Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Thu Aug 29, 2019 9:12
Low SAPS kan itu
Low SAPS idealnya utk solar Euro 5
Meskipun sama standar GM dexos 2 ya om? Efek kalo pake pertadex ato campur racun kek redline gmn?
kalo mau yg medium SAPS (lebih cocok utk Biosol) cari yg std GM LL-25-B / A
itu std sebelum Dexos 2
Ya kalo mau pake Dexos 2 oil utk solar Indonesia ya pake sampe 8000 km lah, buang
dan sesekali kasih oli CI-4 utk "cuci" kerak2 di sekitar ring piston
Ok makasih om turbo atas pencerahannya. So far seringnya pake dex, kalo kepepet pake dexlite+RL. Kmrn pake bawaan gm q8 long life, ini mo cobain dl unil opal udah beli ntr ganti pake CI-4 mo coba pake PTT.
Om turbo mohon masukan nya donk, shell rimulla R5E 10w-40 apa cocok jika dipake di fortie VNT yg biasa minum bio+psdk?? dan bisa dipake brp ribu KM?? kebetulan di S&D lg ada promo nih.... hehehehe....
boschdot wrote:Om turbo mohon masukan nya donk, shell rimulla R5E 10w-40 apa cocok jika dipake di fortie VNT yg biasa minum bio+psdk?? dan bisa dipake brp ribu KM?? kebetulan di S&D lg ada promo nih.... hehehehe....
bisa 10.000 km / 10 bulan Max harusnya
ya boleh dicoba
pas ganti oli tuang 1 L mesran buat dorong sisa2 oli lama, oli baru akan lebih sip utk Long Drain
Alt lain = Q8 T800 - 10W40 di Dunia oli juga murah tuh (barang resmi)
Naik kelas dikit ada PTT 5W40 Commonrail lagi promo di BliBli, harga beda tipis ama 10W40 HDEO
boschdot wrote:Om turbo mohon masukan nya donk, shell rimulla R5E 10w-40 apa cocok jika dipake di fortie VNT yg biasa minum bio+psdk?? dan bisa dipake brp ribu KM?? kebetulan di S&D lg ada promo nih.... hehehehe....
bisa 10.000 km / 10 bulan Max harusnya
ya boleh dicoba
pas ganti oli tuang 1 L mesran buat dorong sisa2 oli lama, oli baru akan lebih sip utk Long Drain
Alt lain = Q8 T800 - 10W40 di Dunia oli juga murah tuh (barang resmi)
Naik kelas dikit ada PTT 5W40 Commonrail lagi promo di BliBli, harga beda tipis ama 10W40 HDEO
om baru cobain ptt 5w 40, suaranya jadi ga seberisik sebelum selama ini pake oli tmo. setelah 53 ribu km.
masalahnya oli ptt warnanya di dipstick gak kelaiatan om, gmn ya ceknya?
warna oli nya kaya transparan.
Mau nanya pak...kebetulan dapat hibaan mobil D-cab ford ranger 2.2 track record mengenai kapasitas dan spasifikasi oli mesin, gardan, transmisi masih blank sama sekali..maklum..newbi selama ini bawa mobil bensin...jadi kurang pengetahuan ttg Diesel...
Odo sdh menunjukkan angka 107rb-an km...
Dipakai buat jalanan kota dan soft offroad..
Mohon petunjuk rekomen spek dan kapasitas olinya...
Terima kasih sebelumnya...
goldenprojector wrote:Mau nanya pak...kebetulan dapat hibaan mobil D-cab ford ranger 2.2 track record mengenai kapasitas dan spasifikasi oli mesin, gardan, transmisi masih blank sama sekali..maklum..newbi selama ini bawa mobil bensin...jadi kurang pengetahuan ttg Diesel...
Odo sdh menunjukkan angka 107rb-an km...
Dipakai buat jalanan kota dan soft offroad..
Mohon petunjuk rekomen spek dan kapasitas olinya...
Terima kasih sebelumnya...
oli yg ideal sih yg ACEA A5/B5 - 5W30 dgn TBN 10
Ford WSS M2C std utk Diesel berbasis A5 / B5
tapi kalo mau ekonomis ya 10W30 Diesel oil boleh
ini mesin pake Electric Fuel pump jadi kalo purging harus pake Tabung bertekanan, bisa purging pakai BG Product di REV / bkl2 lain yg punya alatnya
Dalam 1 tahun terakhir..user lama selalu pakai SGO diesel 5w-30 milik ertiga diesel...katanya sih sdh ACEA A5/B5 dan usut cerita SGO diesel kerja sama ama castrol professional...ane masih ragu sama sgo diesel..krn spek hanya API CF.
Apa ga tambah berat tuh om tarikan pakai 10w-30...
Gimana ttg spek oli gardan dan transmisinya om..bisa rekomen GL5 (75w-80) buat gardan depan-belakang...GL4 (80w-90) buat transmisi...atau ada spek lain?
untuk ipah 2GD, BBM Solar Rakyat (biosol)+ Racun, sebaiknya pilih semi synthetic 10w-30 (Dynamic Common Rail) CI-4 ACEA B4
atau pakai 5w-30 full synthetic (Dynamic Common Rail synthetic ) ACEA B5?
kalau baca2 di web site full synthetic untuk standard Euro 4 (meskipun sama2 non DPF) sedangkan BBM kan masih Solar Rakyat.
untuk ipah 2GD, BBM Solar Rakyat (biosol)+ Racun, sebaiknya pilih semi synthetic 10w-30 (Dynamic Common Rail) CI-4 ACEA B4
atau pakai 5w-30 full synthetic (Dynamic Common Rail synthetic ) ACEA B5?
kalau baca2 di web site full synthetic untuk standard Euro 4 (meskipun sama2 non DPF) sedangkan BBM kan masih Solar Rakyat.
mau nanya, untuk 2KD lebih bagus pakai PTT Dynamic Commonrail Synthetic 5W40 atau PTT Dynamic Extra Long Drain 10W40 ya om ?
Untuk beda SAPS 0.2% apakah cukup berpengaruh sama daya tahannya om ?
Sama ada efek lainnya nggak ya om, seperti suara mesin lebih halus ?
Thanks om.
Kalo yg saya test antar ke 2 nya
kalo buat tarikan ya enteng si 5W40 dikit
kalo utk 10.000 km aja si 5W40 udah sangat bisa, bahkan bablas ke 11 - 12 rb km juga harusnya gpp asal gak lebih dr 12 bulan, kalo saya liat dari data TBN & SAPS dari VOA test lab nya
Untuk Ertiga Diesel 2017, KM masih 7500an, oli yg rekommended apa yah?
Oli yg pernah dicoba sesuai urutan waktu,
1.Castrol magnatec bawaan dealer, 10w30, halus, tarikan lumayan
2.SGO Diesel bawaan dealer, suara lebih kasar dibanding no1
3.Castrol stop start 5w30, suara getaran lebih halus dibanding no2, tapi tidak sehalus no1, tarikan lumayan
4.Fastron gold 5w30, suara dan getaran lumayan terasa, lebih kasar dibanding no2
5.Q8 ft 8700, kehalusan antara no2 dan no3
Untuk Ertiga Diesel 2017, KM masih 7500an, oli yg rekommended apa yah?
Oli yg pernah dicoba sesuai urutan waktu,
1.Castrol magnatec bawaan dealer, 10w30, halus, tarikan lumayan
2.SGO Diesel bawaan dealer, suara lebih kasar dibanding no1
3.Castrol stop start 5w30, suara getaran lebih halus dibanding no2, tapi tidak sehalus no1, tarikan lumayan
4.Fastron gold 5w30, suara dan getaran lumayan terasa, lebih kasar dibanding no2
5.Q8 ft 8700, kehalusan antara no2 dan no3
Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 1:29
mintanya ACEA A5/B5 - Diesel kan ?
PTT 5W30 Commonrail A5/B5
Motul 5W30 Specific 913
Kalo mau ekonomis ya 10W30 Diesel oil
ok next coba PTT, btw tadi Q8 jadi halus ketika dah lama pemakaian dan ketika pakai castrol start stop fc 1:15, pakai Q8 fc jadi 1:22.5, kondisi jalan dan bahan bakar sama, bedanya kecepatan lebih mudah tercapai pakai Q8
Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 1:29
mintanya ACEA A5/B5 - Diesel kan ?
PTT 5W30 Commonrail A5/B5
Motul 5W30 Specific 913
Kalo mau ekonomis ya 10W30 Diesel oil
ok next coba PTT, btw tadi Q8 jadi halus ketika dah lama pemakaian dan ketika pakai castrol start stop fc 1:15, pakai Q8 fc jadi 1:22.5, kondisi jalan dan bahan bakar sama, bedanya kecepatan lebih mudah tercapai pakai Q8
Mohon info untuk tes TBN di trakindo, metode nya apa yang dipakai?
ASTM D2896 or ASTM D4793?
Sharing saja, Om.
ASTM D2896 umumnya digunakan untuk VOA.
ASTM D4739 umumnya digunakan untuk UOA.
Jadi pertanyaan di atas jawabannya tergantung, VOA atau UOA?
Mohon info untuk tes TBN di trakindo, metode nya apa yang dipakai?
ASTM D2896 or ASTM D4793?
Sharing saja, Om.
ASTM D2896 umumnya digunakan untuk VOA.
ASTM D4739 umumnya digunakan untuk UOA.
Jadi pertanyaan di atas jawabannya tergantung, VOA atau UOA?
Saya cuma compare om
Dpt info unil opal certifed jaso dh-1 tapi tbn di 9,4
Padahal syarat jaso dh-1 tbn>10, pake astm d-4793(voa)
Gatau yg di pake unil opal untuk state tbn 9,4 itu standar apa.
Normalnya hasil tbn astm d-4739 lebih rendah dari astm d-2896.
Jaso dh-1 standar untuk diesel jepang untuk region sulfur >500 ppm, mestinya valid untuk macam fortuner sampe truk sedang kelas hino di indo
Saya juga bingung ada seller di BL nampilin voa delvac mx dari trakindo, tbn di 10,2 (apa tes pake d-4793 untuk voa?)
Padahal secara spec sheet delvac mx tbn 12 (astm d2896)
Saya pribadi lebih condong ke d2896 yah..