Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Rasuano wrote:Om, mobil saya ac nya bau apek nih. Hari kamis saya ganti filter kabin. Bau ilang. Sabtu pagi kemaren saya semprot dr depan kondensornya (rutin pas nyuci mobil), barusan pas saya panasin dan nyalain av baunya ada lagi. Knp ya om?
Mobilnya apa ya? Filter Cabinnya ngga disemprot2 pewangi kan? Coba dibawa ke bengkel spesialis AC mobil, dan dicek. Bisa juga udah banyak kotoran di Evaporatornya dan perlu dibersihin berkala aja.
Terakhir servis ertiga di km 100rb, filternya disemprot pewangi sama mekaniknya.. kampret benar... Saya paling ga suka ada wangi²an di mobil.
Takutnya ini jadi mbekas baunya di evap. Padahal saya rajin cuci dan ganti filter ac kabin.
Maunya ada cara cuci evap tanpa bongkar dashboard.
Di xenia dulu, saya semprot jet washer cucian mobil ke dalam box evapnya.
Ga kena semua, tapi lumayan banyak kecuci. Airnya keluar dr selang buang. Sebagian kejebak perlu 3 harian sampai kering. Lumayan 3 hari ada suara air guncang² kayak bawa jerigen 1/2 isi
Betul dugaan saya. Kebanyakan suka disemprot2 Filter Cabinnya jadi meninggalkan bau. Apalagi kalo dinyalain AC, pasti ada yg stay di Evaporator walaupun sedikit wanginya.
Bisa pake Endoscopy tp enakan bongkar. Kebanyakan mekanik AC Mobil pasti bs.
adiv wrote:Wta
Om Kemuning, mobil saya Kia Rio 2012.
Kemarin pas mau ganti olie kompresor ternyata setelah dicek tekananannya (bener gak yah istilahnya) sdh mendekati 40.
Teknisinya bilang gak berani ganti olie nya, khawatir malah memperburuk kondisi kompresornya.
Akhirnya hanya bersihkan evap sama kondensor aja.
Benarkah kalau ganti olie kompressor dgn kondisi spt yg sama sampaikan tadi bisa berbahaya buat kompresornya?
Mendekati 40 memang agak sedikit tinggi, karena normalnya di 30-35. Hmm mustinya ga masalah kalo ganti Oli Comp, malah kalo diganti dengan PAG yg sesuai, mustinya lebih bagus kompresinya, karena bs melumasi dgn baik.
kemuningauto wrote: ↑Mon Aug 19, 2019 0:01
Mendekati 40 memang agak sedikit tinggi, karena normalnya di 30-35. Hmm mustinya ga masalah kalo ganti Oli Comp, malah kalo diganti dengan PAG yg sesuai, mustinya lebih bagus kompresinya, karena bs melumasi dgn baik.
Om kemuning, kalau kondisi evaporator pd gambar yg saya attached di bawah ini wajar ndak ya? Ada sedikit2 karat pada sisi bawah evap. Terakhir cek2 tekanan sih semua sesuai range/normal menurut bengkel AC-nya.
20190819_070412.png
Kemarin saya bersihin pake threebond ac cleaner, pas saya boroscope ulang sih lebih bersih. Lupa saya simpen pas liat ulang.
Mobil mzd 2.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
adiv wrote:Wta
Om Kemuning, mobil saya Kia Rio 2012.
Kemarin pas mau ganti olie kompresor ternyata setelah dicek tekananannya (bener gak yah istilahnya) sdh mendekati 40.
Teknisinya bilang gak berani ganti olie nya, khawatir malah memperburuk kondisi kompresornya.
Akhirnya hanya bersihkan evap sama kondensor aja.
Benarkah kalau ganti olie kompressor dgn kondisi spt yg sama sampaikan tadi bisa berbahaya buat kompresornya?
Mendekati 40 memang agak sedikit tinggi, karena normalnya di 30-35. Hmm mustinya ga masalah kalo ganti Oli Comp, malah kalo diganti dengan PAG yg sesuai, mustinya lebih bagus kompresinya, karena bs melumasi dgn baik.
Rasuano wrote:Om, mobil saya ac nya bau apek nih. Hari kamis saya ganti filter kabin. Bau ilang. Sabtu pagi kemaren saya semprot dr depan kondensornya (rutin pas nyuci mobil), barusan pas saya panasin dan nyalain av baunya ada lagi. Knp ya om?
Mobilnya apa ya? Filter Cabinnya ngga disemprot2 pewangi kan? Coba dibawa ke bengkel spesialis AC mobil, dan dicek. Bisa juga udah banyak kotoran di Evaporatornya dan perlu dibersihin berkala aja.
Yaris 2017, filter ga diapa2in kok, filter denso. Kmrn kata org bengkel kalo bersihin evap musti bongkar dashboard dan ngerjainnya lama. Kmaren ke bukan bengkel ac sih om. Bengkel biasa
Rasuano wrote:Om, mobil saya ac nya bau apek nih. Hari kamis saya ganti filter kabin. Bau ilang. Sabtu pagi kemaren saya semprot dr depan kondensornya (rutin pas nyuci mobil), barusan pas saya panasin dan nyalain av baunya ada lagi. Knp ya om?
Mobilnya apa ya? Filter Cabinnya ngga disemprot2 pewangi kan? Coba dibawa ke bengkel spesialis AC mobil, dan dicek. Bisa juga udah banyak kotoran di Evaporatornya dan perlu dibersihin berkala aja.
Yaris 2017, filter ga diapa2in kok, filter denso. Kmrn kata org bengkel kalo bersihin evap musti bongkar dashboard dan ngerjainnya lama. Kmaren ke bukan bengkel ac sih om. Bengkel biasa
Kilometer brp? Iya kalo 2017 Yarisnya musti bongkar dashboard untuk pembersihan Evaporatornya.
kemuningauto wrote: ↑Mon Aug 19, 2019 0:01
Mendekati 40 memang agak sedikit tinggi, karena normalnya di 30-35. Hmm mustinya ga masalah kalo ganti Oli Comp, malah kalo diganti dengan PAG yg sesuai, mustinya lebih bagus kompresinya, karena bs melumasi dgn baik.
Om kemuning, kalau kondisi evaporator pd gambar yg saya attached di bawah ini wajar ndak ya? Ada sedikit2 karat pada sisi bawah evap. Terakhir cek2 tekanan sih semua sesuai range/normal menurut bengkel AC-nya.
20190819_070412.png
Kemarin saya bersihin pake threebond ac cleaner, pas saya boroscope ulang sih lebih bersih. Lupa saya simpen pas liat ulang.
Mobil mzd 2.
Wajar. Masih tergolong bersih, penggantian rutin Filter Cabinnya aja kalo Mazda 2. Pake Sakura paling kisaran 100. Sama kaya Ford Fiesta Filter Cabinnnya.
@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
Mustinya pake Manifold yang 2 meteran Gaugenya (Low dan High). Karena dengan adanya Low dan High kita bisa memantau kompresinya, dischargenya, kelebihan kah oli yg kita masukin, kurang atau ngga olinya, ada sirkulasi yg keganggu atau ngga, dll.
Kalo cara yg paling mudah dan gampang divacuum dulu sistem AC nya, masukin oli compressornya, baru masukin freon.
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
Mustinya pake Manifold yang 2 meteran Gaugenya (Low dan High). Karena dengan adanya Low dan High kita bisa memantau kompresinya, dischargenya, kelebihan kah oli yg kita masukin, kurang atau ngga olinya, ada sirkulasi yg keganggu atau ngga, dll.
Kalo cara yg paling mudah dan gampang divacuum dulu sistem AC nya, masukin oli compressornya, baru masukin freon.
Hrv ud jln brp Km Om? Mayan jg freon nya top up.. lg timbang2 mw service ac jg
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
Jalan 3 tahun macet2an jakarta, km 30000 saja.
DIY juga bersihkan kondenser depan.. joss.
Untuk paket AC cleaning di beres, cuma bersih2 evap di kabin saja ternyata, yang kondenser dan blower di mesin ga disentuh2.
SG58 wrote: ↑Wed Aug 28, 2019 16:13
Hrv ud jln brp Km Om? Mayan jg freon nya top up.. lg timbang2 mw service ac jg
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
mo nanya mengenai kondenser ac hrv, emg ringkih banget ya, punya ane kmaren bocor alus pas lg kluar kota, alus banget ampe pas di tes celup ke baskom musti diperhatiin bener2 baru kliatan gelembung2 kecil nya.. perasaan ga perna kena batu, plg banter cuman perna beberapa kali di semprot2 air bertekanan doank..
Om Agnisp, untuk purging udara selangnya gimana ya caranya. Oli dimasukkan ke selang biru yg ke low pressure atau ke selang kuning buat isi.
Matur suwun
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
mkamil wrote:ada komen tentang fogging AC? apakah aman untuk sistem AC?
Parfum2 aja bisa bikin masalah, dan kayaknya cukup banyak yg menawarkan saat ini
Fogging AC udah mulai banyak ditawarkan di bengkel2 AC. Kalo menurut saya ngga terlalu ngaruh, paling cuma sementara aja ada wanginya, dll. Mungkin kalo memang ber-ingredients yg bisa menghilangkan bakteri2 beda ya. Tapi ngga terlalu lah kata saya, mending jemur mobilnya, dibuka semua pintunya buat ngilangin bau2 ga enak.
mo nanya mengenai kondenser ac hrv, emg ringkih banget ya, punya ane kmaren bocor alus pas lg kluar kota, alus banget ampe pas di tes celup ke baskom musti diperhatiin bener2 baru kliatan gelembung2 kecil nya.. perasaan ga perna kena batu, plg banter cuman perna beberapa kali di semprot2 air bertekanan doank..
Steam air kalo kekencengan juga bisa berresiko bocor. Kalo saran saya sih pake semprotan air biasa jangan disteam. Ringkih sih ngga terlalu ya kalo HR-V. Sering kebut2an di jalan yg banyak batu2 kecil saya rasa dan itu jadi penyebab utama bocor alusnya.
indeskey wrote:Om Agnisp, untuk purging udara selangnya gimana ya caranya. Oli dimasukkan ke selang biru yg ke low pressure atau ke selang kuning buat isi.
Matur suwun
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
Purging udara tentunya pake manifold gauge, Low dan High dipasang. Selang kuning ke mesin vacuum. Pas mau masukin oli compresor dari selang biru.
mo nanya mengenai kondenser ac hrv, emg ringkih banget ya, punya ane kmaren bocor alus pas lg kluar kota, alus banget ampe pas di tes celup ke baskom musti diperhatiin bener2 baru kliatan gelembung2 kecil nya.. perasaan ga perna kena batu, plg banter cuman perna beberapa kali di semprot2 air bertekanan doank..
Steam air kalo kekencengan juga bisa berresiko bocor. Kalo saran saya sih pake semprotan air biasa jangan disteam. Ringkih sih ngga terlalu ya kalo HR-V. Sering kebut2an di jalan yg banyak batu2 kecil saya rasa dan itu jadi penyebab utama bocor alusnya.
Purging intinya buang udara terjebak dalam selang. Kalau selang kuningnya sudah bertekanan, buka dikit connectornya, nanti udaranya keluar sampai freonnya kelihatan muncrat dikit.
Untuk selang biru sudah diisi penuh oli sebelumnya, 1 meter kira2 30 mL, kalau pendek lagi ya 15 mL, bisa coba2 diukur dulu pakai gelas ukur.
Intinya dorong oli pakai tekanan freon tambahan dari luar, kan cuma top up aja dikit2..
indeskey wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 1:50
Om Agnisp, untuk purging udara selangnya gimana ya caranya. Oli dimasukkan ke selang biru yg ke low pressure atau ke selang kuning buat isi.
Matur suwun
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
Halo om, mobil saya ertiga 2014 km 61rb. Waktu bulan juni kmrn saya service AC di bengkel langganan saya (baru servis ac pertama kali stl 5th) tujuan nya cuma perawatan berkala gara2 usia. Waktu itu kuras freon+oli kompressor kuras, sama bersih2 yg basic. Abis itu sempet beberapa hari bau tengik pas awal dinyalain, tapi sekarang udah nggak lagi. Satu hal buat saya yang nggganjel dari sebelum servis, tiap AC depan nyala, mesti dr bawah laci ada bunyi "serrrrnnnggggggg" terus2an (dugaan saya blower AC depan yg dibawah cabin filter). Itu kenapa ya om (kl memang dugaan saya bener)? Saya orang nya OCD, kalo ada aneh2/bunyi2 dikit di mobil saya nggak mau hahahaaha, krn nggak semestinya ada gejala begituan. Oh ya, filter AC tiap 2th ganti, dan kmrn terakhir ganti bulan maret 2019, mobil jarang pake dan ngga pake parfum2an. Saya pake serap air yang perfumed
erwinign wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 16:24
Halo om, mobil saya ertiga 2014 km 61rb. Waktu bulan juni kmrn saya service AC di bengkel langganan saya (baru servis ac pertama kali stl 5th) tujuan nya cuma perawatan berkala gara2 usia. Waktu itu kuras freon+oli kompressor kuras, sama bersih2 yg basic. Abis itu sempet beberapa hari bau tengik pas awal dinyalain, tapi sekarang udah nggak lagi. Satu hal buat saya yang nggganjel dari sebelum servis, tiap AC depan nyala, mesti dr bawah laci ada bunyi "serrrrnnnggggggg" terus2an (dugaan saya blower AC depan yg dibawah cabin filter). Itu kenapa ya om (kl memang dugaan saya bener)? Saya orang nya OCD, kalo ada aneh2/bunyi2 dikit di mobil saya nggak mau hahahaaha, krn nggak semestinya ada gejala begituan. Oh ya, filter AC tiap 2th ganti, dan kmrn terakhir ganti bulan maret 2019, mobil jarang pake dan ngga pake parfum2an. Saya pake serap air yang perfumed
Curiga owe ntuh yg gerakin motor blower dah aus. Mobil saya sama soalnya, tiap 3 bulanan mesti ngolong dashboard semprot silicone dr lubang baut deket motor blowernya. Kalau ga semprot, ada bunyi nginggggg apalagi kalau abis bebersih pake evap cleaner.
agnisp wrote:Purging intinya buang udara terjebak dalam selang. Kalau selang kuningnya sudah bertekanan, buka dikit connectornya, nanti udaranya keluar sampai freonnya kelihatan muncrat dikit.
Untuk selang biru sudah diisi penuh oli sebelumnya, 1 meter kira2 30 mL, kalau pendek lagi ya 15 mL, bisa coba2 diukur dulu pakai gelas ukur.
Intinya dorong oli pakai tekanan freon tambahan dari luar, kan cuma top up aja dikit2..
indeskey wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 1:50
Om Agnisp, untuk purging udara selangnya gimana ya caranya. Oli dimasukkan ke selang biru yg ke low pressure atau ke selang kuning buat isi.
Matur suwun
agnisp wrote:@ om kemuning, saya habis DIY top-up freon AC hr-v habis 1 kaleng 390 gr, diikuti top-up oli kompresor pakai ND-8 sebanyak 30 mL. AC sekarang jadi tambah dingin, kompresor lebih halus, kira2 caranya sudah benar ya?
Alat2nya cukup pakai single manifold dan hose 1.5 meter.
Untuk inject oil, saya isi charging hose dengan oli dulu sampai penuh (kira2 30 mL), kemudian dicolok ke service port low pressure, baru didorong pakai freon. Sebelumnya udara di hose dipurging dulu.
indeskey wrote: ↑Sun Sep 01, 2019 2:38
Noted om, sudah dapat gambaran saya. Makasih om.
Isi penuh selang biru dgn oli bisa cara sedot, atau pakai suntikan, yg senyamannya.. kalau saya kemarin disedot pakai manifold dan selang lain, terus manifold dikunci, ujung bawahnya langsung dipakein quick coupler. A little tricky but works.
Nah untuk isi selang birunya blm dapet gambarannya om. Kalau berkenan lebih detail om. Makasih om.
Siap order buat alat tesnya.
agnisp wrote:
indeskey wrote: ↑Sun Sep 01, 2019 2:38
Noted om, sudah dapat gambaran saya. Makasih om.
Isi penuh selang biru dgn oli bisa cara sedot, atau pakai suntikan, yg senyamannya.. kalau saya kemarin disedot pakai manifold dan selang lain, terus manifold dikunci, ujung bawahnya langsung dipakein quick coupler. A little tricky but works.