pernah kejadian yg sama pas trial oli baru dr europe, distributor resmi, ditolak claimnya. Si pabrikan oli mau cover tapi cuma setengah, ya sudah kapoklah.

Last edited by bryan_miner on Wed Dec 06, 2017 1:50, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Buat canter and L300 saya masi pakai meditran sx
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
klo bus biasanya pakai drum. saya pernah denger salah satu PO di sini pakainya total rubia cuma gak tau viskositasnya brp. kalo elf di tempat kerja pake meditran sx bio
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Sekalian nanya om turbo, itu dgn spek yg Wa attach diatas, SX+ bisa support 2GD ga ya? kalo 2KD sih kyknya masuk.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Yup.. meditran sx sepengalaman saya termasuk paling populer buat truk bus.. paling tidak di merk mitsubishi..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
2GD mintanya buntut 30 umbryan_miner wrote:Sekalian nanya om turbo, itu dgn spek yg Wa attach diatas, SX+ bisa support 2GD ga ya? kalo 2KD sih kyknya masuk.
15W40 kelewat kental buat 2GD
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Mesin bus Mercy OH Series biasa pake SAE 40, butuh sekitar 25-28 liter.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Pertamina ada yg baru lg dan lebih murah harga nya
Meditran sxV api service ci-4 juga
Meditran sxV api service ci-4 juga
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Terakhir buat LUV taun 82 saya sih dikasi Shell Rimula R4X. Mesin emang jadi rada halus sih sama stasioner


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Om, meditran SX + yg API CI4 beli nyanada kemasan jerigen??
Makasi om.
Makasi om.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Wa blm pernah lihat om, mgkin dikeluarkan hny utk segmen fleet, jadinya drum only. Kalau retail diarahkan di sx / sx bio yg ch 4, klo kurang ya naik ke fastron diesel.billi wrote: Wed Dec 06, 2017 5:02 Om, meditran SX + yg API CI4 beli nyanada kemasan jerigen??
Makasi om.
Wa dibisikin dr distributor Wa klo sbnrnya SX plus ini ya fastron diesel versi bulk, cm ga dilabelin spy ga merusak brand image fastron series. SAE nya sama, parameter lain jg sama, tp sebaiknya monggo master analisa pelumas yg bicara.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Wa sih utk hilux 1KD, inova 2kd, panther tbr54 yt semua ops kantor nebeng ke oli bulk ini, jatuhnya murah bgt ey..

Cuma opini pribadi...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Di kantor pakek toyota dyna 2013 engine W04D-TP 110 ps, low mileage
Spek di dyna syarat API CI-4, minimal CF-4
15W-40 dan 5W-30 bisa
Kapasitas oli Pake filter 8.9 L
no filter 7.5 L
waktu jaman2 masih garansi
dyna di beres di kasih castrol GTX 15W40 API CH-4 paling bapuk
fastron diesel-> nguap parah. 5000 km di dipstick level low
Garansi abis coba ganti ke shell R4X-> biasa aja
sekarang lagi coba aisin 15W40 API CI-4-> katanya paling enak. udah 4000 km+ (7 bulan) level oli belom turun (lagi diskon parah waktu itu di blibli, 390 ribu dapet 12 Liter
Drain pengennya lebih dari 5000 km max 9 bulan
Mau coba Medos 700 15W40, tapi speknya bikin rancu, nungguin spec sheet dari distributor dulu.
pas browsing TBN nya >11, tapi kok di website indo tulisannya cuma 9,4
Pengennya cari spek API CI-4 TBN>10, JASO DH-1, ACEA E7
Alternatif lain mentok di Delvac MX
Oli mantap sangat penting, dulu pernah pengalaman jadi engineer di Volvo truck.
Salah pilih oli bisa berabe
Spek di dyna syarat API CI-4, minimal CF-4
15W-40 dan 5W-30 bisa
Kapasitas oli Pake filter 8.9 L
no filter 7.5 L
waktu jaman2 masih garansi
dyna di beres di kasih castrol GTX 15W40 API CH-4 paling bapuk
fastron diesel-> nguap parah. 5000 km di dipstick level low
Garansi abis coba ganti ke shell R4X-> biasa aja
sekarang lagi coba aisin 15W40 API CI-4-> katanya paling enak. udah 4000 km+ (7 bulan) level oli belom turun (lagi diskon parah waktu itu di blibli, 390 ribu dapet 12 Liter

Drain pengennya lebih dari 5000 km max 9 bulan
Mau coba Medos 700 15W40, tapi speknya bikin rancu, nungguin spec sheet dari distributor dulu.
pas browsing TBN nya >11, tapi kok di website indo tulisannya cuma 9,4
Pengennya cari spek API CI-4 TBN>10, JASO DH-1, ACEA E7
Alternatif lain mentok di Delvac MX
Oli mantap sangat penting, dulu pernah pengalaman jadi engineer di Volvo truck.
Salah pilih oli bisa berabe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
kan tinggal tambah minyak gor....Turboman wrote: Wed Dec 06, 2017 2:282GD mintanya buntut 30 umbryan_miner wrote:Sekalian nanya om turbo, itu dgn spek yg Wa attach diatas, SX+ bisa support 2GD ga ya? kalo 2KD sih kyknya masuk.
15W40 kelewat kental buat 2GD
eh.. salah thread, sorry....







-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
kalo ini spek nya si PTT 15W40 API CI-4nizamuddinaulia wrote:Di kantor pakek toyota dyna 2013 engine W04D-TP 110 ps, low mileage
Spek di dyna syarat API CI-4, minimal CF-4
15W-40 dan 5W-30 bisa
Kapasitas oli Pake filter 8.9 L
no filter 7.5 L
waktu jaman2 masih garansi
dyna di beres di kasih castrol GTX 15W40 API CH-4 paling bapuk
fastron diesel-> nguap parah. 5000 km di dipstick level low
Garansi abis coba ganti ke shell R4X-> biasa aja
sekarang lagi coba aisin 15W40 API CI-4-> katanya paling enak. udah 4000 km+ (7 bulan) level oli belom turun (lagi diskon parah waktu itu di blibli, 390 ribu dapet 12 Liter
Drain pengennya lebih dari 5000 km max 9 bulan
Mau coba Medos 700 15W40, tapi speknya bikin rancu, nungguin spec sheet dari distributor dulu.
pas browsing TBN nya >11, tapi kok di website indo tulisannya cuma 9,4
Pengennya cari spek API CI-4 TBN>10, JASO DH-1, ACEA E7
Alternatif lain mentok di Delvac MX
Oli mantap sangat penting, dulu pernah pengalaman jadi engineer di Volvo truck.
Salah pilih oli bisa berabe
Distro nya sih ada yg versi Pail & Drum kayaknya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Tambang.
Mobil Delvac MX 15W-40 lalu berganti Meditran SX+ 15W-40
Mobil Delvac MX 15W-40 lalu berganti Meditran SX+ 15W-40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Truk dan bus fleet rata2 pakai Meditran SX ya... apa gara2 ga kebagian delvac mx? Gara2 dipakai sama motor2
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Delvac MX mau butuh brp banyak di Brenntag ada stok kokFU27 wrote:Truk dan bus fleet rata2 pakai Meditran SX ya... apa gara2 ga kebagian delvac mx? Gara2 dipakai sama motor2
mau Pail & Drum 208 L
coba aja 1 truk Volvo ADT kelas 45 Ton kalo ganti oli mesin bisa 40 - 50 L
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Produk exxon mobil kayaknya laris mulai dari grease sampe lubricant di heavy duty
Dulu ada Volvo customer punya 25 biji FH16 550 Hp
Satu biji ganti oli 42 L
Drain tiap 500Hr, pemakaian per hari 20 jam. Ga sampe sebulan ganti oli.
oli OEM nya sering di tes biar tembus drain 550 hour untuk saving
. Standar oli VDS-3
Bawa muatan 140 ton+. Total sama dua biji trailer nya 210 ton
Cust indo terkenal sampe headquarter sebagai the best truck abuser
Kalo buat logistic si lookman djaja sampe tes delvax mx esp yang notabene di hino ranger buat euro 4-5 biar bisa drain di 20000 km.
Oli genuine hino klaim up to 20000 km (kondisi solar busuk indo mah ini total gimmick marketing
)
Dulu ada Volvo customer punya 25 biji FH16 550 Hp
Satu biji ganti oli 42 L
Drain tiap 500Hr, pemakaian per hari 20 jam. Ga sampe sebulan ganti oli.
oli OEM nya sering di tes biar tembus drain 550 hour untuk saving
Bawa muatan 140 ton+. Total sama dua biji trailer nya 210 ton
Cust indo terkenal sampe headquarter sebagai the best truck abuser
Kalo buat logistic si lookman djaja sampe tes delvax mx esp yang notabene di hino ranger buat euro 4-5 biar bisa drain di 20000 km.
Oli genuine hino klaim up to 20000 km (kondisi solar busuk indo mah ini total gimmick marketing
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Truk & fleet byk pake shell
Lebih murah dari meditran sx
Ampe keluarin seri baru meditran sxv
Lebih murah dari meditran sx
Ampe keluarin seri baru meditran sxv
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Wah delvac tahan smp 20rb km om? Misal sy pake di kuda diesel doank 10rb km mah bisa kali ya?nizamuddinaulia wrote: Fri Sep 06, 2019 17:00 Produk exxon mobil kayaknya laris mulai dari grease sampe lubricant di heavy duty
Dulu ada Volvo customer punya 25 biji FH16 550 Hp
Satu biji ganti oli 42 L
Drain tiap 500Hr, pemakaian per hari 20 jam. Ga sampe sebulan ganti oli.
oli OEM nya sering di tes biar tembus drain 550 hour untuk saving. Standar oli VDS-3
Bawa muatan 140 ton+. Total sama dua biji trailer nya 210 ton
Cust indo terkenal sampe headquarter sebagai the best truck abuser
Kalo buat logistic si lookman djaja sampe tes delvax mx esp yang notabene di hino ranger buat euro 4-5 biar bisa drain di 20000 km.
Oli genuine hino klaim up to 20000 km (kondisi solar busuk indo mah ini total gimmick marketing)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
ingat volume karter juga omMSU wrote:Wah delvac tahan smp 20rb km om? Misal sy pake di kuda diesel doank 10rb km mah bisa kali ya?nizamuddinaulia wrote: Fri Sep 06, 2019 17:00 Produk exxon mobil kayaknya laris mulai dari grease sampe lubricant di heavy duty
Dulu ada Volvo customer punya 25 biji FH16 550 Hp
Satu biji ganti oli 42 L [emoji23]
Drain tiap 500Hr, pemakaian per hari 20 jam. Ga sampe sebulan ganti oli.
oli OEM nya sering di tes biar tembus drain 550 hour untuk saving [emoji2957]. Standar oli VDS-3
Bawa muatan 140 ton+. Total sama dua biji trailer nya 210 ton
Cust indo terkenal sampe headquarter sebagai the best truck abuser [emoji123]
Kalo buat logistic si lookman djaja sampe tes delvax mx esp yang notabene di hino ranger buat euro 4-5 biar bisa drain di 20000 km.
Oli genuine hino klaim up to 20000 km (kondisi solar busuk indo mah ini total gimmick marketing [emoji23][emoji23])
kalo truk2 kan byk yg karter nya gede bgt
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Oh iya bener jg om...Turboman wrote: Sat Sep 07, 2019 3:31ingat volume karter juga omMSU wrote:Wah delvac tahan smp 20rb km om? Misal sy pake di kuda diesel doank 10rb km mah bisa kali ya?nizamuddinaulia wrote: Fri Sep 06, 2019 17:00 Produk exxon mobil kayaknya laris mulai dari grease sampe lubricant di heavy duty
Dulu ada Volvo customer punya 25 biji FH16 550 Hp
Satu biji ganti oli 42 L [emoji23]
Drain tiap 500Hr, pemakaian per hari 20 jam. Ga sampe sebulan ganti oli.
oli OEM nya sering di tes biar tembus drain 550 hour untuk saving [emoji2957]. Standar oli VDS-3
Bawa muatan 140 ton+. Total sama dua biji trailer nya 210 ton
Cust indo terkenal sampe headquarter sebagai the best truck abuser [emoji123]
Kalo buat logistic si lookman djaja sampe tes delvax mx esp yang notabene di hino ranger buat euro 4-5 biar bisa drain di 20000 km.
Oli genuine hino klaim up to 20000 km (kondisi solar busuk indo mah ini total gimmick marketing [emoji23][emoji23])
kalo truk2 kan byk yg karter nya gede bgt
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012
Re: Diskusi oli utk Fleet (Bus & Truk )
Betul gan jangan lupa volume carter oli. Lalu Truk eropa rata2 ada tingkatan pemakaian:
Normal, severe, very severe
Misal normal itu 20k, severe berarti 10k, very severe 5k
Mestinya cust di Indo selalu di ingatkan bahwa keadaan pemakaian mesin tiap mobil beda
Yang ane tau boil mitsu ada di service manual tentang operation condition, antara normal dan severe.
Toyodai nggak ada (cmiiw)
Chevrolet nggak ada
Tau deh yang lain (?)
Normal, severe, very severe
Misal normal itu 20k, severe berarti 10k, very severe 5k
Mestinya cust di Indo selalu di ingatkan bahwa keadaan pemakaian mesin tiap mobil beda
Yang ane tau boil mitsu ada di service manual tentang operation condition, antara normal dan severe.
Toyodai nggak ada (cmiiw)
Chevrolet nggak ada
Tau deh yang lain (?)