Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
fuel dilution ya maksudnya? pake pertalite, apa karena racun bensin ya? L15Z saya lama pake pertabo juga ada indikasi fuel dilution, oli merah banyak "red" dye sisa, turun ke pertamax dulu aja.
Jambangan wrote:Om2 mau nanya dong
Kalo kyk gini enaknya pake oli diesel atau engine flush??
Kalo pake engine flush ngeri2 sedap
Baru dapet mobil seken odo udah lumayan tinggi 96rb Km
Eng Flush Ams or BG Prod EPR
Dua2nya beli dimana ya om? Internal engine saya dah mulai keliatan varnish2 gitu. Mau dibersihin pake oli diesel g sayang, jarang pake
fuel dilution ya maksudnya? pake pertalite, apa karena racun bensin ya? L15Z saya lama pake pertabo juga ada indikasi fuel dilution, oli merah banyak "red" dye sisa, turun ke pertamax dulu aja.
Iya sepertinya yg dimaksud fuel dilution.. ini saya juga masih bertanya2 apa dari racun apa emang jeroan ni mobil ada yg bermasalah..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Ikutan mau tanya, Om semua.
Dari hasil baca2 ke pages depan2... apakah kalo pakai 0W-20 sebaiknya gak sering RPM tinggi?
Kebetulan baru nyobain Unil 0W-20, sebelumnya selalu Total Quartz 9000 5W-30
Di buku manual sih masih rekomen 0W-20, 5W-30, 5W-20, dan 10W-30.
Jambangan wrote: ↑Mon Sep 02, 2019 21:47
Om2 mau nanya dong
Kalo kyk gini enaknya pake oli diesel atau engine flush??
Kalo pake engine flush ngeri2 sedap
Baru dapet mobil seken odo udah lumayan tinggi 96rb Km
ad banyak cara mau ngeflush kaya gmana.. cuman yah liat dl ntuh sludge nya ud kaya apa, kl ud ampe belendir apalagi kerak2 nya obvious banget ampe berasa kasar gt, mau ga mau buka cover klep ama oil pan, serok pelan2 pake stik kayu eskrim..
tp kl cuman daleman warna kecoklatan gelap yah bsa banyak cara, mau cara normal pake oli diesel kaya saran om turbo, atau pake oli fullsyn 2000 km lalu buang lalu isi lagi (cara sultan), atau enjin flush, atau bahkan cara nyeleneh (macam ane, iseng ngedorong flush pake migor)
OHV wrote: ↑Tue Sep 03, 2019 9:40
ad banyak cara mau ngeflush kaya gmana.. cuman yah liat dl ntuh sludge nya ud kaya apa, kl ud ampe belendir apalagi kerak2 nya obvious banget ampe berasa kasar gt, mau ga mau buka cover klep ama oil pan, serok pelan2 pake stik kayu eskrim..
tp kl cuman daleman warna kecoklatan gelap yah bsa banyak cara, mau cara normal pake oli diesel kaya saran om turbo, atau pake oli fullsyn 2000 km lalu buang lalu isi lagi (cara sultan), atau enjin flush, atau bahkan cara nyeleneh (macam ane, iseng ngedorong flush pake migor)
Om klep kmaren ngeflush pk obat flush apa?
Sy ada rencana nyobain flush nih. Punya sya agak kotor kyknya
IMG_20190508_104203.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
OHV wrote: ↑Tue Sep 03, 2019 9:40
ad banyak cara mau ngeflush kaya gmana.. cuman yah liat dl ntuh sludge nya ud kaya apa, kl ud ampe belendir apalagi kerak2 nya obvious banget ampe berasa kasar gt, mau ga mau buka cover klep ama oil pan, serok pelan2 pake stik kayu eskrim..
tp kl cuman daleman warna kecoklatan gelap yah bsa banyak cara, mau cara normal pake oli diesel kaya saran om turbo, atau pake oli fullsyn 2000 km lalu buang lalu isi lagi (cara sultan), atau enjin flush, atau bahkan cara nyeleneh (macam ane, iseng ngedorong flush pake migor)
Om klep kmaren ngeflush pk obat flush apa?
Sy ada rencana nyobain flush nih. Punya sya agak kotor kyknya
IMG_20190508_104203.jpg
yg murmer aj gampang dicari, ane pake merek stp kmaren, tp tuang stengah kaleng doank
Kalo mau flush - saya dah pernah pake BG EPR, MMO, dan Liqui Moly.
MMO lumayan bukin cepet hitam olinya (ngebersihin?) tp gak lgsg drain ya...tuang sktr 300ml... kerasa malah lbh licin pake pas pake MMO di 500km pertama (olinya jadi lbh encer?) pake sktr 1000km. Oil pressure naik...
EPR dipake, tp cuman dibawa sehari doank (pagi isi, jalan 2 kali majority low rpm, terus pulang lgsg drain olinya - lebih hitam juga). Tuang pas pagi2x 1/2 kaleng dan pas jalan sorenya tuang lagi sisanya. Oil pressure gak naik.
Liquid Moly - cuman isi, idle 10 menit terus drain. Olinya juga lgsg hitam si.
Kalo mau pake oli diesel, saya observasi efek ngebersihinnya baru kentara setelah lbh dr 1000km, dan khusus di pengalaman saya - butuh oli diesel synth bagus yg rada encer (Delvac 1 Xw30) karena bagian dalam tutup oli mesin baru bagus bersih setelah pake Delvac 1... pas pake oli diesel yg bkn full synth malah banyak tambah kotor bagian dalem tutupnya.
TMO dihajar 10000km asal cepet kayaknya okok aja, mobil keluarga dulu pake TMO bawa 10rb terus no problem tuh dalemnya.
Kalo saya disuruh ngulang lagi, saya pake obat flush, skip oli diesel dan bakal lgsg pake Kendall 0w20 deh atau Unil 0w20 interval 5000-8000km (1 taon max) buat ngebersihin.
MMO ada antiwearnya ternyata ya (bobisheoilguy) - si p - jadi pas solventnya nguap, elementnya nambah di oli.
Jeleknya MMO - kalo ada seal yg getas/gak rapet dikit bakal lgsg meler. Kadang abis pake MMO melernya ilang, tp kalo dah parah ya meler terus.
BG EPR juga bagus kok menurut laporan di BITOG, tp yg buat saya penasaran tu Valvoline Blue Restore atau Valvoline Full Synth yg ada retorenya. Keren juga itu oli bisa bawa2c sludge jadi pada ngumpul di filter oli dan ngebersihin mesin.
Sayang gak masuk Indo.
Tp jangan salah, kita juga punya oli Bozz.. di luaran kagak ada.
OHV wrote: ↑Tue Sep 03, 2019 9:40
ad banyak cara mau ngeflush kaya gmana.. cuman yah liat dl ntuh sludge nya ud kaya apa, kl ud ampe belendir apalagi kerak2 nya obvious banget ampe berasa kasar gt, mau ga mau buka cover klep ama oil pan, serok pelan2 pake stik kayu eskrim..
tp kl cuman daleman warna kecoklatan gelap yah bsa banyak cara, mau cara normal pake oli diesel kaya saran om turbo, atau pake oli fullsyn 2000 km lalu buang lalu isi lagi (cara sultan), atau enjin flush, atau bahkan cara nyeleneh (macam ane, iseng ngedorong flush pake migor)
Om klep kmaren ngeflush pk obat flush apa?
Sy ada rencana nyobain flush nih. Punya sya agak kotor kyknya
IMG_20190508_104203.jpg
7K-E saya dulu pas baru beli juga parah sludge-nya om..mgkn mobil lama ga dipake (liat dari kartu oli-nya)
ganti oli pertama tuang engine flush...abis itu isi meditran sx...dipake 3000-an km ya memang oli-nya jadi item cm daleman ga bs kinclong jg
setelah itu rutin pake shell hx7..
terakhir ganti rante keteng, sekalian ama montirnya disikat pake sikat kawat, ternyata lumayan keras juga keraknya
OHV wrote: ↑Tue Sep 03, 2019 9:40
ad banyak cara mau ngeflush kaya gmana.. cuman yah liat dl ntuh sludge nya ud kaya apa, kl ud ampe belendir apalagi kerak2 nya obvious banget ampe berasa kasar gt, mau ga mau buka cover klep ama oil pan, serok pelan2 pake stik kayu eskrim..
tp kl cuman daleman warna kecoklatan gelap yah bsa banyak cara, mau cara normal pake oli diesel kaya saran om turbo, atau pake oli fullsyn 2000 km lalu buang lalu isi lagi (cara sultan), atau enjin flush, atau bahkan cara nyeleneh (macam ane, iseng ngedorong flush pake migor)
Om klep kmaren ngeflush pk obat flush apa?
Sy ada rencana nyobain flush nih. Punya sya agak kotor kyknya
IMG_20190508_104203.jpg
7K-E saya dulu pas baru beli juga parah sludge-nya om..mgkn mobil lama ga dipake (liat dari kartu oli-nya)
ganti oli pertama tuang engine flush...abis itu isi meditran sx...dipake 3000-an km ya memang oli-nya jadi item cm daleman ga bs kinclong jg
setelah itu rutin pake shell hx7..
terakhir ganti rante keteng, sekalian ama montirnya disikat pake sikat kawat, ternyata lumayan keras juga keraknya
Sy pake TMO / fastron jg 3000an km udh item sih
Curiga kerak2nya gara2 dulu pk TOP1 yg 5000 km masih jernih
Sblmnya pernah flush pk ekathronic di beres tp gk banyak ngaruhnya deh....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
2GD - Amsoil 5W30 SS max duty + biosol + racun 10K km/10 bulan , TBN masih sisa berapa ya ?
CRV_RM_2.4L - Amsoil 5W30 SS + pertalite 5K km /12 bulan , sisa TBN kira kira berapa ya ?
terakhir ganti rante keteng, sekalian ama montirnya disikat pake sikat kawat, ternyata lumayan keras juga keraknya
kalo langsung disikat, lebaran kuda baru selesai om....
semprot cleaner yang berupa foam dulu (dcs/wurth/merk lainnya sesuai selera), diemin 10-15 menit, baru disikat pake sikat nylon atau sikat gigi bekas.
kalo ngga ada cleaner yang foam, bisa pake penetrant (semisal wd40), diemin sekitar 5 menitan, baru disikat.
p.s :
bukan keteng, tapi keten.
keten (belanda) = rantai (ind.) = chain (ing.)
terakhir ganti rante keteng, sekalian ama montirnya disikat pake sikat kawat, ternyata lumayan keras juga keraknya
kalo langsung disikat, lebaran kuda baru selesai om....
semprot cleaner yang berupa foam dulu (dcs/wurth/merk lainnya sesuai selera), diemin 10-15 menit, baru disikat pake sikat nylon atau sikat gigi bekas.
kalo ngga ada cleaner yang foam, bisa pake penetrant (semisal wd40), diemin sekitar 5 menitan, baru disikat.
p.s :
bukan keteng, tapi keten.
keten (belanda) = rantai (ind.) = chain (ing.)
Itu "KETEN" ngucapin nya gimana oom?
bunyi "e" seperti "egrang" / "emak" / "kue" ?
kalo langsung disikat, lebaran kuda baru selesai om....
semprot cleaner yang berupa foam dulu (dcs/wurth/merk lainnya sesuai selera), diemin 10-15 menit, baru disikat pake sikat nylon atau sikat gigi bekas.
kalo ngga ada cleaner yang foam, bisa pake penetrant (semisal wd40), diemin sekitar 5 menitan, baru disikat.
p.s :
bukan keteng, tapi keten.
keten (belanda) = rantai (ind.) = chain (ing.)
Rantai keten artinya rantai rantai
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
terakhir ganti rante keteng, sekalian ama montirnya disikat pake sikat kawat, ternyata lumayan keras juga keraknya
kalo langsung disikat, lebaran kuda baru selesai om....
semprot cleaner yang berupa foam dulu (dcs/wurth/merk lainnya sesuai selera), diemin 10-15 menit, baru disikat pake sikat nylon atau sikat gigi bekas.
kalo ngga ada cleaner yang foam, bisa pake penetrant (semisal wd40), diemin sekitar 5 menitan, baru disikat.
p.s :
bukan keteng, tapi keten.
keten (belanda) = rantai (ind.) = chain (ing.)
haha montir saya mah memang santai kerjanya om...top oh sekalian dia ganti rante keteng itu seingat saya 3 hari br kelar
itupun sy udak2 spy cpt kelar
haha montir saya mah memang santai kerjanya om...top oh sekalian dia ganti rante keteng itu seingat saya 3 hari br kelar
itupun sy udak2 spy cpt kelar
pekerjaan monteur jangan diburu-buru supaya semuanya 1x jadi dan presisi, tapi juga jangan lelet.
top O.H sekalian valve job? itu K-series engine valve-nya keras sangat, ma'lum dari besi stainless jadi proses valve job / skir klep pasti lebih lama dari mesin lain.
proses bongkar pasang manifold-nya saja sama susahnya dengan 1UZ-FE.
Om mau tanya, kl utk spesifikasi tsb cocok kah utk mesin flat tapped ? utk pemakaian dominan dalam kota & sesekali geber luar kota bs sampai brp km/bulan ya ? tlg dibantu ya
Jambangan wrote: ↑Mon Sep 02, 2019 21:47
Om2 mau nanya dong
Kalo kyk gini enaknya pake oli diesel atau engine flush??
Kalo pake engine flush ngeri2 sedap
Baru dapet mobil seken odo udah lumayan tinggi 96rb Km
ad banyak cara mau ngeflush kaya gmana.. cuman yah liat dl ntuh sludge nya ud kaya apa, kl ud ampe belendir apalagi kerak2 nya obvious banget ampe berasa kasar gt, mau ga mau buka cover klep ama oil pan, serok pelan2 pake stik kayu eskrim..
tp kl cuman daleman warna kecoklatan gelap yah bsa banyak cara, mau cara normal pake oli diesel kaya saran om turbo, atau pake oli fullsyn 2000 km lalu buang lalu isi lagi (cara sultan), atau enjin flush, atau bahkan cara nyeleneh (macam ane, iseng ngedorong flush pake migor)
Jadinya pesen oli diesel PTT dynamic commonrail 10w30 ke mbah bebong
Ntar pake 2500 km trus abis itu ganti ini lagi
Sampe 3x OCI